Memulai berbisnis adalah salah satu cara yang paling banyak ingin dilakukan oleh para calon pengusaha. Selain berbisnis, pengajuan kredit juga banyak dilakukan karena kebutuhan yang sangat mendesak. Dan salah satu masalah yang paling sering terjadi adalah modal. Cara yang paling mudah tentunya mengajukan pinjaman online. Tapi bagaimana tips memilih pinjaman online terbaik ?

Pada kenyataannya pinjaman online ini lebih populer dibandingkan dengan pinjaman bank, karena di jaman dengan teknologi canggih ini semua jual beli maupun bisnis sudah berbasis online, itu artinya penyediaan pinjaman pun sudah berkembang sedemikian rupa mengikuti perkembangan teknologi.

Pinjaman Online Terbaik
Pinjaman Online Terbaik

Penyedia jasa pinjaman ada berbagai macam diantaranya adalah bank, dan non-bank atau biasa disebut perusahaan fintech (financial technology). Untuk bank memang harus mengajukan dahulu ke bank yang bersangkutan dan harus melalui beberapa tahapan

Sebaliknya untuk yang non-bank biasanya pengajuan lebih mudah untuk disetujui, karena memudahkan yang belum pernah mengajukan kredit kemanapun.

Tips Cara Memilih Pinjaman Online Terbaik

Persyaratan yang Mudah

Untuk mengajukan kredit di bank pastinya membutuhkan beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi. termasuk kemudahan dalam menyediakan dokumen yang diperlukan bank.

Di pinjaman online biasanya lebih mudah karena hanya menggunakan scan atau berupa foto. Tapi tidak semua pinjaman online bisa dengan mudah mengajukan dokumen foto KK / KTP, ada beberapa pinjaman online yang mengajukan persyaratan yang cukup sulit. Oleh karena itu kalian harus pintar memilih dimana akan mengajukan kredit

Waktu Pencairan

Beberapa pinjaman online menyediakan pelayanan yang super cepat, ini adalah salah satu kelebihan yang banyak dilirik oleh para calon kreditur.

Pencairan adalah salah satu step yang paling utama dalam proses pengajuan kredit. Oleh karena itu pilihlah sesuai dengan kebutuhan kalian, jika tidak terlalu terburu-buru alangkah baiknya menunggu dengan catatan clear semua urusan dokumennya.

Pengajuan yang Flexibel

Kebanyakan bank konvensional adalah jangka waktu cicilan dan bunga yang harus dipenuhi oleh kreditur. Lama waktu cicilan sudah ditentukan dan menjadi sebuah ketetapan. Akan tetapi jika kalian memilih pinjaman online, dana yang diajukan bebas, biasanya minimal 500.000 dan jika ingin melunasi bisa kapan saja sesuai jangka dan bunga yang berlaku. Pilihlah pinjaman online yang memudahkan tentang hal ini.

Jangkauan Daerah

Pinjaman online yang sudah beredar sekarang ini biasanya hanya menerima nasabah di kota besar Indonesia, karena perusahaan fintech yang baru berkembang ini biasanya dimulai dari kota besar.

Jika kalian berada diluar Jakarta atau kota besar, mungkin belum bisa merasakan layanan ini. Akan tetapi dalam waktu dekat perusahaan fintech juga akan melebarkan sayap ke daerah daerah kecil yang terjangkau.

Memilih Fintech yang Legal

Beberapa perusahaan Fintech memang sangat berkembang dengan pesat, pilihlah erusahaan fintech yang dituju yang sudah memiliki izin dari OJK. karena yang sudah mempunyai izin adalah perusahaan yang profesional dan pastinya pelayanan akan terasa memuaskan.

Jangan pernah sekalipun untuk mencoba perusahaan yang belum terdaftar di OJK, karena resikonya akan terlalu besar. Apalagi jika perusahaan tersebut belum begitu memiliki popularitas yang memadai. Pintar dan bijak dalam memilih fintech memang sangat diperlukan.

Cermati Jangka Waktu Pembayaran dan Bunga

Jangka waktu dan bunga di perusahaan fintech sangat berbeda, karena bisa berubah-ubah sesuai kebutuhan nasabah. Jika anda ingin cepat cair maka bunga yang ditawarkan akan sedikit lebih besar, akan tetapi jika mengikuti prosedur akan lebih ringan lagi hasilnya. Jadi sebelum mengajukan, tanyalah kepada marketing-nya agar dijelaskan lebih dtail mengenai jangka waktu pembayaran dan bunga.

Tips Memilih Pinjaman Online
Tips Memilih Pinjaman Online

Kesimpulan

Dalam mengajukan kredit, kita sebagai nasabah harus mengerti terlebih dahulu tentang manajemen keuangan, pengajuan bisa dilakukan jika kalian benar-benar membutuhkan uang untuk modal usaha. Oleh karena itu dalam pengajuan kredit harus didasari tips memilih pinjaman online terbaik.

Karena ini akan sangat membantu rencana, baik persiapan, eksekusi dan pencairan. Semoga artikel ini dapat membantu para pengusaha muda untuk lebih bijak dalam menentukan keputusan pengajuan kredit baik bank maupun non-bank. Sampai jumpa dia artikel keuangan lainya ya.

22 COMMENTS

  1. Pinjaman online mulai menjamur. Membuat orang yang kebutuhan nya mendesak nekat meminjam duit via online. Padahal bunga. pinjaman nya cenderung sangat besar. Nggak apa-apa kalau mampu bayar tapi kalaiu nggak?
    Hidupnya bakal dikejar-kejar hutang bahkan ada yang nekat bunuh diri.. Prihatin

  2. Terus terang kalau aku belum punya keberanian pinjam dana online, mas.
    Takut kena bunga yang besar.

    Maaf ya aku baru berhasil komentar di artikel ini setelah sebelumnya beberapakali datang buat bw gk ketemu kolom komentarnya .
    Akhirnya nemu diatas kanan.

    • IYa mas, bunga ada memang. Tapi pinter2 milih fintech aja hehe
      Woalah gitu toh mas, nyempil soale koklom komennya ya haha

  3. Namun ada beberapa yang harus diperhatikan dalam melakukan pinjaman online yaitu penggunaan nomor kontak. Karena saat ini rata-rata pinjaman online memiliki aplikasi yang harus di instal di ponsel nasabah dan aplikasi ini terintegrasi dengan nomor kontak pengguna dan akses daftar kontak tersebut. Dari sini ada resiko yang harus ditanggung.

    • Untuk jaman sekarang nomor kontak hp kan unik, ini adalah aset terpenting dalan dunia perbankan, karena terintegwerasi sepertinya.
      Dan kebanyakan disalahgunakan sama oknum yang todak bertanggungjawab.

  4. Untuk sementara ini belum berani pinjam duit ke bank apalagi ke fintech yang belum jelas.

    Untuk pinjaman online memang sebaiknya pilih yang sudah terdaftar di OJK agar aman dan tidak memberikan bunga yang besar. Soalnya ada pinjaman online yang memang mudah kasih kredit tapi bunganya lebih besar daripada bank.

  5. Dari segi syarat-syaratnya memang sangat memudahkan. Sayangnya banyak orang terjebak dengan meminjam dari berbagai sumber sehingga mengalami kesulitan dalam angsuran. Hasilnya malah berurusan dengan kepolisian.

    • Kebanyakan masyarakat emang terlena sma marketingnya. Sebenernya sih pinter2nya pola pikir kedepannya sih. Harus dipikirin jg untuk cicilannya:D

  6. Kalau saya lagi nyari pinjaman yang bunganya rendah, apalagi sampai nol persen hehe
    sekarang lebih milih jual aset dulu, khawatir kalo pinjem-pinjem saat ekonomi belum menentu jadi gak kuat bayar angsurannya.

    • Yup banyak memang yang nawarin seperti itu, kebanyakan utuk UKKM dan yang mau mulai usaha. Tap ttp ada check dr BI. biar aman haha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here