Komponen Radiator Mobil dan Bagiannya

Photo of author

By Aldhi Fajar Maudhi

Komponen radiator mobil menjadi salah satu yang harus kita ketahui ketika akan merawat radiator mobil agar tetap berfungsi dengan normal. Radiator mobil memiliki peranan penting dalam sistem pendinginan mesin mobil ketika digunakan agar suhu tetap dalam keadaaan yang stabil dan normal.

Mobil yang digunakan ketika berjalan tentu akan mengeluarkan panas atau kalor. Apabila kalor tersebut makin memanas maka mesin akan tidak berfungsi alias akan mengalami overheat. Untuk mencegah overheat maka sistem kerja mesin mobil dilengkapi dengan bagian komponen mobil yang bernama radiator.

Bagian dan Komponen Radiator Mobil
Komponen Radiator Mobil

Di dunia otomotif kita mengenal radiator bisa dipasnagkan di mobil maupun motor. Pada motor biasanya digunakan di merek dan jenis tertentu, biasanya yang memiliki silinder di atas 150cc agar pendinginan meisn pada motor juga lebih maksimal. Akan tetapi pada mobil, semuanya menggunakan sistem pendingin radiator.

Sebagai pemilik dan pengguna mobil, kita harus mengetahui juga komponen radiator mobil atau seluk beluk radiator. Fungsi radiator mobil adalah mendinginkan suhu mesin mobil ketika digunakan, tentu ada beberapa bagian bagian penting dan komponen dari radiator mobil yang harus dirawat secara rutin, agar mobil bisa berjalan dalam kondisi yang baik.

Komponen Radiator Mobil

Bagian radiator sangat banyak, akan tetapi juga memiliki inti dari sistem pendinginan suhu mesin mobil. Oleh akrena itu Anda sebagai pemiliki mobil wajib mengetahui komponen radiator mobil agar suatu saat jika mengalami kendala pada radiator mobil bisa mengetahui bagian radiator mobil apa saja yang bisa diperbaiki.

Sistem kerja radiator mobil
Sistem kerja radiator mobil

Berikut ini adalah komponen penting yang terdapat pada cara kerja radiator mobil. Di antaranya adalah:

1. Upper dan Lower Tank

Pada bagian komponen radiator disediakan tangki untuk menampung cairan radiator. Tangi ini berada di antara atas dan bawah kisi kisi radiator yang berfungsi melepaskan kalor yang didapat ketika cairan mengitari mesin mobil. Tangi tersebut adalah upper tank dan lower tank radiator.

Upper tank atau tangki atas radiator berfungsi untuk wadah masuknya cairan pendingin dari mesin, sedangkan lower tank atau tank bawah radiator memiliki fungsi untuk wadah kembalinya ke mesin setelah diproses oleh sistem pendingin radiator.

2. Radiator Core

Radiator core atau inti radiator adalah komponen radiator yang paling tuama pada mesin mobil. Radiator core berbentuk seperti sirip sirip yang akan diisi oleh cairan radiator yang telah mengitari mesin mobil. Sirip sirip radiator ini lebih menyerupai kondensor AC Mobil.

Radiator core wajib dirawat dengan baik agar penyerapan cairan radiator lebih optimal. Karena fungsi dari sirip sirip ini adalah untuk melepaskan kalor atau panas yang dihasilkan dari kinerja mesin mobil. Radiator core ini merupakan tempat pertukaran dan pelepasan suhu panas dengan udara bebas.

3. Kipas Radiator

Selain AC mobil, radiator juga memiliki kipas pendingin utama yang membantu ketika proses pelepasan kalor pada radiator core. FUngsi dari kipas radiator ini adalah meningkatkan aliran udara yang melalui radiator core agar suhu mesin tetap stabil.

Kipas radiator ini memiliki jenis yang bermacam-macam. Ada kipas radiator yang standar dan ada juga kipas radiator yang dikhususkan dengan memiliki putaran yang cepat. Kipas radiator ini bersifat otomatis dan dihubungkan dengan thermostat yang memproses cut off kipas sesuai dengan suhu mesin.

4. Thermostat

Thermostat merupakan komponen dan bagian dari radiator mobil yang berbentuk sebuah katup. Thermostat berperan penting untuk mengatur aliran cairan radiator sesuai dengan suhu mesinnya. Ketika suhu mesin dingin, thermostat akan menutup katup untuk membiarkan mesin mencapai suhu maksimalnya.

Jika suhu mesin mobil mencapai maksimal diperlukan sistem pendinginan dan otomatis thermostat yang mengatur katup membuka agar cairan radiator bisa dialirkan ke seluruh bagian mesin.

Thermostat radiator
Thermostat radiator

5. Water Jacket

Radiator mobil memiliki cairan pendingin atau coolant yang akan dialirkan ke seluruh mesin mobil agar suhu tetap stabil. Media untuk menyalurkan air radiator atau water coolant adalah water jacket. Water jacket merupakan saluran yang berisi air coolant dan sebagai media untuk mengalirkan ke seluruh bagian mesin.

Kesimpulan

Agar sistem pendinginan pada mesin mobil tetap stabil saat digunakan, tentunya membutuhkan sistem pendinginan yang disebut dengan radiator. Radiator mobil memiliki beberapa bagian dan komponen yang harus diketahui agar kita bisa memahami ketika merawat radiator mobil.

Komponen inti yang terdapat pada radiator mobil di antaranya upper tank dan lower tank, thermostat, radiator core, water jacket, kipas radiator, dan lain sebagainya. Kita juga harus selalu rutin untuk merawat dan membersihkan radiator core agar sistem pendingin mesin mobil atau radiator dapat berfungsi dengan maksimal.

Merawat radiator mobil harus di bengkel radiator khusus agar dikerjakan oleh spesialisnya. Dengan begitu radiator mobil akan selalu dalam kondisi yang baik. Jangan lupa untuk selalu mebersihkan radiator core, atau biasa disebut dengan korok radiator agar penyerapan ke dalam siripnya berjalan dengan maksimal.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai bagian dan komponen pada radiator mobil, Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar