Berpetualanglah! maka kamu akan menemukan jati dirimu yang sesungguhnya. Lebih dekatlah dengan alam bebas, cari sebuah tempat yang bisa membuat pikiranmu akan menjadi lebih segar. Manjakan harimu, temukan keseruan bersama Traveloka Xperience!

Aldhifajar 2019
Berpetualang besama Traveloka Xperience
Berpetualang besama Traveloka Xperience

Temukan Serunya Berpetualang bersama Traveloka Xperience di Jogjakarta – Hidup menjadi seorang pekerja di kota Jogja , menjadi sebuah titik dimana keseharian akan selalu berulang begitu saja. Bangun pagi, berangkat kerja, makan, pulang, capek, istirahat, bangun pagi. Kalau siklus begitu terus, lama kelamaan pasti bakal ambyar. Untungnya di Jogja banyak tempat untuk berpetualang seru untuk rencana di akhir minggu kita.

Jenuh? itu pasti. Bahagia? kadang-kadang sih. Liburan kapan? “Lha ayo mangkat kapan dab?”. Ajakan itu yang selalu kurindukan di setiap weekend. Menuliskan sebuah cerita yang dulu sering kulakukan di setiap weekend dengan teman-temanku sebelum sibuk seperti sekarang.

Traveling memang menjadi sebuah obat mujarab untuk menjernihkan otak setelah seminggu bekerja. Belum lagi deadline pekerjaan yang dibawa kerumah, otak rasanya campur aduk, ingin rasanya berteriak di puncak gunung dengan sangat keras. “AKU INGIN JALAN-JALAN WOOOOOYYYYY”

So, aku memang selalu menyempatkan untuk pergi traveling kemanapun di setiap weekend. Kondisi sekarang memang lebih bahagia, karena ada istri dan kehadiran buah hati yang menambah kebahagiaanku. Tapi rasanya gak lengkap kalau ga jalan-jalan. Entah sekedar jalan-jalan keliling Jogja untuk memanaskan Vespa Super 75 ku yang selalu terparkir di pojok garasi di setiap hari Minggu. Tapi mau jalan-jalan kemana ya enaknya di Jogja? Cari referensi dimana? Bakal kita bahas nanti ya, hehehe.

Traveling adalah sebuah kebutuhan

Traveling berasal dari kata travel, yang artinya berpindah dari suatu tempat ke tempat lain. Tapi untuk jaman sekarang, traveling itu biasa juga disebut jalan-jalan, piknik, nge-trip, dolan, wisata, plesir, rekreasi, gabut, nglangut, dan berbagai macam istilah lainnya dalam berbagai bahasa.

Perkembangan wisata nasional di zaman teknologi yang semakin canggih ini meningkat tajam. Dengan adanya media sosial, sebuah tempat wisata baru akan cepat terkenal hanya dengan berbagi di media sosial. Hal ini menjadi dampak yang sangat positif untuk perkembangan tempat wisata di Indonesia.

Salah satu daerah wisata yang paling banyak diminati adalah DI Yogyakarta. Menurut data statistik kepariwisataan di DI Yogyakarta, pada tahun 2017 tercatat 5.229.298 orang yang berwisata ke Jogja, sementara pada tahun 2018 tercatat 5.689.091 orang yang berwisata ke Jogja. Wow, peningkatan sebesar 459.793 orang dalam setahun.

Grafik Perkembangan Wisata DIY 2014 – 2018

Hal ini membuktikan bahwa setiap individu sangat membutuhkan penyegaran dengan cara berwisata. Dan salah satu tujuannya adalah Jogja. Wisata ke Jogja menjadi sebuah icon wisata budaya, wisata alam, dan wisata sejarah yang sudah melekat sejak dahulu kala. Karena traveling / wisata adalah sebuah kebutuhan untuk mencapai kesegaran pikiran setiap orang. Dan Jogja yang selalu menjadi tujuan setiap orang.

Jogjakarta Surganya Tempat Wisata

Sebuah kota dengan icon tugu yang sudah melekat bagi setiap orang. Berada di bagian tengah selatan pulau Jawa, yang sangat strategis darimana pun. Setiap traveler pasti sudah tahu dengan daerah Jogja. Kota wisata budaya ini memang dikenal dengan penduduk yang ramahnya, berhati nyaman dan selalu istimewa. Wisata kuliner yang selalu membuat selera makan naik juga banyak tersedia di Jogja. Siapa yang gak pengen sih, menghabiskan waktu 1 minggu di kota gudeg ini?

Yak, Jogjakarta bagiku adalah sebuah kota kenangan yang mungkin tidak bisa dilupakan begitu saja. Kota yang awalnya hanya untuk menuntut ilmu, sekarang menjadi kota tempat tinggalku. Dengan diberikannya hadiah oleh Allah SWT terindah yaitu seorang istri yang berasal dari kota Gudeg ini. Bukan sebuah kebetulan semata, mungkin ini sebuah takdir yang mengharuskanku menjalani keseharian di kota Jogja ini.

Banyak tempat wisata baru di Jogja bisa terkenal karena viral di media sosial. Sebut saja Pantai Indrayanti, Goa Pindul, Kebun Buah Mangunan dan masih banyak lagi tempat wisata yang baru bermunculan di Jogja. Biasanya yang mengunjungi hanya wisatawan yang tidak jauh dari Jogja. Untuk wisatawan luar pulau dan luar provinsi biasanya mengunjungi tempat wisata yang sudah terkenal dari dulu, seperti Candi Borobudur, Candi Ratu Boko, dan lain sebagainya. Wisata apa aja sih yang sering dan pernah aku kunjungi di Jogjakarta dan sekitarnya? Yuk bahas satu persatu.

Candi Borobudur

Candi Borobudur Traveloka Xperience
Candi Borobudur

Aku sering pergi jalan-jalan ke Candi, salah satunya adalah Candi Borobudur. Sebuah Candi yang terletak di Magelang, Jawa Tengah. Tak hanya wisatawan domestik yang mengunjungi candi ini, akan tetapi wisatawan mancanegara juga banyak yang mengunjungi candi ini. andi Borobudur merupakan warisan budaya yang telah diakui oleh UNESCO.

Candi Borobudur ini merupakan warisan peninggalan dari abad ke-8. Tempat ini wajib kalian kunjungi jika pergi wisata ke daerah Jogja dan sekitarnya, rasanya kurang lengkap jika pergi ke Jogja tanpa mengunjungi Candi Borobudur. Aku sering mengunjungi borobudur saat mengantar teman dan keluarga yang ke Jogja sih, bisa dibilang aku sudah khatam mengelilingi Candi Borobudur, hehehe.

Bisa menjadi pilihan untuk mengunjungi tempat ini saat ke Jogja. Mengajak teman dan keluarga akan terasa lebih menyenangkan, karena bercengkerama bersama orang yang disayangi.

Keraton Ratu Boko

Keraton Ratu Boko Traveloka Xperience
Keraton Ratu Boko

Keraton Ratu Boko ini berada di 18 Km sebelah timur kota Jogja. Bangunan ini merupakan reruntuhan batuan yang menyerupai keraton pada abad ke-8 atau pada masa Syailendra. Umurnya hampir sama dengan Candi Borobudur. Terletak di atas bukit dan merupakan sebuah istana raja pada zamannya.

Wisata ini memang sangat erat kaitannya dengan sejarah, selain kita menikmati pemandangan yang asri dan sejuk. Kita bisa belajar tentang peradaban masa lalu yang luar biasa. Keraton Ratu Boko merupakan sebuah komplek karena ditemukan beberapa peninggalan seperti gerbang masuk area, pendopo, dan sisa-sisa pemukiman pada zaman dahulu kala.

Posisinya yang berada di atas bukit memberikan kesan sejuk dan pemandangan alam indah yang berada di sekeliling komplek Keraton Ratu Boko. Kalian kalau ke Jogja wajib mengunjungi tempat wisata satu ini ya.

Sunrise Mangunan

Sunrise Kebun Buah Mangunan
Sunrise Kebun Buah Mangunan

Salah satu tempat yang wajib dikunjungi yaitu Tur Sunrise Mangunan Dlingo, terletak di kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Wisata alam ini menyuguhkan pemandangan yang luar biasa saat pagi hari atau lebih sering disebut sunrise.

Untuk menuju ke tempat ini, harus melewati bukit dan jalan yang berkelok menuju daerah Dlingo, Imogiri, Bantul. Aku sering ke Mangunan bersama teman-temanku hanya untuk berburu sunrise. Dari tempat ini sunrise terlihat kuning keemasan. Pemandangan alam yang menakjubkan ini tidak boleh kamu lewati saat berkunjung ke Jogja.

Berpetualang Seru bersama Traveloka Xperience

Masih banyak yang bisa diexplore di Jogja, di zaman yang serba digital ini, kebanyakan calon wisatawan lebih sering memakai mesin pencari untuk mencari referensi wisata yang akan dikunjungi. Dengan sebuah keyword, maka kalian akan menemukan tempat yang kalian cari. Tapi masalahnya? Tidak ada informasi yang detail bila kita mencari di Google. Solusinya?

Aku merekomendasikan fitur baru dari Traveloka yaitu Traveloka Xperience. Fitur dari Traveloka ini memudahkan kita untuk mencari sebuah keseruan saat berada di sebuah kota. Tak hanya tempat wisata yang bisa kia temukan di Traveloka Xperience ini melainkan berbagai kategori seperti : Atraksi, Bioskop, Event, Hiburan, Olahraga, Spa & Kecantikan, Taman Bermain, Transportasi, Tur, Pelengkap Perjalanan, Makanan & Minuman, Kursus & Workshop dan masih banyak yang bisa kita temui di dalam Traveloka Xperience.

Kategori Traveloka Xperience
Kategori Traveloka Xperience

Kita akan mendapatkan beragam aktivitas pilihan yang cocok untuk anda saat berkunjung ke kota Jogja. Beberapa kategori yang telah disebutkan diatas bisa menjadi sebuah hal yang baru untuk anda lakukan selama berada di kota Jogja. Traveloka Xperience memberikan petualangan baru dalam traveling. #XperienceSeru di Jogja akan lebih berwarna jika kita mencari rekomendasi aktivitas pilihan di menu Traveloka Xperience ini.

Jogja merupakan sebuah kota yang memiliki banyak tempat dan aktivitas lainnya yang bisa ditelusuri lebih jauh sesuai minat kalian. Berbagai pilihan tempat wisata menarik, city tour yang profesional, event musiman, transportasi, bioskop, sampai makanan untuk oleh-oleh dan souvenir yang bisa dibawa pulang nanti tersedia di fitur ini. Benar-benar petualangan yang bakal seru nih kalau pakai Traveloka Xperience, karena lengkap banget pilihan kategorinya.

Untuk mulai berpetualang bersama Traveloka Xperience di Jogja, kalian bisa masuk ke menu utama Traveloka Xperience. Kemudian search di kolom pencarian dan masukan keyword “Yogyakarta”. Maka akan muncul rekomendasi dari berbagai kategori untuk aktivitas yang bisa dilakukan di Yogyakarta.

Menu Traveloka Xperience
Menu Traveloka Xperience

Setelah beberapa pilihan muncul, tap saja aktivitas mana yang kalian inginkan untuk ditelusuri lebih jauh. Disini aku ingin coba untuk memilih tiket candi Borobudur sebagai pilihan. Di sini akan tersedia informasi detail yang ditampilkan oleh aplikasi Traveloka. Informasi tersebut adalah, harga tiket, lokasi, dan deskripsi singkat tentang Candi Borobudur. Harga cuma Rp. 47.000 ada selisih dari harga sebenarnya. Jadi kalau pakai Traveloka Xperience semua jadi lebih mudah dan murah.

Pilihan Tiket untuk kategori Atraksi Candi Borobudur
Pilihan Tiket untuk kategori Atraksi Candi Borobudur

Setelah itu, kalian pilih tiket yang akan dibeli setelah ditampilkan informasi detail tentang Candi Borobudur, lakukan pengisian data dan checkout untuk melakukan pembayaran. Selamat tiket masuk Candi Borobudur sudah dipesan dan siap untuk berpetualang di Candi Borobudur. Sangat mudah, simpel, dan kalian akan menemukan aktivitas seru baru bersama Traveloka Xperience.

Jogjakarta dalam Kategori dan Aktivitas di Traveloka Xperience

Sebagai kota wisata dan icon menarik lainnya, tentunya kota Jogja mempunyai hal lain yang membuat penasaran untuk di explore lebih dalam. Beberapa pilihan kategori bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menambah kepuasan saat berkunjung ke kota Jogja

Atraksi
Pilihan kategori atraksi merupakan sesuatu yang patut dicoba saat di Kota Jogja, berbagai macam pertunjukan seperti Ramayana Ballet Prambanan, kunjungan ke workshop batik, dan berbagai pilihan lain di kategori atraksi. Bukan hanya traveling tapi menambah wawasan seni kalian saat traveling.

Event
Pilihan kategori event memang hanya available jika ada sebuah event yang bertepatan saat anda berkunjung ke Jogja. Pilihan kategori ini memang memberikan angin segar dan suasana berbeda ketika pergi traveling baik sendiri maupun bersama keluarga.

Tempat Bermain
Kategori tempat bermain ini sangat cocok untuk buah hati kalian agar tidak bosan saat traveling ke Jogja. Buah hati kalian akan disuguhkan berbagai pilihan menarik seperti Tiket Kidzooona, Funworld dan berbagai wahana menarik yang cocok untuk buah hati anda. Liburan tenang, anak pun senang.

Spa & Kecantikan
Setelah menempuh perjalanan jauh, akan lebih segar lagi jika kalian mencoba kategori spa & kecantikan. Mulai dari perawatan kulit, pijat refleksi, sampai perawatan bulu mata pun tersedia di kategori ini. Lengkap dan tepat memang Traveloka Xperience.

Hiburan
kategori hiburan mencakup berbagai pilihan diantaranya, tiket bermain paint ball, atau tiket karaoke untuk bergembira bernyanyi bersama teman maupun keluarga. Petualangan kalian akan semakin menuliskan memori indah yang tak bisa dilupakan.

Olahraga
Kategori olahraga ini berisi berbagai pilihan kegiatan yang memicu keringat maupun adrenalin. Tersedia diantaranya tiket rafting Gua Pindul, tiket kolam renang dan berbagai pilihan fitness centre yang bisa kalian nikmati.

Kursus & Workshop
Bukan sesuatu yang tidak mungkin jika kalian sedang traveling malah belajar sesuatu yang baru di kota yang mungkin kalian belum terbiasa. Tiket masuk workshop batik sebagai contohnya, disini kalian akan menikmati proses membuat batik secara detail dan terperinci. Aktivitas lain yang tersedia adalah kelas membuat silver di kotagede. Traveling sekaligus mendapat ilmu baru, lengkap sudah goresan kenangan yang bakal diceritakan nanti ke teman dan sanak saudara.

Tur
Kategori tur ini merupakan kategori yang berisi hal-hal yang belum ada di manapun. Contohnya Tur makan malam hari di Jogja. Sudah include dengan transportasi. Gimana? Gila banget kan? apapun bisa dilakukan dengan menggunakan Traveloka Xperience.

Makanan & Minuman
Oleh-oleh adalah hal terpenting yang dicari untuk dibawa ke kota asal. Voucher oleh-oleh dengan harga miring bisa didapatkan melalui Traveloka Xperience. Lengkap sudah ini, semua fitur kalian harus coba biar gak penasaran nantinya.

Perlengkapan Perjalanan
Kategori yang mungkin asing bagi kalian. Tapi memang nyata adanya dan disediakan oleh Traveloka Xperience. Butuh fotografer untuk dokumentasi? Ada banget disini, tinggal pilih paket sesi foto perjalanan yang tersedia di kategori ini. Berpetualang seru di Jogja bersama Traveloka Xperience ? Menyenangkan!

Kategori Traveloka Xperience
Kategori Traveloka Xperience

Mengapa harus memilih Traveloka Xperience?

Sudah jelas semua kan fitur ajib dari Traveloka Xperience diatas? tidak ada alasan lagi untuk ga memilih fitur terbaru dari Traveloka ini sebagai teman perjalanan kalian. Selain bisa mencoba hal baru di kota lain, kalian juga bisa mendapatkan pengalaman yang luar biasa dan tentunya mudah ga perlu cari di mesin pencari. Cukup buka aplikasi Traveloka di smartphone kalian semua list aktivitas dan tempat wisata sudah di genggaman kalian.

Traveloka Xperience

Selain itu Traveloka Xperience juga memiliki beberapa keunggulan yang menjadi alasan kenapa kalian harus memilih Traveloka Xperience sebagai teman perjalanan kalian di Jogja.

1. Ribuan pengalaman di seluruh dunia untuk semua minat kalian
Kategori yang lengkap bisa kalian dapatkan, dengan begini kalian akan mendapatkan pengalaman baru dengan berbagai aktivitas baru yang mungkin belum pernah kalian coba sebelumnya. Hmm penawaran yang sangat menarik memang dari Traveloka.

2. Bebas memilih metode cara pembayaran
Saat berada di kota lain, ga perlu mikir lagi bagaimana cara bayarnya, karena sudah dirangkum sedemikian rupa di fitur Traveloka Xperience. Bisa menggunakan travelokaPay maupun metode lain untuk memudahkan transaksi.

3. Pesan cepat praktis, dimanapun, kapanpun.
Menarik kan? iya lah, dengan adanya fitur ini, kalian bisa pesan dadakan berbagai aktivitas yang tersedia saat di kota tujuan. Gak perlu lagi repot-repot cari rekomendasi teman, cari di internet. Sudah hanya 1 cara yaitu buka aplikasi Traveloka, semua tersedia disitu.

4. Selalu bebas cemas
Ada kendala? atau kesulitan saat pesan tiket di Traveloka Xperience. Jangan dipikir lagi, nanti bisa stress. Mau liburan kok malah stress. Semua di-handle 24 jam oleh customer service Traveloka. apapun keluhan dan mungkin ada pertanyaan, langsung saja hubungi customer Service yang selalu On 24 jam.

Keunggulan Traveloka Xperience

Lengkap kan? Seru kan? Udah tau keunggulan dan fitur-fitur dari Traveloka Xperience, sekarang saatnya dicoba. Oh iya, ga hanya di Jogja saja kok, tapi di seluruh dunia. Apa? ga salah nih? iya benar, Traveloka Xperience ini tersedia di seluruh dunia. jadi mau kemanapun kalian pergi jalan-jalan. Kalian akan menemukan #XperienceSeru dan berpetualang bersama Traveloka Xperience.

Pokoknya aku next trip harus pakai Traveloka Xperience lagi, terbukti murah, mudah dan pastinya banyak pilihan yang sebelumnya aku belum tau. Terobosan yang sangat berguna untuk traveler hemat kayak aku, hehehe. Yuk kalian, gunakan fitur terbaru dari Traveloka, ciptakan memori baru di kotamu, goreskan sebuah kenangan untuk kita ceritakan kepada anak cucu kita. Salam Lestari!


Artikel ini dikutsertakan dalam Kontes Blog “#XperienceSeru dengan Traveloka” #TravelokaBlogContest2019

16 COMMENTS

  1. Senangnya bisa jalan2 bersama orang2 tersayang ๐Ÿ™‚ Apalagi zaman sekarang kita makin dimudahkan aja ya. Ada Traveloka Xperience yg ada 12 oilihan yang bikin hati sedang, lidah bergoyang. Kuliner, tamasya dll jd hemat deh karena kita bisa beli online voucher discount-nya. Mantap!

    • Traveloka Xperience memang menyediakan berbegai pilihan mbak, lengkap banget jd ga perlu khawatir klo pas ke kota lain tapi pengen pengalaman lain juga hahaha

  2. Aku penasaran deh sama candi ratu boko..
    view nya bagus untuk foto-foto kayaknya ya..?

    Oiya, di jogja sekarang juga lagi hitz sama wisata pantainya ya mas?
    ya gak sih..?hehe

    • Ratu boko bagusnya kalo sore hari mbak, soalnya deket kan sama bandara, dia atasratu boko bakal seliweran pesawat hehe
      pantai juga banyak yang baru, jalan ke pantai sudah mulus2 beda sama dulu masih jelek. Bis pun bisa masuk ๐Ÿ˜€

  3. Yogya menawarkan banyak hal, ya. Saya pengen ke sana juga. Pengen ke Borobudur bareng keluarga. Banyak hal menarik di Yogya, kulinerannya juga.
    Saya tidak tahu berapa harga tiket masuk Borobudur, ternyata murah juga, ya, jika pakai Traveloka Xperience.

    • Ayo mbak main ke Jogja, suasananya enak buat liburan sama keluarga hehehe
      Traveloka emang banyak banget terobosan barunya. Traveloka Xpeience ini salah satunya yg mantap abis ๐Ÿ˜€

  4. Wah, memang deh jalan2 ke Jogja itu menyenangkan ya dan ga pernah bosan ๐Ÿ™‚ Aku juga demen traveling ke Kota Guedg ini. Sekarang kita makin dimanjain ya dengan adanya voucher discount Traveloka Xperience jd hemat deh hehehe… Cara pesan dan bayarnya juga mudah ya. Btw…AKu pernah juga berkunjung ke Ratu Boko…

    • Wah ayo berkunjung lagi mbak ke Ratu Boko
      mantap wisatanya kan Jogja.
      Traveloka Xperience nambahs eru aja aktivitas kita pas lagi diluar kota.. apalagi d jogja hehehe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here