Tips Memilih VPS dan Berbagai Keuntungannya

0
47

Tips memilih VPS seharusnya kita ketahui terlebih dahulu ketika website dan blog pribadi kita harus migrasi dari shared hosting yang umum digunakan. Ada banyak faktor dan pertimbangan yang dipikirkan sebelum kita memilih VPS mana yang cocok dan sesuai dengan rencana kita ke depan.

VPS merupakan singkatan dari Virtual Private Server yaitu sebuah virtual server yang disediakan penyedia layanan hosting yang memiliki performa dan kecepatan lebih baik daripada shared hosting yang umum digunakan untuk website yang kita miliki.

Mungkin bagi sebagian pengguna jasa layanan hosting dan domain murah, lebih familiar dengan menggunakan shared hosting atau lebih sering kita kenal layanan hosting yang berbagi tempat dengan pengguna lainnya. Biasanya bagi para pemilik website yang masih memiliki traffic yang kecil merupakan hal yang wajar jika memilih shared hosting.

Seiring berjalannya waktu, website yang kita miliki baik dengan jenis blog, toko online dan lain sebagainya akan bertambah pengunjungnya. Dengan menggunakan VPS, limit bandwidth yang digunakan akan lebih lega, selain itu web server yang digunakan hanya kita gunakan untuk website yang kita miliki saja tanpa harus sharing dengan pengguna lain dalam sebuah layanan hosting.

tips memilih VPS
Tips memilih VPS dan Keuntungannya

Tips Memilih VPS yang Wajib Dilakukan

Pemilihan VPS tentu didasarkan pada kebutuhan sebuah website dalam faktor performa ketika mengaksesnya. Sebelum kalian memilih paket VPS Indonesia mana yang akan dipilih, kalian harus mengetahui tips memilih VPS yang wajib dilakukan agar tidak salah pilih.

Berikut ini adalah tips dan saran memilih VPS yang harus diketahui agar kalian tidak salah memilih layanan VPS di penyedia hosting favorit kalian. Di antaranya adalah:

Penggunaan Bandwidth yang Dibutuhkan

Bandwidth dalam sebuah website merupakan batas maksimal besar transfer yang dapat dilakukan pada satu waktu ketika proses pengumpulan dan pertukaran data pada sebuah web server. Ketika website yang kalian miliki memiliki traffic yang sangat tinggi, maka besarnya bandwidth sangat berpengaruh terhadap kinerja dan performa website.

Oleh karena itu, jika kalian memilih VPS, maka bandwidth yang disediakan akan lebih lega, karena akan bisa dioptimalkan dengan cara kalian sendiri dalam sebuah server VPS. Selain itu jika sudah melebihi batas maksimal bandwidth maka VPS tidak akan membebankan biaya tambahan bandwidth lagi seperti shared hosting.

Tujuan Menggunakan VPS

Selain faktor kapasitas pengunjung harian, hal lain yang harus diperhatikan adalah tujuan menggunakan VPS yang kalian pilih sebelumnya. Selain digunakan untuk web server, kalian juga bisa menggunakan VPS sebagai media penyimpanan data secara online. Hal ini sangat menguntungkan jika kalian memiliki website yang membutuhkan sharing data dan menyediakan layanan download.

File yang disimpan di VPS akan lebih aman dan mudah untuk diakses oleh para pengguna lainnya saat berkunjung ke website yang kalian miliki. Dengan menentukan tujuan sebelumnya, maka jika setelah memilih paket VPS harus disesuaikan dengan kebutuhan yang menyangkut performa dan kinerja saat pengaksesan data yang berada dalam server VPS.

Memperhatikan Spesifikasi Sistem Operasi, RAM dan CPU

Dalam sebuah server VPS, kita akan memiliki hak akses penuh terhadap server yang digunakan. Karena hak akses hanya kita yang memegangnya tanpa harus berbagi dengan pengguna hosting lainnya.

Spesifikasi RAM dan CPU sangat berpengaruh terhadap performa VPS yang kita pilih. Sebagian besar VPS berjalan pada ram minimal 4 GB. Dengan menggunakan kapasitas RAM dan CPU yang baik maka website akan lebih cepat diakses.

Selain itu penggunaan sistem operasi juga bisa bebas kita pilih, biasanya penyedia hosting menawarkan sistem operasi linux atau Windows. Hal ini kalian bisa pilih sesuai dengan tujuan penggunaan memilih server VPS sebagai hosting untuk website yang kalian miliki.

Budget dan Anggaran

Dalam memilih VPS, hal yang paling utama harus dipertimbangkan adalah budget dan anggaran. Anggaplah kalian berinvestasi untuk menggunakan VPS sebagai modal awal dalam menjalankan monetisasi website pribadi maupun toko online.

Dengan memiliki rencana biaya dan anggaran sebelumnya maka ini akan mempermudah kalian dalam mengelola sebuah toko online atau website. Beban biaya yang digunakan untuk menyewa server VPS harus diperhitungkan dan usahakan akan balik modal ketika kailan mengoptimasi pendapatan website toko online maupun blog pribadi yang dimiliki.

Keuntungan Menggunakan VPS

Setelah mengetahui tips memilih VPS di atas, tentu ada beberapa keuntungan jika kita memilih VPS. Berikut ini adalah beberapa keuntungan jika kalian memilih VPS untuk digunakan sebagai web server untuk blog yang dimiliki. Di antaranya adalah:

Resources Lebih Maksimal

Dengan menggunakan VPS, tentunya spesifikasi RAM,CPU dan bandwidth akan digunakan oleh sendiri tanpa harus sharing dengan pengguna lain. Dengan demikian performa dan kinerja pengambilan data akan lebih optimal.

Data Akan Sangat Aman

Dalam sebuah server VPS, kalian akan menggunakan sepenuhnya dalam hal penyimpanan dan pengaksesan data dan file digital yang dimiliki. Pengguna VPS yang lainnya tidak akan bisa mengakses data yang dimiliki karena tidak memiliki hak akses yang lebih. Oleh karena itu keamanan data akan sangat terjamin dalam server VPS.

Upgrade Lebih Mudah

Dalam sebuah server VPS, resource yang dibutuhkan mungkin akan meningkat seiring berjalannya waktu. Dengan kata lain website yang kalian kelola akan membutuhkan bandwidth yang lebih luas. Dengan menggunakan VPS, kalian bisa dengan mudah meningkatkan skala CPU, bandwidth, ruang penyimpanan, seiring berkembanganya kebutuhan resource.

Performa yang Mumpuni

Sumber daya yang digunakan dalam VPS adalah untuk sendiri. Dengan kata lain performa server akan berjalan dengan baik. Performa server yang baik akan menentukan perkembangan website yang kalian miliki dalam sebuah server VPS.

Kesimpulan

Setelah mengetahui beberapa tips memilih VPS dan berbagai keuntungannya, tentu kalian sudah memiliki pandangan paket VPS mana yang akan dipilih untuk website yang kalian miliki. Pada intinya jika kalian menggunakan VPS, maka performa dan kinerja sebuah website akan lebih optimal tanpa harus dipengaruhi oleh pengguna lainnya.

Silakan pilih penyedia layanan VPS yang menawarkan berbagai paket VPS sesuai dengan anggaran dan tujuan menggunakan VPS yang telah kalian tentukan sebelumnya. Semoga artikel ini bermanfaat, dan sampai jumpa lagi di artikel berikutnya ya.

Rate this post

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here