Scroll, Tap, Enjoy! Raih Peluang di Era Transformasi Digital Bersama ASUS Zenfone 9

2
94

Scroll, tap, enjoy!

Sudah bisa dipastikan, tiga kata tersebut bisa mewakili sebagian besar aktifitas keseharian yang sering dilakukan olehku. Sepertinya tak hanya aku saja, setiap orang saat ini telah merasakan transformasi digital yang begitu cepat berubah dalam kurun waktu dua dekade terakhir. Semuanya bisa didapatkan dalam sebuah genggaman kemajuan teknologi dalam setiap gawai yang mereka miliki.

Istriku saja pasti akan membuka smartphone-nya sekalipun ketika memasak. Banyaknya konten resep masakan baik artikel maupun video menjadi salah satu acuannya menjadi ibu rumah tangga. Scroll, tap, enjoy! dan kembali lagi seperti itu, mudahnya informasi yang kita dapat sekarang menjadikan aktifitas sehari-hari menjadi lebih instan, efektif, dan efisien.

Mari kita kembali ke benang waktu masa lalu. Sampai saat ini aku tak bisa melupakan kenangan yang pernah jelas tertanam di ingatanku. Teringat rentetan memori dua puluh tahun silam, ketika teknologi masih dalam masa transisi dari konvensional ke digital. Dimana untuk berkomunikasi dengan orang terdekat yang memiliki jarak jauh, harus membutuhkan telepon yang hanya mengandalkan teknologi audio.

Inovasi perangkat komunikasi yang telah ditemukan lebih dulu oleh para ahli dalam bentuk telegram kemudian berkembang menjadi pesawat telepon. Faktanya adalah pesawat telepon menjadi media andalan untuk berkomunikasi pada saat itu, meskipun hanya mengandalkan suara yang disalurkan melalui kabel telepon dan tersambung dalam sistem jaringan.

Aku masih ingat jelas, saat aku sekelebat mengatakan dalam hati.
“Kalau saja seandainya kita bisa melihat orang yang berkomunikasi dengan kita melalui pesawat telepon. Pasti akan lebih seru”.

“Kalau saja seandainya ada alat untuk mengabadikan momen foto dan langsung bisa dikirim ke keluarga yang jauh disana. Pasti jauh lebih berkesan”
“Kalau saja seandainya kita bisa membuat video dan langsung ingin memperlihatkan kepada keluarga jauh disana”

Keterbatasan perangkat yang secara fisik terpisah menurut fungsinya menjadikan kita harus memiliki beberapa opsi untuk memilikinya. Disamping harga yang tidak murah pada saat itu, asas manfaat juga harus benar-benar diperhitungkan untuk membeli perangkat sekelas kamera, handycam, telepon genggam dan lain sebagainya.

Mungkin saja semua impian itu bisa terwujud dalam masa depan hanya dalam satu genggaman smartphone. Karena bukan hal yang tidak mungkin semua keinginan bisa terwujud pada masa yang akan datang. Karena pada saat itu, impian untuk mendekatkan keluarga yang jauh hanya bisa terwujud setahun sekali dengan berkumpul bersama dalam acara rutin tahunan yaitu mudik ke kampung halaman.

Scroll, Tap, and Enjoy Your Day with Asus Zenfone 9
Scroll, Tap, and Enjoy Your Day with Asus Zenfone 9

Pergeseran Teknologi dari Konvensional ke Digital

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, update teknologi terhitung semakin cepat perkembangannya. Tak hanya teknologi, jaringan internet pun menjadi faktor penting dalam perkembangan teknologi digital ini. Dalam 10 tahun terakhir banyak inovasi di bidang internet dan teknologi yang sangat membantu manusia menjadi serba instan dalam kegiatan sehari-hari. Sistem analog perlahan akan beralih ke sistem digital, terbukti baru-baru ini siaran televisi sudah beralih ke digital.

Hal ini menjadi sangat berpengaruh terhadap media. Salah satu inovasi yang paling terasa adalah penggabungan dari berbagai media seperti audio, video, dan data menjadi satu dalam sebuah perangkat yang bernama smartphone. Dan itu sudah bisa dinikmati dalam genggaman tangan masing-masing person.

Dibandingkan dengan jaman dulu, jika kita ingin memiliki foto maka harus menggunakan kamera analog yang memakai media film, kemudian jika ingin memiliki data rekaman kita harus memiliki tape recorder, lalu jika kita ingin memiliki data video maka harus menggunakan handycam sebagai media perekamnya.

Pergeseran Teknologi dari konvensional ke digital

Teknologi yang bersifat interaktif ini disebut juga sebagai konvergensi media. Karena saat ini segala bentuk penyebaran informasi baik berupa audio, video maupun data lebih cepat tersampaikan secara masif melalui jaringan internet. Dengan hadirnya media online, segala bentuk berita paling update akan mudah didapatkan pada smartphone yang kalian pegang.

Pada industri 4.0 teknologi semakin berlari yang menjadi sebuah solusi bagi setiap permasalahan manusia. Perkembangan teknologi seperti data science, artificial inteligent (AI), internet of think (IoT), dan big data. Keempat elemen tersebut sangat berhubungan satu sama lain dan bisa dimanfaatkan oleh manusia yang bisa dijadikan beberapa peluang baik di bidang bisnis maupun pemasukan sebagai freelancer.

Sekarang segala hal yang berhubungan dengan data di jaringan internet akan sangat mudah didapatkan. Tapi jika tidak memiliki batasan, lama-kelamaan akan menjadi dampak buruk terhadap aktifitas keseharian. Contohnya orang akan selalu bergantung kepada kecerdasan buatan dalam mengisi aktifitas apapun. Menyikapi hal tersebut, kita harus mengendalikan keadaaan ini dengan bijak dan tentunya harus menciptakan peluang yang sebesar-besarnya agar menjadi kreatif dan selalu berinovasi.

Memanfaatkan Berbagai Peluang di Era Transformasi Digital

Sebagai seorang budak korporat yang sementara ikut perusahaan untuk mendapatkan pemasukan. Dalam hati kecil juga memiliki keinginan untuk berdiri sendiri atau memanfaatkan kemampuan diri untuk meraih impian yang sudah tertanam di dalam niat. Apakah bisa meningkatkan kemampuan diri untuk memanfaatkan peluang di dunia digital? Tidak ada salahnya jika kita memanfaatkan era transformasi digital sebagai tambahan pemasukan dari pekerjaan utama yang dimiliki.

Sebagai generasi 90 an, sku sudah merasakan bagaimana kehidupan di era konvensional dan sampai sekarang merasakan kehidupan di era teknologi digital. Perbedaan yang memang sangat siginifikan dari segi teknologi maupun keefektivan dalam penggunaannya.

Dalam memanfaatkan transformasi digital yang membuat segalanya menjadi mudah, kita sebagai pengguna yang terdiri dari beberapa profesi sudah seharusnya membuka peluang yang bisa menghasilkan di bidang teknologi informasi. Banyak kemampuan diri yang bisa ditingkatkan asalkan didukung oleh gawai yang canggih dengan inovasi teknologi yang paling baru.

Terkadang kita tidak merasa mampu untuk bersinergi dengan dunia teknologi dan informasi. Akan tetapi mau tidak mau kita memang harus terjun ke dalam lingkungan yang sudah dikelilingi dengan teknologi yang serba digital. Ada banyak peluang yang bisa kita manfaatkan untuk dijadikan sebuah ilmu maupun tambahan pemasukan. Di antaranya adalah:

Fotografi

Bagi kalian yang memiliki hobi fotografi terutama saat bepergian, tentunya bisa ditingkatkan kemampuan dengan mencari objek dan menjualnya di website pihak ketiga penyedia foto. Sebetulnya memiliki hobi fotografi tak harus memiliki kamera DSLR profesional, akan tetapi dengan menggunakan kamera smartphone pun bisa menyalurkan hobi, apalagi jika objek yang dicari dalam tema alam, tempat wisata, flora, dan lain sebagainya. Selain menjadi traveler fotografer kalian juga bisa membuka jasa foto buku tahunan, prewedding, ataupun jasa foto pernikahan.

Admin Sosial Media

Dengan memiliki gawai yang mumpuni, kalian bisa membuka jasa penglola sebagai admin sosial media. Biasanya perusahaan besar banyak membutuhkan admin sosial media dengan ssaran anak muda. Selain itu admin yang memiliki gaya khas tersendiri dan mengikuti trend yang sedang populer lebih banyak diminati oleh beberapa perusahaan besar. Tak membutuhkan modal besar, dengan menjadi admin sosial media kalian sudah memiliki bisnis dan peluang yang begiotu besar di bidang teknologi.

Video Editor

Saat ini demografi masyarakat tersebar menjadi beberapa minat. Dengan adanya teknologi yang menyatukan audio dan visual, keberadaan video menjadi sangat dibutuhkan. Apalagi untuk melakukan branding bagi bisnis yang baru dibangun. Beberapa bisnis UMKM membutuhkan media promosi seperti video pendek atau footage yang nantinya digunakan sebagai media promosi brand yang ditawarkan. Kalian bisa mencoba untuk membuka jasa edit video untuk keperluan branding maupun company profile sebuah bisnis.

Penulis Artikel

satu pealung yang bisa kalian coba adalah menjadi penulis artikel. Artikel dibutuhkan untuk konten dalam sebuah website maupun landing page. Beberapa perusahaan tidak memiliki penulis konten yang tetap, jadi perusahaan kebanyakan mencari content writer sebagai jasa yang dibutuhkan untuk menghasilkan konten berupa artikel. Dengan memanfaatkan internet, saat ini content writer menjadi profesi yang bisa dijadikan profesi utama sebagai blogger atau sampingan. Peluang seperti ini bisa banyak tersedia jika kalian pandai memanfaatkannya, tapi harus dengan satu syarat yaitu konsisten dengan kualitas konten yang dibuat.

Peluang di Era Transformasi Digital

Dari beberapa profesi tersebut memang dibutuhkan perangkat yang bisa mendukung kinerja yang maksimal. Semakin efektif dan mudahnya membuat konten foto maupun video. Di era transformasi digital seperti saat ini, hanya dibutuhkan gawai yang memiliki performa flagship dan desain ultra-compact sehingga bisa mewakili fungsional dari gawai tersebut dalam upaya mewujudkan mimpi dan meraih peluang yang terbuka lebar untuk menambah pemasukan.

Aku sebagai seorang karyawan di perusahaan advertising, terkadang membutuhkan usaha sampingan untuk mewujudkan mimpi yang pernah terbesit dalam diri. Selain itu bisa juga untuk meraih peluang yang terbuka lebar di bidang teknologi informasi.

Semua peluang dan mimpiku akan bisa terwujud jika usahaku selalu konsisten dan pastinya didukung dengan gawai dengan fitur-fitur unggulan untuk merasakan pengalaman menggunakan ponsel flagship yang ultra-compact, ultra-stylish, dan ultra-speedy bagi para penggunanya. Adakah i yang banyak memiliki fitur unggulan dan upgrade dari versi sebelumnya?

Maksimalkan Kreativitas dalam Meraih Peluang dengan ASUS Zenfone 9

Bagaimana aku bisa produktif dengan banyaknya kemungkinan yang bisa dimaksimalkan dengan kreativitas yang aku miliki? Menjadi seorang karyawan swasta dan sampingan blogger ternyata tak hanya melulu stuck di titik ini. Peluang dan mimpi lain bisa saja terwujud dengan dukungan gawai ringkas ASUS Zenfone 9 dalam merangkai kreativitas dalam usaha meningkatkan potensi diri yang merupakan peluang dan mimpi untuk diraih.

Menggali potensi diri tak hanya melulu pada satu bidang saja, banyak potensi yang bisa kita coba dan mungkin saja bisa dimanfatakan dan menjadi sumber pendapatan tambahan. Mungkin kita bisa menjadi seorang fotografer, videografer, konten kreator, dan lain sebagainya. Saatnya aku berandai untuk memiliki Zenfone 9 yang pantas mendampingiku meraih mimpi tersebut.

Seperti yang telah kuamati pada setiap orang ketika menggunakan gawai, Mereka pasti melakukan scroll, tap, dan menikmati keseruannya tanpa melihat ada berbagai peluang yang bisa dimanfaatkan. Padahal ada banyak pengalaman luar biasa yang bisa didaptkan jika kita jeli saat menggunakan gawai dalam keseharian. Apalagi jika gawai yang digunakan memiliki performa baik dan juga pas di genggaman.

Sudah saatnya kalian mencoba ASUS Zenfone 9 yang ringkas, performa cepat, dan sangat pas di tangan kalian. Sangat cocok dengan slogan yang digunakan ketika peluncuran ASUS Zenfone 9 pada tanggal 17 November 2022 silam di Jakarta yaitu Compact Size Big Possibilities. Sehebat apa dan secanggih apa yang dimiliki Zenfone 9?

Fitur Andalan yang Dimiliki ASUS Zenfone 9

Scroll your Zenfone 9 !
Tap your Zenfone 9 !
Enjoy your day with Zenfone 9
!
Sensasi dari tiga kebiasaan di atas bakal kalian temukan dan terasa lebih beda di ASUS Zenfone 9.

Lalu apa saja fitur yang terdapat pada Zenfone 9 ini? Generasi terbaru dari Zenfone ini didesain khusus dengan beberapa peningkatan dari segi tampilan, performa, dan fitur. Bicara tentang performa.

 Compact Size Big Possibilities. Asus Zenfone 9
Compact Size Big Possibilities. Asus Zenfone 9

Compact to Handle

Kenyamanan di tangan menjadi salah satu faktor penting pada ASUS Zenfone 9. Layar berukuran 5,9 inchi ini sangat pas jika digenggam dengan tangan dan saku, lebih efisien saat mobilitas diluar ruangan.

Hassle-free Unlocking

Fitur ASUS ZenTouch, yaitu tombol power yang berfungsi menggabungkan sensor sidik jari untuk unlock screen dengan mudah yang terletak di tombol daya. Hanya dengan satu sentuhan, kalian gak perlu ribet ketika Zenfone dibutuhkan cepat saat digunakan.

One-handed to the Max

ASUS ZenUI 9 (Android™ 12) sudah dioptimalkan untuk penggunaan satu tangan (one handed to the max). Lagi-lagi fitur ASYS ZenTouch sangat multifungsi. Hanya dengan menggunakan ibu jari untuk menggeser ke atas, geser ke bawah atau klik dua kali untuk fungsi yang berbeda termasuk speech-to-text, open notification, refresh halaman web, pindah ke atas/bawah halaman, dan kontrol media. Sangat memudahkan dalam urusan navigasi gawai.

Big on Vision

Zenfone 9 dilengkapi juga dengan layar AMOLED canggih, sehingga hasil warna yang ditampilkan hampir sama dengan kuailtas bioskop. Akurasi warna dengan Delta-E < 1, resolusi tinggi 445 ppi, dan Delta-E < 1 warna lebar gamut.

Big on Smooth Visuals

Hasil visual di layar lebih smooth dan mulus karena memiliki kecepatan refresh adaptif 120 Hz. Jadi dengan spesifikasi seperti ini, Zenfone 9 dipastikan anti-Lag.

Big on Photography

Tampilan Zenfone 9 lebih eye-catching bikin nyaman saat kalian mengembangkan kreativitas. Fitur fotografi yang maksimal dan memiliki teknologi canggih dengan wide camera 50MP IMX766. Front Camera 12MP IMX663 yang membuat selfie semakin berwarna. Juga Ultra Wide Angle Camera 12 MP IMX363 membuat spot landscape menjadi lebih memiliki seni dalam berfotografi.

Big on Sharpness

Zenfone 9 dilengkapi dengan 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer dengan kombinasi autofocus untuk hasil foto yang lebih tajam dan bebas guncangan. Kalian akan menikmati perjalanan di alam bebas dengan hasil foto tanpa blur.

Big on Sound

Suara adalah faktor penentu keseruan ketika menggunakan smartphone. Menggunakan teknologi suara dari audio Dirac, Zenfone 9 sangat memperhatikan hasil volume dan kualitas suara yang dirasakan dari speaker stereo ganda. Teknologi ini memang diperuntukkan untuk bermain game yang imersif dan video yang sempurna. Selain itu bagi yang hobi merekam suara, teknologi OZO Audio akan menghasilkan rekaman berkualitas tinggi serta hasil yang jernih ditambah dengan fitur 3D surround-sound dan wind-noise reduction.

Big on 3.5 mm

Pecinta headset juga tidak perlu khawatir, karena Zenfone 9 dilengkapi dengan jack audio 3,5 mm. TInggal colokkan headset kalian dan nikmati suara gahar dari ASUS Zenfone 9.

Big on Personality

ASUS Zenfone 9 tersedia dengan 4 pilihan warna yang bisa disesuaikan dengan identitas kalian. Selain itu Zenfone 9 juga dilengkapi dengan high-grip texture akan terlihat lebih kokoh. Warna yang tersedia di antaranya Midnight Black, Moonlight White, Sunset Red, dan Starry Blue.

Big on Water Resistance

Zenfone 9 bisa tahan terhadap percikan air karena dilengkapi dengan Sertifikasi IP68. Kalian gak perlu khawatir ketika musim hujan datang atau saat berada di alam bebas yang memiliki unsur air.

Big on Performance

Zenfone 9 sudah memakai prosesor premium Snapdragon® 8+ Gen 1 Mobile Platform. Performa mumpuni, kinerja yang mulus serta responsif akan sangat cocok bagi kalian yang hobi multitasking saat menggunakan gawai kesayangan.

Big on Cooling

Intensitas penggunaan gawai yang sering akan menjadi lebih dingin dan lebih cepat. Sistem pendingin diubah secara menyeluruh untuk mendapatkan hasil terbaik. Teknologi ruang uap yang paling canggih, dan penyebar panas menggunakan tembaga, lembaran grafit, dan pasta termal. Suhu mesin akan lebih optimal dengan hasil performa lebih cepat, kencang, tanpa panas.

Big on Battery Capacity

Zenfone 9 sudah dilengkapi baterai 4300 mAh untuk penggunaan yang lebih lama dan maksimal. FFC Technology yang mempersingkat waktu charging dan juga menggunakan 30 Watt Hyper Charge Adapter.

Big on Professional Features

Fitur video recorder dilengkpai dengan mode baru Light Trail mode9. Dismaping itu mode Night, Pro, Panorama, Slow Motion and Timelapse juga tersedia untuk pengalaman videografi lebih nyata dan hasil yang sempurna.

Big on Connections

Untuk urusan konektivitas, Zenfone 9 dilengkapi dengan WiFi 6E12 dan hyperfast 5G terbaru. Hal ini akan menghadirkan kecepatan luar biasa saat upload dan download.

ASUS Zenfone 9
ASUS Zenfone 9

Kesimpulan

Melatih kreativitas tak semudah yang dipikirkan, karena membuthkan berbagai faktor pendukung yang memadai seperti gawai yang canggih seperti Zenfone 9, keinginan yang teguh, serta konsisten dalam mempelajari dan menyelami sebuah hal baru. Niscaya peluang yang ada di depan mata, bisa dimanfaatkan dengan baik untuk kehidupan yang lebih bermakna.

Era transformasi digital yang bergitu cepat berkembang mengharuskan teknologi yang dimiliki oleh smartphone menjadi lebih efektif dan memudahkan manusia dalam menjalani aktifitas sehari-hari. Sangat berhubungan dengan keseharianku yang selalu berada di lapangan. terkadang membutuhkan hiburan, pendukung pekerjaan utama maupun sampingan, bahkan sebagai pendukung dalam mengembangkan potensi diri dan memanfaatkan peluang yang berpotensi menambah penghasilan.

Buat kalian yang mau beli Zenfone 9, udah bisa kalian dapatkan melalui partner dan channel pembelian resmi produk ASUS antara lain Erafone, Tokopedia, ASUS Exclusive Store, ASUS Online Store. Jadi tunggu apalagi, yuk beli ASUS Zenfone 9 dan rasakan pengalaman luar biasa dengan melakukan Scroll, tap, and enjoy your day with Zenfone 9.

Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS Zenfone 9 Blog Writing Competition di Blog Widyanti Yuliandari

Referensi

  • https://www.kompasiana.com/jhonycheemoth8087/5fb3638ed541df0d1274d012/perubahan-media-konvensional-ke-digital
  • https://unpar.ac.id/teknologi-big-data-kunci-pesatnya-perkembangan-data-science/
  • https://smartpresence.id/blog/bisnis/pengertian-transformasi-digital-beserta-manfaatnya
Rate this post

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here