Perawatan Mobil Matic yang Tepat

Photo of author

By Aldhi Fajar Maudhi

Mobil matic adalah salah satu jenis mobil yang memiliki transmisi otomatis, sehingga merupakan kendaraaan yang mudah dalam mengendarainya. Perawatan mobil matic juga tergolong mudah jika Anda bisa emlakukannya dengan langkah yang tepat.

Pada dasarnya perawatan pada mobil matic hampir sama dengan mobil manual biasanya. Bedanya hanya ada beberapa komponen mesin mobil yang tidak terdapat pada mobil manual. Perlakuan khusus atau tratment khusus bagi mobil matic biasanya terletak pada sistem transmisi yang berbeda.

Ada yang bialng bahwa merawat mobil matic itu sulit dan butuh ketelitian serta ketekunan yang khusus. pada kenyataannya mobil matic memiliki jenis perawatan yang mudah jika Anda sudah mengetahui seluk beluk mesin mobil matic yang dimiliki.

Memiliki mesin mobil dalam kondisi prima akan memudahkan Anda ketika akan menggunakan mobil untuk aktivitas keseharian. Selain itu mobil matic akan dalam kondisi baik setiap hari, justru itu akan meringankan biaya service daripda memperbaiki mobil matic yang ditumpuk kerusakannya.

Sudah banyak bengkel mobil matic yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia, atau bahkan sebenarnya Anda bisa melakukan perawatan mobil amtic secara mandiri, jelas akan meringankan biaya service karena dilakukan secara mandiri di rumah.

Perawatan Mobil Matic
Perawatan Mobil Matic dengan Magoc Jet Clean dari Doktermobil.com

Cara Merawat Mobil Matic yang Baik

Ketika menjadi pengguna mobil matic, hal yang harus selalu diperhatikan adalah kondisi kendaraan dan paling penting adalah kondisi mesin mobil matic. Nah, berikut ini ada beberapa cara merawat mobil matic yang baik dan benar. Di antaranya adalah:

Memanaskan Mobil Setiap Pagi

Mesin mobil memiliki sistem kinerja mesin yang menggunakan oli sebagai pelumas. Agar oli tersebut bisa menyebar dan tidak mengendap, Anda harus memanaskan mobil setiap pagi dan dilakukan rutin. Tujuannya agar oli mesin maupun transmisi menyebar dan tidak mengendap. Lakukan hal ini selama 30 menit dan masukkan perseniling pada posisi N atau Netral.

Rutin Mengecek Oli Mesin dan Transmisi

Mobil matic memiliki oli mesin dan oli transmisi yang harus dicek setiap saat. Mobil yang memiliki transmisi matic sngat bergantung dengan kualitas olei mesin dan oli transmisi. Lakukan pengecekan oli mesin dan oli transmisi setiap 3 hari sekali. Pastikan oli tidak berkurang, dan apabila berkurang Anda bisa menambahkannya sedikit agar dalam posisi yang normal.

Gunakan Perseneling dengan Tepat

Persneling atau biasa disebut gigi adalah hal yang sangat penting diperhatikan ketika menggunakan kendaraaan matic. pada umumnya modil matic memiliki mode perseneling untuk parkir (P), berjalan (D), netral (N) dan mundur (R). Sesuaikan kebutuhan penggunakan dengan benar seperti ketika parkir dan tidak digunakan pindahkan ke posisi P, kemudian jika berhenti sejenak di lampu merah pindahkan ke posisi (N). Dengan penggunaan yang benar, maka usia gearbox akan semakin awet pada mobil matic.

Selalu Cek Radiator

Sistem pendingin mobil atau biasa disebut radiator merupakan sistem yang sangat penting ketika mesin mobil bekerja. Radiator akan mendinginkan suhu mesin mobil agar tetap dalam kondisi yang stabil. Selalu cek secara rutin kondisi radiator untuk mencegah mogok ketika digunakan karena mesin mengalami overheat. Anda bisa membawanya ke bengkel radiator terdekat untuk mengecek radiator masih bekerja dengan baik atau tidak.

Gunakan Jasa Doktermobil.com untuk Perawatan Mobil Matic

Jika Anda memiliki masalah pada mesin mobil matic seperti responsif gas berkurang, ngejedak, lemot, dan lain sebagainya memang sangat mengganggu. Saat ini hadir doktermobil.com menghadirkan Matic Jet Clean. Layanan ini bisa mengatasi keluhan mobil matic seperti delay dan jedug.

Matic Jet Clean merupakan perawatan pada mobil matic yang lebih ekonomis. Layanan ini berfungsi untuk mencegah masalah kerusakan yang umumnya terjadu di bagian transmisi matic. kemungkinan jika diagnosa di bengkel lain solusinya hanya bisa Overhaul atau turun mesin. Tentunya akan membutuhkan biaya yang sangat mahal.

Silakan kunjungi Website Dokter Mobil untuk lebih mengetahui layanan Matic Jet Clean yang cocok untuk menjaga kualitas mobil matic Anda.

Kesimpulan

Merawat mobil matic bukan perkara yang sulit, dengan beberapa cara perawatan mobil matic di atas maka mobil yang dimiliki akan selalu dalam kondisi yang prima. Selain itu hadirnya layanan Matic Jet Clean dari Doktermobil.com merupakan salah satu solusi termudah jika mobil matic Anda. Yuk Segera coba layanan Matic Jet Clean agar perawatan mobil matic Anda semakin maksimal.

5/5 - (1 vote)

Satu pemikiran pada “Perawatan Mobil Matic yang Tepat”

Tinggalkan komentar