Manfaat Memiliki Aset Digital Bitcoin dan Cryptocurrency

0
208

Saat ini bitcoin dan cryptocurrency menjadi sebuah tren investasi yang sedang naik daun. Sebelum di Indonesia, BTC (bitcoin) memang sudah digunakan sebagai aset digital yang banyak diperjualbelikan hampir di seluruh dunia. Marketchange BTC to IDR sudah banyak bemunculan, tak hanya market luar negeri yang memiliki banyak volume dan transaksi bitcoin akan tetapi banyak juga market exchange di indonesia yang sudah mulai berkembang.

Aset digital bitcoin dan cryptocurrency sejenis dengan saham dan forex, trading yang dilakukan pada platform exchange memiliki acuan analisis teknikal dan analisis fundamental. Serupa hampir tak sama, apalagi saat ini harga kenaikan bitcoin sudah dipengaruhi oleh beberapa investor besar yang sduah berpengalaman.

Aset Digital Bitcoin
Aset Digital Bitcoin & Cryptocurrency

Apa itu Bitcoin dan Cryptocurrency?

Bagi Anda yang belum mengetahui tentang bitcoin, sekarang saatnya wawasan Anda terbuka untuk lebih mengenal lebih dekat mata uang digital yang sudah lama beredar di seluruh dunia. Bitcoin merupakan mata uang digital / aset digital yang dibuat dan diciptakan oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2009 .

Bitcoin dibuat dan disimpan dalam bentuk elektronik dengan encoding tertentu. Untuk melancarkan transaksi dan keamanannya, bitcoin menggunakan teknologi blockchain dan terdesentralisasi sebagai sarana transaksi antar wallet bitcoin. Karena bentuknya digital, maka bitcoin tidak memiliki fisik yang nyata.

Meskipun tidak memilki fisik yang nyata, sudah banyak transaksi jual beli dnegan menggunakan mata uang digital bitcoin ini. Dalam sejarah peredarannya jumlah bitcoin yang diciptakan sudah ditentukan dan tidak akan ditambah lagi. Oleh karena itu jika bitcoin sudah langka karena disimpan (hold) oleh para holder maka harga akan semakin naik. Karena setiap 4 tahun sekali, supply akan dipotong setengah atau istilahnya burn.

Sedangkan cryptocurrency adalah turunan hasil dari teknologi bitcoin. Seiring berkembangnya teknologi blockchain, maka tumbuh beberapa mata uang digital turunan bitcoin yang harganya mengacu kepada bitcoin. Atau istilah yang sering kita dengar adalah pair to BTC. pasar mata uang kripto ini sangat menjanjikan, karena muncul beberapa koin baru dengan memiliki sistem sendiri, sehingga aman dalam transaksi dan peredarannya.

Manfaat Memiliki Aset Digital

Saat ini memiliki aset digital berbentuk bitcoin maupun cryptocurrency menjadi sebuah peluang bisnis baru. Pada dasarnya aset digital yang berbentuk bitcoin dan kripto memiliki fungsi yang sama dengan mata uang konvensional. Akan tetapi pada bitcoin memiliki sistem tersendiri sehingga setiap koin dan satoshi memiliki id transaksi tersendiri dengan berbentuk block-block sebagai tempat bertransaksinya.

Banyak manfaat dan keuntungan jika kita memiliki mata uang bitcoin maupun turunannya. Berikut ini akan dijelaskan beberapa manfaat dan keuntungan jika kita memiliki mata uang aset digital bitcoin.

Aset Digital Memiliki Nilai

Aset digital bitcoin memiliki nilai tersendiri yang berubah naik dan turun dalam sejarahnya. Dengan begitu aset digital bisa digunakan untuk bertransaksi secara digital. Saat ini beberapa pengusaha dan eprusahaan meneydiakan metode pembayaran dengan menggunakan bitcoin sebagai pilihannya. Dengan demikian tingkat kepercayaan para trader dan pemilik bitcoin akan bertambah secara otomatis.

Aset Digital Berpotensi Memiliki Nilai Tukar yang naik

Bisa Anda pahami pergerakan naik turun yang dialami sepanjang sejarah harga bitcoin. Dalam sepuluh tahun terakhir, kenaikan nilai harga bitcoin bisa mencapai 2000% lebih sampai saat ini. memang harga yang terjadi tidak hanya naik, akan tetapi turun juga sampai menyentuh titik support yang telah terjadi.

Dengan memanfaat nilai yang terus naik turun, Anda bisa melakukan invetsasi dnegan menyimpan bitcoin saat Anda membelinya di harga rendah, dan rencakanan untuk menjualnya saat harga sudah melambung tinggi atau memiliki margin yang pas dengan perhitungan.

Bisa Sebagai Pemasukan Tambahan

Dengan melakukan jual beli mata uang bitcoin, maka Anda berpotensi untuk meiraih keuntungan dari beda harga saat membeli dan menjual. Akann tetapi sebelum mekakukan trading aset digital, Anda minimal harus mengetahui teknik dasar trading untuk pemula. Karena bermain aset digital bitcoin dan cryptocurrency ini sangat berisiko besar. Pikirkanlah sebaik mungkin faktor teknik analisis teknikal dan analisis fundamental.

JIka Anda sudah memahami pergerakan pola dan perkiraan harga bitocin dalam time frame tertentu maka Anda akan berpotensi mendapatkan kuntungan besar, bisa dikatakan hal ini merupakan pemasukan tambahan bagi Anda yang memiliki aset digital cryptocurrency ini.

Nah, setelah Anda mengetahui beberapa manfaat dan ekuntungan memiliki aset digital, Anda bisa mencobanya terlebih dahulu dnegan menggunakan modal kecil. Jika Anda sukses menyimpan dan trading yang baik, maka akan bnyak manfaat yang didpatkan untuk kehidupan Anda. Sampai jumpa di artikel berikutnya, tetap semangat dan jaga aset digital kalian.

5/5 - (1 vote)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here