Tersesat di Jalan yang Benar: Menjadi Seorang Calon Blogger di Era Digital.

Tahun 2018 sudah terlewati, tahun 2018 terlewati dengan keseharian sebagai pekerja swasta, yang notabene pergi pagi pulang malam, gitu aja terus tiap hari, kecuali hari libur. Dan tahun 2018 juga merupakan tahun dimana ada setitik niat untuk menjadi seorang blogger, akan tetapi entah kapan itu akan terealisasi. Apa yang harus aku lakukan untuk mencapai sebuah titik niat yang belum juga terealisasi? Pantaskah aku menjadi seorang blogger? Jawabannya mungkin ada diujung langit.

Calon Blogger Abal-Abal

Penggunaan internet di Indonesia

Di zaman era digital ini pertumbuhan para pengguna internet sangat meningkat dari tahun ke tahun. Dari hasil survey yang dirilis Kominfo, tercatat 54,68% dari total penduduk Indonesia sudah sehari-hari menggunakan internet.

Menurut pandanganku, masyarakat memang harus sudah mengikuti perkembangan zaman, Apa keuntungan internet? dengan adanya internet maka pekerjaan sehari-hari manusia akan menjadi lebih mudah ditambah dengan kehadiran smartphone, digitalisasi hampir merata di semua sektor. Ini menjadi sebuah fakta bahwa perubahan teknologi di 10 tahun terakhir ini sangat meningkat dengan pesat.

Perubahan teknnologi sebagian bisa diterima oleh kaum milenial, akan tetapi ada pula yang tidak ingin melek teknologi dengan mempertahankannya teknologi konvensional. Tidak masalah memang, karena lambat laun pergeseran teknologi akan melekat pada semua masyarakat di Indonesia.

Sumber : Kominfo

Salah satu yang sering diakses oleh netizen adalah portal berita. Mengapa? karena berita merupakan hal yang sangat penting bagi masyarakat Indonesia dan harus selalu update setiap harinya. Masyarakat Indonesia juga menurutku sebagian besar bertipe kepo-ers. Setiap ada berita yang naik pasti dicari sampai ketemu, entah bagaimana caranya.

Perlu diadakannya sosialisasi dalam penggunaan internet untuk menyaring mana berita yang benar dan mana berita yang hoax, tapi sampai sejauh ini netizen mulai pintar dalam memilih berita. netizen Indonesia memang sangat berperan penting dalam naiknya pengguna internet. Bravo Netizen Indonesia !!

Tidak hanya portal berita yang sangat diakses oleh netizen di Indonesia, sebuah blog juga bisa menjadi sumber pengetahuan dan berita. Blog adalah sebuah aplikasi web yang kebanyakan dikelola oleh seorang penulis tunggal. Nah sebutan untuk para penulis itu adalah blogger. Jauh sebelum aku mengetahui apa itu Blogger atau lebih sering disebut narablog, aku sering mengira bahwa blogger itu bukan sebuah profesi. Sampai sekarang aku masih fifty-fifty , apakah blogger itu sebuah profesi atau bukan.

Yang sering diakses netizen

Menjadi seorang Calon Blogger

Sebelum aku menulis artikel ini, aku sempat kurang paham juga dengan sebutan blogger dan narablog. Setelah membaca dari berbagai artikel teman-teman semua sekarang aku paham bahwa blogger dan narablog itu adalah sama. Memang norak sih, tapi wajar karena aku baru memasuki dunia blogger di tahun 2019 ini. Oleh sebab itu aku nobatkan bahwa aku adalah seorang Calon Blogger.

Kata blogger lebih familiar dibandingkan narablog, jadi kedepannya aku bakal memakai kata blogger untuk sebutan seseorang yang mengelola web pribadi yang berisikan artikel dari berbagai niche. Calon Blogger ? Ya aku bisa dikatakan sebagai calon blogger karena belum sepenuhnya menjadi seorang blogger yang biasanya mengisi keseharian dengan post artikel setiap hari ataupun 2 hari sekali.

Otak belum sampai untuk ke tahap tadi sepertinya. Untuk menulis tulisan ini pun kepalaku sampai mumet karena pemilihan kata-kata sangatpenting untuk kenyamanan pembaca nantinya.

Aku merasakan saat menulis itu membutuhkan konsentrasi dan wawasan yang luas untuk merangkai sebuah paragraf ke paragraf selanjutnya, butuh latihan khusus dan berkala seperti memperbanyak bendahara kosakata dan istilah yang mudah dimengerti oleh para netizen.

Untuk menjadi sebuah tulisan yang berbobot dan bisa berguna bagi para pembacanya harus membutuhkan keselarasan antar kata dan paragraf. Bagi calon blogger seperti saya memang tidak mudah mengelola sebuah blog yang konsisten menulis dan mempunyai nilai tersendiri bagi blog pribadinya.

Mengapa ingin menjadi seorang blogger?

Sebelum naik ke tahapan selanjutnya yaitu seorang blogger, aku
memilih menjadi seorang calon blogger seperti yang sudah aku jelaskan sebelumnya. Aku ingin mencoba hal baru dan memutuskan ingin menjadi seorang blogger.

Memang belum sepenuhnya menjadi blogger, karena di kehidupan sehari-hari aku merupakan pekerja swasta yang terkadang sulit membagi waktu untuk membuat sebuah tulisan. Karena menurutku seorang blogger yang baik adalah yang selalu membuat tulisan yang konsisten dan menjadi content creator yang berkualitas dengan hasil tulisannya.

Tulisan yang bisa bermanfaat bagi para pembacanya. dan tentunya mencoba peruntungan untuk mengikuti beberapa kompetisi blog yang sering diadakan dengan hadiah yang lumayan.

Yap, hal ini merupakan tantangan baru, meskipun sangat kecil kemungkinan bagiku untuk memenangkan sebuah kompetisi blog, Da aku mah apa atuh, hanya seorang calon blogger yang belum mempunyai banyak relasi di dunia blogger akan tetapi mempunyai ambisi untuk mendapatkan penghasilan dari sebuah blog.

What? penghasilan? jangan ngimpi bro, kamu itu cuma seorang newbie di dunia blogger, ga akan mungkin bisa menangin sebuah kompetisi, ambisimu jangan terlalu tinggi bro, ( tiba2 ada bisikan dari diriku sendiri tentang keinginanku yang muluk ini, hahaha!).

Penghasilan dari blog memang tidak mungkin, tapi tujuan itu mungkin bisa dipikirkan lagi nanti, menjadi seorang calon blogger aja udah bikin pusing. step by step dulu deh. hehehe!

Untuk seorang calon blogger, memperbanyak artikel mungkin adalah tahap pertama yang harus dilalui, karena pembaca akan datang sendirinya ketika menemukan sebuah tulisan yang berbobot di blog. Konten yang dibuat harus mempunyai nilai tersendiri agar bisa meleka di hati para pembaca.

Di awal tahun 2019 ini aku memutuskan untuk serius dalam membuat tulisan, dan tentunya ingin membangun karakter blogku yang baru berumur 1 bulan ini.

Apakah aku tersesat? pilihan menjadi seorang freelance dengan menjadi blogger sudah kupikir matang-matang, didorong oleh seorang temanku yang juga blogger kondang di tahun 2018, sebut saja Jones. (Mungkin temanku ini membaca, hai bro ini aku susah payah bikin paragraf demi paragraf, semua gara-gara kemupenganku dengan keberhasilanmu sebagai seorang blogger, hahaha!) Dia selalu memotivasiku dalam urusan blog, apapun hasilnya yang penting dimulai untuk membuat sebuah blog.

Siapa tahu aku bisa menjadi blogger beneran, bukan hanya sekedar calon blogger. Yak mulai sekarang calon blogger newbie ini akan membagi waktu antara rutinitas sehari-hari menjadi kuli swasta dan menjadi seorang calon blogger. Ketok Palu!

Tahapan menjadi blogger sejati

Masalah yang sering dihadapi seorang Calon Blogger

Menjadi seorang calon blogger memang tidak mudah, banyak pemikiran yang tiba-tiba datang menghantui ke dalam pemikiran seorang blogger yang baru terjun ke dunia blog. Sesuai pengalaman pribadi, aku merangkum sedikit permasalahan baik lahir maupun bathin yang sering dihadapi.

  • Ide sebuah tulisan

Di tahap newbie, seorang calon blogger seperti aku sering mengalami kebuntuan ide untuk membuat sebuah topik/konten. Ketika sudah mengumpulkan niat bahwa “Hari ini aku harus nulis dan posting!!”. Tapi realitanya setelah di depan laptop dan menulis akan menjadi buntu dan buyar, bingung apa yang mau ditulis dan bagaimana memulainya.

Apalagi kalau sudah mantengin youtube dengan playlist favoritku yaitu dangdut koplo. Ya sedikit demi sedikit aku akan belajar untuk menghilangkan sebuah kebuntuan ide. Karena masalah sepele ini mau gak mau harus diatasi secepatnya. Hai ide datanglah!!

  • Merangkai sebuah kerangka dan keselarasan paragraf

Memilih milih kata dan istilah untuk digunakan dalam sebuah tulisan juga harus selalu diperhatikan. Terkadang dari paragraf awal ke paragraf selanjutnya tidak selaras, bisa jadi karena mungkin nilai pelajaran bahasa Indonesiaku tidak terlalu bagus,hehehe.

Aku dalam menulis sebuah tulisan selalu langsung dan tanpa membuat kerangka terlebih dahulu, karena dengan menulis langsung bisa menghemat waktu . Entah apakah tahap ini benar atau tidak. Aku bingung harus sharing dengan siapa. Aku hanya bertumpu pada forum dan group blogger di Facebook. Ada yang bisa ngasih saran? please message yah, saranmu begitu berarti bagi kemajuan blogku ini, hehehe.

  • Membuat materi foto yang cocok

Di dalam sebuah tulisan, akan lebih menarik jika dilengkapi dengan beberapa gambar/video/infografis dan sebagainya. Untuk membuat gambar yang relevan dengan tulisan, aku mengandalkan foto pribadi yang memang gak begitu banyak koleksi fotoku.

Dengan sedikit sentuhan CorelDraw, aku biasanya mengedit tulisan dan infografis yang disambung-sambungkan agar sesuai dengan tema tulisan, meskipun foto tidak cocok dengan tema, hahaha. Gak masalah, namanya juga belajar. Nanti juga bakal bener sendiri. Amin.

  • Kaidah penulisan yang benar

Penulisan yang sesuai dengan kaidah memang harus mengingat-ingat pelajaran Bahasa Indonesia saat sekolah dahulu, otak ini sudah terlalu malas untuk mengingat pelajaran itu. Jalan keluar satu-satunya dengan sering membaca blog lain sebagai referensi penulisan yang baik dan benar.

Hal ini memang terlihat sepele, akan tetapi sangat penting dalam sebuah aturan penulisan. Sehingga harus sempurna dan sesuai dengan kaidah penulisan yang benar. Memang sulit, tapi lambat laun aku harus menghadapi masalah ini dengan baik. Masih butuh partner untuk sekedar diskusi di dunia blogging. Silakan kirim lamaran dan CV kalian, hahaha.

  • Relasi di dunia blog yang belum banyak

Relasi merupakan sebuah hal penting yang harus ada dalam memulai dunia blog, aku menyadarinya ketika ingin sharing tentang semua masalah standar yang sepele tetapi sangat penting dan belum begitu mudah untuk dihadapi sendirian.

Saat ini aku belum banyak mempunyai relasi di dunia blog. Mungkin sebuah keharusan untuk mengikuti komunitas blogger, tapi aku belum tau mana aja komunitasnya. Mudah-mudahan kedepannya aku bisa menjalin silaturahmi dengan semua blogger di Indonesia. Karena seorang calon blogger ini butuh bimbingan. Aku hanya sebuah kerikil di tengah blumbang (kolam.red) untuk sekarang ini. hehehe! kuy lah follow2an Instagram.

  • Blogwalking tanpa respon

Setelah membaca berbagai forum, blogwalking adalah ritual wajib bagi para blogger untuk branding blog dan meningkatkan traffic. Tapi sebagai seorang calon blogger yang baru awal di dunia blogging, belum banyak relasi dan kenalan. Meskipun aku rajin komentar relevan di tulisan blogger lainnya, sedih banget jarang mendapat kunjungan balik.

Entah kenapa hal ini bisa terjadi, mungkin perlunya riset khusus untuk meneliti ini semua. Sedih tau akutu klo komentar tapi ga ada yang kunjung balik. Ingin rasanya pensiun aja jadi calon blogger ( belum jadi blogger, malah mau pensiun, cemen lo bro!!hahaha).

Biasanya aku positif thinking aja, mungkin tulisanku belum berkualitas, atau mungkin komentarku keselip. Karena segala sesuatu jika dihadapi dengan positif maka Insya Allah kedepannya akan selalu positif. Amin.

  • Konsistensi dalam menulis

Konsisten dalam membuat sebuah tulisan harus dilatih semenjak sekarang, mumpung blogku ini baru 5 postingan. Entah mau dibawa kemana dan akan menulis dengan spesifik tema apa dalam blogku ini. Bisa juga terjadi blog gado-gado untuk kedepannya.

Semua tergantung skillku. Bisa jadi skillku dalam menulis akan meningkat jika selalu rajin menulis. Tapi bisa juga skill menulisku jadi menurun kalo cuma malas terus jika akan menulis.

Entahlah lihat kedepannya saja ya, Mau dibawa kemana blogku ini. Tapi sebisa mungkin aku akan posting dan menulis minimal seminggu 1 kali untuk memperbanyak portfolio tulisan. Amin.

Menghadapi semua masalah seorang calon blogger

Semua masalah yang muncul begitu saja saat menulis memang menjadi sebuah hambatan, tapi hambatan itu bisa menjadi sebuah investasi yang tak terlihat di kemudian hari jika aku bisa menghadapi itu semua dengan lancar.

Semoga kedepannya akan menjadi sebuah pengalaman dalam memasuki dunia blog yang tergolong masih sangat fresh dan baru bagiku. Dengan mengambil jalan menuju seorang blogger semua akan dipelajari dengan benar dari berbagai aspek dan sudut pandang.

Tergantung kita menyikapi masalah tersebut. Semoga kelak semua masalah yang disebutkan tadi gak akan muncul lagi di keseharianku menjadi seorang calon blogger.

Masalah seorang calon blogger

Tersesat di Jalan yang Benar

Tersesat di Jalan yang Benar? ungkapan ekspresi dari lubuk hati yang paling dalam yang tercetus ketika aku memilih menjadi seorang calon blogger. Mulai sekarang aku akan berkecimpung di dunia blogger, pilihan jalanku ini bisa dibilang tersesat, karena merupakan hal yang sangat baru dalam kehidupanku untuk menjadi seorang content creator, tidak ada skill basic yang mendukungku untuk menjadi seorang blogger.

Akan tetapi sesuai dengan motivasi temanku yang bernama Jones yang pernah mengatakan “2019 itu tahunnya blogger, kowe kudu mulai jadi blogger lek!” , kata-kata itu yang membuatku memutuskan melebarkan sayap untuk menjadi sebuah calon blogger.

Motivasi itu menjadi salah satu alasan menjadi seorang calon blogger yang bertransformasi nantinya menjadi seorang blogger, dengan membuat tulisan yang bisa memberikan manfaat untuk para pembacaku menjadi tujuanku dalam menjalani sebagai seorang calon blogger.

Keseharianku sudah sangat nyaman tapi juga kadang jenuh, dengan bekerja di perusahaan swasta yang mendapat penghasilan segitu-gitu aja. Sehingga untuk kedepannya aku akan berpijak di dunia blogging, memang sangat membutuhkan dukungan moral dan peningkatan skill menulis untuk melewati ini semua. Tapi semua itu akan kuhadapi.

Sehingga “Tersesat di Jalan yang Benar” ungkapan yang mungkin cocok untuk menjalani duniaku sebagai seorang calon blogger yang belum menjadi sepenuhnya blogger, karena masih membutuhkan banyak kemampuan yang bisa dibilang belum aku miliki untuk disejajarkan dengan seorang blogger yang sudah berpengalaman di dunia blogging. Jalan yang benar ini semoga tepat sesuai pilihanku tersebut.

Harapan di tahun 2019

Tahun 2019 ini aku resmi menobatkan diri untuk menjelajahi dunia blogging, Dengan pilihanku ini diharapkan bisa menghasilkan beberapa hal positif bagiku dan bagi para pembacaku, seorang calon blogger ini masih membutuhkan bimbingan kedepannya. Suatu saat nanti aku berharap blogku akan menjadi sumber penghasilan sampingan dengan menghadirkan beberapa tulisan yang bisa bermanfaat dan bisa menginspirasi para pembaca.

Tulisan yang konsisten akan selalu dihadirkan setiap minggunya, semoga nantinya semua tulisanku mempunyai kualitas dan bisa bermanfaat, dari tulisan yang konsisten maka kedepannya Insya Allah akan lebih lancar dalam memasuki dunia blog yang sangat baru bagiku, bukan hanya memperbanyak kosakata dan wawasan yang terbuka bagi para pembaca, akan tetapi bisa menjadi ajang bertukar pikiran yang cerdas dan sesuai dengan logika.

Disamping itu aku sangat terbuka bagi para pembaca yang ingin menyampaikan kritik dan saran, karena dari itu semua aku bisa meningkatkan kulitas pijakanku dalam memulai dunia blogging ini. Dengan silaturahmi aku berharap juga bisa memberikan banyak relasi agar mempererat persaudaraan di dunia blog. Harapanku di 2019 tidak muluk muluk, bisa upgrade dari seorang calon blogger menjadi seorang blogger sudah cukup membuatku setahap lebih maju di dunia yang baru ini.

Akhir kata, sukses terus untuk dunia blog Indonesia, jadilah kontributor yang bisa menjadi inspirasi bagi setiap orang, karena dengan memberikan inspirasi kepada setiap orang, itu akan menjadi bekal kelak untuk menunjukan jalan yang benar meskipun dalam keadaan tersesat. #

Salam dari seorang calon blogger

Aldhi Fajar Maudhi

Tulisan ini untuk diikutsertakan dalam Kompetisi Blog Nodi
#NarablogEraDigital #KompetisiBlogNodi

77 Comments

    1. hai mas Joe, terimakasih semangatnya 😀
      perjuangan baru dimulai. Seorang calon blogger yang mempunyai ambisi menjadi seorang blogger yang meninspirasi banyak orang.
      aminn 🙂

    1. Halo mbak Ira,
      salam kenal juga. Aku juga newbie nih hehe
      mari kita menulis dengan konsisten agar bisa diterima pembaca hehe

  1. Post yang keren! Kok aku baca post ini senyum-senyum sendiri yah? Haha… kesannya pas baca, sepertinya Mas Aldi dalam dunia nyata itu kocak bin humoris. Salut.

    Tulisannya bagus, Mas. Inspiratif.

    Salam kenal ya

    1. Amin makasi mas,
      Klo kocak memang kepada org yg udah kenal deket mas, kl org baru harus lama adaptasinya hehe
      makasi kunjungannya ya mas

  2. Menjadi blogger membutuhkan motivasi yang kuat, kalau tidak maka akan patah di tengah jalan. Tapi kalau Mas sudah kerja itu bagus, maka Mas bisa Fokus ke Content dan blogwalking saja dulu.Nanti Mas akan menikmati bagaimana Indahnya menjadi blogger. 🙂

    1. Iya mas, aku pengen konsisten menulis dan terus mengasah kemampuan menulis,
      Dan untuk BW sebisa mngkin aq terus silaturahmi, ga hanya diawal saja. Karena pada dasarnya keuntubgan BW adalah mendapat ilmu baru dan wawasan baru.
      Yg paling penting adalah silaturahmi antar blogger. Karena tdk dapat dipungkiri aku butuh relasi untuk sekedar sharing dan diskusi bareng.
      Terimankasih kang Nata sudah berkunjung ke rumahku ini hehe 🙂

    1. Makasih mbak, ini masih banyak kekurangan tp aku berusaha buat nulis semaksimal mubgkin.hehe
      Makasi kunjungannya mbak:)

  3. yaudah yuk jalin relasi, instagramnya udah aku follow loh, folback yah, haha. Btw emang bener yang bikin gak konsisten tuh selain waktu ya ide cerita itu. Mau nulis soal traveling tapi jarang kelayaban. Mau nulis opini tapi idenya susaah apalagi merangkai katanya, hadu bikin pengen nyemplung blumbang.

    1. Sudah aku folbek lho mas hehe.
      Bener itu mas apalagi kl pas cari ide.. eh pas ada ide susah banget cari kata2nya.. tp memang proses sepertinya. Hehe
      Makasih kunjungannya mas

  4. Di bagian point ‘Blogwalking tanpa respon’, aku ikut prihatin bacanya.
    Memang ada sebagian blogger bersikap seperti itu, entah karena memang kesibukannya jadi ngga punya waktu berkunjung balik atau memang demikian karakternya, maunya diperhatikan tapi ngga mau memperhatikan orang lain.
    Seharusnya kan sama-sama membangun grafik yang baik, ya.

    Tetap semangat menulis, mas.
    Kelak akan banyak teman blogger datang dengan sendirinya.

    1. Iya mas, blogwalking selain traffic menurutku yg paling penting adalah silaturahmi, karena dgn BW banyak manfaatnya yg dirasain.
      Dgn banyak relasi itu membuka kesempatan aku jg untuk belajar kepada yg lbih senior mas.
      Termasuk aq sering baca artikelnya mas himawan, selain dpt wawasan, aku jg bisa tahu bgmn cara penulisan yg baik sesuai EYD.

      Insya Allah aku akan ttp menulis mas, untuk urusan bagus atau gaknya tulisanku tergantung tmn2 yg berkunjung kesini sih, tp pastinya aku selalu menunggu kritik hehe

      1. Betul, manfaat lain dari blogwalking itu bisa nambah wawasan.
        Dengan membaca topik apapun kita jadi memperkaya pengetahuan, sekaligus untuk sarana belajar penulisan yang lebih baik.

        Terimakasih ya sering berkunjung ke blogku, mas 🙂

        1. Menjadi lebib tahu apanyg belum kita tahu mas, itu inti bw menurutku jmhehe.. sama2 mas silaturahmi adalah segalanya..:)

  5. Blognya udah cakep ini, Mas. Update tulisan sudah banyak, tulisan udah mengalir, diselingi foto dan gambar penunjang biar pembaca ga bosan. Menarik juga Mas Aldhi bisa merumuskan metamorfosis seorang bloger. Bagi saya Anda sudah bloger atau narablog kok karena sudah punya blog dan tingga konsisten mengisi saja. Welcome to the club!

    Kalau boleh usul, catatan hanya pada ejaan saja. Ada yang typo, jadi harap dibaca lagi sebelum diunggah. Bisa dicek di KBBI untuk menentukan mana kata yang sudah masuk atau belum dalam kamus. Mana yang perlu miring dan enggak.

    Selebihnya, top! Terus berbagi Mas….

    1. Iya mas aku perlu banyak belajar baca2 PUEBI lg hehe. Masuh banyak yg belum aku pahami tentang penulisan sesuai eyd di artikel. Insya Allah dr kesalahn ini nanti kedepannya bs lebih baik lg.
      Makasih mas rudi, salam kenal dan selalu silaturahmi..

  6. Udah punya blog dan udah ngisi blognya, udah termasuk blogger sih menurutku, meskipun ga ngisi blognya bener-bener sering. Konsisten aja, cuy :D.

    *tapi ya jangan setahun sekali juga yak. Wkwkwkwkwk :v.

    Baru-baru aja nge-blog ya? Keren! Lanjutin. Jangan ‘mandeg’. Cemungut ea 😀

    1. iya sih mas, cuma aku belum konsisten sebagai seorang blogger, Konsisten itu ga mudah ternyata haha.
      ENggak juga lah setahun sekali, paling kl bener kejadian pas lagi bener2 buntu haha..
      aku baru ngeblog sebulan mas, makasih ya mas udah mampir 🙂

  7. Bener itu mas soal mengembangkan blog. Konon katanya, ketika seorang blogger mengembangkan blognya sebaiknya tidak berpikir tentang menghasilkan uang dari blog. Karena fokusnya akan pecah dan malah tidak menghasilkan apa-apa. Atau menghasilkan sesuatu tapi nggak maksimal. Semoga sukses mas

    1. IYa mbak aku harus fokus bikin konten yang inspiratif dan kreatif. klo mikirin ke arah penghasilan mah aku belum ada apa-apanya dibanding pendahulu rekan blogger hehe. Aku masih butuh bimbingan dr para senior 🙂
      makasih kunjungannya ya nbak salam kenal dan semoga silaturahmi selalu 🙂

  8. Oh berarti kalau masih belum konsisten nulis itu namanya masih calon blogger ya Bang wkwkwk
    Ya, berarti aku kudu latihan konsisten nih biar jadi blogger beneran 😀
    BTW sepertinya aku tahu siapa teman “Jones” dari njenengan hahaha

    1. iya mbak haha, calon blogger aku sendiri sih yg menobatkannya kwkw, soalnya tulisanku masih belajar. update post pun masing belum sekonsisten teman-teman yg lain.
      Btw sia[a cobaa teman “jones” ku hahaha 🙂
      makasih kunjungannya mbak

  9. Semangat ngeblog harus dibarengi dengan semangat untuk terus berkarya yang positif dan menyebarkannya 🙂

    Indonesia butuh lebih banyak konten yang inspiratif, informatif, dan kreatif.

    1. Iya kang bener, konten yg informatif, inspiratif dan kreatif bisa tersampaikan, asal dikemas dengan baik dan disampaikan dgn baik jg kpd pembaca..aku masih bljr utk bsa itu smua..mksh kunjunganny mas 🙂

    1. makasih mas doel, iya mas ga kerasa baru sebulan aja nih hehe. Semangat terus untuk semua dan semoga bisa saling silaturahmi ya mas 🙂

  10. Mas, kok masih calon blogger sih? Kalau menurut aku, punya blog dan sudah mulai menulis maka sudah menjadi blogger. Hanya tinggal masalah konsisten aja mengisinya.
    Yuk ahhhh semangat terus untuk lebih keren lagi jadi blogger profesional.

    1. Iya mbak, karena aku sepertinya blm sepenuhnya jd blogger..kl udh konsisten dan tulisan bagus baru jd blogger seutuhnya. Sebenernya cm opini dr diri sendiri aja sih mbak hehe.. makasih kunjugannya ya mbak

  11. Semangat terus ngblog nya mas,
    Dan untuk harapan “bisa upgrade dari seorang calon blogger menjadi seorang blogger sudah cukup membuatku setahap lebih maju di dunia yang baru ini” semoga terwujud di tahun 2019″ 🙂 🙂

    1. Amin mas,, iya ini lagi berusaha mas, konsisten menulis udh lebih dari cukup nih untuk awal-awal hehe
      makasih kunjungannya mas

    1. AMin mbak Rizka, sekarang masih meraba2 gaya tulisan. soalnya masih acak2an banget nih.hehe
      Salam kenal kemali Mbak Rizka. terimakasih kunjungannya 🙂

  12. Bagi saya sebenarnya menjadi seorang blogger itu memang harus dari passion terlebih dahulu. Sesuatu dikatakan passion jika kita melakukannya dengan senang hati, tidak merasa tertekan dan ingin melakukannya lagi dan lagi cenderung tanpa adanya rasa bosan. Kalau sudah ngeblog dengan passion, Insya Allah rezeki dan berkah akan mengikuti jika dibarengi terus dengan peningkatan kualitas tulisan yang bisa dipelajari dari blogger2 lainnya. Rajin-rajin ikut lomba blog juga bisa sekaligus mengasah kemampuan kita dalam membuat tulisan artikel lho. 🙂

    Semangat Bang Aldhi …. Saya juga masih sama-sama belajar.

    Good luck ya Bang buat lombanya.

    1. passion memang harus ada, mulai dari niat sih mas,,hehe cuma entah kedepannya aku gmn.masih menerawang wkwkw
      Iya mas ini juga mempertajam materi penulisan biar biasa nulis. jadinya ikutan deh lomba2. urusan menang atau nggak aku mah pasah haha
      makasih mas firman sama saran nya, masih butuh bimbingan banget aku hehe

  13. Gambar penunjangnya bagus dan unik, itu memberi nilai lebih dan kreatif. Runtutan kalimatnya lugas dan meruah. Itu sudah jadi modal awal sebagai narablog. Jangan bilang calon, atuh. Jalani saja nanti juga lama-lama terbiasa. Memang butuh konsistensi.
    Soal blogwalking dan tak dapat kunjungan balik, sama saja. Aku alami juga hal gitu. Terutama kala berkunjung pada blog yang papan atas dan ramai. Blog beken mungkin sibuk untuk kunjung balik atau lupa mengabsen daftar pengunjung, he he.
    namun ada beberapa nama yang ramah dan akan tetap rajin kunjung balik jika dikunjungi. Lihat saja nama-nama yang rutin nongkrong di blogku dan kasih komen. Bang Sabda Awal hanyalah satu contoh di atas yang demikian. Masih ada lagi yang lainnya kayak Kang Nata, Mbak Rey, Nonamuda Tuteh, Mas Himawan Sant, Mamah Tira, Mbak Denik, duh, ada lagi beberapa lainnya. Mereka adalah pengunjung rutin yang tahu makna blogwalking dan saling menghargai kunjungan.
    Bukankah ada semacam soimbiosis mutualisma? Nah, demikianlah, meski sekarang belum jadi narablog papan atas, ke depannya tetap ramah dan responsif serta rajin kunjung balik karena apalah arti narablog jika tak meluaskan silaturahmi.
    Blog kita memang dikunjungi silent reader juga, namun jangan lupakan peran teman yang blogwalking.
    Baiklah, semangat.Oh ya, rajin baca PUEBI (Pedoman Ejaan Bahasa Indonesia) yang bisa diunduh gratis. Googling saja. Juga kalau tidak yakin atau tidak tahu akan suatu kata, rajin buka kamus. KBBI daring atau luring.
    Demikianlah. Semangat, ya. Semoga menang. Sudah bagus kok tampilan blog dan isinya. Pokoknya semangat dan jangan patah! Salam.

    1. waduh mbak aku terharu, pembelajarannya jadi banyak bahan edukasi aku sebagai awal di dunia blogger.
      Soal konsisten memang susah ya mbak untuk awal2. harus konsisten nulis. untuk blogwalking aku sekarang udah melanglangbuana dengan memang harus membaca tulisan rekan2 blogger semua. jadi BW bukan hanya ninggal link tp jadinya banyak wawasan.hehe. semoga dari BW akan berlanjut silaturahmi antar teman2 blogger. AMin
      Makasih mbak udah mampir ke blogku ini, Salam kenal semoga silaturahmi jalan terus.:)

      1. Jangan khawatir, konsisten setiap persona itu beda, bergantung bagaimana situasi dan kondisi yang dijalaninya. Tetap ngeblog sebagai fokus utama selain kerja tetap. Mengapa harus? Karena pada dasarnya jika kita masih lajang ada banyak waktu untuk diri sendiri dibanding kala sudah berkeluarga. Jadikan saja target bahwa ini merupakan rintisan demi masa depan. Tetap tanamkan konsep positif pada diri sambil belajar dari sesama narablog lain. Dua hal itu nioscaya akan membantu Mas untuk survive. Saya juga berusaha demikian. Karena kerja saya di rumah sekarang mah, jadi narablog dan penulis lepas berikut ibu rtumah tangga bagi seorang anak dan suami tercinta.

        1. Iya mbak, aku akan tetap ngeblog disamping pekerjaan saat siang, mungkin bisa dengan cara meluangkan waktu untuk menulis, sepertinya kemampuan menulisku perlu belajar lebih giat lagi. Selalu berpikir positif akan kuusahakan mbak, dan yang paling penting, komentar yang memotivasi ini memang sangat aku butuhkan mbak. Masih banyak yang harus dibenahi sepertinya heheh.
          Semangat juga untuk mbak ya, tetap silaturahmi ya mbak. 🙂

          1. Bekerja di dunia nyata adalah hal utama, demi menopang pondasi keuangan pribadi agar tak menjadi beban orang lain. Saya juga salut pada Mas Aldhi yang mau belajar dan terus membenahi diri. Itulah yang dibutuhkan setiap insan.
            Terima kasih sudah berkenan silaturahmi juga dan saling menyemangati. Berkat blog dan lomba ada hikmahnya.

            1. Iya soalnya udah zona nyaman. sesekali jenuh mbak kalo kerja d dunia nyata trus. Cuma memang mau gak mau harus dilaksanakan, mau dpt dr mana penghasilan hee
              Iya mbak aku pgn trus belajar, setiap nasihat dan kritikan itu bisa menjadi evaluasiku untuk memperbaiki kesalahan. Dan semoga ga terulang lg..Amin

    1. Iya mbak, aku mulai serius 1 bulan terakhir ini. Beli domain desember kemarin.
      masih belajar tentang semuanya mbak aku. Moho bimbingannya ya. oh iya makasih sudah berkkunjung mbak, salam kenal 🙂

  14. Jadi narablog itu mudah, yang sulit itu jadi narablog yang konsisten. Dan ini yang jadi tantangan terbesar saya. Salam kenal mas, sukses selalu 🙂

    1. Narablog yg konsisten. Salah satu tujuan ku di tahu 2019 mbak.
      semoga bisa tercapai..
      AMinnn
      makasih kunjungannya mbak

    1. iya bener Mas Dzul, aku udah ngerasain, baru 1 bulan emng susah buat konsisten.
      tapi kedepannya aku bakal berusaha terus buat konsisten,,hehe
      makasih kunjungannya Mas Dzul

  15. udah punya blog, udah nulis original, menurut saya udah bisa kok dikatakan blogger… bukan calon blogger lagi.

    jadi narablog ini istilah baru ya untuk blogger… diIndonesiakan kali

    kalau ga dapat kunjungan balik, mungkin kurang banyak yang dikunjungi mas, hahaha

    1. Belum sampai ke tahap “blogger” mas heheh, masih dalam perjalanan menuju kesana, Kayaknya sih tapi aku ngelist mana aja yg dikunjungi tetep aja dikit yg balik hehehe,, saran yg bagus mas aku bakal sering blogwalking kemana2 ,hehehe
      makasih kunjungannya mas

  16. Jangan hilang arang dahulu ya, Kak. Nge-blog itu kayak jatuh cinta sama si dia. Butuh usaha walau kadang yng di seberang sana suka nggak peka. Namun, saat itulah kesejatian cinta kit sedang diuji. Semoga lulus!

    1. Iya mbak, ini memang sedang mengumpulkan feel dulu.semoga bisa teratasi semua masalhnya di awal mnjadi blogger..terimakasih kunjungannya, salam kenal dari jogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *