Aplikasi pinjaman online saat ini menjadi sebuah solusi bagi kalian yang ingin mengajukan kredit apalagi untuk mengambangkan bisnis UMKM yang sedang kalian rintis. Proses yang panjang jika mengajukan kredit melalui bank konvensional tentunya menjadi sebuah hambatan, dengan hadirnya pinjaman online akan menjadi sebuah keuntungan besar di jaman teknologi yang semakin berkembang ini.

Pinjaman secara online dinilai sangat simple jika dibandingkan dengan pinjaman secara konvensional. KTA online dari berbagai macam perusahaan fintech (financial technology) banyak ditawarakan pada tahun 2020 ini. Tentunya proses yang cepat ini menjadikan produk ini menjadi pilihan beberapa masyarakat untuk mengajukan KTA online dengan mudah.

Pinjaman Online
Aplikasi Pinjaman online

Pengertian Financial Technology (Fintech)

Apakah kalian baru mendengar apa itu perusahaan fintech? Fintech adalah singkatan dari financial technology, yang merupakan gabungan antara jasa keuangan dengan teknologi yang secara tidak langsung mengubah kebiasaan model bisnis dari konvensional menjadi moderat. Dengan kemajuan teknologi semua transaksi akan lebih mudah dan cepat. Tanpa harus tatap muka seperti jasa keuangan konvensional.

Aplikasi pinjaman secara online termasuk salah satu contoh fintech yang sudah banyak tersedia dan ditawarkan dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing perusahaan. KTA online yang sudah terdaftar OJK akan memiliki reputasi yang baik untuk kalian pilih sebagai pinjaman online kedepannya. FinTech memudahkan semua transaksi jual beli,proses KTA secara online, dan semua sistem pembayaran menjadi lebih mudah, efisien dan tanpa ribet.

Oleh karena itu, untuk keadaan yang serba online seperti sekarang ini, fintech menjadi sebuah kebutuhan yang bisa mengubah gaya hidup mereka yang berkecimpung di bidang keuangan dan teknologi.

Fintech Aplikasi Pinjaman Online
Definisi Fintech

Tips Memilih Aplikasi Pinjaman secara Online

Permintaan pinjaman online melalui aplikasi sangat meningkat tajam beberapa tahun terakhir ini. Hal ini disebabkan ada beberapa keuntungan yang dirasa terlihat cukup signifikan di mata calon nasabah tentang aplikasi pinjaman online ini.

Akan tetapi memang tidak semua perusaaan fintech sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hal ini akan menjadi sebuah pertimbangan bagi para calon nasabah untuk memilih secara tepat perusahaan fintech yang menyediakan KTA online.

Bagaimana cara memilih aplikasi pinjaman online yang cocok dan baik untuk kelangsungan keuangan anda selanjutnya? berikut saya rangkum beberapa tips memilih KTA online yang terpercaya dan tepat.

1. Pilih Perusahaan Fintech yang Terdaftar di OJK

Kalian harus pintar dalam memilih perusahaan fintech yang legal dan pastinya sudah terdaftar di OJK. Hal ini sangat penting untuk menghindari fintech abal-abal yang ilegal dan mempunyai efek negatif di kemudian hari. T

entunya hal ini tidak ingin sampai terjadi kan? oleh karena itu, sebelum mengajukan KTA online sebaiknya kalian mencari terlebih dahulu kredibilitas tentang perusahaan fintech yang sudah anda pilih, pastikan semua sudah resmi dan terdaftar di OJK.

2. Pilih Pinjaman Online yang Jelas Kredibilitasnya

Maraknya fintech yang ilegal justru akan merusak citra pinjaman online yang baik. Dengan berkembangnya teknologi, segala sesuatu bisa dicari dengan mudah jejak digitalnya di internet. Tak terkecuali dengan data-data perusahaan fintech yang ilegal.

Dalam hal ini kalian harus dituntut cermat dan teliti dalam memilih KTA online yang jelas kredibilitasnya yang dibuktikan dengan adanya website resmi dengan keamanan website yang kuat dan memiliki layanan pengaduan yang lengkap bahkan jika layanan 24 jam akan lebih baik. Jika kalian menemukan yang agak janggal, jangan teruskan karena sudah jelas mereka adalah ilegal dan tidak resmi.

3. Pelajari dengan Cermat Perhitungan Biaya, Bunga, dan Lain-lain

Bermacam-macam perusahaan jasa keuangan menawarkan perhitungan biaya administrasi, suku bunga, denda keterlambatan, dan penalti yang berbeda-beda. Kalian harus lebih cermat dan benar-benar menghitung total KTA yang akan kalian ajukan kepada perusahaan fintech.

Semua harus dipertimbangkan sesuai dengan kebutuhan dana yang akan diajukan, jangan sampai perhitungannya akan memberatkan kalian dalam mencicil setiap bulannya. Usahakan meminjam dana sesuai kemamouan saja dan tidak terlalu berlebih, meskipun dengan iming-iming cepat cair dan proses mudah, ini tidak menjadi sebuah tumpuan bagi kalian untuk berpikir pendek. Pelajari semua sebab dan akibatnya di kemudian hari.

4. Persyaratan Pengajuan Pinjaman Online

Syarat utama bisa memperoleh pinjaman online adalah identitas dan data diri. Kebanyakan jasa keuangan online hanya memberi syarat identitas resmi yang kalian miliki. Tetapi ada juga yang memberikan syarat melampirkan kartu kredit, nah disini kalian harus hati-hati dalam memberikan semua identitas yang bersifat pribadi.

Memilih perusahaan fintech yang memberikan syarat mudah dan cepat cair menjadi tujuan utama bagi para calon nasabah. AKan tetapi kalian harus tetap waspada untuk tidak memberikan secara mudah identitas yang kalian miliki. Karena mungkin saja bisa disalahgunakan oleh sebagian oknum.

5. Cermati Kontrak Pinjaman dengan Teliti

Setelah kalian disodorkan kontrak pinjaman, bacalah per poin dengan jelas dan teliti. Pahami setiap kalimat sampai kalianbenar-benar memahami itu semua. Ajukan pertanyaan bila ada yang kurang paham dari kontrak tersebut.

Karena kontrak pinjaman ini adalah semacam perjanjian yang memang harus fix dan disetujui oleh kedua belah pihak. Kontrak pinjaman ini memang beda dari perusahaan satu dengan perusahaan yang lain. Jika dirasa sudah cukup paham, silakan anda menyetujui tentang kontrak pinjaman ini.

Peranan Aplikasi Pinjaman Online untuk UMKM

Bisnis UMKM yang semakin banyak membuat industri bisnis di Indonesia semakin menggeliat. Bisnis yang dimulai dari nol merupakan rintisan pergerakan ekonomi yang bisa berkembang di kemudian hari.Akan tetapi banyak diantara para pelaku usaha yang memang sangat membutuhkan pinjaman kredit untuk bisnis mereka.

Mudahnya transaksi secara online memang menjadi sebuah alasan utama bagi para pelaku usaha untuk mengajukan kredit pinjaman melalui fintech. Fintech bisa dikatakan sebuah harapan bagi para pelaku usaha yang sebelumnya kesulitan mengajukan KTA ke bank konvensional dengan syarat yang tidak mudah.

Mengembangkan bisnis UMKM memang menjadi sebuah tantangan, semakin gencarnya promosi secara online ini sebenarnya menjadi sebuah terobosan baru dalam mengenalkan bisnis UMKM ke masyarakat luas. Dengan hadirnya aplikasi pinjaman online yang memudahkan para nasabah dalam mengajukan KTA online, ini akan sangat membangun semangat para pelaku bisnis yang baru memulai usaha untuk mendapatkan modal awal bisnis mereka.

Pinjaman modal usaha memang menjadi sebuah faktor yang paling utama. Pinjol terbaik memang harus dicari dan direview terlebih dahulu sebelum kalian megajukan panjaman modal kepada pinjaman online yang sudah banyak di Indonesia. Lalu, apa aplikasi pinjaman terbaik di Indonesia yang bisa menjadi referensi KTA mudah ?

Pinjaman Online Terbaik untuk UMKM
Pinjaman Online Terbaik untuk UMKM

Ajukan Kredit dengan Menggunakan Aplikasi Pinjaman Terbaik Online Tunaiku

Apa kalian pernah dengar dengan aplikasi pinjaman online Tunaiku? Yak, Tunaiku adalah salah satu situs pinjaman online pertama di Indonesia ,dan sudah berdiri sejak tahun 2014. Tunaiku salah satu produk dari Amar Bank, salah satu institusi finansial berbentuk bank resmi di Indonesia yang sudah beroperasi pada tahun 1991.

Tunaiku dan Amar Bank juga berdiri di bawah bendera perusahaan multinasional yaitu Tolaram Group. Karena inilah KTA online di Tunaiku aman terpercaya dan kemudahannya. Dan pastinya Tunaiku terdaftar di OJK jadi sudah sangat aman dari segi kredibilitasnya.

Kelebihan Tunaiku

Tunaiku memiliki kelebihan pada faktor keamanan dan fleksibilitas. Tunaiku berdiri di bawah naungan institusi finansial berbentuk bank resmi di Indonesia yang terdaftar dan diawasi oleh OJK .Oleh karena itu dari segi keamanan data nasabah tidak perlu diragukan lagi, karena Tunaiku berusaha sebaik mungkin untuk melindungi data nasabah .

Untuk fleksibilitas, Tunaiku juga memberikan penawaran yang menarik, karena menyediakan fasilitas tenor yang sangat panjang yaitu maksimum 20 bulan dengan limit hingga 20 juta rupiah berbeda dengan situs fintech yang lebih banyak memberikan limit kecil dan tenor pendek.

Pinjaman Online Tunaiku
Aplikasi Pinjaman Onlline Tunaiku

Kesimpulan

Nah setelah membaca penjelasan diatas, bagaimana selanjutnya langkah kalian dalam menentukan aplikasi pinjaman online? pastinya harus menaplikasikan tips yang sudah dijelaskan diatas. Dan ingat, ajukan dana secukupnya dan sesuai kemampuan kalian meskipun untuk modal usaha bisnis UMKM yang kalian miliki. Selamat berbinis dan sampai jumpa di artikel finance selanjutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here