Peran (PAFI) Persatuan Ahli Farmasi Indonesia di Era Digital

Photo of author

By Aldhi Fajar Maudhi

Perkembangan dunia teknologi dan informasi saat ini hampir menyentuh semua bidang, tak terkecuali bidang kesehatan, farmasi, dan lain sebagainya. Sistem informasi diaplikasikan terhadap sistem konvensional yang selama ini menjadi andalan sejak jaman dulu kala.

Oleh karena itu untuk meningkatkan pelayanan farmasi di Indonesia PAFI atau Persatuan Ahli Farmasi Indonesia juga sudah memanfaatkan teknologi farmasi dalam meningkatkan semua pelayanan dalam bidang farmasi.

Mengapa bidang farmasi harus mengikuti perkembangan teknologi? PAFI yang berperan sebagai organisasi profesi yang menaungi profesi ahli farmasi di Indonesia bisa meningkatkan kualitas pelayanan, komunikasi antar ahli farmasi, dan juga terus berinovasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas layanan farmasi bagi masyarakat.

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia
Persatuan Ahli Farmasi Indonesia

Sekilas Tentang Persatuan Ahli Farmasi Indonesia

Ahli Farmasi Indonesia sebetulnya sudah ada sejak jaman kemerdekaan Indonesia. Pada saat itu para ahli farmasi bekerjasama dengan masyarakat dalam mempertahankan Negara Kesatuan republik indonesia. Dengan kata lain para ahli farmasi juga ikut serta dan terlibat dalam pembangunan masyarakat dan negara.

Sejak saat itu, Ahli Farmasi Indonesia selalu turut serta dalam membela negara Republik Indonesia dalam partisipasi pembangunan negara. Selain melaksanakan tugas kesehariannya, Ahli Farmasi Indonesia juga berperan penting dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat pada saat itu.

Hingga akhirnya pada tanggal 13 Februari 1946 dibentuk sebuah organisasi yang menghimpun semua tenaga yang memajukan bidang farmasi. Organisasi itu adalah Persatuan Ahli Farmasi Indonesia yang selanjutnya disingkat PAFI.

PAFI dan pengurus pusat PAFI berkedudukan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Di samping itu PAFI memiliki dan berpedoman terhadap azaz Pancasila, Organisasi PAFI merupakan organisasi profesi yang memiliki bersifat kekaryaan dan pengabdian kepada bangsa dan negara Indonesia.

PAFI memiliki kepengurusan pusat, setingkat provinsi, dan kemudian kabupaten. Seperti PAFI sampain ke Desa Kaki Pegunungan Arfak, Distrik Minyambouw, Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat. Untuk web officialnya bisa kunjungi pafiarfak.org.

Tujuan Dibentuknya PAFI antara lain :

  • Mewujudkan Masyarakat Adil dan Makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945
  • Mewujudkan Derajat Kesehatan yang Optimal bagi Masyarakat Indonesia
  • Mengembangkan dan meningkatkan Pembangunan Farmasi Indonesia
  • Meningkatkan Kesejahteraan Anggota

Oleh karena itu, dibentuknya PAFI ini akan sangat bermanfaat bagi semua anggotanya, selain itu bisa menigkatkan pelayanan yang maksimal di bidang farmasi dan pengabdian kepada masyarakat di Negara Republik Indonesia.

Peran Persatuan Ahli Farmasi Indonesia di Era Digital

Dalam menghadapi dunia digital maka sudah seharusnya PAFI memiliki peran untuk meningkatkan sistem maupun layanan di berbagai sektor. Berikut ini adalah beberapa peran PAFI dalam menghadapi era digital. Di antaranya adalah:

Mengembangkan Infrastruktur Teknologi

PAFI bisa memberikan kontribusi dengan bekerjasama dengan pemerintah setempat dalam menjangkau pelosok yang ada di seluruh negara Indonesia. Dengan begitu pelayanan farmasi dan apotek akan semakin berkembang dengan sisitem yang terintregrasi. SIste informasi bisa dimanfaatkan oleh anggota dan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.

Pemberlakuan SOP

Standar dan regulasi itu sangat penting dalam sebuah organisasi atau pelayanan masyarakat. Oleh karena itu PAFI sebagai organisasi farmasi di Indonesia berperand alam mengembangkan dan mengimplementasikan teknologi informasi terhadap pemberlakuan SOP sesuai yang diharapkan. SOP yang selama ini ada bisa diaplikasikan terhadap teknologi informasi seperti sistem informasi apotek dan lain sebagainya.

Edukasi Teknologi Terhadap Masyarakat

PAFI juga bisa melakukan sosialisasi terhadap masyarakat mengenai cara memanfaatkan teknologi informasi dan layanan farmasi secara aman. Sosialisasi ini sangat penting demi kesuksesan pengembangan sistem informasi farmasi berbasis teknologi. Dengan begitu layanan masyarakat mengenai farmasi akan sangat mduah diakses.

Kolaborasi dan Inovasi

Sebagai Organisasi farmasi, PAFI berperand alam mengembangkan inovasi menganai implementasi teknologi digital di bidang farmasi. Selain itu PAFI juga akan merintis kerjasama dengan berbagai pihak yang mendukung sistem farmasi yang berlaku di era digital. Dengan cara bekerja sama dengan pemerintah,apoteker, pengembang teknologi, maupun beberapa institusi pendidikan di Indonesia.

Keismpulan

Dalam menghadapi era teknologi yang akan saling terintegrasi maka pelayanan menganai farmasi akan lebihe fektif dan efisien. Perpindahan dari sistem konvensional ke sistem digital ini merupakan salah satu peran PAFI untuk bisa lebih bermanfaat dan memberikan pengabdian kepada masyarakat di jaman teknologi digital ini.

Sekian infromasi mengenai PAFI atau Persatuan Ahli Farmasi Indonesia ini, semoga artikel kesehatan bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya ya

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar