Tahun 2018 sudah terlewati, tahun 2018 terlewati dengan keseharian sebagai pekerja swasta, yang notabene pergi pagi pulang malam, gitu aja terus tiap hari, kecuali hari libur. Dan tahun 2018 juga merupakan tahun dimana ada setitik niat untuk menjadi seorang blogger, akan tetapi entah kapan itu akan terealisasi. Apa yang harus aku lakukan untuk mencapai sebuah titik niat yang belum juga terealisasi? Pantaskah aku menjadi seorang blogger? Jawabannya mungkin ada diujung langit.

Calon Blogger Abal-Abal

Penggunaan internet di Indonesia

Di zaman era digital ini pertumbuhan para pengguna internet sangat meningkat dari tahun ke tahun. Dari hasil survey yang dirilis Kominfo, tercatat 54,68% dari total penduduk Indonesia sudah sehari-hari menggunakan internet.

Menurut pandanganku, masyarakat memang harus sudah mengikuti perkembangan zaman, Apa keuntungan internet? dengan adanya internet maka pekerjaan sehari-hari manusia akan menjadi lebih mudah ditambah dengan kehadiran smartphone, digitalisasi hampir merata di semua sektor. Ini menjadi sebuah fakta bahwa perubahan teknologi di 10 tahun terakhir ini sangat meningkat dengan pesat.

Perubahan teknnologi sebagian bisa diterima oleh kaum milenial, akan tetapi ada pula yang tidak ingin melek teknologi dengan mempertahankannya teknologi konvensional. Tidak masalah memang, karena lambat laun pergeseran teknologi akan melekat pada semua masyarakat di Indonesia.

Sumber : Kominfo

Salah satu yang sering diakses oleh netizen adalah portal berita. Mengapa? karena berita merupakan hal yang sangat penting bagi masyarakat Indonesia dan harus selalu update setiap harinya. Masyarakat Indonesia juga menurutku sebagian besar bertipe kepo-ers. Setiap ada berita yang naik pasti dicari sampai ketemu, entah bagaimana caranya.

Perlu diadakannya sosialisasi dalam penggunaan internet untuk menyaring mana berita yang benar dan mana berita yang hoax, tapi sampai sejauh ini netizen mulai pintar dalam memilih berita. netizen Indonesia memang sangat berperan penting dalam naiknya pengguna internet. Bravo Netizen Indonesia !!

Tidak hanya portal berita yang sangat diakses oleh netizen di Indonesia, sebuah blog juga bisa menjadi sumber pengetahuan dan berita. Blog adalah sebuah aplikasi web yang kebanyakan dikelola oleh seorang penulis tunggal. Nah sebutan untuk para penulis itu adalah blogger. Jauh sebelum aku mengetahui apa itu Blogger atau lebih sering disebut narablog, aku sering mengira bahwa blogger itu bukan sebuah profesi. Sampai sekarang aku masih fifty-fifty , apakah blogger itu sebuah profesi atau bukan.

Yang sering diakses netizen

Menjadi seorang Calon Blogger

Sebelum aku menulis artikel ini, aku sempat kurang paham juga dengan sebutan blogger dan narablog. Setelah membaca dari berbagai artikel teman-teman semua sekarang aku paham bahwa blogger dan narablog itu adalah sama. Memang norak sih, tapi wajar karena aku baru memasuki dunia blogger di tahun 2019 ini. Oleh sebab itu aku nobatkan bahwa aku adalah seorang Calon Blogger.

Kata blogger lebih familiar dibandingkan narablog, jadi kedepannya aku bakal memakai kata blogger untuk sebutan seseorang yang mengelola web pribadi yang berisikan artikel dari berbagai niche. Calon Blogger ? Ya aku bisa dikatakan sebagai calon blogger karena belum sepenuhnya menjadi seorang blogger yang biasanya mengisi keseharian dengan post artikel setiap hari ataupun 2 hari sekali.

Otak belum sampai untuk ke tahap tadi sepertinya. Untuk menulis tulisan ini pun kepalaku sampai mumet karena pemilihan kata-kata sangatpenting untuk kenyamanan pembaca nantinya.

Aku merasakan saat menulis itu membutuhkan konsentrasi dan wawasan yang luas untuk merangkai sebuah paragraf ke paragraf selanjutnya, butuh latihan khusus dan berkala seperti memperbanyak bendahara kosakata dan istilah yang mudah dimengerti oleh para netizen.

Untuk menjadi sebuah tulisan yang berbobot dan bisa berguna bagi para pembacanya harus membutuhkan keselarasan antar kata dan paragraf. Bagi calon blogger seperti saya memang tidak mudah mengelola sebuah blog yang konsisten menulis dan mempunyai nilai tersendiri bagi blog pribadinya.

Mengapa ingin menjadi seorang blogger?

Sebelum naik ke tahapan selanjutnya yaitu seorang blogger, aku
memilih menjadi seorang calon blogger seperti yang sudah aku jelaskan sebelumnya. Aku ingin mencoba hal baru dan memutuskan ingin menjadi seorang blogger.

Memang belum sepenuhnya menjadi blogger, karena di kehidupan sehari-hari aku merupakan pekerja swasta yang terkadang sulit membagi waktu untuk membuat sebuah tulisan. Karena menurutku seorang blogger yang baik adalah yang selalu membuat tulisan yang konsisten dan menjadi content creator yang berkualitas dengan hasil tulisannya.

Tulisan yang bisa bermanfaat bagi para pembacanya. dan tentunya mencoba peruntungan untuk mengikuti beberapa kompetisi blog yang sering diadakan dengan hadiah yang lumayan.

Yap, hal ini merupakan tantangan baru, meskipun sangat kecil kemungkinan bagiku untuk memenangkan sebuah kompetisi blog, Da aku mah apa atuh, hanya seorang calon blogger yang belum mempunyai banyak relasi di dunia blogger akan tetapi mempunyai ambisi untuk mendapatkan penghasilan dari sebuah blog.

What? penghasilan? jangan ngimpi bro, kamu itu cuma seorang newbie di dunia blogger, ga akan mungkin bisa menangin sebuah kompetisi, ambisimu jangan terlalu tinggi bro, ( tiba2 ada bisikan dari diriku sendiri tentang keinginanku yang muluk ini, hahaha!).

Penghasilan dari blog memang tidak mungkin, tapi tujuan itu mungkin bisa dipikirkan lagi nanti, menjadi seorang calon blogger aja udah bikin pusing. step by step dulu deh. hehehe!

Untuk seorang calon blogger, memperbanyak artikel mungkin adalah tahap pertama yang harus dilalui, karena pembaca akan datang sendirinya ketika menemukan sebuah tulisan yang berbobot di blog. Konten yang dibuat harus mempunyai nilai tersendiri agar bisa meleka di hati para pembaca.

Di awal tahun 2019 ini aku memutuskan untuk serius dalam membuat tulisan, dan tentunya ingin membangun karakter blogku yang baru berumur 1 bulan ini.

Apakah aku tersesat? pilihan menjadi seorang freelance dengan menjadi blogger sudah kupikir matang-matang, didorong oleh seorang temanku yang juga blogger kondang di tahun 2018, sebut saja Jones. (Mungkin temanku ini membaca, hai bro ini aku susah payah bikin paragraf demi paragraf, semua gara-gara kemupenganku dengan keberhasilanmu sebagai seorang blogger, hahaha!) Dia selalu memotivasiku dalam urusan blog, apapun hasilnya yang penting dimulai untuk membuat sebuah blog.

Siapa tahu aku bisa menjadi blogger beneran, bukan hanya sekedar calon blogger. Yak mulai sekarang calon blogger newbie ini akan membagi waktu antara rutinitas sehari-hari menjadi kuli swasta dan menjadi seorang calon blogger. Ketok Palu!

Tahapan menjadi blogger sejati

Masalah yang sering dihadapi seorang Calon Blogger

Menjadi seorang calon blogger memang tidak mudah, banyak pemikiran yang tiba-tiba datang menghantui ke dalam pemikiran seorang blogger yang baru terjun ke dunia blog. Sesuai pengalaman pribadi, aku merangkum sedikit permasalahan baik lahir maupun bathin yang sering dihadapi.

  • Ide sebuah tulisan

Di tahap newbie, seorang calon blogger seperti aku sering mengalami kebuntuan ide untuk membuat sebuah topik/konten. Ketika sudah mengumpulkan niat bahwa “Hari ini aku harus nulis dan posting!!”. Tapi realitanya setelah di depan laptop dan menulis akan menjadi buntu dan buyar, bingung apa yang mau ditulis dan bagaimana memulainya.

Apalagi kalau sudah mantengin youtube dengan playlist favoritku yaitu dangdut koplo. Ya sedikit demi sedikit aku akan belajar untuk menghilangkan sebuah kebuntuan ide. Karena masalah sepele ini mau gak mau harus diatasi secepatnya. Hai ide datanglah!!

  • Merangkai sebuah kerangka dan keselarasan paragraf

Memilih milih kata dan istilah untuk digunakan dalam sebuah tulisan juga harus selalu diperhatikan. Terkadang dari paragraf awal ke paragraf selanjutnya tidak selaras, bisa jadi karena mungkin nilai pelajaran bahasa Indonesiaku tidak terlalu bagus,hehehe.

Aku dalam menulis sebuah tulisan selalu langsung dan tanpa membuat kerangka terlebih dahulu, karena dengan menulis langsung bisa menghemat waktu . Entah apakah tahap ini benar atau tidak. Aku bingung harus sharing dengan siapa. Aku hanya bertumpu pada forum dan group blogger di Facebook. Ada yang bisa ngasih saran? please message yah, saranmu begitu berarti bagi kemajuan blogku ini, hehehe.

  • Membuat materi foto yang cocok

Di dalam sebuah tulisan, akan lebih menarik jika dilengkapi dengan beberapa gambar/video/infografis dan sebagainya. Untuk membuat gambar yang relevan dengan tulisan, aku mengandalkan foto pribadi yang memang gak begitu banyak koleksi fotoku.

Dengan sedikit sentuhan CorelDraw, aku biasanya mengedit tulisan dan infografis yang disambung-sambungkan agar sesuai dengan tema tulisan, meskipun foto tidak cocok dengan tema, hahaha. Gak masalah, namanya juga belajar. Nanti juga bakal bener sendiri. Amin.

  • Kaidah penulisan yang benar

Penulisan yang sesuai dengan kaidah memang harus mengingat-ingat pelajaran Bahasa Indonesia saat sekolah dahulu, otak ini sudah terlalu malas untuk mengingat pelajaran itu. Jalan keluar satu-satunya dengan sering membaca blog lain sebagai referensi penulisan yang baik dan benar.

Hal ini memang terlihat sepele, akan tetapi sangat penting dalam sebuah aturan penulisan. Sehingga harus sempurna dan sesuai dengan kaidah penulisan yang benar. Memang sulit, tapi lambat laun aku harus menghadapi masalah ini dengan baik. Masih butuh partner untuk sekedar diskusi di dunia blogging. Silakan kirim lamaran dan CV kalian, hahaha.

  • Relasi di dunia blog yang belum banyak

Relasi merupakan sebuah hal penting yang harus ada dalam memulai dunia blog, aku menyadarinya ketika ingin sharing tentang semua masalah standar yang sepele tetapi sangat penting dan belum begitu mudah untuk dihadapi sendirian.

Saat ini aku belum banyak mempunyai relasi di dunia blog. Mungkin sebuah keharusan untuk mengikuti komunitas blogger, tapi aku belum tau mana aja komunitasnya. Mudah-mudahan kedepannya aku bisa menjalin silaturahmi dengan semua blogger di Indonesia. Karena seorang calon blogger ini butuh bimbingan. Aku hanya sebuah kerikil di tengah blumbang (kolam.red) untuk sekarang ini. hehehe! kuy lah follow2an Instagram.

  • Blogwalking tanpa respon

Setelah membaca berbagai forum, blogwalking adalah ritual wajib bagi para blogger untuk branding blog dan meningkatkan traffic. Tapi sebagai seorang calon blogger yang baru awal di dunia blogging, belum banyak relasi dan kenalan. Meskipun aku rajin komentar relevan di tulisan blogger lainnya, sedih banget jarang mendapat kunjungan balik.

Entah kenapa hal ini bisa terjadi, mungkin perlunya riset khusus untuk meneliti ini semua. Sedih tau akutu klo komentar tapi ga ada yang kunjung balik. Ingin rasanya pensiun aja jadi calon blogger ( belum jadi blogger, malah mau pensiun, cemen lo bro!!hahaha).

Biasanya aku positif thinking aja, mungkin tulisanku belum berkualitas, atau mungkin komentarku keselip. Karena segala sesuatu jika dihadapi dengan positif maka Insya Allah kedepannya akan selalu positif. Amin.

  • Konsistensi dalam menulis

Konsisten dalam membuat sebuah tulisan harus dilatih semenjak sekarang, mumpung blogku ini baru 5 postingan. Entah mau dibawa kemana dan akan menulis dengan spesifik tema apa dalam blogku ini. Bisa juga terjadi blog gado-gado untuk kedepannya.

Semua tergantung skillku. Bisa jadi skillku dalam menulis akan meningkat jika selalu rajin menulis. Tapi bisa juga skill menulisku jadi menurun kalo cuma malas terus jika akan menulis.

Entahlah lihat kedepannya saja ya, Mau dibawa kemana blogku ini. Tapi sebisa mungkin aku akan posting dan menulis minimal seminggu 1 kali untuk memperbanyak portfolio tulisan. Amin.

Menghadapi semua masalah seorang calon blogger

Semua masalah yang muncul begitu saja saat menulis memang menjadi sebuah hambatan, tapi hambatan itu bisa menjadi sebuah investasi yang tak terlihat di kemudian hari jika aku bisa menghadapi itu semua dengan lancar.

Semoga kedepannya akan menjadi sebuah pengalaman dalam memasuki dunia blog yang tergolong masih sangat fresh dan baru bagiku. Dengan mengambil jalan menuju seorang blogger semua akan dipelajari dengan benar dari berbagai aspek dan sudut pandang.

Tergantung kita menyikapi masalah tersebut. Semoga kelak semua masalah yang disebutkan tadi gak akan muncul lagi di keseharianku menjadi seorang calon blogger.

Masalah seorang calon blogger

Tersesat di Jalan yang Benar

Tersesat di Jalan yang Benar? ungkapan ekspresi dari lubuk hati yang paling dalam yang tercetus ketika aku memilih menjadi seorang calon blogger. Mulai sekarang aku akan berkecimpung di dunia blogger, pilihan jalanku ini bisa dibilang tersesat, karena merupakan hal yang sangat baru dalam kehidupanku untuk menjadi seorang content creator, tidak ada skill basic yang mendukungku untuk menjadi seorang blogger.

Akan tetapi sesuai dengan motivasi temanku yang bernama Jones yang pernah mengatakan “2019 itu tahunnya blogger, kowe kudu mulai jadi blogger lek!” , kata-kata itu yang membuatku memutuskan melebarkan sayap untuk menjadi sebuah calon blogger.

Motivasi itu menjadi salah satu alasan menjadi seorang calon blogger yang bertransformasi nantinya menjadi seorang blogger, dengan membuat tulisan yang bisa memberikan manfaat untuk para pembacaku menjadi tujuanku dalam menjalani sebagai seorang calon blogger.

Keseharianku sudah sangat nyaman tapi juga kadang jenuh, dengan bekerja di perusahaan swasta yang mendapat penghasilan segitu-gitu aja. Sehingga untuk kedepannya aku akan berpijak di dunia blogging, memang sangat membutuhkan dukungan moral dan peningkatan skill menulis untuk melewati ini semua. Tapi semua itu akan kuhadapi.

Sehingga “Tersesat di Jalan yang Benar” ungkapan yang mungkin cocok untuk menjalani duniaku sebagai seorang calon blogger yang belum menjadi sepenuhnya blogger, karena masih membutuhkan banyak kemampuan yang bisa dibilang belum aku miliki untuk disejajarkan dengan seorang blogger yang sudah berpengalaman di dunia blogging. Jalan yang benar ini semoga tepat sesuai pilihanku tersebut.

Harapan di tahun 2019

Tahun 2019 ini aku resmi menobatkan diri untuk menjelajahi dunia blogging, Dengan pilihanku ini diharapkan bisa menghasilkan beberapa hal positif bagiku dan bagi para pembacaku, seorang calon blogger ini masih membutuhkan bimbingan kedepannya. Suatu saat nanti aku berharap blogku akan menjadi sumber penghasilan sampingan dengan menghadirkan beberapa tulisan yang bisa bermanfaat dan bisa menginspirasi para pembaca.

Tulisan yang konsisten akan selalu dihadirkan setiap minggunya, semoga nantinya semua tulisanku mempunyai kualitas dan bisa bermanfaat, dari tulisan yang konsisten maka kedepannya Insya Allah akan lebih lancar dalam memasuki dunia blog yang sangat baru bagiku, bukan hanya memperbanyak kosakata dan wawasan yang terbuka bagi para pembaca, akan tetapi bisa menjadi ajang bertukar pikiran yang cerdas dan sesuai dengan logika.

Disamping itu aku sangat terbuka bagi para pembaca yang ingin menyampaikan kritik dan saran, karena dari itu semua aku bisa meningkatkan kulitas pijakanku dalam memulai dunia blogging ini. Dengan silaturahmi aku berharap juga bisa memberikan banyak relasi agar mempererat persaudaraan di dunia blog. Harapanku di 2019 tidak muluk muluk, bisa upgrade dari seorang calon blogger menjadi seorang blogger sudah cukup membuatku setahap lebih maju di dunia yang baru ini.

Akhir kata, sukses terus untuk dunia blog Indonesia, jadilah kontributor yang bisa menjadi inspirasi bagi setiap orang, karena dengan memberikan inspirasi kepada setiap orang, itu akan menjadi bekal kelak untuk menunjukan jalan yang benar meskipun dalam keadaan tersesat. #

Salam dari seorang calon blogger

Aldhi Fajar Maudhi

Tulisan ini untuk diikutsertakan dalam Kompetisi Blog Nodi
#NarablogEraDigital #KompetisiBlogNodi