Lindungi dan Amankan Rumah Anda Pada saat Berpergian Dengan Cara ini

0
37

Jika anda dalam waktu dekat akan meninggalkan rumah anda tanpa penghuni untuk waktu yang cukup lama hingga berhari-hari atau bahkan berminggu minggu. Maka tentunya pasti ada rasa khawatir akan keamanan rumah anda tersebut. Hal tersebut sangatlah wajar karena dengan meninggalkan rumah anda menjadi kosong tak berpenghuni, tidak ada orang yang bisa mengawasi rumah tersebut jika sewaktu-waktu ada kejadian yang genting atau membutuhkan pengawasan orang.

Ada banyak hal yang bisa anda lakukan untuk melindungi rumah anda. Banyak hal selain yang berhubungan dengan keamanan, tetapi juga hal-hal lain yang membahayakan seperti misalnya korsleting listrik ataupun kebakaran. Maka dari itu tak jarang banyak juga orang yang melengkapi rumah mereka dengan asuransi kebakaran sebagai sebuah cara untuk memberikan rasa tenang dan nyaman saat meninggalkan rumah anda tersebut tanpa khawatir akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Amankan rumah
Cara mengamankan rumah

Cara Mengamankan Rumah Saat Ditinggal

Selain itu, ada juga banyak cara yang anda dapat lakukan untuk mengamankan dan melindungi rumah anda saat ditinggal untuk waktu lama, cara – cara tersebut antara lain adalah :

Kunci Semua Pintu dan Jendela

Hal ini tentunya sangat penting karena dengan mengunci semua jenis pintu ataupun jendela yang ada di rumah anda, berbagai pihak yang ingin masuk kerumah anda pun akan menjadi kesulitan karena dikunci dengan baik. Pilihlah kunci atau gembok yang memiliki kualitas bagus sehingga tidak mudah dibobol secara paksa oleh orang lain. Pagar depan rumah anda juga sebaiknya digembok atau bahkan dirantai agar kendaraan atau barang-barang yang berada di garasi tidak dapat diakses oleh sembarang orang

Cabut Semua Colokan Listrik dan Gas

Segala jenis colokan atau terminal listrik sebaiknya dimatikan agar nantinya saat anda tinggalkan rumah tersebut tidak akan terjadi berbagai kejadian merugikan seperti korsleting atau hubungan arus pendek yang dapat menyulut api yang bisa menjalar ke tempat lain. Jika anda ingin aman dan tidak repot, cukup matikan meteran listrik rumah anda.

Selanjutnya anda perlu juga mencabut tabung gas dan memastikan barang-barang yang menjadi sumber api seperti kompor sudah dimatikan sehingga anda tidak perlu khawatir akan terjadi musibah kebakaran ketika anda sedang jauh dari rumah. Jadi walaupun anda sudah menggunakan asuransi kebakaran rumah seperti Garda Home, akan tetapi tindakan pencegahan juga harus anda terus gencarkan.

Pasang CCTV

Untuk menambah keamanan ekstra serta agar bisa memantau kondisi rumah anda pada saat sedang bepergian, anda bisa memasang satu atau beberapa perangkat CCTV di rumah anda. Beberapa produk CCTV pun sekarang ada yang sudah mendukung fitur internet Wifi sehingga anda bisa koneksikan kamera CCTV tersebut dengan smartphone anda, jadinya nanti anda dapat terus memantau kondisi rumah meskipun saat itu anda sedang tidak ada ditempat tersebut.

Sembunyikan Barang Berharga dan Simpan Dengan Aman

Ada baiknya ketika anda ingin keluar rumah untuk beberapa waktu yang tidak sebentar untuk menaruh dan menyimpan berbagai jenis barang berharga di tempat – tempat yang aman. Hal ini berguna agar nantinya jika ada sesuatu hal seperti pencurian, barang-barang berharga tersebut tetap aman walaupun anda tidak dirumah.

Titipkan Rumah Pada Teman Atau Tetangga

Salah satu cara yang bisa anda lakukan agar rumah anda senantiasa aman adalah dengan menitipkan rumah tersebut pada teman atau tetangga sekitar rumah. Anda bisa meminta tolong mereka untuk cek kondisi rumah anda setiap jangka waktu tertentu dan memantau kondisi rumah tersebut secara berkala.

Hal ini pastinya akan memberikan rasa tenang di benak kita dan rumah tersebut lebih aman karena ada orang yang memantau rumah tersebut. Anda juga bisa meminta bantuan satpam atau sekuriti perumahan tempat anda tinggal untuk sesekali mengecek kondisi rumah anda sekaligus menitikan rumah tersebut untuk diawasi dan dijaga saat anda sedang tidak ada disana.

Begitulah beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk melindungi rumah anda jika ingin bepergian dalam waktu yang cukup lama, tentunya memang sebuah musibah tidak dapat kita ketahui, akan tetapi kita dapat melakukan berbagai tindakan preventif seperti contoh di atas untuk meminimalisir kemungkinan hal tersebut dapat terjadi. Jangan sampai anda merasa aman dan malah jadi lengah dengan meninggalkan rumah anda tanpa pengamanan apapun.

Rate this post

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here