Tanjung Kesirat
Tanjung Kesirat, Gunungkidul, DI Yogyakarta

Bagi kalian yang mempunyai hobby traveling, pasti akan selalu explore sebuah tempat yang belum banyak dikunjungi oleh para traveler dari berbagai daerah.

Seperti pada bulan lalu, aku berkesempatan mencicipi indahnya salah satu pantai yang berada di Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Mungkin belum banyak yang tahu tentang pantai ini. Pantai Kesirat merupakan surganya para pecinta pantai, tetapi namanya belum begitu ramai terdengar oleh masyarakat luas.

Jadi, tempat ini sangat cocok untuk kalian kunjungi, apalagi bagi kalian yang hobby camping, karena di Pantai ini terdapat tanah lapang yang digunakan sebagai camp area. Keindahan alam yang disuguhkan oleh pantai ini antara lain : Sunset yang indah, dan dijadikan juga sebagai tempat rockfishing bagi para pecinta mancing. Jadi Pantai Kesirat ini bisa dikatakan kolaborasi tempat singgah antara para pemancing dan traveler.

Camp Area Pantai Kesirat

Aku dan temanku sesama pecinta traveling, berencana camping di camp area Pantai Kesirat ini. Kami berangkat malam dari kota Jogja jam 12 malam, lama perjalanan dari jogja sekitar 2 Jam melewati jalur Imogiri-Panggang.

Sesampainya disana sekitar pukul 2 pagi, langsung bergegas mendirikan tenda yang sudah dibawa sebelumnya. Di sini terdapat tanah luas yang sekiranya cukup untuk puluhan tenda, kebersamaan akan terasa lebih nyata karena lebih dekat dengan alam, suasana malam hari di sini terasa lebih syahdu, jika kalian beruntung maka akan terlihat taburan bintang di langit yang membuat suasana malam itu akan lebih indah.

Hamparan bintang di langit akan membuat pikiran menjadi lebih fresh tanpa beban. Penasaran kan? makanya ayo dicoba ngecamp di Pantai Kesirat ini guys.

BACA JUGA : Candi Gebang : Peradaban yang Terlupakan

Pantai kesirat 2

Indahnya di saat pagi hari, ditemani dengan buah anggur dan secangkir kopi hangat membuat perasaan saat itu menjadi sangat santai dan tenang, Pemandangan yang apik disuguhkan dengan manja oleh alam kepada kami, Langit yang biru dan suara debur ombak akan menjadi sebuah cerita yang indah dan bisa menjadi sebuah kenangan yang terlupakan pada saat ini

Setelah menikmati sarapan pagi, kami sangat betah disana, meskipun pada saat itu cuaca cerah dan panas, tapi betah banget. Entah apa yang bisa membuat kami begitu, mungkin karena keindahan alam dan kekuasannNya yang bisa membuat kami lebih bertahan lama disana hingga sore hari. Sesekali kami melihat keseruan para pemancing saat melempar umpannya ke tengah laut dari atas tebing. Sungguh pemandangan yang menakjubkan di pagi hari itu. Bisa dikatakan camping asyik dengan pemandangan ciamik yang kami alami saat itu. Camping yang sangat santai, memanjakan diri dan dibonusi dengan pemandangan alam yang begitu indah. Sempurna!

camping area pantai kesirat
Camp Area

Rute menuju Pantai Kesirat

Route jalan menuju ke Pantai Kesirat bisa dikatakan sangat ekstrim, dengan morfologi pegunungan khas Pantai Gunungkidul. Untuk akses jalan ke Pantai ini sudah difasilitasi dengan jalan yang beraspal, akan tetapi menuju dekat dengan pantai jalannya berupa semen coran yang dibuat oleh warga sekitar. Sepanjang perjalanan menuju Pantai ini akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah dari atas bukit, hamparan pantai yang indah terlihat jelas saat menuju dekat pantai. Sangat disarankan untuk berangkat sore hari dari Kota Yogya, karena sesampainya disana, kalian langsung disuguhkan dengan indahnya sunset view di Pantai ini.

Pantai Kesirat letaknya bersebalahan Pantai Gesing, tepatnya di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Gunungkidul. Ada 2 jalur yang bisa dilewati untuk menuju Pantai Kesirat, yaitu melewati Jl Raya Wonosari atau lewat Jalur Imogiri – Panggang. Untuk akses terdekat bisa melewati Jalan Raya Imogiri – Panggang lalu dilanjutkan menuju Jalan Raya Panggang – Saptosari. Sampai di persimpangan terakhir menuju Pantai Gesing (setelah Mts Yappi) terdapat sebuah jalan berukuran sedang yang hampir mirip dengan gang yang masuk ke kawasan pemukiman yang bertuliskan Pantai Kesirat. Jalan menuju Pantai Kesirat cukup berliku dengan akses ekstrim akan tetapi aman untuk dilalui. Jalan beraspal dengan pemandangan pohon di kanan dan kiri membuat perjalanan anda semakin menarik. Tidaklah sulit untuk menemukan akses menuju bibir pantai, karena sudah dilengkapi dengan penunjuk jalan seadanya yang dibuat oleh warga setempat.Jika anda seorang pemancing, biasanya mencari spot mancing yang berada di bibir tebing.Untuk mencapai lokasi tebing bibir pantai kalian harus berjalan kaki melewati jalan setapak.

sunset pantai kesirat
Sunset View Tanjung Kesirat

Harga Tiket Masuk dan Parkir

Untuk urusan retribusi, sudah sepatutnya kita sebagai warga negara yang baik untuk membayarnya, harga tiket masuk ke Pantai Kesirat danPantai Wohkudu( Pantai Wohkudu terletak satu area dengan Pantai Kesirat) sangat murah, Untuk retribusi dikenakan Rp.2000/orang. Dan untuk parkir dikenakan Rp.2000 untuk sepeda motor dan Rp5000 untuk mobil.

Tempat parkir sepeda motor sangat luas dan cukup. Akan tetapi bisa membludak disaat weekend tiba. Akses parkir mobil pun mudah, meskipun tidak seluas pantai yang sudah terkenal. Dan pastinya parkiran dijamin aman, akan tetapi disarankan untuk tidak meninggalkan barang berharga di kendaraan.

Spot Foto Pantai Kesirat
Spot Foto Pantai Kesirat

Keuninkan Rock Fishing di Pantai Kesirat

Bagi para pemancing, Pantai Kesirat merupakan salah satu tujuan untuk melakukan Rock Fishing, yaitu memancing di laut dari atas tebing, Spot ini sudah sangat terkenal sebelum spot wisatanya, karena para pemancing sudah sangat familiar dengan pantai kesirat.

Jadi rock fishing itu memancing dari atas tebing atau memancing dari celah bebatuan karang yang berada di bibir Pantai ini. Biasanya banyak terdapat ikan Tuna dan GT. Untungnya kemarin kami sempat melihat para pemancing melancarkan asyiknya, ada keunikan tersendiri saat memancing laut.

Jadi kebanyakan umpan yang digunakan adalah umpan buatan yang terbuat dari semacam plastik, yang menyerupai ikan kecil. Dan teknik menarik dan melempar jorang pun harus mempunyai skill tersendiri, memang sepertinya memancing disini sangat lebih menantang daripada memancing di air tawar. Pantai Kesirat ini bisa dikatakan sudah menjadi surganya para pemancing profesional.

rock fishing

Pantai Kesirat : Wisata yang menakjubkan

Tak terasa 1 hari 1 malam kami sudah berada di Pantai ini. Pantai yang sangat indah dan alam yang begitu mempesona, kami menyarankan Pantai ini bagi kalian yang belum pernah kesini, karena Pantai ini menyuguhkan suasana dan pemandangan alam yang belum tentu bisa didapatkan di Pantai lainnya. Kami pun bergegas membereskan tenda dan barang bawaan kami saat camping di sini.

Oh iya, bagi para traveler yang camping disini, aku sangat menghimbau untuk tidak meninggalkan sampah dalam bentuk apapun di pantai ini. Jagalah alam ini agar kela anak cucu kita bisa merasakan keindahan yang sudah kita rasakan sebelumnya. Kerusakan alam bisa dicegah dan dimulai dari kita sendiri, mari kita belajar peduli alam dan lingkungan sekitar.

Semoga tulisan ini bermanfaat ya gays, dan bisa menjadi referensi tujuan wisata bagi kalian. Sampai jumpa di perjalananku selanjutnya ya. Sharing tulisan ini jika dirasa bisa menginspirasi perjalanan teman, sahabat, keluarga kalian.