Mengenal Beberapa Bagian dari Interior Mobil

Photo of author

By Aldhi Fajar Maudhi

Mobil terdiri dari beberapa bagian seperti mesin mobil, exterior mobil, dan interior mobil. Lalu apa saja bagian interior mobil? Bagian interior mobil merupakan salah satu komponen mobil yang memiliki fungsi menurut bagiannya masing-masing serta terdapat di dalam kabin mobil. Keutuhan sebuah mobil adalah ketika kita melihat dengan nyaman antara keserasian exterior mobil dan interior mobil.

Ketika kita membeli mobil bekas maupun baru, pasti bagian ini akan menjaudi pertimbangan pembeli. Karena interior mobil merupakan faktor yang menentukan kenyamanan dalam berkendara baik sebagai pengemudi maupun sebagai penumpang. Kenyamanan berkendara juga pastinya akan terasa ketika kita merawat interior mobil yang dilakukan rutin setiap hari.

Interior mobil disini tentunya memiliki fungsi yang dapat menambah keamanan berkendara. Tak hanya itu, modifikasi interior mobil juga bisa kita lakukan umtuk menambah estetika para pemiliki mobil sesuai dengan tren modifikasi yang sedang naik daun. Beberapa komunitas klub mobil juga bisa kita manfaatkan untuk sharing mengenai perawatan maupun modifikasi interior mobil.

bagian interior mobil yang wajib diketahui
Kenali beberapa bagian interior mobil

Jenis dan Bagian Interior Mobil

Adapun beberapa jenis dan bagian interior mobil yang harus kita ketahui agar lebih mudah untuk merawatnya, sehingga kabin mobil akan terasa lebih nyaman. Apa saja bagian dari interior mobil tersebut? Berikut ini adalah jenis interior mobil yang wajib dikatahui oleh para pecinta otomotif. Di antaranya adalah:

Dashboard Mobil

Bagian dasboard mobil merupakan bagian yang sangat vital, karena berisi panel panel yang mendukung sistem mesin mobil. Semua mesin mobil keluaran tahun 1900 ke atas sudah menggunakan sensor, sehingga jika terjadi kerusakan kita bisa mengetahuinya melalui dashboard mobil. Dashboard mobil terdiri dari panel AC, panel hazard, stri atau kemudi, speedometer, rpm meter, panel penunjuk bensin, dan lain sebagainya.

bagian interior Dashboard mobil dan panell indikator
Dashboard mobil dan penal indikator

AC (Air Conditioner)

Bagian dari kabin mobil lainnya adalah Air Conditioner atau AC. Mobil akan lebih terasa nyaman ketika kita menggunkan AC terutama pada cuaca yang sangat panas. Anda harus selalu membersihkan AC agar selalu tetap dingin dan berjalan sesuai dengan fungsinya yaitu mendinginkan kabin. Di sebagian unit mobil eropa, AC juga dikombinasikan dengan heater yang berfungsi sebagai pemanas kabin dan digunakan pada negara yang memiliki musim dingin.

Stir atau Kemudi

Stir dan kemudi juga merupakan bagian interior yang paling penting. Stir berfungsi untuk mengendalikan kendaraan dan berbelok. Pada umumnya stir mobil berada di bagian kanan untuk mobil di negara Indonesia. Kemudi mobil juga harus dirawat secara rutin karena mempengaruhi kenyamanan ketika berkendara. Anda harus sering mengecek power steering mobil agar bisa berjalan sesuai dengan fungsinya ketika menggunakan mobil.

Head Unit dan Audio

Head unit dan audio merupakan interior mobil yang wajib dimiliki oleh setiap kendaraan. Ketika kita dalam perjalanan jauh tentunya kita membuthukan hiburan seperti mendengarkan musik dan menonton video youtube. Head unit bisa memutar kaset, CD, maupun dengan menggunakan media penyimpanan seperti USB flash drive dan SD Card. Penambahan speaker dan audio juga perlu agar suara yang dihasilkan semakin nyaman didengar.

Bagian audio mobil
Audio dan head unit mobil

Jok Mobil

Jok mobil merupakan interior mobil yang harus dibuat senyaman mungkin. Saat ini sudah banyak tersedia jasa sarung jok maupun jok racing untuk modifikasi interior mobil. Selain berfungsi untuk kenyamanan ketika kita duduk, jok mobil juga memiliki desain khusus agar kita tidak cepat lelah ketika mengendarai mobil. Jok mobil merupakan interior mobil yang harus selalu dibersihkan karena sering bersentuhan langsung dengan kotoran seperti noda dari makanan atau minuman.

Karpet Mobil

Karpet mobil biasanya sudah ada bawaan dari masing-masing pabrikan mobil. Karpet mobil terbuat dari bahan karet yang dirancang khusus mengikuti lebar lantai mobil dan berfungsi untuk menahan kototran agar tidak langsung bersinggungan dengan lantai mobil. Karpet mobil harus selalu dicuci secara rutin agar mobil tetap bersih dan nyaman ketika digunakan.

Panel Indikator

Kemudian interior mobil yang memiliki peranan penting ketika menggunakan mobil adalah panel indikator. Panel indikator ini berfungsi untuk menunjukkan kondisi mobil ketika digunakan. Panel indikator terdiri dari panel speedometer untuk mengukur kecepatan, panel RPM untuk mengetahui putaran mesin, panel oli untuk mengecek oli mesin mobil, dan beberapa panel lampu seperti lampu utama dan lampu sein.

Nah, beberapa bagian interior mobil di atas merupakan bagian yang sangat penting dan harus selalu dirawat secara rutin dengan cara mencuci dan membersihkan debu yang menempel. Interior mobil harus selalu bersih agar semua bisa berfungso dengan baik sesuai bagiannya.

Mengetahui bagian dan jenis interior mobil merupakan sebuah kewajiban jika Anda ingin memiliki mobil yang nyaman dan membuat orang lain betah berrada di dalamnya. Jangan lupa untuk selalu membetulkan bagian yang sudah rusak agar tetap berfungsi normal sebagaimana mestinya. Setelah mengetahui seluk beluk interior mobil, Anda juga tetap harus merawat bagian mesin mobil dan beberapa komponen exterior yang dimiliki mobil.

Semoga artikel mengenai interior mobil ini bermanfaat dan silakan bagikan kepada teman, sahabat, dan keluarga jika mereka membutuhkan. Sampai jumpa di artikel otomotif berikutnya ya.

5/5 - (1 vote)

Leave a Comment