Jenis Kopi Indonesia sangat banyak sekali macamnya, Seiring berjalannya waktu, kini kopi tengah menjadi minuman yang punya banyak peminat. Bagi penikmat kopi tentu sudah tau berbagai macam jenis kopi Indonesia yang memiliki rasa yang tidak biasa. Apalagi ada beberapa kopi Indonesia yang sudah mendunia, penasaran jenis kopi apa itu? Yuk lihat di bawah ini.

Karakter kopi Indonesia memang memiliki ciri khas tersendiri. Dalam sektor perkebunan, Indonesia telah dikenal sebagai Negara penghasil kopi terbesar di dunia. Tidak hanya sebagai Negara penghasil kopi, penikmat kopi di Inonesia juga terbilang cukup banyak. Tak heran kenapa banyak orang yang membuka usaha warung kopi di kota besar hingga di perkotaan kecil sekalipun.

Biji kopi harus melewati berbagai proses hingga akhirnya bisa dipasarkan dan diolah sebagai bahan minuman. Untuk pengelolaannya dibutuhkan keahlian khusus agar minuman kopi yang dibuat dapat menghasilkan cita rasa yang nikmat.

Biasanya untuk membuat minuman kopi, seseorang perlu mengikuti kursus barista. Di dalam kursus tersebut, kita akan dilatih dengan berbagai macam pelatihan barista. Tapi pada dasarnya, kita harus mengenal terlebih dahulu varietas dan jenis kopi robusta dan arabika apa saja yang ada khususnya di Indonesia.

5 Jenis Kopi di Indonesia
Jenis Kopi Indonesia

5 Jenis Kopi Indonesia dan Karakteristiknya

5 jenis kopi ini tidak hanya terkenal di Indonesia saja, melainkan sudah terkenal sampai ke mancanegara. Biasanya kopi-kopi terbaik ini dijadikan oleh-oleh para wisatawan di dunia yang datang berkunjung ke Indonesia.

Kopi Arabika Toraja, Ekspor Kopi Indonesia

Selain adatnya yang dikenal hingga ke mancanegara, kopi Toraja juga sudah menjadi salah satu jenis kopi terbaik di dunia. Biasanya kopi ini diekspor ke Amerika dan Jepang. Uniknya, kopi ini tidak after taste yang dimana rasa pahitnya langsung hilang setelah meminum kopi ini. Anda bisa merasakan pahit hanya ketika meneguk kopinya.

Biasanya penikmat kopi mengatakan kopi ini memiliki filosofi perpaduan antara tanah dan hutan. Asal Anda tau, kopi Toraja ini telah dianggap sebagai minuman premium yang sudah dipatenkan oleh perusahaan Jepang bernama Key Coffe sejak tahun 2005 lalu.

Kopi Terbaik Arabika Toraja
Kopi Arabika Toraja

Kopi Gayo Aceh Kopi Terbaik

Kopi berjenis Arabika ini banyak tumbuh di kabupaten Bener Meriah, Aceh Tengah dan Gayo Lues. Kopi Gayo berasal dari biji kopi dengan cita rasa dan aroma yang khas. Kopi ini tidak begitu pahit dan juga tidak terlalu kuat. Keunggulan dari kopi ini yaitu cara bertaninya yang menggunakan metode pengolahan basah (wet hulling) serta organik. Itulah alasan kenapa kopi Gayo ini dibanderol dengan harga jual tinggi yakni Rp. 200.000 hingga Rp. 350.000 per kilogramnya.

Jika Anda berkunjung ke Aceh, jangan sampai kelewatan mencicipi kopi Gayo. Berhubung di sana banyak yang membuka usaha warung kopi, jadi Anda tidak perlu repot-repot untuk mencari tempat nongkrong sembari menikmati kopi.

Kopi Gayo Aceh Terbaik di Indonesia
Kopi Gayo Aceh

Kopi Kintamani Bali Kopi Terkenal Indonesia

Tidak hanya ke Jepang dan Eropa saja, jenis kopi Kintamani juga diekspor ke daratan Arab. Ciri khas dari kopi Kintamani yaitu memiliki unsur rasa asam citrus dengan paduan aroma wangi bunga. Biasanya kopi Kintamani ditanam berdekatan dengan lahan pohon jeruk, itulah disaat Anda meminum kopi ini akan terasa lebih fruity ala jeruk.

Lebih nikmat jika kopi ini disajikan dengan pemandangan alam yang syahdu, hasil racikan barista kopi yang sudah profesional ini tentunya menambah sensasi ngopi yang tak biasa, apalagi para barista sudah mengikuti pelatihan barista secara profesional.

Kopi Kintamani Bai Terkenal di Indonesia
Kopi Kintamani Bali

Kopi Bajawa Flores, Komoditas Kopi Terkenal

Meski teksturnya lebih kental dibandingkan kopi lainnya, rasa kopi Bejawa ini tidak begitu pahit. Bahkan kopi ini juga memiliki tingkat keasaman yang rendah sehingga aman dikonsumsi orang yang memiliki penyakit lambung.

Kopi Bajawa FLores Komoditas Terkenal
Kopi Bajawa FLores

Kopi Java Jawa, Kopi Tradisional Terbaik

Dari semua 5 jenis kopi terbanyak yang dihasilkan oleh Indonesia yang kami bagikan ini, kopi Jawa adalah macam kopi yang telah mengantongi berbagai macam penghargaan sejak sebelum tahun 1700-an. Kopi Jawa jenis Arabika banyak dikembangkan di daerah Jawa Tengah, sedangkan untuk kopi jenis Robusta lebih banyak dikembangkan di Jawa Timur. Kopi ini memiliki tingkat keasaman sedang, tekstur yang agak kental dengan aroma yang seperti teh.

Kopi Jawa Terbaik
Kopi Java Jawa

Itulah 5 jenis kopi Indonesia yang ketenarannya sudah sampai ke Mancanegara. Sebagai warga Negara Indonesia yang baik dan seperti sudah menjadi lifestyle yang menular, sudah seharusnya kita terus melestarikan kekayaan alam ini dengan cara terus mempertahankan dan melestarikan budi daya tanaman kopi di seluruh Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here