Jenis Jasa Pengiriman Barang untuk Mendukung Bisnis Online

0
123

Familar dengan jasa pengiriman barang? Yak, jasa pengiriman barang memang identik dengan berlangsungnya bisnis online yang mulai berkembang di jaman digital ini. Di jaman yang sudah memiliki teknologi dan internet yang canggih seperti sekarang ini sangat mendukung bisnis melalui kanal digital. Bisnis online merupakan hal yang sudah umum di dunia jual beli saat ini. Para pengusaha yang tadinya hanya memiliki toko offline lambat laun sudah mengikuti perkembangan jaman dengan memiliki bisnis online.

Keuntungan berbisnis online memang sangat banyak, salah satunya adalah memperluas market pasar hingga ke seluruh Indonesia bahkan ke seluruh dunia. Hal ini berhubungan dengan jaringan internet dan juga para pengguna internet yang bisa mancari dan membeli barang apapun hanya melalui smartphone yang mereka miliki.

Setelah itu, barang yang dipesan akan dikirmkan melalui ekpedisi barang yang sudah dipilih, dan kita tinggal mengunggu beberpaa hari barang yang diinginkan sudah sampai di rumah. Kemudahan seperti itu memang sangat mendukung kondisi kita yang serba canggih teknologi saat ini. Jangan lupa dengan peranan jasa pengiriman barang yang sangat membantu para pebisnis online untuk mengantarkan produk mereka kepada para pembelinya.

Jasa pengirman barang terdekat
Jasa pengirman barang terdekat

Jenis Jasa Pengiriman barang

Seperti yang telah kita ketahui bahwa jasa ekpedisi barang memiliki beberapa jenis. Untuk toko online biasanya menggunakan ekspedisi darat yang lumayan cepat untuk jarak kota yang tidak terlalu jauh. Tetapi tidak menutup kemungkinan juga jika mengirim barang antar pulau bisa menggunakan ekpedisi udara yang lebih cepat.

Nah, apa saja sih jenis jasa pengiriman barang yang umum melayani para pebisnis online maupun umum? Simak selangkapnya:

Jasa Ekspedisi Darat

Seperti dari namanya darat, bahwa jasa ekpedisi darat menggunakan transportasi darat untuk mengirimkan barnag sesuai dengan tujuannya. Hal ini akan lebih efektif dan efisien jika jarak antar kota kurang dari 50 KM. Dengan begitu barang yang sore dikirim biasanya besok pagi sudah berada di kota tujuan yang kemudian akan diantarkan oleh kurir ke alamat tujuan.

Jasa Ekepdisi darat ini sering digunakan oleh marketplace, dan juga memudahkan para pebisnis online ketika akan mengirim barang. Kruir juga akan mengambil barang sehingga kita tidak perlu mengantar ke outlet jasa pengiriman tertentu.

Jasa Ekspedisi Laut

Nah, jenis pengiriman selanjutnya adalah melalui jalur laut. Biasanya barang yang dikirim melalui jalur laut adalah dengan tujuan anta pulau dan dengan kapasitas yang banyak. DImensi yang dikirim biasanya juga melebihi standar yang tidak bisa diangkut oleh jalur darat. Oleh karena itu jika mengirim barang menggunakan jasa ekpedisi laut, sebaiknya menggunakan kontainer agar barang yang dikirim akan tetap aman tanpa kerusakan.

Dalam hitungan harga, bisa dikatakan biaya yang dikeluarkan akan lebih murah. Akan tetapi biasanya waktu juga akan menempuh lebih lama, karena menggunakan jalur laut yang tidak bisa menggunakan kecepatan tinggi. Ekspedisi jalur laut ini sangat cocok untuk mengirim barang dalam tonase yang besar dan keluar pulau.

Jasa Ekspedisi Udara

Nah, terakhir jenis pengiriman yang membutuhkan waktu yang cepat dan tidak ada minimal pengiriman adalah dengan jasa ekspedisi melalui udara. Jasa ekpedisi udara ini bisa mengantarkan barang yang dikirim antar pulau, antar propinsi, maupuan antar kota. Dalam segi waktu, ekspedisi udara ini sangat cepat meskipun berbeda pulau dan jauh jaraknya.

Dari tarif kirimnya memang lebih mahal karena sesuai dengan layanan yang disediakan yaitu cepat. Akan tetapi saat ini sudah banyak jasa ekspedisi udara yang memasang taif standar karena kebutuhan pegiriman natar pulau sudah sangat banyak pemrintaan. Jadi lambat laun ekepedisi udara juga sudah bisa bersahabat dengan para pebisnis online.

Kesimpulan

Nah, dari penjelasan jenis pengiriman barang di atas, maka kita sebagai seller maupun buyer harus sudah paham akan menggunakan ekpedisi jenis apa. Selain itu kita juga harus menghitung efisiensi waktu dan biaya. Mungkin kedua faktor ini bisa dipertimbangkan mengikuti situasi dan kondisi di lapangan.

Saat ini sudah banyak tersedia jasa pengiriman terdekat di kota besar seperti Jogja, Bandung, Semarang, Jakarta, Surabaya dan lain sebagainya. Mereka sangat direkomendasikan untuk mengirim barang. Nah, bagaimana? sudah siap untuk menjalankan bisnis online yang sekarang sangat mudah dalam hal pengiriman barang? Semoga berhasil dan selamat mencoba.

5/5 - (1 vote)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here