Kenali Tipe Keyword SEO Friendly yang Efektif Jaring Trafik Audiens

0
280

Dalam penciptaan konten website yang ideal, jenis kata kunci atau keyword adalah hal utama dalam upaya optimasi SEO. Kemudian, keyword yang ramah SEO juga sangat berpengaruh dalam angka visitor terhadap website itu sendiri.

SEO atau Search Engine Optimization adalah upaya secara sistematis demi mendapatkan peringkat website yang baik pada halaman mesin pencari.

“SEO adalah sebuah kombinasi teknik, kombinasi, dan strategi yang disetujui tetapi tidak disetujui oleh optimalisasi dari informasi, seperti User Friendly, Content, Audiens, Keywords dan semua jenis elemen online dan offline yang mendukung tujuan menerima yang lebih banyak dari mesin pencari,” ujar pakar SEO Rand Fishkin

Tanpa adanya hal tersebut, maka website akan cenderung sepi pengunjung, sehingga sulit untuk mendapatkan peringkat mesin pencari yang baik. Tidak heran apabila banyak pengelola website yang memanfaatkan jasa penulis artikel demi memenangkan perlombaan ranking dan menjaring audiens sebanyak mungkin.

Tipe Keyword SEO Friendly
Tipe Keyword SEO Friendly

Mengenal Keyword

Lantas, apa sebenarnya keyword? Ini merupakan sebuah indikator penting dalam kaidah SEO yang berguna untuk mengoptimalkan website. Keyword berfungsi untuk memaksimal website secara menyeluruh. 

Kemudian, apa saja kriteria SEO friendly? Simak ulasannya berikut ini. 

1. Punya Intent yang Tepat

Seorang penulis premium yang biasa menangani pekerjaan untuk menulis artikel berkualitas, tentu paham bahwa kata kunci dengan kaidah SEO, punya intent yang tepat. Artinya, kata kunci yang dipilih berdasarkan riset, harus memiliki relevansi dan tujuan selaras dengan topik pembahasan artikel website tersebut.

Dengan intent yang tepat, maka website yang Anda kelola akan punya struktur lebih jelas. Anda akan fokus membahas hal yang punya kaitan dengan topik utama. 

2. Memiliki Volume Pencarian

Selanjutnya, kata kunci tersebut harus punya volume pencarian, yakni sudah sering dicari oleh para pengakses internet. Jika Anda ingin mengetahui seberapa besar volume pencarian kata kunci, ada beberapa situs yang diperuntukkan sebagai alat riset untuk mengetahui volume pencarian.

Tujuannya adalah agar Anda dapat menentukan kata kunci yang punya intensitas tinggi. Artinya, kata kunci tersebut diketik oleh pengguna internet sebanyak mungkin pada mesin pencari.

3. Ada Long Tail Keyword

Kriteria lain agar kata kunci yang Anda pilih potensial, adalah memiliki long tail keyword. Yang dimaksud adalah kata kunci yang lebih spesifik, dan memiliki volume relatif rendah. Hal ini bertujuan untuk menjadikan website teroptimasi dari kata kunci bervolume sedikit tersebut. 

Kemudian, kata kunci ini umumnya terdiri dari minimal 4 kata saja. Meski demikian, kata kunci tersebut bersifat lebih spesifik dan punya tingkat kepadatan volume pencarian yang rendah. Walaupun begitu, tidak akan mengurangi kaidah SEO pada website, jika Anda eksekusi secara tepat sasaran. 

4. Tingkat Persaingan Rendah

Selanjutnya, adalah level persaingan kata kunci yang terbilang rendah. Apalagi tingkat persaingan kata kunci tersebut relatif rendah, maka potensi website atau artikel konten Anda berada di urutan atas mesin pencarian pun semakin tinggi. 

Tingkat persaingan tersebut justru akan semakin berat ketika volume pencarian sebuah kata kunci terlalu tinggi. Sebab, sudah banyak website lain menggunakan kata kunci tersebut untuk konten yang mereka miliki. 

Agar Anda dapat memenangkan persaingan kata kunci, maka Anda harus memastikan website Anda lebih teroptimasi. Kemudian, konten yang Anda miliki harus punya kualitas tinggi. Dengan begitu, mesin pencari akan membaca algoritma website Anda sebagai konten paling bagus. 

5. Isi Konten Berkualitas

Yang perlu Anda ketahui, pada dasarnya kriteria keyword di atas adalah faktor pendukung agar website Anda lebih optimal sesuai standarisasi SEO. Agar menjadikan website dengan angka visitor yang tinggi, Anda tetap harus membuat konten berkualitas.

Sebagai gambaran, meski Anda sudah mendapatkan kata kunci yang punya relevansi dan persaingan rendah, tidak akan berarti ketika isi kontennya sembarangan. Alhasil akan berpengaruh terhadap tingkat kunjungan website. 

6. Menyertakan Kata Kunci Turunan

Hal terakhir yang berpengaruh terhadap kata kunci untuk optimasi website adalah kata kunci turunan. Ini merupakan kata kunci yang punya relevansi berkaitan dengan kata kunci utama.

Dengan begitu, konten website tersebut mempunyai banyak kata kunci, sekaligus menjadi senjata tambahan untuk optimasi kriteria keyword SEO. Langkahnya, Anda melakukan riset kata kunci dan menentukan apa saja kata kunci yang punya relevansi dengan kata kunci utama.

5/5 - (11 votes)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here