Mengenal Jenis Kaca Mobil

Photo of author

By Aldhi Fajar Maudhi

Kaca mobil merupakan salah satu komponen eksterior mobil yang berfungsi melindungi pengemudi dan penumpang dari debu maupun cuaca ekstrim dari luar lingkungan mobil. Ternyata ada beberapa jenis kaca mobil yang harus dipahami, karena kaca mobil terbuat dari bahan khusus dan tidak sama dengan kaca pada umumnya.

Setiap merek mobil atau jenis mobil memiliki jenis kaca mobil yang berbeda dan memiliki spesifikasi tersendiri, kaca mobil dibuat tidak mudah pecah dan harus tahan terhadap berbagai situasi benturan maupun cuaca yang ekstrim. Oleh karena itu, kaca mobil harus memenuhi standar keamanan yang seharusnya telah diuji sebelum dipasarkan ke masyarakat.

macam dan jenis kaca mobil
Mengenal macam-macam kaca mobil

Sebagai tambahan, kaca mobil akan lebih baik ditambahkan kaca film, yang memiliki banyak fungsi salah satunya adalah mempercantik estetika mobil serta menjaga privasi penumpang maupun pengendara mobil tersebut. Komponen mobil ini termasuk salah satu bagian yang paling penting dan harus ada di dalam mobil.

Agar kaca mobil dapat terawat dengan baik, kita wajib merawat kaca mobil seperti merawat bagian mobil yang lainnya, Berbagai masalah pada kaca mobil bisa saja timbul dan bisa menganggu keamanan dan kenyamanan saat Anda berkendara.

Jenis Jenis Kaca Mobil

Setelah mengetahui bahwa kaca mobil merupakan bagian yang paling penting untuk membatasi dan menjaga keamanan pengendara yang ada di dalam mobil dengan situasi yang berada di luar mobil. Nah, dari beberapa merek dan jenis mobil, tentunya memiliki jenis kaca mobil yang bereda-beda.

Sebagai pecinta otomotif, tentunya kita harus mengetahui bahan apa yang digunakan pada kac amobil, dan kita juga harus mengetahui kelebihan dan kekurangan dari berbagai jenis macam kaca mobil yang ada.

Pada artikel kali ini ktia akan sedikit membahas secara singkat apa saja jenis kaca mobil yang ada di dunia otomotif. Berikut ini ada;ah beberapa macam kaca mobil yang wajib pecinta otomotif ketahui, di antaranya adalah:

Kaca Mobil Laminated

Sala satu jenis kaca mobil yang ada di pasaran otomotif adalah kaca mobil laminated. Apa itu kaca mobil laminated? kaca mobil laminated merupakan kaca mobil yang memiliki dua buah lapisan kaca. Lapisan kaca mobil ini memiliki tebal 2mm, diantara kaca tersebut akan dilapisi cairan Polyvinyl Butiral Film atau PVB.

Fungsi dari lapisan cairan Polyvinyl Butiral Film atau PVB adalah untuk menguatkan kaca mobil terhadap benturan keras yang bisa terjadi kapan saja. Hal ini bisa membuat kaca mobil tidak langsung pecah terurai, karena jika kaca mobil terurai dan tersebar ketika pecah maka tingkat keamanan akan semakin berkurang.

Selai untuk menahan benturan, kaca jenis laminated ini akan menahan sinar UV sebanyak 80-90%. Sehingga sinar UV yang masuk ke dalam kabin mobil akan terserap, udara dan suhu di dalam kabin mobil akan selalu terjaga agar tetap sejuk dengan dukungan AC mobil yang terawat.

Ada kekurangan pada kaca mobil laminated ini, yaitu ketika mengalami retak maka kaca mobil ini harus diganti dengan yang baru agar tidak menjalar dan membuat pecah.

jenis kaca laminated
Kaca mobil laminated

Kaca Mobil Tempered

Jenis kaca mobil berikutnya adalah kaca mobil tempered. Apa itu kaca mobil tempered? Seringkali kita melihat sticker atau tulisan ada kaca mobil yaitu tempered glass. Nah, kaca mobil tempered adalah kaca yang dibuat dan diproduksi pada suhu di atas 650 derajat celcius.

Kaca mobil tempered ini memiliki kekuatan yang baik, kekuatannya lebih baik 5x lipat dari kaca laminated dan memiliki ketebalan 5mm. Kaca mobil tempered bisa menahan hingga kekuatan 1.500 km/cm2. Kaca mobil ini bisa dikatakan kaca tahan benturan dan biasanya digunakan untuk samping kanan dan smaping kiri pada bagian mobil.

Di saat terjadi benturan dan jika kaca mobil pecah, depan kaca mobil ini akan menjadi butiran kecil sebesar jagung, sehingga tidak akan membahayakan penumpang ketika terjadi kecelakaan. Tekstur kaca tempered yang hancur juga tidak menimbulkan kaca yang tajam, sehingga akan sangat aman jika tergores atau tersentuh dengan bagian tubuh Anda.

Maca kaca mobil tempered
Kaca mobil tempered

Kaca Mobil Partially Tempered

Jenis kaca selanjutnya adalah kaca mobil Partially Tempered. Apa itu kaca mobil partially tempered? Secara garis besar kaca partially termpered ini hampir sama dengan kaca mobil tempered. hanya saja pada jenis kaca ini pembuatan dan saat proses produksi kadar pendinginnanya dikurangi pada bagian tengah kaca mobil.

Apa tujuannya diproduksi dan disimpan di bagian tengah kaca mobil? Tujuannya adalah agar ketika kaca mobil mengalami retak, bagian tengah tidak akan hancur semuanya. Kaca mobil akan tetap memiliki bagian yang tidak pecah agar pengemudi maupun penumpang bisa melihat visual yang jelas ke depan.

Nah, itulah beberpaa jenis kaca mobil yang wajb dipahami oleh sesama pecinta otomotif. Jika Anda hanya memiliki mobil dan tanpa mengetahui jenis komponen mobil maka Anda akan sedikit kesusahan ketika akan merawatnya agar tetap dalam kondisi baik.

Agar kaca mobil selalu dalam kondisi yang baik, kita harus mengetahui bagaimana cara merawat kaca mobil yang benar, selain itu masalah pada kaca mobil yang sering terjadi pun akan bisa segera cepat diatasi. Yuk untuk selalu memperhatikan bagian dari mobil yang dimiliki agar tetap dalam kondisi yang baik.

Semoga artikel mengenai kaca mobil ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel otomotif selanjutnya ya.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar