Menggenggam Indahnya Alam dalam Sebuah Tulisan Bersama Travelblog.id

“Dunia bukan hanya sekedar alam, akan tetapi terdapat banyak makna yang tersimpan di dalam dunia ini, arti sebuah kehidupan, alam, perilaku manusia, dan kenangan manis yang kelak akan tertanam dalam sebuah manuskrip digital”

Aldhifajar 2019

Kehidupan di dunia ini terkadang menjadi sebuah cerita yang menimbulkan suatu pertanyaan dan impian bagi seseorang. Impian seorang travel blogger sepertiku ini menjadi sebuah alasan mengapa aku begitu tertarik untuk menceritakan indahnya dunia di dalam sebuah tulisan.

Hobiku untuk mengisi pikiran yang sudah semrawut ini adalah traveling. Berpetualang ke destinasi alam baru yang belum banyak diketahui orang sepertinya menjadi sebuah daya tarik bagiku. Karena ada daya tarik tersendiri ketika aku bisa berpetualang di lingkungan yang belum begitu ter-ekspose .Tak hanya mengunjungi indahnya wisata Nusantara, akan tetapi mengunjungi wisata di seluruh penjuru dunia adalah sebuah impian terbesarku.

Keinginanku untuk meng-explore seluruh penjuru dunia sepertinya sedikit mustahil. Tapi aku kadang berpikir, tak harus menggapai semua apa yang sudah aku inginkan, akan tetapi dengan memahami dan mengerti tentang indahnya dunia saja, sudah cukup bagiku untuk memuaskan hasrat yang tiba-tiba timbul saat bepergian ke suatu tempat.

Mencurahkan apa yang aku alami di lingkungan alam ke dalam sebuah tulisan, sudah mengobati impianku yang agak nyeleneh ini. Ada beberapa ilmu dan wawasan yang menarik untuk dituangkan ke dalam sebuah tulisan. Tujuannya bukan tidak lain hanya ingin sekedar berbagi dokumentasi perjalanan dan syukur-syukur bisa bermanfaat bagi orang lain.

menggenggam alam bersama travelblog.id

Makna Traveling Sesungguhnya

Traveling merupakan kegiatan berpetualang di alam bebas dengan tujuan mengeksplorasi destinasi wisata tertentu. Sebagian besar destinasi wisata di Indonesia yang menunjukkan keindahannya, dan sebagian besar destinasi wisata tersebut dikelola oleh pemerintah maupun warga setempat. ada juga yang belum terjamah sama sekali oleh manusia.

Nah kita sebagai seorang traveler tentunya selalu diberikan kesempatan untuk mensyukuri apa yang telah diberikan Tuhan melalui indahnya alam. Apa aja sih makna yang didapat saat melakukan traveling? Yuk, kita bahas satu persatu.

Traveling bisa mendekatkan diri dengan alam

Alam merupakan suatu anugerah yang bisa kita nikmati dari Sang Pencipta. Hamparan pasir pantai yang diselingi deburan ombak, indahnya bukit-bukit hijau, awan putih yang seakan menyapamu dibalik ketinggian. oleh karena itu aku selalu berpikir “alam itu adalah kita, dan kita adalah bagian dari alam”.

Jadi, alam itu akan lebih lengkap dengan kehadiran kita. Alam itu butuh kasih sayang seperti layaknya manusia biasa. Bagaimana caranya? melestarikan keberadaan alam dan menjaganya, agar kelak anak cucu kita bisa merasakan keindahan yang pernah kita rasakan seperti sekarang ini. Kalau bukan kita, siapa lagi?

Traveling adalah tentang sebuah kebersamaan

Sebuah momen dimana kalian bisa bercanda gurau dan berpetualang di alam bebas bersama teman-teman terdekatmu. Yak, momen ini adalah momen paling berharga yang bisa dituliskan dalam memori sejarah kehidupan.

Pasti kalian pernah melakukan traveling bersama teman kampus, teman sekolah, maupun sahabat terdekat? Kebersamaan itulah yang bisa menjadi tolak ukur untuk mengetahui sifat satu sama lain.

Dengan saling mengenal dekat satu sama lain, tak ada perasaan canggung saat tertawa sekeras-kerasnya, bercanda ria di alam bebas, melakukan kekonyolan yang tak biasanya dilakukan, dan banyak momen ceria yang bisa dituliskan kedalam history perjalanan hidup kalian. Disinilah kalian akan menemukan arti dari sebuah kebersamaan yang sebenarnya.

Traveling bisa menambah ilmu dan wawasan

Kategori destinasi wisata sangat banyak sekali, seperti di Indonesia ini yang merupakan sebuah negara maritim yang memiliki sekitar 17.504 buah pulau dan memiliki lautan luas mengelilingi pulau yang tersebar. Di dalam itu semua tersimpan kekayaan alam yang sangat indah. Mulai dari wisata laut, wisata gunung, wisata sejarah & budaya, wisata kuliner dan lain lain.

Saat kita melakukan traveling ke suatu tempat, ada kalanya kita belum pernah berkunjung ke tempat itu sama sekali. Apa yang kita dapat? pembendaharaan tempat wisata kita akan semakin terasah dengan mengunjungi tempat-tempat wisata baru.

Bukan hanya itu, nenek moyang kita yang dahulu sudah menempati nusantara pun akan menjadi sebuah cerita sejarah yang bisa dibagikan ke orang lain. Tentang peninggalan dan peradaban masa lampau, artefak yang mempunyai nilai sejarah yang tak terhingga dari negara ini. Tentunya sangat bermanfaat jika kita bisa membagikannya kepada orang lain. Ini bisa menjadi sebuah ilmu dan wawasan baru bagi orang lain pada umumnya, dan bagi diri sendiri khususnya.

Traveling bisa menciptakan kesadaran terhadap alam

Yang sangat disayangkan pada saat sekarang ini adalah masalah kelestarian alam. Alam yang begitu perkasa menampakkan keindahannya terkadang dirusak dan dikotori oleh oknum yang tak bertanggungjawab.

Sangat miris sekali ketika aku traveling dan berpetualang ke beberapa pantai dan gunung. 2 destinasi alam yang berbeda elevasi ini selalu saja dikotori dengan sampah. Terutama sampah yang tidak bisa terurai dengan cepat. Contohnya adalah sampah plastik. Sampah ini bisa merusak ekosistem disekitarnya. Habitat hewan pun bisa ternodai gara-gara sampah plastik ini.

Memang kesadaran ini bisa timbul jika kita bertemu langsung dengan keadaan yang sebenarnya di lapangan. Tapi tidak sedikit orang yang peka terhadap permasalahan ini. Seakan acuh tak acuh dengan membuang sampah sembarangan di pantai maupun di gunung.

Ayolah guys, alam ini sudah diberikan oleh Tuhan begitu indahnya, begitu syahdunya saat kita menikmatinya. Dengan cara apa kita berterimakasih terhadap Tuhan? Satu yang paling penting adalah kesadaran tentang sampah. Sebisa mungkin tolong buang sampah pada tempatnya.

Sekecil apapun kontribusi kita terhadap alam ini akan menimbulkan dampak positif terhadap orang-orang sekitar kita. Mulai sekarang masi kita sadar diri terhadap sampah. Kalian akan merasakan ini semua jika kalian melihat langsung, betapa mirisnya alam ini dikotori dengan sampah plastik.

Makna traveling
Makna Traveling

Mengemas keindahan alam ke dalam sebuah tulisan di travelblog.id

So, anugerah keindahan alam ini sudah diberikan oleh Sang Maha Pencipta, yang jelas bisa dinikmati kapan saja. Apakah hanya sekedar menikmati? Aku rasa menikmati alam itu salah satunya bisa dilakukan dengan menulis catatan perjalanan dan makna sebuah traveling ke dalam sebuah tulisan.

Kebeneran nih, aku punya rekomendasi bagus untuk menuangkan pengalaman traveling kalian ke dalam sebuah tulisan yaitu di travelblog.id. Travelblog.id ini adalah sebuah website blog travel dan wisata yang menyediakan tempat bagi para traveler dan wisatawan untuk saling berbagi jurnal dan pengalaman. Jadi kalian bisa sharing tentang catatan perjalanan kalian selama traveling, dan bukan hanya sharing akan tetapi bisa mendapatkan poin juga lho, dengan beberapa hadiah menarik.

Tampilan Home travelblog.id
Tampilan Home travelblog.id

Siapapun bisa berkontribusi untuk mengirimkan tulisan tentang traveling, wisata, jalan-jalan, kuliner, seni & budaya yang nantinya akan dipublish di artikel travelblog.id. Bagaimana bisa Menggenggam Indahnya Alam dalam Sebuah Tulisan Bersama Travelblog.id. Jangan lupa bagi yang belum register, silakan kunjungi travelblog.id untuk melakukan registrasi akun terlebih dahulu.

Untuk lebih jelas dan detail, aku bakal jelasin dan sedikit review nih apa saja isi dan fitur menarik bagi kontributor dari website travelblog.id ini.

Apa yang seharusnya dilakukan pertama kali? tentunya kalian harus register dahulu agar terdaftar sebagai kontributor dan bisa menulis artikel
di travelblog.id. Bagaimana cara mendaftar untuk pertama kali?

Klik text Sign In yang berada di pojok kanan atas website travelblog.id

Klik text Sign in untuk login atau mendaftar pertama kali

Kemudian akan muncul form login, daftar, dan forgot password. Jika kalian sudah mendaftar sebelumnya, maka bisa langsung login dengan mengetikkan email dan password anda di form login. Akan tetapi jika kalian user baru yang harus dilakukan adalah:

  • Register dengan menggunakan akun Facebook.
  • Register dengan menggunakan akun Google.
  • Register dengan mengklik “Daftar” pada bagian bawah form.
Form login

Jika kalian akan akan registrasi sebagai user baru, kalian harus mengklik text “daftar” sebagai pilihan cara registrasi akun baru. Setelah mengklik daftar maka akan muncul halaman seperti dibawah ini:

Mengisi form registrasi akun
Mengisi form registrasi akun

Setelah mengisi lengkap, centang pernyataan setuju dengan syarat dan ketentuan. Kemudian klik daftar, setelah itu kalian perlu verifikasi email sebagai langkah terakhir registrasi. Dan selamat kalian telah bergabung dan sah menjadi kontributor di travelblog.id.

Kalian bisa langsung login ke halaman user setelah verifikasi email selesai dilakukan. Untuk tampilan halaman user akan muncul seperti berikut ini:

Halaman User Travelblog.id
Halaman User Travelblog.id

Pada halaman user terdapat beberapa menu yang memiliki fitur sesuai dengan bagiannya masing-masing. Menu tersebut diantaranya :

  • Profil
    • Perbaharui Profil
    • Ganti Password

Pada bagian sub menu Perbaharui Profil terdapat pilihan untuk memperbaharui / mengedit profil utama kalian meliputi : nama lengkap, tanggal lahir, jenis kelamin, status, NPWP, domisili, pekerjaan, no HP, id facebook, id twitter, id instagram, channel youtube, dan tentang saya. Kalian bisa edit / perbaharui data pribadi kalian pada sub menu ini.

Sub Menu Perbaharui Profil
Sub Menu Perbaharui Profil

Pada bagian sub menu Ganti Password terdapat pilihan untuk mengubah password default kalian. Dengan cara memasukkan pasword lama terlebih dahulu ke form yang telah disediakan. Setelah itu ketik password baru kalian, dan ketik ulang 2x password baru kalian. Kemudian klik Simpan, sekarang password ada telah berganti. Disarankan untuk mengganti password secara berkala untuk mencegah pencurian akun dan lain-lain.

Ganti Password
Ganti Password
  • Artikel
    • Buat artikel
    • Artikel draft
    • Artikel pending
    • Artikel diterbitkan

Pada bagian sub menu Buat Artikel, bagian ini berfungsi untuk membuat artikel. Disini kalian bisa merangkai artikel yang akan di-publish di travelblog.id dan merancang terlebih dahulu tulisan yang akan di-publish. Fitur buat artikel di travelblog.id berupa form untuk mengisi sebuah judul tulisan, ringkasan tulisan, deskripsi tulisan, kategori tulisan, tagar tulisan / hashtag, dan foto tulisan. Pada akhir form terdapat tombol “Simpan sebagai draft” yang berfungsi untuk menyimpan tulisan dan “Kirim” untuk mengirim tulisan yang sudah siap di-publish.

Pada bagian sub menu Artikel Draft, bagian ini berfungsi untuk menampilkan tulisan yang telah disimpan sebagai draft. Melanjutkan draft tulisan yang telah ditulis sebelumnya, dan bisa dilanjutkan lagi setiap saat. fitur draft di travelblog.id belum dibuat auto draft, sehingga setiap kalian menyelesaikan satu paragraf alangkah baiknya langsung disimpan ke dalam sebuah draft, agar tulisan yang telah ditulis tidak hilang.

Pada bagian sub menu Artikel Pending, bagian ini berfungsi untuk menampilkan tulisan yang telah disubmit kepada tim travelblog.id dan sedang direview oleh tim travelblog.id, apakah tulisan ini layak dipublish atau tidak. Biasanya review menunggu 1 x 24 jam setelah kalian menulis mengirim artikel.

Pada bagian sub menu Artikel diterbitkan, bagian ini berfungsi untuk menampilkan tulisan yang telah di-publish oleh tim travelblog.id, tulisan kalian yang telah di-review dan disetujui oleh tim travelblog.id akan tampil dalam menu ini.

Form Buat Artikel
Form Buat Artikel
  • Video
    • Buat video
    • Video draft
    • Video pending
    • Video diterbitkan

Pada bagian sub menu Buat Video, disini kalian bisa upload video tentang perjalanan traveling kalian. Bisa untuk dokumentasi maupun untuk konten blog yang akan di-publish di travelblog.id. Wah fiturnya lengkap banget kan? sayang banget kalau kalian ga memanfaatkan fitur video ini.

Pada bagian sub menu Video Draft, disini kalian bisa menyimpan editing video kalian, mengisi judul, deskripsi, kategori, dan tagar. Jadi seandainya kalian akan memproses publish-nya besok atau nanti, masih bisa disimpan di fitur draft ini. Jadi kalau misal masih mau nyimpan ya nanti bakal tersimpan di draft.

Pada bagian sub menu Video Pending, disini terdaftar list pending video yang telah di-upload , menunggu persetujuan dari travelblog.id. Nah biasanya menunggu review dari tim admin travelblog.id. Apakah layak dipublish atau tidak.

Pada bagian sub menu Video diterbitkan, disini terdapat daftar list video yang telah di-review dan siap di-publish ke travelblog.id. So banyak-banyakin aja upload video tentang perjalanan traveling kalian. Pastinya bakal bisa menginspirasi dan berguna bagi orang lain tentang isi dari video kalian.

Fitur Form Video
Fitur Form Video
  • Poin
    • Reedem Poin
    • Tentang Poin

Pada bagian sub menu Reedem Poin, kalian bisa menukarkan poin yang sudah terkumpul dengan hadiah menarik yang tersedia dengan mengisi form tukar poin. Beberapa hadiah memiliki besar poin tertentu, sehingga kalian harus mengumpulkan poin dulu untuk bisa ditukarkan denga hadiah sesuai keinginan kalian.

Nah untuk list hadiah kalian bisa mengunjungi store di travelblog.id ini. disana banyak pilihan hadiah dengan besaran poin yang berbeda-beda. Semakin banyak klaian mengumpulkan poin, maka akan berkesempatan besar menukarkan hadiah yang mantap.

Pada bagian sub menu Tentang Poin, disini terdapat penjelasan tentang peraihan poin di travelblog.id, diantaranya:

Tentang Poin

Poin merupakan program loyalti bagi kontributor Travelblog.id yang memiliki akun di Travelblog.id. Pemilik akun kontributor Travelblog.id akan mendapatkan sejumlah poin bila konten (artikel, foto, dan video) yang telah dibuat berhasil kami publikasikan. Tentunya akan melawati tahap review terlebih dahulu oleh kami sebelum artikel kami publikasikan.

Apa kegunaan poin bagi pemilik konten ? Poin bisa ditukarkan dengan hadiah-hadiah menarik yang telah disediakan Travelblog.id. Hadiah dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Tukar Point Travelblog.id


Cara Mendapatkan Poin

Untuk menambah jumlah poin, anda dapat membuat artikel atau jurnal cerita perjalanan anda melalui Travelblog.id. Semakin banyak anda berkontribusi, semakin besar POIN yang akan anda dapatkan.

Jumlah poin yang anda kumpulkan dari pembuatan artikel atau jurnal, langsung otomatis tertotal oleh sistem kami. Editor dan Team Support kami tidak dapat merubah atau menambah poin anda.

Penambahan Poin :

Artikel atau jurnal perjalanan yang sudah diterbitkan (+50 poin)
Artikel video yang sudah diterbitkan (+40 poin)

Pelanggaran Poin :

Artikel atau jurnal perjalanan yang sudah diterbitkan dan ditarik kembali karena suatu pelanggaran (-50 poin)
Artikel video yang sudah diterbitkan dan ditarik kembali karena suatu pelanggaran (-20 poin)


Masa Kadaluwarsa Poin

Poin kamu berlaku 1 tahun sejak awal Januari sampai dengan akhir bulan Desember. Poin kamu akan kembali menjadi 0 saat pergantian tahun.


Bisakah Poin Hangus atau Berkurang ?

Poin hangus apabila telah kedaluwarsa atau akun anda di-banned/ suspend oleh admin kami.
Poin berkurang apabila konten yang dikirimkan oleh kontributor berhasil ditampilkan namun diturunkan kembali oleh admin karena pelanggaran atau alasan tertentu.

So, rajin-rajinlah membuat artikel di travelblog.id, bisa berkesempatan besar meraih poin dan pastinya bisa ditukarkan sewaktu-waktu dengan hadiah yang kalian inginkan. Menarik bukan? Oh iya, untuk tata cara penulisan bisa langsung cek di terms of use nya travelblog.id yah.

Cara membuat artikel di travelblog.id

Secara keseluruhan, website travelblog.id menampilkan bermacam-macam kategori untuk artikel yang dipublish. Jadi kalian bisa bebas memilih ingin membaca artikel kategori mana sesuai dengan selera kalian. Lengkap banget di travelblog.id ini. Ada berbagai macam kategori yang ditampilkan di website ini, diantaranya:

Lengkap banget kan? dari semua kategori itu terdapat bermacam-macam artikel berkualitas yang bisa mengisi wawasan pikiran kalian tentang traveling umumnya dan tentang update keseharian pada khususnya.

Dan juga selain itu disediakan fitur search, ini jika kalian ingin mencari langsung artikel dengan sebuah keyword. Selain itu, website ini mempunyai fitur bi-lingual. yaitu terdapat pilihan untuk memakai bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris sebagai bahasa default index page.

Untuk Terms of service, disclaimer, dan privacy policy. Kalian bisa langsung klik link yang berada di pojok kanan bawah website travelblog.id.

Tampilan Travelblog.id di beberapa perangkat

Travelblog.id bisa diakses melalui PC maupun smartphone. Zaman sekarang sebagian besar orang menggunakan smartphone karena dirasa lebih simple dan fleksible.

Jika diakses melalui Desktop atau PC tampilan travelblog.id dirasa cukup menarik secara visual. Karena pemilihan tema website yang tidak membuat mata terlalu lelah untuk berlama-lama berada di travelblog.id.

Kategori di travelblog.id
Kategori di travelblog.id

Nah aku juga mencoba untuk tampilan travelblog.id via Smartphone, sudah mendukung perangkat apapaun secara responsive. Sehingga tampilan gambar maupun artikel termasuk cukup dan sesuai dengan layar smartphone kalian. Saat membuka di browser bawaaan maupun browser chrome, travelblog.id bisa tampil dengan lancar. Tampilan smartphone bisa dilihat di gambar dibawah ya.

Tapi secara keseluruhan, aku lebih suka tampilan travelblog.id melalui PC / Desktop. Karena lebih lelusasa berlama-lama berselancar tentang berbagai artikel, selain tampilan visualnya keren, dan untuk navigasi lebih mudah membuka melalui PC/Desktop.

Menurutku tampilan di Smartphone sudah baik, tapi alangkah lebih baik lagi jika navigasi menu dibuat lebih simple, karena yang aku lihat, navigasi menu terlihat agak ramai. Mungkin cuma pendapat pribadi aja sih, agar travelblog.id lebih baik lagi. hehehe

Website travelblog.id selain untuk menampilkan beberapa artikel tentang traveling, juga menampilkan kategori berita, lifestyle, tips, dan lainnya. Jadi bisa dibilang semua info yang berkaitan dengan traveling akan dibahas disini semuanya lengkap. Menurut aku, kelebihan travelblog.id ini cukup signifikan dibandingkan portal traveling yang lainnya. Berikut ini adalah kelebihan yang dimiliki oleh travelblog.id baik bagi kontributor maupun publik :

Kebebasan kontributor

Dalam membuat suatu artikel, kontributor diberikan kebebasan gaya bahasa dalam menulis. Tentunya yang sesuai dengan ketentuan dan batasan yang berlaku. Jadi di travelblog.id lah tempanya untuk mencurahkan imajinasi dalam traveling

Sistem poin bagi kontributor

Sistem poin yang didapatkan oleh kontributor setiap menulis, menjadi daya tarik tersendiri bagi para kontributor untuk mempublish artikel sesuai dengan kategorinya masing-masing. Poin tersebut bisa ditukarkan dengan hadiah yang telah disediakan.

Server yang aman

Keamanan di travelblog.id akan benar-benar terjaga, karena menggunakan server yang stabil dan memiliki teknologi enkripsi yang terdepan. Dan travelblog.id juga menjamin keamanan dari ancaman spam,virus,malware, dan lainnya.

Perlindungan data privacy

Data privacy yang dimilki oleh kontributor akan sangat aman. karena travelblog.id tidak akan mempublikasikan data pribadi kalian kepada siapapun, atau bahakan menjualnya. Jadi travelblog.id akan benar-benar aman melindungi data pribadi kalian.

Sebagai informasi wisata yang simple

Keberadaan travelblog.id bisa menjadi sumber informasi pariwisata yang berada di seluruh nusantara. Jadi kalian bisa mengetahui route jalan ke suatu tempat wisata yang belum anda ketahui, karena dilengkapi dengan fitur maps.

User Interface yang mudah dipahami

Bagi para pembaca, tata letak website yang tidak membuat mata lelah bakal bikin kalian betah berlama-lama mantengin artikel yang berada di travelblog.id

Fitur search untuk mencari artikel

Kalian juga bisa menggunakan fitur search yang berada di pojok kanan atas website travelblog.id. Kalian tinggal mengetikkan keyword sesuai apa yang ingin kalian cari di website travelblog.id ini.

Memilih artikel sesuai kategori

Di tampilan home website travelblog.id, kategori sudah disusun sedemikian rupa sesuai dengan bagiannya. Sehingga kalian mudah untuk mencari kategori yang ingin kalian baca.

Website bi-lingual

Untuk memudahkan pembaca yang tidak hanya dari Indonesia. Travelblog.id menyediakan dua pilihan bahasa tampilan, yaitu bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Selain itu, bagi para pembaca juga bisa merasakan manfaat yang bisa didapatkan setelah mengakses travelblog.id. Dikemas dengan fitur-fitur menarik, dijamin kalian pasti akan betah berlama-lama membaca artikel yang berkualitas dari travelblog.id ini. Manfaat dari travelblog.id yang akan didapat antara lain:

Menambah wawasan tentang traveling

Dengan membaca berbagai artikel traveling, kalian akan disuguhkan dengan berbagai keindahan tentang destinasi wisata yang ada di dalam artikel travelblog.id ini. Tujuan wisata baru, route perjalanan menuju wisata tersebut, hingga info penginapan dan lainnya di berbagai kota tujuan wisata. Pastinya kalian sangat membutuhkan ini kan? hehe

Menambah wawasan tentang kuliner

Salah satu kategori yang terdapat di travelblog.id adalah kuliner. Disini kalian akan disuguhkan dengan berbagai artikel yang membahas tentang kuliner di suatu daerah, Bahkan di daerah yang belum anda pahami sekalipun. So, bisa jadi pegangan jika kalian bepergian ke suatu tempat untuk mencari kuliner daerah tersebut.

Tips & Info seputar traveling yang menarik

Dalam merencanakan sebuah perjalanan, pastinya kalian akan membutuhkan tips dan info sebelum berangkat ke kota wisata yang kalian inginkan. Nah di travelblog.id semuanya akan tersedia secara lengkap, dan pastinya sesuai dengan tujuan wisata tertentu. Jadi jangan khawatir kekurangan info. Pastikan mengunjungi travelblog.id dulu 🙂

Manfaat travelblog id

Secara umum aku melihat website travelblog.id ini sudah cukup bagus untuk penikmat traveling. Selain sebagai sumber informasi bagi para pembaca, travelblog.id juga bisa menjadi sebuah wadah bagi para traveler untuk mengasah kemampuan menulisnya.

So, aku merekomendasikan travelblog.id untuk dijadikan referensi sebelum kalian traveling. Karena di website ini semuanya lengkap banget tips, info, maupun keadaan tentang suatu destinasi wisata. Selain itu jika kalian hobi menulis, kalian bisa mengemasnya menjadi sebuah tulisan untuk mejadi kontributor artikel di travelblog.id.

Sekarang saatnya Menggenggam keindahan alam dalam sebuah tulisan bersama travelblog.id. Kuy, kita lihat-lihat dulu website travelblog.id yang kece abis. Jangan sampe ketinggalan 🙂

Website Travelblog.id | Instagram Travelblog.id | Facebook Travelblog.id | Twitter Travelblog.id

32 Comments

  1. Mantap sekali, Mas. Lengkap. Sayang banget memang kalo traveling tidak diabadikan lewat tulisan. Travelblog.id bisa jadi opsi bagus sebagai wadah menulis bagi traveler, apalagi dengan berbagai keunggulannya ya.

    Good luck, Mas ….

    1. setiap traveling pasti harus diabadikan,, biasanya sih buat konten ya ga mas? hahaha
      travelblog.id bisa jadi wadah yang suka nulis dan suka jalan-jalan.
      jadinya ada catatan perjalanannya
      makasih mas kunjungannya 😀

  2. Pernah dapat tawaran email untuk berkontribusi di sana, tapi saya juga jarang traveling gitu. Enaknya bisa dapat poin reward ya, dan ditukarin hadiah, tapi durasi penukaran poinnya sebentar dan gak bisa diakumulasikan

    1. sepertinya kl ga sama persis bisa mas.. aku juga kemarin submit GUnung Bagus Paliyan.
      tapi aku bedain dari bahasanya juga..
      ayo dicoba mas 😀

  3. Aku dapat email sih untuk jadi kontributornya Keren…. cerita jalan2nya buanyak dan penulisnya kece2. Sayangnya poin hanya berlaku 12 bulan hehehe, coba bisa diakumulasi dg batasan sekian lama gitu..asik kan bisa dapat hadiahnya hehehe

    1. iya ya mbak, klo misal 12 bulan,, harus sebulan banyak posting
      cuma ya bikin artikel ga semudah membalikkan telapak tangan hehehe

    1. Hayuk mbak, biar bisa nuker rewaardnya hahaha
      aku juga bakal nulis tipis tipis nih di travelblog.id hehehe

  4. Wah.. baru tau tentang Travelblog.id .. Sekiranya org yg buta dunia travel macem saya gini jadi gak buta2 banget gitu ya klo mau baca dulu di travelblog.id sebelum berangkat? Minimal persiapannya ada gitu. Hehehe

      1. Waaah.. Informatif sekali kak. Dari sini kan kita jado tau harus gimana dulu, karena keseringan saya pribadi klo mau kemana2 suka bingung sama persiapanya. Kudu bawa apa, harus bagimana, dan enaknya kemana.

    1. Iya mbak, ini baru. ayo cuss registrasi mbak, biar bisa banyak berkontribusi dan dapetin hadiah melalui pointnya hehehe 😀

  5. Saya jarang banget atau boleh dikata tak pertnah travelling setelah menikah, ha ha. Makanya dalam blog juga isinya tak ada yang travel alias melancong, kalau sekadar jalan-jalan biasa ke kecamatan atau Bandung mah pernah dan tak terlalu istimewa. Makanya tak bisa gabung di Travelkblog, namun kalau baca untuk tahu kisah para petualang, wah, dengan senang hatilah.
    Soal kuliner, pengen juga bahas itu tentang kuliner di Garut, cuma, ya, ada saja kendalanya, harus konsisten menulis agar beroleh banyak poin padahal butuh modal juga dan harus urus blog sendiriu.
    Intinya, saat ini cuma bisa jadikan Travelblog sebagai referensi saja, kayaknya asyik bisa lihat tempat jalan-jalan dan makan berikut kuliner khas suatu daerah.
    Ehm, tulis ini malah bikin saya lapar. Ha ha. Ngebayangin nanti akan disuguhi aneka tulisan asyik dalam satu tempat di Travelblog.id.

    1. kl kuliner Garut yang paling kuingat adalah dodol mbak,, dodol picnic.. dulu bibiku sering bawa dodol picnic klo misal ke kuningan..
      bibiku di kertamanah kalau mbak ROhyati tau mbak,, pasti lah kan orang Garut asli hahaha
      Mbak Rohyati juga bisa registrasi kok di travelblog.id ini mbak. sistem poinnya bikin semangat nulis nih 😀

    1. baru belajar mas aku juga ,,
      masih jauh untuk ke kata bagus banget,, tp suatu saat Insya Allah ke titik itu pengennya haha
      makasih kunjungannya mas

  6. Pertama aku mau berkomentar …ckckck panjang banget tulisannya, mas :D.
    Sedetil~detilnya diulas.

    Kedua, aku mau tanya apakah kapasitas ruang simpan Travelblog.id ini juga memakai kapasitas ruang simpan akun Google yang telah kita gunakan untuk blog pribadi kita ?.
    Oleh Google kita diberi free 15MB untuk kapasitas ruang simpan.
    Hal ini sebenarnya yang masih jadi tanya dan belum kuambil tawaran gabung langsung dari admin Travelblog.id.

    1. 15 Gb kali mas yg gdrive? hehehe
      sepertinya ga ada batasan ruang simpan mas, jadi bisa sebebas2nya nyimpan media disini..
      dan yang bikin menarik point yang didapaet setelah bikin artikel bisa ditukerin hadiah langsung hehe

  7. Mantabbb yah lek, nulis bs dpt poin dan poinnya bs dijadikan hadiah ih waaawww bgt iki mah. Traveling + nulis membagikan informasi kpd pembaca = mendapat pahala, masya Allah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *