“Look deep into nature, and then you will understand everything better.”
(Lihatlah alam secara mendalam, dan kemudian kamu akan mengerti segalanya dengan lebih baik.)


— Albert Einstein

Lebih dekatlah dengan alam, abadikan momen terindahmu di alam setiap saat. Jagalah alam layaknya alam memberimu nikmat yang luar biasa untuk hidup. 

Solusi Backup Data Smartphone para Traveler – Keseharian memang identik dengan sebuah cerita. Tak terkecuali saat menjelajahi alam Indonesia yang indah ini. Kebetulan salah satu hobiku yaitu traveling. Mengapa? Karena dengan traveling, akan membuat kita mengerti akan kehidupan alam yang telah terstruktur dengan sendirinya. Alam menyimpan berbagai keindahan yang tak cukup disimpan hanya dalam sebuah teknologi.

Solusi Back-up Data para Traveler

Secangkir kopi, desir ombak, lautan awan, dan pemandangan pantai yang indah tak hanya puas dipandang mata. Akan lebih lengkap jika kita mengabadikannya dalam bentuk foto maupun video. Atau sesekali menuliskan catatan perjalanan yang penuh memori indah bersama teman terdekat atau keluarga saat berada di alam.

Tak hanya kenangan indah yang kita ingat, kenangan yang kurang baik pun pasti pernah kita alami saat kita traveling ke alam bebas. Sebagai seorang traveler yang membutuhkan banyak ruang media untuk mencurahkan setiap perjalanan, tentunya harus membutuhkan storage di smartphone yang cukup besar. Apalagi jika memori penuh ini akan menjadi sebuah solusi backup data pada smartphone saat pergi traveling.

Pentingnya Backup Data pada Smartphone saat Traveling

Bicara soal traveling, aku sering menjelajah ke tempat baru. Entah itu berupa alam maupun tempat wisata yang sedang naik daun. Karena aku sangat suka dengan sesuatu yang baru. Saat aku mengunjungi suatu tempat, mendokumentasikan tempat itu ke dalam bentuk foto dan video adalah wajib hukumnya.

Ruang penyimpanan data di smartphone yang minim, sepertinya selalu menjadi sebuah kendala. Seperti saat aku mendaki ke gunung Merbabu. Kondisi alam yang tidak memungkinkan untuk membawa laptop, mau tidak mau aku harus irit dalam mengabadikan sebuah momen. Catatan perjalanan akan menjadi kurang lengkap jika di tengah jalan kehabisan ruang penyimpanan saat take foto maupun video. Karena aset terpenting saat traveling adalah foto dan video.

Teman perjalanan traveling
Teman Perjalanan Traveling

Saat aku mengambil video alam di gunung Merbabu. tiba-tiba muncul peringatan di smartphone-ku. “Memori penuh, kapasitas penyimpanan tidak cukup”. Hal ini menjadi sebuah momok menakutkan saat mengabadikan perjalanan. Karena memang aku sudah mengambil beberapa foto dan video sesaat sebelumnya. Foto dan Video yang telah tersimpan pasti sangat berharga #DibuangSayang disimpan pun sudah penuh, kondisi seperti ini pasti akan menjadi dilema.

Memori smartphone penuh, tidak memungkinkan juga harus back-up data di tengah alam bebas. Apalagi tidak ada gadget lain sebagai cadangan ruang penyimpanan. Jalan satu-satunya adalah berhenti mengambil dokumentasi perjalanan. Bagaimana rasanya? Kesal dan dongkol sejadi-jadinya dan tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata.

Dari kejadian itu aku sadar, bahwa memang dibutuhkan sebuah media penyimpanan yang bisa melakukan backup data dengan cepat, instan dan tanpa ribet. Apalagi saat berada di tengah perjalanan jauh. Rasanya kurang lengkap jika saat traveling, akan tetapi tidak menghasilkan foto dan video yang maksimal.

Data Fakta Smartphone User

Setelah kejadian di atas, aku sebenarnya penasaran. Apakah ada yang mengalami kesal juga saat tidak bisa backup data pada smartphone saat bepergian? Ada fakta menarik dari hasil survei “Western Digital” yang berjudul “Indonesian Consumer Mobile Habit and Data Management Survey” bahwa 67% orang Indonesia pernah kehilangan data di smartphone mereka, yang berujung pada perasaan kesal. Riset ini melibatkan 1.120 responden di 6 kota besar di Indonesia.

Memang aku juga mengalami sendiri, rasanya kesal banget. Apalagi harus berhenti mengambil gambar yang sangat bagus untuk didokumentasikan. Kurang rasanya alam yang indah tidak diabadikan dalam sebuah konten digital yang sebenarnya bisa menjadi sebuah portofolio pribadi.

Itulah mengapa pentingnya backup data pada smartphone. Menurut hasil survey diatas, hampir 80% memang sudah menyadari pentingnya malakukan back-up data pada smartphone. Tetapi hanya sepertiga dari mereka melakukannya secara teratur selama sebulan sekali. Sepertinya aku termasuk ke dalam yang sepertiga itu, hehehe.

Smartphone memang menjadi gawai yang menjadi pilihan utama para user untuk kepentingan sehari-hari. Tercatat kenaikan pengguna smartphone di indonesia adalah sebesar 27,4% atau sekitar 74 juta pengguna di tahun 2018. Wow! ternyata hampir semua user menggunakan smartphone untuk kegiatan sehari-hari. Tetapi memang kesadaran untuk membawa cadangan ruang penyimpanan yang simple memang selalu terlupakan, termasuk aku. Apalagi saat ini konten digital adalah sesuatu yang sangat penting untuk menunjang pekerjaan dan aktifitas sehari-hari.

Hasil survei yang diadakan oleh DEKA yang dikomisikan "Western Digital Corp"
Hasil survei yang diadakan oleh DEKA yang dikomisikan “Western Digital Corp”

Fakta Menarik Smartphone User

Masih dari hasil survei yang diadakan oleh DEKA yang dikomisikan “Western Digital Corp”. Ternyata ditemukan beberapa fakta menarik. Bahwa 97% dari responden mengandalkan smartphone sebagai gawai utama dalam menunjang aktifitas sehari-hari mereka. Mereka menggunakan smartphone untuk berbagai kebutuhan seperti: mengambil gambar, menelepon, chatting, merekam video, dan mengakses media sosial.

Data yang disimpan di dalam memori diantaranya Foto,Video, Musik, Aplikasi dan Dokumen. Hampir 56% responden menggunakan smartphone dengan memori internal 16 – 32 GB. Untuk generasi muda yang masih produktif tentunya harus memaksimalkan ruang penyimpanan. Agar kreatifitas mengenai konten digital akan terus berkembang lagi untuk kedepannya.

Sebanyak 49% responden mengaku hanya menyisakan ruang penyimpanan sebesar 1 – 3 GB di smartphone mereka. Terbukti bahwa mereka sangat senang menyimpan berbagai data di smartphone mereka yang notabene selalu dibawa kemana-mana setiap harinya. Bisa dikatakan memang menjadi lebih simple jika data selalu disimpan pada smartphone. Akan tetapi harus dibarengi dengan melakukan backup data secara rutin. Karena melakukan backup data adalah hal yang sebenarnya paling vital pada zaman digital ini.

Untuk membantu mengelola foto dan file lainnya, “Western Digital “menawarkan solusi dan tips berikut untuk pengguna smartphone di Indonesia:

Bebaskan Memori Penyimpanan di Smartphone
Seingkali para user mengalami kekurangan atau kehabisan memori smartphone saat bepergian. Tentunya hal ini sangat dihindari bagi semua i. Maka dari itu Solusi mobile storage SanDisk dirancang untuk membantu pengguna dengan mudah membebaskan memori smartphone, dimana pun dan kapan pun. Pengguna hanya perlu menyambungkan smartphone mereka dengan USB OTG SanDisk Dual Drive (Android) atau iXpand Flash Drive (iPhone) untuk memindahkan foto dan video dan membebaskan memori pada smartphone mereka.Plug and Play yang praktis

Plug and Play yang praktis
Survei menunjukkan bahwa sebagian besar user smartphone tidak pernah back-up data secara teratur. Padahal, proses back-up sebenarnya bukanlah sesuatu yang susah. Aplikasi mobile SanDisk Memory Zone dan iXpand Drive dapat mem-back up foto dan video dengan cepat dan memindahkannya ke komputer atau smartphone lain jika dibutuhkan. Sungguh praktis!

Lakukan back-up untuk konten media sosial
Selain menyimpan dan melindungi data di smartphone, aplikasi SanDisk Memory Zone dan iXpand Drive App juga dapat menyimpan dan mem-back up berbagai konten dari media sosial, seperti foto dan video, ke USB OTG SanDisk Dual Drive atau iXpand Flash Drive. Dengan begitu, pengguna tidak akan kehilangan konten-konten penting dari akun media sosial mereka, termasuk semua foto yang di-tag oleh orang-orang terdekat.

Upgrade smartphone untuk menambah kapasitas
Survei dari “Western Digital” menemukan bahwa konsumen menggunakan smartphone mereka untuk berbagai hal, seperti mengambil foto dan bermain game. Saat ini, tren dan minat terhadap mobile gaming dan fotografi terus meningkat dan peningkatan ini tentu harus diikuti dengan melakukan upgrade kapabilitas penyimpanan di smartphone.

Tips Western Digital untuk para user smartphone
Tips Western Digital untuk para user smartphone

SanDisk USB OTG: Solusi Terbaik Back-up Data pada Smartphone saat Traveling

Kegiatan di alam bebas mengharuskan kita untuk bijak dalam menggunakan memori smartphone. Foto dan video berkualitas tinggi membutuhkan memori yang tidak sedikit. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah media penyimpanan portable yang ringkas dan mudah dalam penggunaannya.

Western Digital Corp sebagai perusahaan mendorong inovasi yang dibutuhkan untuk membantu para pelanggan dalam menciptakan, menyimpan, mengakses dan mentransformasi data yang semakin bertambah. Oleh karena itu mereka memberikan solusi bagi para user smartphone yaitu solusi lengkap mobile storage dengan brand SanDisk, yaitu SanDisk Dual Drive dan iXpand® Flash Drives. Untuk membantu para user smartphone mengelola foto dan video berharga mereka.

SanDisk Dual Drive dan iXpand® Flash Drives
iXpand® Flash Drives dan SanDisk Dual Drive

Kebetulan semenjak kejadian di gunung Merbabu, aku langsung menggunakan USB OTG SanDisk . Jenis yang kupakai adalah SanDisk ULTRA DUAL DRIVE M3.0 32GB. OTG ini selalu menemaniku saat traveling. Kapasitas memori 32GB sebenarnya sudah cukup bagiku untuk mendokumentasikan setiap catatan perjalanan traveling.

Sekarang aku ga perlu khawatir kehabisan memori di tengah perjalananku. Karena kapan saja bisa backup ke USB SanDisk OTG jika memori smartphone sudah penuh untuk mengambil foto dan video. Jadi, kalau memori sudah penuh, pindah saja dulu ke USB SanDisk OTG. Lebih simple dan praktis, memori free space lagi dan siap buat ambil foto dan video selanjutnya. Menyenangkan!

SanDisk Ultra Dual Drive M3.0 32GB

Nah kali ini aku akan memperkenalkan USB OTG Sandisk yang kubeli beberapa bulan silam. Aku memilih SanDisk karena memang fiturnya lebih lengkap serta mudah dalam penggunaannya. SanDisk Ultra Dual Drive M3.0 ini memudahkan para usernya untuk memindahkan data dari smartphone ke komputer maupun sebaliknya.

 SanDisk Ultra Dual Drive M3.0
SanDisk Ultra Dual Drive M3.0, Doc : Pribadi

Dengan dilengkapi konektor micro-USB di satu sisi, dan konektor USB 3.0 di sisi lainnya, drive ini memungkinkan kalian untuk dengan mudah memindahkan konten lintas perangkat dari smartphone atau tablet Android ke komputer laptop, PC, dan perangkat lainnya.

Konektor USB 3.0 memiliki performa tinggi dan di sisi sebaliknya kompatibel dengan port USB 2.0. Aplikasi Zona Memori SanDisk® untuk Android (tersedia di Google Play) membantu Anda mengelola memori perangkat dan konten.

SanDisk Ultra Dual Drive 3.0
SanDisk Ultra Dual Drive 3.0 , Doc : Pribadi

Fitur SanDisk Ultra Dual Drive M3.0

Apa sih fitur dari SanDisk Ultra Dual Drive M3.0 ini? Selain simple dan mudah pengoperasiannya, pastinya banyak banget guys. Jadi
SanDisk Ultra Dual Drive M3.0 ini kompatibel dengan perangkat android apapun. Bagi kalian pengguna android, jangan khawatir karena flash drive ini didesain khusus untuk sistem operasi android. Jadinya lebih mudah kan.

Flash drive ini juga bisa digunakan untuk backup data kalian saat memori ponsel dan smartphone penuh. Jadi kapan aja saat muncul pesan error memori penuh, SanDisk Ultra Dual Drive M3.0 adalah solusinya. Kecil kecil memang bisa memberikan solusi terbaik bagi para konsumen.

Pindah data yang sangat mudah dari smartphone Android ke PC atau komputer. Jadi ga perlu lagi kabel data, sekarang jamannya serba mudah. Kalau ada yang lebih mudah ngapain dibikin ribet. 🙂 Ini sangat membantuku sebagai seorang travel blogger. Saat aku ingin memindahkan foto hasil dari perjalanan, sangat simpel dan mudah saat memindahkan ke komputer untuk bahan tulisan.

Konektor USB Ganda dan konektor USB 3.0 berperforma tinggi yang dimiliki oleh SanDisk Ultra Dual Drive M3.0 ini mampu memindahkan data dengan kecepatan tinggi hingga 150mb/detik. USB 3.0 ini teknologi terbaru dan lebih cepat dari USB 2.0.

Untuk memudahkan proses transfer data dari flash drive ke smartphone ataupun sebaliknya. Aplikasi Zona Memory SanDisk® adalah solusinya. Aplikasi yang sudah tersedia di Google Playstore. Zona Memori SanDisk® memungkinkan kalian untuk melihat, mengakses, dan mencadangkan semua file dari memori smartphone Anda dalam satu lokasi2. Aplikasi ini juga mampu secara otomatis memindahkan file dari perangkat ke drive kalian untuk membebaskan ruang.



Konektor USB Ganda dan konektor USB 3.0 berperforma tinggi yang dimiliki oleh SanDisk Ultra Dual Drive M3.0 ini mampu memindahkan data dengan kecepatan tinggi hingga 150mb/detik. USB 3.0 ini teknologi terbaru dan lebih cepat dari USB 2.0.

Untuk memudahkan proses transfer data dari flash drive ke smartphone ataupun sebaliknya. Aplikasi Zona Memory SanDisk® adalah solusinya. Aplikasi yang sudah tersedia di Google Playstore. Zona Memori SanDisk® memungkinkan kalian untuk melihat, mengakses, dan mencadangkan semua file dari memori smartphone Anda dalam satu lokasi2. Aplikasi ini juga mampu secara otomatis memindahkan file dari perangkat ke drive kalian untuk membebaskan ruang.

Fitur SanDisk Ultra Dual Drive
Fitur SanDisk Ultra Dual Drive M3.0 , Doc : Pribadi

Mudahnya Backup Data Menggunakan Aplikasi Zone Memory SanDisk®

Sebagai salah satu produsen flash drive yang mempunyai fitur lengkap. “Western Digital Corp” juga membuat sebuah aplikasi manajemen file yang bisa dipasang di smartphone kalian. Aplikasi ini menurutku sangat memudahkan user untuk melakukan back-up data maupun transfer file dari komputer ke smartphone maupun sebaliknya.

 Zona Memory SanDisk®
Zona Memory SanDisk®

Aku menggunakan aplikasi ini yang di-install di smartphone. Memang banyak sekali keuntungannya. Selain mudah digunakan, aplikasi ini juga mempunyai tampilan yang user-friendly, sehingga untuk user baru akan sangat gampang untuk mengenali aplikasi ini. Fitur Plug and Play nya memudahkan proses pindah data dimanapun dan dalam perangkat apapun.

Proses Back-up data pada SanDisk Memory Zone
Plug And Play

Saat pertama kali mencolokkan SanDisk Ultra Dual Drive M3.0. Maka otomatis smartphone kalian akan mendeteksi flash drive baru. Klik OK untuk melanjutkan dan masuk ke aplikasi. Kemudian flash drive baru sudah terdeteksi, kalian siap melakukan beberapa aksi untuk proses backup maupun pindah data.

Proses Back-up data pada SanDisk Memory Zone
SanDisk Memory Zone 1

Setelah OTG SanDisk Ultra Dual Drive M3.0 terdektesi, selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mengelola file yang ada dalam flash drive USB OTG SanDisk tersebut. Akses file diantaranya memindahkan (move), menduplikat (copy), dan menghapus (delete).

Proses Back-up data pada SanDisk Memory Zone
Tampilan saat USB OTG SanDisk terdeteksi di Smartphone

Setelah itu, di dalam file manajer Aplikasi ini akan membaca semua data yang terdapat di smartphone maupun yang berada di USB OTG SanDisk. Selain itu akan muncul informasi kapasitas drive yang sudah terpakai maupun yang masih belum terpakai (gambar 6).

Bagaimana cara melakukan Back-up Manual? Klik “BACK UP YOUR PHONE” seperti pada gambar dibawah (gambar no 6). Pada gambar 7 dan 8 kita bisa memilih data apa saja yang akan di back-up / dipindah dari USB OTG SanDisk ke smartphone kita. Kemudian pilih datanya, besarnya memori akan terlihat saat kita memilih data mana saja yang akan dipilih. Setelah semua selesai kemudian pilih “BACK UP”.

Proses Back-up data pada SanDisk Memory Zone
Back-Up data smartphone

Setelah itu, aplikasi akan memindahkan data. Proses pemindahan data akan terlihat di aplikasi. Sehingga kita bisa mengestimasi sudah berapa besar file yang sedang diproses backup oleh SanDisk memory zone. Setelah semua selesai akan ada notifikasi dan lokasi file yang telah dipindahkan / diduplikat akan terlihat di file manager. Sangat mudah bukan?

Proses Back-up data pada SanDisk Memory Zone
Proses Back-up data pada SanDisk Memory Zone

USB OTG SanDisk menjadi pilihan utama untuk back-up data smartphone

Sudah terbukti, dari pengalamanku yang pahit akan ada solusi. Solusi back-up data smartphone adalah SanDisk Ultra Dual Drive M3.0 ditambah dengan aplikasi memory zone yang sangat user-friendly memudahkan bagi setiap user smartphone untuk memindahkan data dengan simpel dan praktis.

Setelah sekian lama, aku sangat puas terhadap flash drive ini, saat ini aku selalu membawanya kemanapun pergi. Karena dokumentasi dan catatan perjalnaan tidak bisa dilewatkan begitu saja tanpa sebuah foto dan video.

Kalian gak pengen kan, kesal saat jalan-jalan ternyata smartphone kepenuhan memori? Rasanya ingin pulang saja dan tak melanjutkan perjalanan. Bagaimana jika kalian ingin membeli SanDisk Dual Drive seperti punyaku? Selalu bepikir #DibuangSayang dan silakan membeli USB OTG SanDisk di akun officialnya #SanDiskAPAC . Simpan selalu memori terbaikmu dan share perjalanan kalian untuk membagikan kenangan manis dalam sebuah goresan tinta kehidupanmu.