Tips Merakit Komputer untuk Pemula

4
226

Tips merakit komputer yang memiliki spesifikasi baik merupakan sebuah cara untuk mewujudkan impian memiliki komputer yang baik. Komputer merupakan barang vital bagi setiap orang yang kesehariannya menggunakan komputer. Seiring berkembang teknologi yang semakin canggih, kebutuhan komputer sangat membantu pekerjaan sehari-hari bahkan untuk mencari refreshing ketika otak mulai jenuh.

Komputer yang baik adalah komputer yang memiliki spesifikasi tinggi. Jika kita ingin membeli komputer dengan spesifikasi terbaik terkadang masih bingung ketika memilih aksesoris dan kebutuhan part komputer. Dengan hadirnya banyak emrek seperti asus, lenovo, acer, hp, dell dan axioo membuat kita harus mempertimbangkan memilih merek komputer yang paling bagus.

Memang dilihat dari segi kebutuhan, laptop bisa menjadi pilihan selain komputer. keuntungannya adalah bisa dibawa dengan aktivitas yang membutuhkan mobilitas. Di jaman sekarang, pekerjaan lapangan juga membutuhkan perangkat komputer yang mumpuni untuk membantu dengan baik. Akan tetapi baik komputer maupun laptop memiliki fungsi yang sama.

Bagi kalian yang masih belum mengerti tentang peripheral komputer tentunya sedikit sulit, karena spesifikasi komputer itu berbeda-beda mulai dari prosesor, VGA, RAM, power supply, hard disk, Solid state drive (SSD), casing, dan lain sebagainya. Oleh karena itu bagi para pemula dan yang belum mengerti part komputer harus mengetahui terlebih dahulu sedikit tentang aksesoris dan peripheral komputer maupun laptop.

Banyak toko komputer dan toko laptop menawarkan berbagai jenis part komputer maupun laptop dengan harga yang beragam. Sudah saatnya kalian memilih merk terbaik untuk rencana merakit komputer.

Tips Merakit Komputer yang Harus Dilakukan

Sebelum merakit komputer tentunya harus ada rencana bahwa komputer tersebut akan digunakan untuk kebutuhan seperti apa. Berbagai macam kapasitas memory, atau prosesor yang baik akan menjadi pertimbangan yang harus dipikirkan terlebih dahulu. Berikut ini ada beberapa tips merakit komputer yang harus dilakukan agar menciptakan PC (personal computer) yang baik dan bermanfaat. Di antaranya adalah:

List Kebutuhan Komputer

Sebelum merakit komputer, tentunya kalian harus merencanakan terlebih dahulu akan dipakai untuk apa komputer tersebut. Ada beberapa macam jenis komputer yang bisa dipakai seperti untuk editing, desain grafis, kegiatan belajar mengajar, kebutuhan perusahaan, dan lain sebagainya. Dengan membuat daftar list maka kalian akan lebih mudah menentukan kapasitas dan spesifikasi per item aksesoris komputer.

Rencanakan Budget

Biaya merakit komputer secara mandiri memang harus dipikirkan sebelumnya, spesifikasi komputer yang baik tentunya membutuhkan budget yang tidak sedikit. Sebaliknya jika komputer hanya memiliki spesifikasi standar maka kalian tidak perlu repot mengeluarkan biaya yang mahal. Rencanakanlah budget yang akan dipakai untuk membeli part komputer kemudian merakitnya secara mandiri. Dengan begitu spesifikasi akan bisa ditentukan sendiri.

Memilih Merk yang Terbaik

Toko komputer dan toko laptop menyediakan berbagai part komputer baik yang sudah terkenal maupun yang belum. Banyak merk terkenal seperti asus, lenovo, acer, hp, dell dan axioo. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan, dengan memilih merk part komputer yang tepat maka kedepannya kalian akan mudah ketika ingin mengupgrade spesifikasi. Salah satu yang terbaik adalah sodagarkomputer.com.

Memilih Komponen dengan Kapasitas yang Diinginkan

Komponen untuk merakit komputer ada banyak sekali. Di antaranya adalah prosesor, RAM, VGA, Casing, power supply, hard disk, SSD, fan, LAN card, dan lain sebagainya. Kapasitasnya pun berbeda-beda, seusai dengan spesifikasi yang diinginkan sebelumnya. Buatlah daftar untuk mencatat part komputer mana yang akan diutamakan terlebih dahulu. Sebagai saran, seaiknya membeli part komputer dibeli secara terpisah agar biaya yang dikeluarkan akan lebih murah.

Rakitlah Secara Bertahap

Dalam merakit komputer bisa dilakukan sendiri maupun oleh toko komputer yang telah kalian beli sebelumnya. Untuk bisa merakit komputer yang baik. Dari setiap pembelian komputer tentunya ada di antara kalian yang membelinya secara menyicil satu per satu setiap bulannya. Dengan menyicil part komputer maka beban juga akan semakin berkurang terutama di faktor biaya.

Kesimpulan

Merakit komputer adalah sebuah hal yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu. Dengan membaca tips merakit komputer untuk pemula ini diharapkan bisa membantu ada dalam proses merakit komputer sendiri untuk pemula. Selain itu jika kalian membutuhkan info tentang jasa service laptop terbaik bisa langsung menuju sodagarkomputer.com, Melayani berbagai jenis jasa service laptop dan komputer dan printer, serta service center resmi dari berbagai merk ternama.

Semoga artikel tentang tekno ini bisa bermanfaat. SIlakan sahre artikel ini kepada saudara, teman, keluarga, dan sahabat. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

5/5 - (1 vote)

4 COMMENTS

  1. Terimakasih informasi sangat bermanfaat, semoga tahun depan bisa ngerakit komputer sendiri, dan beli LCD yang pas buat kebutuhan office

    Salam,
    Gani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here