Apakah Aman Beli Mobil Bekas Banjir?

0
110

Banyak orang yang lebih memilih untuk membeli mobil bekas dibanding mobil baru karena berbagai macam faktor. Salah satunya adalah faktor harga. Jika Anda ingin beli mobil bekas sebaiknya berhati-hati terutama jika mobil tersebut bekas banjir.

Mobil bekas banjir memang memiliki harga yang sangat murah dibandingkan dengan mobil bekas biasa. Namun Anda perlu tahu mengenai kekurangan yang dimiliki oleh mobil bekas banjir.

beli mobil bekas
Amankah membeli mobil bekas banjir?

Hati-hati Beli Mobil Bekas Banjir

Bencana alam yang sering melanda Indonesia, meningkatkan penjualan mobil bekas banjir. Harganya juga sangat murah sehingga membuat banyak orang merasa tertarik untuk memilih mobil seperti ini.

Ada ciri-ciri mobil bekas banjir yang bisa dikenali dengan mudah. Ketahui ciri-cirinya, agar Anda tidak menyesal ketika membeli mobil bekas tersebut:

1. Bau Tidak Sedap

Mobil yang terendam banjir, seringkali mengeluarkan bau tidak sedap akibat terlalu lama terendam air. Hanya dengan membuka mobil, Anda sudah bisa mencium aromanya. Meskipun seringkali ditutupi dengan parfum, akan tetapi aroma mobil bekas banjir akan tetap sangat terasa tidak nyaman.

2. Terdapat Endapan Lumpur

Kotoran akibat terjangan banjir pada mobil seringkali sangat sulit untuk dibersihkan. Meskipun sudah dibersihkan, terkadang Anda bisa dengan mudah menemukan bekas endapan lumpur di berbagai sudut misalnya saja seperti radiator, kisi-kisi AC, dan berbagai macam sudut lainnya. Sebelum membeli pastikan mengecek semuanya.

3. Berkarat

Tanda mobil bekas banjir selanjutnya adalah terdapat karat di banyak tempat, baik itu di bagian eksterior maupun di bagian interior. Semakin parah kondisi karet yang muncul pada mobil, biasanya mempengaruhi kondisi mesin mobil tersebut. Anda perlu mempertimbangkan kembali ketika menemukan banyak karat pada mobil.

4. Mesin Rusak Parah

Kerusakan pada mesin bekas banjir tidak boleh disepelekan. Air banjir dapat menyebabkan kerusakan parah pada mesin sehingga membuat mobil tersebut tidak bisa menghasilkan tenaga prima.

Untuk memastikan Apakah mobil tersebut mengalami kerusakan pada mesin, Anda harus menyalakan mobil tersebut kemudian cek Apakah ada suara mengganggu dari nyala mesin.

5. Kerusakan Komponen Elektronik

Hal lain yang harus diwaspadai ketika ingin membeli mobil bekas banjir adalah adanya kerusakan pada komponen elektronik.
Komponen elektronik sangat mudah rusak jika terkena air. Beberapa komponen yang seringkali rusak karena bencana ini adalah seperti AC, lampu, writer, audio dan yang lainnya.

Tips Membeli Mobil Bekas Banjir

Beli mobil bekas tidak selalu menjadi keputusan yang keliru. Justru membeli mobil bekas adalah opsi yang menarik karena bisa menghemat lebih banyak uang. Akan tetapi Anda harus mengetahui bahwa mobil bekas banjir terkadang sangat tidak direkomendasikan.

Mungkin Anda bisa memilih mobil bekas biasa yang masih terawat. Hal ini karena mobil bekas yang terawat dan tidak pernah terkena bencana alam memiliki kondisi yang layak jalan.

Banyak orang yang merasa kecewa setelah membeli mobil bekas banjir meskipun harganya sangat murah. Anda mungkin saja bisa mendapatkan mobil dengan fitur lengkap, akan tetapi mesinnya sudah tidak sebagus yang diharapkan.

Mobil bekas banjir dengan kerusakan parah justru akan membuat Anda lebih banyak mengeluarkan uang untuk biaya perbaikan. Agar tidak memiliki pengalaman buruk dalam membeli mobil bekas banjir, cobalah untuk mengikuti tips berikut ini:

1. Cek Catatan Service

Selain memeriksa komponen mobil, hal penting yang juga harus dilakukan sebelum membeli mobil bekas adalah melihat pada kelengkapan catatan service. Pastikan jika mobil tersebut cukup terawat sehingga nantinya Anda tetap bisa mengendarai mobil dengan nyaman.

2. Cek Harga

Harga mobil yang sangat murah memang sangat menarik. Namun jika Anda menemukan mobil yang sangat amat murah maka sebaiknya perlu untuk berhati-hati. Mobil dengan kerusakan parah seringkali dijual dengan harga yang sangat murah agar cepat laku.

Cobalah untuk tetap mempertimbangkan harga, lalu membandingkannya. Meskipun Anda mendapatkan harga mobil yang sedikit lebih mahal, akan tetapi jika kondisinya jauh lebih bagus maka ini bisa menjadi pilihan terbaik.

3. Test Drive

Sebelum memutuskan membeli mobil tersebut, ada juga sebaiknya melakukan test drive terlebih dahulu. Cara ini sangat efektif untuk membantu Anda mengetahui kondisi mobil. Jika ternyata agen atau penjual menolak melakukan test drive, carilah tempat lain untuk mencari mobil bekas.

4. Kelengkapan Dokumen

Jika Anda sudah merasa tertarik dengan mobil tersebut baik dari interior, kondisi mesin, dan lain sebagainya. Anda selanjutnya juga harus memeriksa kelengkapan dokumen.

Periksalah surat-surat penting dari mobil tersebut mulai dari STNK, BPKB dan juga faktur. Lihat nomor rangka dan nomor mesin Apakah ada kecocokan atau tidak. Jangan sampai ternyata surat-surat tersebut merupakan surat aktif yang justru membuat Anda merasa ditipu.

Beli Mobil Bekas Bersama Maybank finance

Bagi yang tertarik untuk beli mobil bekas namun belum memiliki budget yang cukup, kini ada solusi menarik. Anda bisa memanfaatkan Maybank finance untuk pembiayaan kredit mobil Anda.

Ada banyak fitur menarik yang disediakan oleh Maybank finance di antaranya seperti pembiayaan untuk mobil baru, mobil bekas, pembiayaan multiguna, alat berat, fleet, dan lain sebagainya.

Dengan memanfaatkan Maybank Finance, impian Anda untuk segera memiliki mobil baru maupun mobil bekas akan segera terwujud. Cara untuk mendapatkan kemudahan pembiayaan bisa dimulai dengan membuka website resmi Maybank finance.

Beli mobil bekas maupun mobil baru terasa semakin mudah jika Anda bergabung dengan Maybank finance sekarang juga.

Sekarang Anda sudah mengetahui jika ternyata beli mobil bekas banjir bisa saja cukup menarik karena harganya sangat murah. Namun, Anda harus berhati-hati karena banyak dari mobil bekas banjir yang kondisinya sudah tidak layak jalan. Jika ingin beli mobil bekas, pastikan teliti dalam mengecek kondisi mobil. Selain itu, jangan ragu untuk memanfaatkan Maybank finance untuk pembiayaan pembelian mobil Anda.

5/5 - (1 vote)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here