Mengawal perkembangan si kecil setiap hari memang terasa sangat menyenangkan, dari hari ke hari terasa perbedaan yang signifikan mengenai tumbuh kembang anak. Lalu apakah ayah dan bunda sudah tahu bagaimana periode tumbuh kembang putra putrinya yang ideal?

Orang tua merupakan faktor utama dalam merawat si kecil dari hari ke hari. Orang tua harus benar-benar memperhatikan bagaimana pola pertumbuhan si kecil dari hari ke hari. Karena itu memang sudah sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh ayah dan bunda.

Karena semakin bertambah umur si kecil, pasti akan bertambah pula perkembangan dan pertumbuhannya. Dan proses tumbuh kembang dari setiap anak berbeda satu sama lain.

Artikel Tumbuh dan kembang anak
Tumbuh dan Kembang Anak yang Ideal

Definisi Tumbuh Kembang

Tumbuh dan kembang anak terbagi menjadi 2 kata yaitu, pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan (growth) pada anak adalah perubahan yang bisa terlihat secara fisik seperti bertambahnya berat badan, dan panjang. Sedangkan perkembangan (development) pada anak adalah bertambahnya kemampuan anak dalam kemampuan struktur dan fungsi pada organ tubuh anak seperti bisa berjalan, bisa mengucaop dan lain sebagainya.

Anak di usia 0 – 5 tahun adalah periode emas. Sehingga sudah wajib hukumnya bagi para orang tua untuk memantau selalu perkembangan dan pertumbuhan anak dari hari ke hari. Selain itu, para orang tua juga harus memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan anak yang ideal.

Tahapan Tumbuh dan Kembang Anak Ideal

Pertumbuhan dan perkembangan anak dipengaruhi beberapa faktor. Salah satunya adalah faktor nutrisi yang diterima si kecil dan juga faktor lingkungan sekitar yang bisa memicu pertumbuhan dan perkembangan anak yang ideal.

Anak Usia 0-4 Bulan

Pada usia ini, pentingnya Air Susu Ibu (ASI) sangat berperan penting demi terciptanya stimulasi untuk pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Pada umur ini latih si kecil untuk melihat berbagai macam warna agar si kecil terbiasa dengan warna yang berbeda.

Anak Usia 4-6 Bulan

Saat memasuki usia 6 bulan, si kecil akan lebih berkembang lagi dalam setiap gerak gerik tubuhnya. Si kecil akan mulai belajar tengkurap. Ayah dan bunda sebaiknya lebih sering tengkurapkan si kecil agar otot tangan dan kakinya mempunyai kekuatan.

Anak Usia 6-12 Bulan

Pada usia ini, si kecil sudah bisa mendengar dengan jelas, dan bisa menghapal wajah kedua orang tuanya. Tetap lakukan stimulasi otak dengan merangsang sensor motorik si kecil. Pada tahapan ini juga si kecil akan berusaha berlatih merangkak dan akan terlihat senang ketika bermain cilukba.

Anak Usia 1 – 2 Tahun

Pada masa ini, si kecil akan mulai bisa berjalan. Melatih sensor motorik harus tetap dilakukan agar pertumbuhan otak si kecil tidak lambat. Pada usia ini ayah dan bunda harus lebih sering mengenalkan kegiatan sehari-hari dan kata kata yang layak untuk dipahami si kecil.

Anak Usia 2-3 Tahun

Tumbuh dan kembang anak usia dini memang sangat rentan sekali. Pada usia ini, para ayah dan bunda harus sering mengajari anak untuk belajar memakai pakaian, makan, minum , cuci tangan, buang air kecil dan besar. Semua ini agar si kecil terbiasa.

Anak Usia 3-5 Tahun

Si kecil mulai tumbuh dan berkembang dengan sempurna. Selalu ajarkan berbicara sopan dan selalu tanyakan apa saja yang dia lakukan, agar dia bisa bercerita dengan seru bersama ayah dan bunda.

tahapan tumbuh kembang anak berdasarkan usia
Tahapan tumbuh kembang anak berdasarkan usia

Pentingnya Memperhatikan Tumbuh Kembang Anak

Proses periode tumbuh kembang anak memang melewati beberapa tahapyang harus diperhatikan. Selalu beri sugesti kepada si kecil agar proses pertumbuhan dan perkembangannya sesuai dengan tahapan tumbang anak yang ideal.

Baca Juga :

Bersosialisasi dengan lingkungan sekitar juga bisa mempengaruhi lambat atau cepatnya anak pada proses tumbuh kembang ini. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Ayah dan Bunda harus sering selalu konsultasi dengan dokter anak terkait tumbuh kembang si kecil. dan jangan lupa untuk selalu meningkatkan kekebalan tubuh si kecil dengan memberi gizi yang seimbang.

Jadi bagaimana, Ayah dan Bunda sudah tahu kan informasi tentang tumbuh dan kembang anak. Apalagi jika ayah dan Bunda sudah tidak sabar ingin mengajak si kecil traveling maupun camping agar si kecil juga bisa mengenali alam sekitar.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi keseharian ayah dan bunda dalam memantau pertumbuhan dan perkembangan si kecil dari hari ke hari. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

2 COMMENTS

    • wkwk koprot.. anakku belum bisa makan sndiri nih.
      Tapi waktu kerasa cepet banget mas, tau2 udah mau jalan aja ini anakku umur 13 bln

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here