Gini Loh, Cara Jualan Emas Online Untuk Pemula

2
134

Emas jadi salah satu alat yang dapat dibeli untuk investasi apalagi secara online. Saat ini pun sudah banyak penyedia jasa yang melayani investasi emas yang terpercaya yang dapat kamu pilih sebagai usaha jualan emas online. Salah satunya adalah Mitra Bukalapak.

Banyak alasan mengapa emas diminati sebagai barang investasi, seperti harga yang stabil dan mudah dijual kembali. Jika kamu hendak memulai usaha jualan emas, ada banyak hal yang perlu kamu perhatikan mulai dari jenis emas yang bisa dijadikan investasi dan tips menjual emas.

jualan emas online
Cara jualan emas online

Jenis Investasi Emas

1. Emas Perhiasan

Emas perhiasan adalah salah satu emas yang paling mudah kamu temukan di pasaran, tidak hanya dijual di pusat perbelanjaan, bahkan kamu bisa menemukannya di pasar tradisional. Ada banyak model yang bisa kamu pilih seperti kalung, cincin, gelang, dan anting.

2. Emas Batangan

Banyak penyedia jasa investasi emas menawarkan melakukan investasi emas batangan. Bahkan saat ini sudah banyak orang yang membeli emas batangan ini karena relatif mudah diperjualbelikan.

3. Koin Emas

Ternyata koin emas bisa dijadikan investasi karena nilainya yang stabil terhadap inflasi. Nilai koin emas juga mengikuti harga mata uang asing dan tanpa potongan biaya lagi. Nah, jika kamu akan bepergian keluar negeri biasanya investasi koin emas ini jadi salah satu yang dipilih.

4. Sertifikat Emas

Kalau kamu enggan menyimpan emas dalam bentuk fisik, maka kamu bisa coba memilih investasi dengan sertifikat emas. Tentunya jenis ini banyak disukai karena praktis dan bisa dijual dengan harga yang tinggi melalui bank.

Tips Jual Emas Online

Setelah mengetahui beberapa jenis emas yang bisa dijadikan investasi tidak akan membuat kamu langsung mudah menjual emas. Soal menjual emas, memang tidak sembarangan dan butuh strategi yang tepat supaya nilai investasi kamu maksimal.

tips jualan emas secara online
Tips jualan emas online

Supaya tidak salah langkah, kamu perlu mengetahui apa saja tips jualan emas yang gak bakal bikin kamu rugi.

1. Ketahui Informasi dan Seluk Beluk Soal Emas

Dalam memulai jualan, apalagi jual beli emas, kamu harus mengetahui lebih dahulu apa saja informasi yang berkaitan dengan emas. Sebelum memulai usaha, kamu perlu mencari tahu dulu apa saja langkah awal untuk memulai usaha, informasi tentang keaslian emas, jenis emas, kualitas emas, dan informasi lainnya yang terkait dengan emas sebelum kamu benar-benar terjun langsung menjual emas ini.

2. Menyediakan Modal

Jika kamu adalah seseorang yang memulai usaha dengan modal minim, maka tidak masalah jika kamu ingin mengeluarkan modal yang lebih kecil dulu. Tentunya ini akan berguna bagi kamu juga untuk meminimalisir risiko. Jika usahamu sudah berkembang, dengan seiring berjalannya waktu maka kamu bisa memutar kembali hasil keuntungan dari penjualan emas menjadi stok baru.

Tentunya lama kelamaan keuntungan kamu akan semakin membesar seperti bola salju. Untuk jualan emas online minimal modal yang bisa kamu keluarkan adalah 10 gram emas. Namun bukan berarti kamu harus membeli emas dengan ukuran 10 gram, kamu bisa memecahnya menjadi kepingan 0,5 gram, 1 gram, hingga 2 gram. Dengan berat emas yang kecil, maka kamu bisa mudah mendapatkan konsumen dari kalangan ekonomi menengah.

3. Mencari Tahu Agen Emas Terpercaya

Sebenarnya ada banyak sekali tempat membeli emas, namun kamu bisa memilih agen emas yang terpercaya seperti butik antam, butik logam mulia, dan butik emas lainnya yang ada di sekitar rumah kamu.

Di agen, biasanya kamu bisa mendapatkan harga yang lebih miring dibandingkan tempat lain. Sehingga jika kamu menjual emas, maka kamu dapat dengan mudah mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

4. Mulai Membuat Pemetaan Konsumen

Setelah membeli emas dari modal yang kamu miliki, kamu bisa mulai menargetkan siapa konsumen atau target market dari toko kamu. Target market ini bisa kamu kategorikan menjadi beberapa hal seperti umur, lokasi, pendapatan, pendidikan, hobi, bahkan sampai tempat tinggal.

Sebagai contoh, jika target pasar kamu adalah ibu rumah tangga maka kamu bisa mulai menganalisis strategi marketing apa yang tepat untuk menarik ibu rumah tangga membeli emas di toko online kamu.

5. Lakukan Riset Kompetitor

Jika target pasar sudah kamu tentukan, maka kamu bisa mulai mencari tahu siapa saja sih saingan kamu di target pasar tersebut. Dengan mengetahui siapa saja kompetitor kamu, maka kamu bisa mencari tahu apa saja yang dilakukan oleh mereka. Kamu bahkan bisa juga melakukan strategi serupa yang kamu modif sedemikian rupa supaya jadi ‘versi kamu’.

6. Menentukan Platform Penjualan

Sebagai penjual yang memulai bisnis baru, kamu perlu mengetahui di mana lokasi yang tepat untuk menjual emas kamu. Di era modern saat ini, kamu bisa melakukan penjualan emas melalui platform digital seperti Mitra Bukalapak. Kamu hanya perlu mengisi data yang dibutuhkan dan mulai berjualan di platform tersebut.

7. Melakukan Promosi

Berjualan tanpa promosi jadi salah satu hal yang tidak mungkin tidak dilakukan. Promosi sendiri perlu dilakukan supaya pelanggan lebih percaya pada produk yang kamu tawarkan. Apalagi jika kamu jualan emas online yang membuat pembeli tidak bisa melihat fisik emasnya secara langsung.

Maka dengan membuat promosi, kamu akan meningkatkan kredibilitas di diri kamu dan toko online kamu supaya mereka lebih percaya. Kamu bisa mulai dengan membuat halaman facebook khusus, akun Instagram, google bisnis, dan yang paling terbaru adalah promosi di Tik Tok. Tentunya jangan lupa disesuaikan dengan target pasar kamu, ya!

Nah, itulah beberapa tips jualan emas online yang bisa kamu ketahui dan praktekkan saat akan memulai bisnis. Semoga bisnis kamu berjalan lancar!

5/5 - (1 vote)

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here