Tips Mengatur Keuangan Bulanan Rumah Tangga

0
22
Tips Mengatur Keuangan Bulanan

Mengatur keuangan bulanan dalam sebuah rumah tangga memang sedikit susah-susah gampang. Pasalnya, banyak pengeluaran rutin yang harus kita penuhi untuk hidup sebulan kedepan. Contohnya adalah kuota internet, cek tagihan listrik, cek tagihan iuran dan lain sebagainya. Tak hanya untuk rumah tangga saja yang harus mengatur keuangan, akan tetapi bagi mahasiswa yang hidup merantau di kota orang harus pandai dalam mengatur keuangan bulanan.

Perencanaan keuangan dan Pengeluaran setiap keluarga dan pribadi jelas sangat berbeda. Untuk keluarga yang sudah memiliki anak dan tanggungan lainnya harus benar-benar mengelola keuangan dengan baik agar tidak akan terjadi “besar pasak daripada tiang”. Untuk mengatasi hal ini, kita harus mengetahui dasar akuntansi atau lebih singkat bisa disebut rekap pengeluaran.

Dalam menyusun rekap keuangan, tentu ada beberapa hal yang harus diperhitungkan dan selalu diperhatikan. Pengeluaran setiap keluarga pasti akan sangat berbeda, begitu pun pengeluaran pribadi. Nah untuk mengatasi hal ini, kita mesti memiliki kiat khusus atau tips mengatur keuangan bulanan bagi rumah tangga maupun untuk pribadi.

Mengatur Keuangan Bulanan Rumah Tangga
Tips mengatur keuangan bulanan

Cara Mengatur Keuangan

Gaya hidup yang seringkali mempengaruhi kita untuk keluar dari yang telah direncanakan sering terjadi di beberapa kondisi, hal ini memang menjadi sebuah hambatan yang harus ditanggulangi. Ada cara mengatur keuangan yang baik yang bisa dipraktekkan di kehidupan sehari-hari. Berikut saya akan menjelaskan satu per satu. mari kita simak.

Catat Perencanaan Keuangan Setiap Bulan

Pengeluaran rutin setiap bulan harus dimasukkan kedalam catatan rumah tangga, seperti tagihan listrik, internet, PDAM, dan lain sebagainya. KArena bersifat rutin, maka pengeluaran ini harus dimasukkan ke dalam rencana pengeluaran setiap bulan. Tujuannya adalah untuk mengetahui kebutuhan primer yang harus dikeluarkan dalam setiap bulannya. Oleh karena itu, Anda bisa selalu menyisihkan agar tidak terjadi tunggakan yang berkepanjangan.

Catat Pengeluaran Uang Setiap Hari

Hal ini adalah hal yang paling penting, untuk awal bagi kalian yang belum terbiasa mencatat bisa menggunakan bantuan aplikasi yang banyak tersedia di playstore maupun app store. Mencatat pengeluaran setiap hari berfungsi sebagai pengingat bahwa kita telah mengeluarkan untuk apa saja. Dengan selalu mencatat pengeluaran setiap harinya, maka keuangan pribadi maupun rumah tangga akan termonitor dengan jelas.

Sisihkan Untuk Biaya Lain Lain

Ketika Anda mendapatkan gaji bulanan, hal utama saat merencanakan pengeluaran bulanan adalah dengan menyisihkan untuk biaya lain lain. Biaya lain lain ini berfungsi juga sebagai biaya tak terduga. Saat ada kebutuhan mendadak dan sangat darurat, hal ini akan sangat bermanfaat. Cadangan urgensi menjadi sebuah hal wajib bagi setiap rumah tangga, karena musibah atau kebutuhan mendadak seperti sakit, ekcelakaan dan lain sebagainya berada di luar rencana pengeluaran bualanan kita.

Rutin Menabung dan Investasi

Jika telah rutin untuk membuat rencana keuangan dan mencatat pengeluaran setiap harinya, kita akan mendapatkan hasil sisa tabungan dalam sebulan. Nah, disarankan untuk selalu menabung untuk sisa pengeluaran setiap bulannya. Hal ini bertujuan untuk menyeimbangkan jika ada pengeluaran tak terduga. Anda bisa menabung di bank atau juga bisa dengan melakukan investasi seperti tanah, saham, reksadana, dan lain sebagainya.

Jauhi Gaya Hidup Mewah

Hal yang utama ketika Anda memiliki rejeki lebih adalah gaya hidup mewah. Apalagi jika pergaulan dan lingkungan sekitar menganut gaya hidup mewah. Hal ini akan berbahaya untuk Anda kedepannya. Jika Anda memiliki rejeki yang lebih, maka batasi untuk melakukan gaya hidup mewah. Cobalah untuk selalun hidup sederhana, karena dengan begitu pengeluaran maupun keuangan Anda akan terkontrol dengan baik.

Usahakan untuk Selalu Berbagi

Harta adalah titipan dari sang pencipta. Harta dunia ini tak akan ada artinya jika kita tidak berbagi dengan sesama. Anda harus mengingat saat berada di keadaan terpuruk. Jika Anda telah sukses dan memiliki banyak tabungan, usahakan untuk selalu berbgai kepada fakir miskin atau yang sedang membutuhkan. Berpikirlah bahwa kita juga pernah berada di posisi terbawah. Karena harta yang kalian miliki hanyalah titipan dari Allah SWT. Dan dari semua itu ada bagian untuk saudara kita yang sangat membutuhkan. Percayalah jika ktia sering berbagi, maka harta yang kita miliki akan selalu berkah.

Kesimpulan

Mengatur keuangan merupakan salah satu hal yang wajib Anda lakukan setiap bulan. Dengan memiliki perencanaan keuangan, maka kebutuhan yang rutin dan pengeluaran akan selalu terkontrol dengan baik. Beberapa tips yang telah dijelaskan di atas bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi masalah keuangan yang mungkin bisa terjadi setiap bulan. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here