Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan Tubuh

0
241

Manfaat jeruk nipis ternyata sangat banyak untuk kesehatan. Karena tubuh yang sehat pasti memerlukan keseimbangan vitamin dan mineral. Kandungan vitamin dan mineral banyak terdapat di berbagai jenis makanan seperti sayuran, buah-buahan, daging, telur, susu, dan lain sebagainya. Salah satunya adalah buah jeruk nipis. Kandungan yang dimliki oleh jeruk nipis adalah vitamin C, vitamin B1, B2, B3, kalsium, zat besi, kalium, fosfor, tembaga dan masih banyak lagi.

Dengan memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral tersebut jeruk nipis bisa bermanfaat untuk kesehatan. Penggunaannya bisa dengan dicampurkan ke masakan, bahan makanan dan lain sebagainya. Rasa asamnya yang menyegarkan, jeruk nipis kadang digunakan sebagai penambah bahan masakan agar memberikan rasa segar terutama untuk jenis masakan yang berkuah.

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan
Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan

Manfaat Jeruk Nipis

Dengan memiliki kandungan vitamin dan mineral yang beragam, jeruk nipis sangat bermanfaat terutama bagi kesehatan. Berikut ini adalah manfaat jeruk nipis bagi kesehatan. Di antaranya adalah:

Sebagai Antioksidan

Antioksidan merupakan zat yang diperlukan oleh tubuh untuk mencegah kerusakan sel akibat proses oksidasi dan oksidan. Pada tubuh manusia pasti memiliki oksidan yang dihasilkan dari radikal bebas lingkungan. Dengan mengkonsumsi jeruk nipis, maka secara alami tubuh akan mendetoksifikasi racun tersebut dengan kandungan vitamin C yang banyak pada buah jeruk nipis.

Mencegah Penyakit Kanker

kanker merupakan penyakit yang memiliki tingkat risiko yang tinggi apabila tidak dicegah semenjak dini. Dengan mengkonsumsi jeruk nipis setiap hari, maka vitamin dan mineral akan tercukupi dengan baik sehingga bisa mencegah sel kanker msuk ke dalam tubuh kita. Selain itu, jeruk nipis bisa meningkatkan kekebalan tubuh dengan melawan berbagai bakteri maupun virus jahat dari luar.

Menurunkan Berat Badan

Berat badan yang ideal merupakan dambaan setiap orang. Apalagi ketika memasuki masa tua, kelebihan berat badan bisa menimbulkan berbagai jenis risiko penyakit pada tubuh. Lemak yang tertimbun harus dibakar secara sempura dengan olahraga. Jeruk nipis memiliki kandungan asam sitrat yang berfungsi untuk meningkatkan metabolisme dan membantu untuk membakar kalori. Cobalah untuk mengkonsumsi jeruk nipis setiap pagi dalam sebelum makan dan lakukan secara rutin.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Vitamin C yang banyak terkandung pada buah jeruk nipis akan meningkatkan antioksidan. Efeknya adalah membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh seseorang. Dengan begitu virus flu dan virus jahat lainnya akan dilawan oleh sistem kekebalan tubuh yang ada pada tubuh.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Buah jeruk nipis juga memiliki kandungan mineral yaitu potasium dan magnesium. Mineral tersebut bisa membantu untuk menyehatkan organ jantung. Selain itu ada kandungan kalium yang berguna untuk melancarkan sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah pada tubuh. Oleh karena itu bisa menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke pada tubuh seseorang.

Melancarkan Sistem Pencernaan Tubuh

Proses pencernaan pada manusia dibantu oleh beberapa enzim, dan kandungan sifat asam yang dimiliki oleh buah jeruk nipis membantu air liur dalam proses pemecahan makanan. Apabila proses pencernaan dari mulut sudah sempurna, maka bisa dikatakan proses pencernaan dalam organ tubuh selanjutnya akan lebih lancar. Dengan mengkonsumsi jeruk nipis secara teratur bisa mencegah sembelit dan proses pencernaan berjalan dengan sempurna.

Kesimpulan

Buah jeruk nipis memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang sangat diperlukan oleh tubuh. Oleh karena itu banyak manfaat dari buah jeruk nipis yang bisa dirasakan oleh tubuh. Dengan mengkonsumsi jeruk nipis maka tubuh yang dimiliki akan tetap sehat dan bugar. Sehingga tidak akan menganggu aktifitas keseharian. Nah, apakah kalian tertarik untuk mengkonsumsi jeruk nipis agar kesehatan tetap terjaga? Selamat mencoba dan sampai jumpa di artikel kesehatan lainnya.

5/5 - (5 votes)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here