Kenali 5 Manfaat Investasi Jangka Panjang yang Bisa Mengubah Hidup

Photo of author

By Aldhi Fajar Maudhi

Saat ini, banyak kalangan generasi muda yang semakin sadar akan pentingnya finansial yang sehat dan kondisi keuangan yang baik. Salah satunya, dengan melakukan aktivitas investasi baik investasi jangka pendek maupun investasi jangka panjang seperti reksa dana. Terlepas dari apapun instrumennya, investasi jangka panjang memiliki banyak manfaat dan bisa mengubah hidup seseorang.  Untuk Anda yang masih belum mulai berinvestasi, simak manfaat investasi jangka panjang berikut ini.

Investasi jangka panjang
Investasi jangka panjang

1.Menghindari Inflasi Tahunan

Pilihan untuk investasi jangka panjang atau tidak, pilihannya ada di tangan Anda. Tapi, jika Anda tidak mulai berinvestasi dari sekarang dan tidak mengembangkan uang yang Anda miliki, maka nilai uang Anda tanpa sadar akan terus berkurang seiring dengan berjalannya waktu.

Hal itu terjadi karena adanya inflasi, yang membuat nilai mata uang akan terus mengalami penurunan. Hampir setiap tahunnya, inflasi terjadi disusul dengan kenaikan harga-harga barang dan menurunnya daya beli dari masyarakat. Nah, untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa mengamankan uang yang Anda miliki dengan investasi jangka panjang. 

Sebab, menyimpan uang di bank sebagai tabungan saja masih tetap akan rugi karena suku bunga tabungan tergolong lebih rendah dari persentase inflasi tiap tahun. Hal ini tentunya tidak seimbang dengan naiknya persentase dari inflasi. Karena itu, investasi jangka panjang bisa menjadi salah satu cara untuk Anda agar terhindar dari inflasi.Dengan investasi yang dikelola dengan baik, pertumbuhan uang Anda bisa meningkat dan mengalahkan laju inflasi yang tinggi.

2. Bisa Mendapatkan Tambahan Penghasilan 

Saat ini rasanya berbagai kebutuhan sehari-hari terus bertambah dan tidak ada habisnya. Selain itu, nilainya makin lama juga semakin tinggi. Jika Anda hanya mengandalkan satu sumber pemasukan dari satu penghasilan utama, bisa jadi penghasilan itu masih kurang untuk kebutuhan sehari-hari. Di sinilah pentingnya melakukan investasi jangka panjang. Dengan mengelola uang di instrumen investasi yang benar, Anda bisa mendapatkan tambahan penghasilan  secara pasif. Tanpa harus bekerja, Anda bisa mendapat penghasilan.

Anda bisa memulainya dengan menyisihkan sedikit dana untuk investasi saat Anda mendapatkan gaji tiap bulan. Dengan investasi jangka panjang, Anda berkesempatan untuk mendapatkan penghasilan dari beberapa sumber. Anda pun tidak akan bergantung lagi pada gaji perbulan. Jumlah penghasilan pasif yang bisa Anda dapatkan bervariasi tergantung bagaimana Anda mengaturnya. Semakin Anda paham dan bisa memprediksi peluang, akan semakin besar Anda meningkatkan kemungkinan nilai investasi dengan persentase keuntungan.

3.Mempersiapkan Masa Depan

Berinvestasi jangka panjang dapat membantu Anda untuk mempersiapkan modal dan kebutuhan masa depan. Misalnya biaya untuk pernikahan, biaya melahirkan, dana pendidikan anak, dana kesehatan, traveling dan lain-lain. Melalui investasi jangka panjang, Anda bisa menyiapkan kebutuhan itu dan mengantisipasi adanya peningkatan biaya. Masa depan Anda juga akan lebih baik jika dibangun dengan dengan investasi jangka panjang.

Misalnya jika Anda memiliki uang cash sebesar Rp 100 juta dan uang itu Anda tanamkan uang di instrumen investasi yang memiliki return 5 % per tahun, Anda akan mendapatkan uang tambahan 5 juta per tahunnya tanpa harus melakukan apapun. Menarik bukan?

Berinvestasi jangka panjang bisa membantu membangun kesejahteraan di masa depan. Tapi sayangnya banyak orang yang masih belum menyadarinya. 

4. Persiapan untuk Masa Pensiun

Sudah pernah mencoba untuk menghitung biaya hidup yang Anda perlukan saat memasuki masa pensiun dan sudah tidak bekerja lagi secara aktif? Sebagai manusia, kita tentunya  tidak akan  produktif seumur hidup atau bekerja selamanya. Karena itu, dengan berinvestasi jangka panjang, Anda bisa mempersiapkan pensiun di masa yang akan datang.Jika Anda berpikiran bahwa masa pensiun masih lama, Anda perlu mengetahui bahwa waktu akan berjalan dengan sangat cepat dan tanpa disadari masa pensiun Anda sudah ada di depan mata.

Selagi masih muda dan produktif, sebaiknya persiapkan masa pensiun Anda dengan baik. Selain menabung di bank, Anda juga bisa berinvestasi jangka panjang dan berinvestasi dengan efek compounding guna mempersiapkan dana untuk masa pensiun.

5. Uang Akan Bekerja Untuk Anda

Pernahkah Anda merasa jika gaji yang Anda dapatkan perbulan hanya sekadar numpang lewat dan akhirnya habis untuk berbagai tagihan dan membayar cicilan? Jika Anda mencari pekerjaan sampingan atau tambahan di luar pekerjaan utama, tentunya akan menguras tenaga dan waktu untuk bisa mendapat penghasilan. Dengan  berinvestasi jangka panjang, uang yang Anda punya akan menghasilkan uang lebih banyak lagi dibandingkan jika hanya disimpan  di rekening saja.

Dengan kata lain, uang akan bekerja untuk Anda Investasi jangka panjang tentunya lebih menguntungkan dan Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan lebih mudah dari investasi jangka panjang. Tentunya hal ini juga tergantung dari jenis produk investasi apa yang Anda pilih. 

Itulah 5 manfaat investasi jangka panjang yang harus Anda ketahui. Poin-poin yang sudah disebutkan di atas adalah manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan berinvestasi jangka panjang. Tertarik untuk investasi reksadana? Anda bisa mulai investasi dengan modal hanya Rp 10.000 di BukaReksa Bukalapak.

Rate this post

Leave a Comment