Audit energi merupakan prosedur sistematik yang dilakukan dengan tujuan untuk mengevaluasi konsumsi energi suatu bangunan, serta mengidentifikasi jika ada kemungkinan penghematan energi yang bisa dilakukan oleh pemilik bangunan tersebut. Audit energi listrik yang dilakukan pada gedung-gedung perkantoran memang sangat berguna, namun tidak bisa disangkal jika proses mengaudit ini membutuhkan kerja keras yang sangat intensif.

Audit Energi Listrik
Audit Energi Listrik

Pentingnya Audit Energi

Para auditor energi harus mengelilingi gedung-gedung perkantoran tersebut untuk menganalisa konsumsi energi dan bahkan mencatatnya secara manual. Apalagi kebanyakan gedung perkantoran biasanya menggunakan Audit energi listrik untuk disewakan kepada penyewa yang berbeda-beda dan pastinya melalui Layanan sewatama mereka menggunakan sistem pendingin atau pencahayaan yang berbeda juga. 

Dalam industri apapun, 3 beban usaha atas sering ditemukan untuk menjadi energi (baik listrik dan panas), tenaga kerja dan bahan.Kalau orang untuk berhubungan dengan pengelolaan biaya atau penghematan biaya potensial di masing-masing komponen di atas, energi selalu akan muncul sebagai serdadu atas dan dengan demikian fungsi manajemen energi merupakan kawasan strategis untuk pengurangan biaya.

Manfaat Audit Energi

Audit energi akan membantu untuk memahami lebih lanjut tentang cara energi dan bahan bakar yang digunakan dalam industri apapun dan membantu dalam mengidentifikasi area dimana limbah dapat terjadi dan dimana ruang untuk perbaikan ada.

Audit energi akan memberikan orientasi positif terhadap pengurangan biaya energi, pemeliharaan preventif dan program kontrol kualitas yang penting untuk kegiatan produksi dan utilitas.

Seperti program audit akan membantu untuk tetap fokus pada variasi yang terjadi pada biaya energi, ketersediaan dan keandalan pasokan energi, menentukan bauran energi yang tepat, mengidentifikasi teknologi konservasi energi, retrofit untuk peralatan konservasi energi dan lain-lain.

Dalam perindustrian audit energi bisa diterapkan pada pompa, boiler, sistem chiller, sistem distribusi uap , genset dan lainnya.Bukan hanya di industri sih, dalam rumah kita sendiri pun kita bisa mengaudit energi agar kita bisa lebih hemat listrik, kan lumayan bisa menghemat uang (apalagi anak kos) hehe.

Tujuan Dilakukan Audit Energi

Tujuan utama dari audit energi adalah untuk menentukan cara untuk mengurangi konsumsi energi per unit output produk atau untuk biaya pengoperasian. Energi audit menyediakan referensi point untuk mengelola energi dalam organisasi dan juga menyediakan dasar untuk merencanakan lebih banyak menggunakan energi secara efektif di seluruh organisasi.

Keuntungan dari audit energi adalah meningkatkan pengetahuan tentang efisiensi energi, mengidentifikasi biaya energi yang digunakan, mengidentifikasikan dan meminimumkan hal yang terbuang, membuat perubahan prosedur, peralatan, dan sistem untuk menyimpan energi, menghematkan sumber energi yang tidak dapat diperbaharui, menjaga lingkungan dengan mengurangi pembangkitan tenaga dan mengurangi running costs.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here