Panggung Teater untuk Pertunjukan Seni dan Budaya di Taman Indonesia Kaya

0
118

Sudah kita ketahui bahwa Indonesia terdiri dari beberapa jenis seni dan budaya. Keberagaman seni dan budaya dari setiap daerah merupakan warisan leluhur yang wajib kita lestarikan secara turun temurun. Adapun yang sering digunakan sebagai tempat pertunjukkan seni dan budaya yaitu panggung teater.

Panggung teater salah satu jenis panggung seni pertunjukan yang biasanya terdiri dari aktor, lakon, dan sutradara. Pertunjukkan tersebut biasanya ditampilkan dihadapan audience atau penonton. Salah satu panggung yang digunakan untuk pertunjukan seni dan budaya di kota Semarang adalah Taman Indonesia Kaya.

Panggun Teater di Taman Indonesia Kaya
Panggun Teater di Taman Indonesia Kaya

Salah satu pertunjukan seni yang seringkali ditampilkan adalah teater. Teater merupakan seni yang mengkombinasikan unsur peran, gerak, musikal, tari dan sebagainya dalam sebuah pertunjukan dan dilengkapi dengan sebuah akting serta dialog. Biasanya juga ditampilkan di hadapan penonton dengan jenis panggung teater. Namun secara bahasa, teater biasa juga disebut sebagai tempat pertunjukkannya. Sama seperti panggung yang menampilkan teater di Taman Indonesia Kaya yang berada di Semarang ini.

Seiring berjalannya waktu, seni pertunjukan teater memang sedikit menurun popularitasnya. Pecinta teater hanya terdiri dari kalangan senior maupun yang sudah memiliki cukup umur. Untuk tetap melestarikan seni ini, maka diperlukan sarana sebagai tempat pertunjukkan agar lebih dikenal oleh masyarakat dari berbagai kalangan termasuk remaja.

Pelestarian Seni dan Budaya Teater di Indonesia

Dalam setiap pertunjukannya, teater tak hanya menampilkan hiburan semata. Akan tetapi bisa menyampaikan pesan yang tersirat pada cerita tersebut. Seperti yang kita ketahui, seni peran memiliki tingkat kesulitan yang tinggi sehingga dibutuhkan pendalaman karakter yang akan ditampilkan oleh aktor pada sebuah pentas teater.

Pesan yang disampaikan juga harus memiliki berbagai arti dan makna. Sehingga bisa diaplikasikan dalam kehidupan maupun teori filosopi yang erat kaitannya dalam kehidupan bermasyarakat. Pada umumnya teater banyak mengambil dari cerita sejarah di Indonesia, selain itu juga terkadang mengambil dari cerita pewayangan yang populer di Indonesia.

Pentas teater seperti ini harus selalu dilestarikan, karena saat ini kalangan remaja lebih banyak terkontaminasi dengan perubahan era doigital yangs angat cepat berkembang. Pelestarian seni dan budaya teater harus diperhatikan oleh pemerintah agar tidak hilang dan akhirnya tidak ada peminatnya sama sekali. oleh karena itu pemerintah kota Semarang membangun panggung teater di Taman indonesia Kaya sebagai salah satu bentuk pelestarian budaya pertunjukan teater di Indonesia.

Panggung Teater Terbuka di Taman Indonesia Kaya

Nah, bagi kalian yang ingin menyaksikan pertunjukan teater di jaman teknlogi canggih ini bisa mencoba mengunjungi Taman Indonesia Kaya yang memiliki panggung yang digunakan untuk berbagai pertunjukan seni dan budaya. Sebelumnya bernama Taman Menteri Soepeno, yang terletak di Mugassari, Semarang.

Kemudian Bakti Budaya Djarum Foundation bekerjasama dengan Pemkot Semarang melakukan rebranding dengan penggantian nama menjadi Taman Indonesia Kaya . Taman Indonesia Kaya ini memiliki sebuah panggung pertunjukkan yang digunakan sebagai panggung budaya dan ruang publik terbuka. TUjuannya adalah mendedikasikan taman ini untuk masyarakat dan dunia seni pertunjukan Indonesia yang wajib dilestarikan.

Taman yang terletak di pusat Kota Semarang ini sering digunakan oleh masyarakat sebagai tempat untuk bersantai untuk melepas kelelahan setelah seharian bekerja dan juga kepenatan dari rutinitas kerja sehari-hari. Taman ini merupakan taman budaya pertama di Jawa Tengah dengan konsep panggung outdoor. Sehingga bisa dijadikan wadah ekspresi para seniman panggung teater di jawa Tengah dan pekerja seni. Taman ini bisa dinikmati oleh masyarkat umum secara gratis.

5/5 - (1 vote)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here