Para Muslim Bisa Kok Berinvestasi Deposito yang Halal, Pilih Deposito Syariah Saja!

0
136

Selama ini mungkin banyak diantara para umat muslim yang takut untuk berinvestasi ke instrumen deposito, padahal jika dilihat sebenarnya jenis investasi yang satu ini terbilang sangat aman dan tentunya juga mudah dijalankan. Namun takut akan keberadaan riba yang ada didalamnya, apalagi dalam Islam sendiri riba ini juga diharamkan. Padahal sekarang ini jika dilihat tak sekedar deposito bank konvensional saja, melainkan juga ada deposito syariah, lalu apakah tidak ada riba didalamnya? Bagaimana dengan simulasi deposito syariah tersebut?.

Deposito Syariah
Deposito Syariah

Bagi Anda yang belum terlalu mengenal jenis deposito yang satu ini, maka sebelum itu simak dulu perbedaannya antara deposito syariah dan juga konvensional berikut, yaitu:

  1. Sistem keuntungan yang didapatkan, berbeda dengan deposito dari bank konvensional dimana keuntungan yang didapatkan berasal dari bunga atau riba, maka untuk bank syariah ini menggunakan hukum dasar Islam, sehingga pengelolaannya juga bebas dari riba dan tentunya juga lebih halal.
  2. Biaya pinalti, hal lainnya yang juga harus diketahui adalah keberadaan dari biaya penalti, jika seandainya nasabah tersebut melakukan penarikan sebelum masa jatuh tempo maka akan dikenai dengan pinalti untuk deposito dari bank konvensional. Namun pada bank syariah sendiri hal tersebut tidak berlaku, sehingga jadi lebih aman.
  3. Sistem pengelolaan dana, cara bank syariah dengan bank konvensional dalam mengelola dana mereka juga berbeda. Pengelolaan deposito konvensional adalah uang diinvestasikan ke berbagai sektor lain dalam mengelola perbankan tersebut sehingga pasti ada bunga didalamnya, sedangkan untuk bank syariah sendiri pengelolaannya dijamin sesuai dengan syariat Islam, sehingga tentunya halal.

Anda bisa menabung deposito syariah ini ke bank yang sudah terpercaya, sebut saja diantaranya adalah dari Bank Syariah Bukopin. Layanan atau produk yang mereka tawarkan paling lengkap jika dibandingkan dengan perbankan yang lainnya, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Termasuk untuk tabungan masjid juga tersedia, cocok untuk perencanaan pembangunan masjid di masa depan. Jaminan halal dan juga aman, tersedia juga produk pendanaan bagi masyarakat yang membutuhkan.

Rate this post

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here