7 Tips Menulis Personal Statement Beasiswa GKS

Photo of author

By Aldhi Fajar Maudhi

Mau daftar Global Korea Scholarship, tapi bingung cara bikin personal statement beasiswa GKS yang benar? 

Personal statement itu penting banget, lho. Salah satu jenis esai ini merupakan kesempatanmu untuk menunjukkan diri, prestasi, pencapaian, dan kenapa kamu layak mendapatkan beasiswa GKS. 

Yuk, simak tips-tips berikut agar personal statement kamu membuat penilai terkesan!

Tips menulis personal statement beasiswa GKS
Menulis personal beasiswa GKS

Tips Menulis Personal Statement Beasiswa GKS

1. Kenali Diri Sendiri

Sebelum mulai menulis, penting bagi kamu mengenal diri sendiri. 

Apa kelebihanmu, apa passionmu, dan kenapa kamu tertarik dengan bidang studi atau Korea Selatan. Hal ini akan menjadi dasar dari personal statementmu.

2. Ceritakan Pengalamanmu

Pengalaman pribadi itu unik dan bisa jadi pembeda. 

Ceritakan pengalamanmu, baik itu pengalaman akademik, organisasi, kerja sukarela, atau kegiatan ekstrakurikuler lainnya yang relevan dengan beasiswa yang kamu lamar.

3. Tunjukkan Prestasi

Jangan lupa sebutkan prestasimu, baik akademis maupun non-akademis. Hal ini menunjukkan bahwa kamu adalah kandidat yang berprestasi dan berpotensi.

4. Jelaskan Rencana Studi dan Kariermu

Jelaskan secara singkat rencana studi dan karirmu di masa depan. Penilai beasiswa GKS ingin tahu bagaimana kamu akan menggunakan kesempatan ini untuk pengembangan diri dan kontribusi bagi masyarakat.

Cukup jelaskan dalam satu atau dua kalimat saja. Penjelasan lebih lengkap tentang rencana studi dan karier bisa kamu jelaskan dalam study plan.

5. Jujur dan Autentik

Jangan coba untuk membesar-besarkan atau bahkan membuat-buat cerita. Penilai beasiswa biasanya bisa menangkap hal-hal yang tidak otentik.

Cukup ceritakan pengalamanmu apa adanya. Kamu bisa, kok, mengeksplor lebih banyak terkait pengalamanmu sendiri. Buat otentik dan personal, ya!

6. Perhatikan Bahasa dan Tata Tulis

Gunakan bahasa yang baik, benar, dan mudah dipahami. Pastikan personal statementmu bebas dari typo atau kesalahan gramatikal. Ini menunjukkan perhatianmu terhadap detail dan profesionalismemu.

7. Minta Feedback, kemudian Edit dan Revisi

Setelah selesai menulis, jangan ragu untuk meminta feedback dari teman, mentor, atau siapa pun yang kamu percayai. 

Mereka bisa memberi perspektif baru dan saran untuk memperbaiki personal statementmu.

Kemudian, berdasarkan feedback tersebut, jangan malas untuk mengedit dan merevisi personal statementmu. Proses ini penting agar personal statement kamu bisa jadi lebih sempurna.

Buat personal statement sebaik mungkin dan tunjukkan kepada penilai beasiswa bahwa kamu adalah kandidat yang tepat untuk beasiswa GKS. 

Kalau bingung mempersiapkan personal statement atau persyaratan lain beasiswa GKS, kamu bisa mengunjungi media sosial dan laman resmi Kobi Education.

Mereka menyediakan program mentoring beasiswa, proofreading dokumen, kursus IELTS, hingga berbagai informasi lengkap tentang beasiswa luar negeri. Yuk, raih impian kuliah ke luar negeri sekarang!

Semoga berhasil, ya!

5/5 - (1 vote)

Leave a Comment