Mengenal Crowdfunding dan Secondary Market

0
44

Crowdfunding dan secondary market tentunya selalu kita dengar dalam dunia bisnis. Sebagian dari kalian pasti belum mengetahui apa yang dimaksud dengan crowdfunding dan secondary market. Semakin berkembangnya teknologi dan dunia bisnis maka perkembangan pandanaan juga akan semakin efektif dan efisien. Hal ini berkaitan dengan para pebisnis UMKM yang ingin mendirikan bisnis baru maupun startup dan butuh pendanaan yang tepat.

Pendanan bisnis yang baru dimulai bisa didapatkan dari seorang investor maupun program pendanaan bersama. Pendanaan yang dikumpulkan dari beberapa orang sepertinya menjadi sebuah inovasi dan terobosan baru yang bisa kita pelajari di jaman usaha yang semakin berkembang ini. Dengan kata lain solusi pendanaan bersama bisa menjadi wadah bagi bisnis UMKM maupun startupn yang baru berjalan.

Secara singkat, crowdfunding merupakan penggabungan dana dari beberapa investor yang mendanai sebuah bisnis maupun beberapa bisnis UMKM maupun startup yang baru dimulai. Tentunya pendanaan yang cepat ini difasilitasi sebuah platform teknologi yang mempertemukan jaringan luas beberapa orang sebagai investor dan mungkin yang ingin memiliki bisnis.

Proses pendanaan crowdfunding sangat mudah dan cepat. Dan juga, crowdfunding bisa menyatukan dana yang terkumpul agar bisa menjadi sebuah bisnis UMKM maupun startup yang bisa berkembang ke depannya. Oleh karena itu secara tidak langsung crowdfunding akan membuka peluang bisnis bagi para investor yang ingin menginvestasikan modalnya pada ide bisnis yang ditawarkan.

crowdfunding dan secondary market
Mengenal crowdfunding dan secondary market

Hubungan Crowdfunding dan Secondary Market

Dalam membangun bisnis dan teknisnya, investor merupakan peran utama yang bisa kita anggaps ebagai sumber dana agar bisnis kita bisa berjalan sebagaimana rencana dan strategi bisnis yang sudah diplannign sebelumnya. Kita juga harus mengetahui segala hal yang berhubungan dengan saham apabila kita akan berperan menjadi seorang investor. Ada beberapa istilah yang sering kita dengar seperti pasar sekunder atau lebiih dikenal dengan secondary market.

Dalam prakteknya, crowdfunding dan secondary market merupakan satu hal yang bisa berjalan beringinan. hal ini berkaitan dengan peminjaman dana sebagai investasi dan akan dipergunakan untuk berjalannya sebuah bisnis maupun startup. Dengan kata lain, kita bisa menginvestasikan dana kita dengan sistem crowdfunding maupun secondary market.

Penggunaan dana untuk keperluan investasi pastinya akan memiliki perhitungan tertentu tergantung sistem yang akan kita jalani. Baik corwdfunding dan secondary market merupakan bisnis yang berkaitan dengan mdoal awal dan investasi untuk sebuah bisnis yang berjalan maupun yang baru dirintis.

Apa Itu Crowdfunding

Crowdfunding adalah sebuah cara pengumpulan dana dari beberapa sumber dana perorangan secara kolektif dan dana tersebut akan digunakan untuk kepentingan bisnis. Cara pengumpulan dana ini dinilai lebih efektif untuk membangun sebuah bisnis secara bersama-sama, karena akan lebih cepat dan sangat mudah dengan bantuan platform yang berisi jaringan dari beberapa orang dari seluruh dunia baik lokal maupun internasional.

Selain untuk bisnis, crowdfunding juga sering digunakan sebagai panggalangan dana sosial. Disaat ada seseorang yang membutuhkan dana, kita bisa dengan membuka donasi secara crowdfunding untuk mengumpulkan dana yang akan disalurkan untuk kepentingan sosial. Kemajuan internet akan sangat mudah membantu kita dalam penyaluran dana, karena semua ajringan kaan terkumpul menjadi sebuah dana yang besar dan bisa digunakan untuk bisnis maupun dana sosial.

Jenis crowdfunding sebenarnya ada beberapa macam. Di antaranya adalah equity crowdfunding, donasi, reward, hingga debt crowdfunding. Semua itu sangat mengandalkan platform jaringan internet yang akan menghubungkan berbagai macam investor dan sumber dana yang tergabung dalam sebuah jaringan di internet.

Apa Itu Secondary Market

Pasar sekunder atau juga sering disebut dengan istilah secondary market adalah wadah bagi para pemodal untuk melakukan jual beli saham di luar pasar primer yang biasa disebut dengan saham. Selain berkaitan dengan saham, pasar sekunder juga bisa diguankan sebagai wadah untuk jual beli obligasi.

Investasi dana berupa saham yang telah diperjualbelikan di secondary market adalah saham yang telah dibeli para investor langsung kepada perusahaan di pasar primer. Bedanya, semua transkasi pembelian dan penjulaan saham dilakukan di Bursa Efek Indonesia dengan mengiktui harga saham yang telah diatur sedemikian rupa.

Kesimpulan

Baik crowdfunding dan secondary market adalah sebuah hal yang melekat di dunia investasi dan dunia bisnis. Dengan kemajuan teknologi dan internet saat ini memperjualbelikan saham, onbligasi, maupun penyaluran dana akan sangat efektif dan efisien. Apalagis aat ini untuk membantu bisnis UMKM yang baru berjalan, akan lebih baik lagi jika dana modal akan dikumpulkan dan dikolektifkan dengan menggunakan teknik crowdfunding yang telah terdaftar di jaringan yang legal.

Semoga artikel tentang crowdfunding dan secondary market ini berguna, silakan share kepada sahabat, teman, dan keluarga terdekat untuk membagikan info terbaik dari blog ini. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Rate this post

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here