Jenis Olahraga Ringan di Rumah untuk Menjaga Kebugaran

0
79

Olahraga ringan di rumah adalah salah satu kegiatan yang wajib dilakukan agar kondisi tubuh tetap fit dan bugar. Apalagi saat ini kondisi pandemi yang tak kunjung selesai mewajibkan kita untuk menjaga imun tubuh agar tidak mudah terpapar virus yang berkeliaran di luar.

Dengan selalu berolahraga yang ringan, tubuh akan merespon positif karena jantung akan terus memompa, oleh karena itu aliran darah akan menjadi lancar tanpa ada penyumbatan di pembuluh darah. Selain berolahraga kita juga harus memberikan tubuh asupan gizi yang seimbang dan selalu menerapkan pola hidup sehat seperti makan makanan bergizi tanpa kolesterol tinggi.

Sebenarnya melakukan olahraga di rumah bisa kita lakukan rutin setiap hari, asalkan kita memiliki niat untuk melakukannya. Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan melakukan olahraga ringan di rumah. Dengan tubuh yang selalu bergerak, maka kalori akan dikeluarkan dan tubuh kita akan merespon positif untuk saat ini dan bahkan kedepannya.

Olahraga ringan di rumah
Jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah

Contoh Olahraga Ringan yang Bisa Dilakukan di Rumah

Ada banyak jenis olahraga ringan yang bisa kita lakukan di rumah. Kalian hanya perlu melakukannya setiap hari saat pagi hari karena waktu yang paling tepat untuk melakukan olahraga adalah pagi hari. Udara yang segar akan mendukung tubuh merespon positif karena udara pagi pasti masih bebas dengan polusi. Berikut ini adalah contoh olehraga ringan yang bisa dilakukan di rumah. Di antaranya adalah:

Joging / Jalan-jalan

Dengan melakukan joging yang rutin setiap hari maka tubuh akan terbiasa dengan sering melakukan gerak. Manfaat dari joging adalah untuk menjaga kebugaran tubuh. Jika tubuh kalian tidak pernah bergerak maka otot-otot akan kaku dan akan menimbulkan penyakit serius seperti kolesterol yang akan tertimbun pada tubuh.

Push Up

Push up merupakan olahraga yang paling mudah selain joging, karena tanpa membutuhkan alat. Push up akan melatih otot bahu dan akan menambah massa otot yang berada di tangan. Lakukanlah push up minimal 20 kali setiap pagi setelah bangun tidur untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Sit Up

Sit up juga salah satu olahraga yang mudah dilakukan karena tidak membutuhkan alat. Dengan melakukan sit up yang rutin setiap pagi maka akan membuat tubuh kalian memiliki imun yang kuat. Selain itu dengan melakukan push up akan menambah massa otot perut dan membakar lemak secara perlahan. Lakukanlah sit up 20 kali setiap pagi setelah bangun tidur atau saat pemanasan sebelum oalhraga berat dilakukan.

Angkat Beban

Angkat beban biasanya membutuhkan laat duble sebagai pemberat. Angkat bebas bisa dilakukan secara rutin dan merupakan olahraga ringan yang bsia dilakukan di rumah. Dengan mengankat beban maka akan melatih otot tangan dan juga akan menambah massa otot. Selain menggunakan alat dumble, menimba sumur juga bisa termasuk angkat beban. Sebaiknya angkat beban dari yang memiliki berat yang minim terlebih dahulu agar otot tidak langsung kaget dan akan menimbulkan cedera.

Squat Jump

Squat jump biasa disebut juga lompat jongkok, olahraga ini sangat mudah dilakuakn oleh siapa saja dan berbagai kalangan bisa melakukannya. Olahraga ringan yang biasa dilakukan di rumah ini banyak memiliki manfaat. Manfaat squat jump salah satunya adalah untuk melatih kelincahan dan kekuatan otto di pinggul. Selain itu squat jump juga bisa membantu meningkatkan lompatan vertikal dan melatihb keseimbangan seseorang.

Menjaga Kebugaran dan Kesehatan Tubuh dengan Olahraga Ringan

Beberapa olahraga ringan di atas sebaiknya dilakukan setiap hari dan dilakukan saat pagi hari. Dengan selalu menggerakan tubuh maka kesehatan dan kebugaran bagan akan selalu terjaga. Jangan lupa untuk dibarengi dengan asupan makanan bergizi dan mengandung protein.

Menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh merupakan hal yang wajib dilakukan agar kita tidak mudah terkena virus yang bisa masuk kapan saja ke dalam tubuh kita. Selain melakukan olahraga ringan, kita bisa melakukan olahraga berat seperti basket, sepakbola, hocket minimalseminggu sekali.

Dengan selalu menggerakan tubuh, diharapkan kita akan selalu sehat dengan kondisi fit dan bugar dalam menghadapi kegiatan sehari-hari. Semoga artikel tentang kesehatan ini bermanfaat, dan sampai jumpa di artikel kesehatan berikutnya ya.

Rate this post

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here