Pelatihan barista dan usaha warung kopi menjadi hal yang sedang naik daun di tahun 2020 ini. Menikmati kopi dengan cara berbeda , menjadi sebuah hal yang menarik untuk dikupas lebih dalam lagi. Menjamurnya warung kopi dan profesi seorang barista kopi menjadi sebuah peluang baru dalam dunia kopi.

Khususnya bagi kalian para pecinta kopi di seluruh penjuru tanah air, menikmati kopi disaat senja, tentunya akan terasa berbeda jika disuguhi dengan lagu ber-genre folk yang mengalun indah. Lalu apa istimewanya? Peluang! satu kata yang tidak disadari oleh para pelaku bisnis.

Menjadi seorang barista kopi memang belum begitu familiar, akan tetapi profesi ini akan menjadi sebuah prospek bisnis cerah dan jelas terlihat nyata jika kalian memahami sebuah peluang yang harus dimanfaatkan dengan baik.

Lalu apa yang harus dilakukan jika kalian ingin menjadi seorang barista handal? Salah satunya adalah dengan mengikuti kursus barista. Bicara soal kursus barista, ternyata pelatihan barista ini tersedia di program prakerja yang dicetuskan oleh pemerintah beberapa waktu lalu.

Pelatihan Barista dan Usaha warung Kopi
Pelatihan Barista dan Usaha warung Kopi

Program Pemerintah Kartu Prakerja

Pasti kalian pernah dengar dengan Prakerja? ya, program pemerintah dari kementerian tenaga kerja ini diluncurkan khusus untuk generasi muda yang ingin mengembangkan potensi diri lebih luas lagi. Menggali lebih dalam lagi potensi lain yang bisa muncul dari diri seseorang.

Seseorang pasti selalu ingin mengembangkan keterampilan yang dimilikinya, karena setiap orang akan lebih baik jika memiliki beberapa keterampilan lain yang bisa mendukung dirinya dalam mengembangkan softskill yang terpendam. Baik untuk kebutuhan pekerjaan maupun untuk mengembangkan bisnis.

Pengertian Kartu Prakerja

Kartu prakerja adalah bantuan dalam bentuk biaya pelatihan untuk setiap masyarakat Indonesia yang ingin mengembangkan kompetensi, potensi dan keterampilan pada sebuah bidang dalam bentuk produk digital atau bisa dikatakan bisa mengikuti pelatihan secara online melalui partner yang ditunjuk oleh pemerintah.

Kartu prakerja ini tidak hanya untuk masyarakat yang belum mendapat pekerjaan, akan tetapi tersedia bagi buruh, mahasiswa, karyawan, dan pegawai yang ingin mengembangkan potensi diri yang dimilikinya.

Jadi bagi yang sudah berusia 18 tahun, bisa berkesempatan memiliki kartu prakerja yang dikemas dalam bentuk produk digital. Sebuah terobosan dan sistem yang fresh dari pemerintah dalam upaya memperhatikan masyarakat yang sebenarnya masih mempunyai bakat terpendam di berbagai bidang.

Karena dampak pandemi di awal tahun 2020 ini, sementara waktu kartu prakerja ini diprioritaskan bagi pekerja dan pelaku usaha mikro yang terkena dampak dalam kehidupan sehari-hari.

Sistem Kartu Prakerja

Kartu prakerja ini sementara waktu diprioritaskan bagi para pelaku usaha yang terdampak oleh pandemi. Keputusan Presiden yang bijak ini sedikit melegakan hati mereka yang terdampak.

Peserta yang terdaftar dan dinyatakan lolos tes akan mendapatkan uang sebesar Rp. 3.550.000 selama menjalani program prakerja. Dengan rincian detailnya adalah biaya pelatihan sebesar Rp.1.000.000, kemudian intensif jika telah menyelesaikan pelatihan sebesar Rp.600.000 selama 4 bulan kedepan, dan dana intensif survey sebesar Rp.150.000.

Untuk sistem pelatihan yang akan diberikan yaitu melalui platform online, atau melalui mitra platform digital yang telah ditunjuk oleh pemerintah. Dan tentunya ada beberapa bidang yang bisa dipilih seperti kelas programmer, menjahit, desain grafis dan tentunya pelatihan barista kopi.

Platform Digital kartu prakerja untuk kursus barista
Mitra Platform Digital program kartu prakerja

Manfaat Kartu Prakerja

Dengan disalurkannya bantuan pelatihan untuk masyarakat yang telah lolos tes, diharapkan akan bisa menghasilkan manfaat yang besar bagi mereka dan lingkungan sekitar.

Berikut beberapa manfaat kartu prakerja, diantaranya adalah:

  • Membantu meringankan biaya pelatihan masyarakat yang belum bekerja, khususnya bagi pelaku usaha yang terdampak pandemi di tahun 2020 ini.
  • Mengurangi biaya dalam mencari informasi pelatihan yang akan diikutinya.
  • Menimbulkan rasa ingin bekerja yang dalam bagi para peserta yang telah mengikuti pelatihan
  • Mengasah kemampuan di bidang lain yang sebenarnya memiliki potensi jika dikembamngkan.
  • Menambah keterampilan untuk medukung bisnis UMKM maupun sesuai dengan bidang pekerjaannya.

Syarat Mendaftar Kartu Prakerja

Tentunya jika kalian ingin mendaftar prakerja dan ingin mendapatkan prakerja ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Syarat apa saja yang wajib dipenuhi untuk mendapatkan peluang kartu prakerja?

Berikut beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk mendaftar kartu prakerja, diantaranya adalah:

  • Membuat akun di website resmi prakerja dengan menggunakan email dan nomor selular yang aktif dan valid.
  • Warga Negara Indonesia yang dapat dibuktikan dengan kepemilikan Kartu Tanda Pendukuk (KTP) yang sah.
  • Berusia diatas 18 tahun.
  • Tidak sedang menjalani kuliah / sekolah.

Syarat diatas sepertinya cukup mudah, dan selanjutnya kita cukup menjalani prosedur pendaftaran yang berlaku.

Syarat mendaftar kartu prakerja untuk kursus barista
Syarat mendaftar kartu prakerja

Cara Pendaftaran Online Kartu Prakerja

Setelah syarat dipenuhi, langkah selanjutnya adalah mendaftarkan diri kalian di situs resmi prakerja. Hal ini bertujuan untuk menentukan bahwa kalian mampu bersungguh-sungguh untuk mendapatkan pelatihan. Sehingga diperlukan beberapa tahapan seleksi.

Cara pendaftaran kartu prakerja dibagi menjadi 3 tahapan, diantaranya adalah:

Membuat Akun Prakerja

Pada bagian ini, kalian wajib register akun terlebih dahulu, caranya adalah dengan klik menu “daftar sekarang”, kemudian masukkan email yang valid dan password, kemudian klik “daftar”. Setelah itu cek email kalian untuk verifikasi akun.

Setelah akun diverifikasi, kembali ke halaman website prakerja.go.id dan login prakerja dengan email dan password yang telah kalian buat sebelumnya.

Mengisi Data Kelengkapan Diri

Kemudian langkah selanjutnya adalah memasukkan no KTP dan tanggal lahir yang valid untuk verifikasi data diri kalian. Selanjutnya mengisi kelengkapan data diri seperti tanggal lahir, alamat lengkap, scan KTP dan upload foto selfi KTP. Ditambah dengan verifikasi nomor telepon selular dengan mengisi nomor OTP (one time password) yang dikirim ke telepon selular kalian.

Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar

Setelah selesai mengisi data diri, kemudian kalian akan diarahkan ke dashboard prakerja. Dashboard ini berisi menu yang tersedia di web prakerja. Di bagian ini kalian akan mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar untuk seleksi mendapatkan kartu prakerja.

Jangan lupa siapkan alat tulis dan kertas untuk mengisi tes online ini. Tes ini diberi waktu 15 menit untuk menjawab beberapa pertanyaan. Setelah selesai menjawab, tunggu email pemberitahuan dari prakerja. Kalian sudah mengikuti tes dan tinggal menunggu hasil tes di pemberitahuan email selanjutnya.

Kemudian kalian akan memilih gelombang pendaftaran yang ingin diikuti, semua sudah terjadwal secara sistematis, jadi jadwal ini sudah fix. Kalian tinggal menunggu hasil tes apakah lolos atau tidak.

Jika kalian lolos tes, maka kartu prakerja siap digunakan untuk mengikuti berbagai pelatihan yang telah kalian pilih sebelumnya melalui platform digital yang telah ditunjuk oleh pemerintah, seperti programer, desain grafis, maupun kursus barista.

Cara Daftar Kartu prakerja
Cara Daftar Kartu Prakerja

Mengapa Harus Daftar Kartu Prakerja?

Berbagai jenis pelatihan yang tersedia di program prakerja ini membuat kita lebih bebas bereksplorasi untuk memilih jenis pelatihan yang akan diikuti. Sesuai dengan tujuan awal, bahwa kartu prakerja ini diluncurkan sebagai saran untuk masyarakat yang ingin mengembangkan potensi di bidang lain.

Jadi ini adalah sebuah kesempatan yang terbuka bagi semua masyarakat Indonesia untuk belajar dan mengikuti berbagai pelatihan. Bukan hanya yang pengangguran, akan tetapi semua masyarakat yang ingin mengembangkan potensinya disarankan mengikuti program prakerja ini.

Dengan dukungan pemerintah diharapkan setelah mengikuti pelatihan prakerja ini akan menambah softskill dan kemampuan yang baru dan bisa dimanfaatkan dalam sektor bisnis dan ekonomi. Kebetulan bencoolen coffee mengadakan pelatihan barista online melalui platform digital prakerja ini. Ingin tau lebih dalam tentang kursus menjadi barista ini? Yuk, kita simak penjelasan berikutnya.

Kursus Barista gratis usaha warung kopi
Kursus Barista Prakerja

Pelatihan Barista Kartu Prakerja

Salah satu pelatihan yang ada di dalam program kartu prakerja adalah pelatihan barista. Pelatihan barista dan usaha warung kopi menjadi sebuah hal menarik untuk dikembangkan, tak hanya itu prospek cerah usaha warung kopi menjadi alasan utama kalian harus mengikuti kursus barista online ini.

Menjadi seorang barista kopi adalah sebuah profesi yang banyak diinginkan oleh setiap orang, apalagi jika tujuannya ingin membuka usaha warung kopi. Semua orang bisa menjadi seorang barosta kopi, bahkan orang yang belum mengetahui seni tentang kopi pun bisa menjadi seorang barista. Mungkin sebagian orang belum mengetahui apa itu barista?

Apa Pengertian Barista ?

Menurut KBBI, barista adalah orang yang ahli membuat minuman kopi (seperti espresso) di kafe atau kedai kopi. Dan secara etimologi, barista berasal dari bahasa Italia yang berarti pelayan bar / cafe yang menyajikan berbagai jenis minuman, dan tidak hanya kopi.

Namun seiring berjalannya waktu, barista lebih sering disebut seseorang yang pekerjaannya membuat, meramu racikan dan menyajikan kopi kepada para pelanggan. Ingat, barista dan bartender adalah sangat berbeda, dari sini kalian akan mengetahui perbedaan barista dan bartender.

Barista di jaman sekarang sebagian besar sudah terlatih dengan baik dengan mengikuti berbagai kursus barista. Jadi tugas seorang barista adalah hanya menyiapkan dan menyajikan kopi selebihnya barista adalah sebuah seni seusai gaya masing-masing. Syarat menjadi barista cukup mudah, asal ada niat dan keinginan untuk mengembangkan diri di bidang pelatihan menjadi barista ini sudah cukup.

peluang menjadi barista untuk usaha warung kopi
Menjadi barista untuk usaha warung kopi

Prospek Menjadi Seorang Barista dengan Pelatihan Barista

Mimpi dan angan-angan menjadi seorang barista tak hanya sebatas bisa menyajikan dan meracik kopi saja, melainkan ada aspek lain juga yang harus diperhatikan. Ada beberapa peluang yang muncul jika kalian menjadi seorang barista yang handal.

Prospek Menjadi Barista di Bidang Bisnis

Apa kaitannya menjadi seorang barista dan bisnis? Dua hal yang bisa berjalan berbarengan jika kalian menekuninya secara bersamaan. Ibarat kata pepatah, “Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui”.

Kalian bisa membuka usaha warung kopi bersamaan juga menjadi seorang barista. Mengingat industri kopi di Indonesia sedang menjadi gaya hidup yang meningkat di tahun 2020 ini.

Prospek Menjadi Barista di Bidang Seni

Kemampuan teknik meracik kopi seorang barista tidak bisa dipungkiri lagi. berbagai teknik meracik seperti cupping, manual brew, cappucinno, latte art dan lain sebagainya. Semua itu termasuk seni yang bisa memiliki nilai yang lebih hanya dari sebuah racikan kopi.

Tentunya hal ini sangat penting seiring munculnya berbagai perlombaan meracik kopi untuk para barista. Dan pastinya akan menguntungkan jika bisa menjadi juara dan profesional di bidang seni.

Pelatihan Barista Online

Untuk menjadi seorang barista profesional, maka kalian diwajibkan mengikuti pelatihan barista kopi. Salah satunya adalah mengikuti pelatihan barista prakerja seperti di Bencoolen coffee. Sebuah terobosan baru dari Bencoolen Coffe melalui program ini. Kalian bisa mengikuti pelatihan ini jika lolos dan memilih gelombang di kartu prakerja.

Biaya kursus barista memang tidak murah, tapi dengan mengikuti pelatihan prakerja menjadi barista tentunya akan sedikit meringankan beban biaya yang harus dikeluarkan untuk menjadi seorang barista yang profesional.

Dengan mengikuti pelatihan barista dan usaha warung kopi di program prakerja merupakan sebuah kesempatan besar bagi kalian yang ingin mengembangkan potensi di bidang meracik kopi. Saat ini tempat pelatihan barista prakerja ada di beberapa kota besar seperti Jogja, Bandung, Jakarta, Bali, Palembang, Pekanbaru, Semarang, Surabaya, Solo, Kediri, Makassar, Padang, Medan, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Strategi Pemasaran Bisnis UKM dengan Media Promosi Online

7 Tips Menjadi Seorang Barista Profesional

Menjadi seorang barista merupakan hal yang sangat menarik untuk dicoba. Pesona seorang barista untuk para pecinta kopi bagaikan sebuah pelengkap nuansa indah di kedai kopi. Tentunya menjadi seorang barista harus ada tips menjadi barista yang harus diperhatikan agar bisa terlihat menarik untuk para pengunjung warung kopi.

  • Memiliki Passion Tentang Kopi
    Mencintai profesi maupun sebuah bidang wajib diperlukan dalam menekuni hal yang terbilang baru. Modal utama untuk bisa menjadi barista profesional adalah memiliki passion di bidang kopi.
  • Memiliki Keinginan untuk Memahami Lebih Jauh tentang Kopi
    Menjadi seorang barista tentunya harus memiliki niat dan keinginan untuk lebih mengerti tentang kopi dan seluk beluknya. Dari mengerti tentang kopi, jenis kopi, cara meracik kopi yang benar, dan lain sebagainya.
  • Mengerti dan Sanggup Belajar Alat Kopi
    Peralatan tempur seorang barista salah satunya adalah alat-alat kopi untuk mendukung racikan kopi yang baik. Banyaknya metode penggunaan alat kopi mengharuskan seorang barista untuk belajar semua alat kopi dan mencobanya.
  • Meracik Kopi dengan Sepenuh Hati
    Seorang barista akan merasakan feel yang berbeda saat meracik kopi dengan hatinya, hasil yang enak seusai dengan racikannya membuat penikmat kopi akan menemukan sisi tersendiri pada kopi yang kalian buat.
  • Mengikuti Kursus Barista Online untuk Memperluas Keahlian
    Untuk menjadi seorang barista handal dan profesional, perlunya pengembangan diri menjadi hal utama yang harus dilakukan calon barista. Salah satunya adalah dengan mengikuti pelatihan barista di Bencoolen Coffee.
  • Mencoba Berbagai Variasi Meracik Kopi
    Mencoba adalah sebuah hal yang umum dilakukan para calon barista profesional. Dari sebuah percobaan lama kelamaan akan menemukan racikan yang pas dan bisa disajikan kepada penikmat kopi. Belajar dari sebuah pengalaman akan meningkatkan keterampilan kalian dalam meracik kopi.
  • Gabung di Komunitas Barista
    Apa keuntungan bergabung dengan teman lainnya yang satu profesi? Diskusi dan sharing pengalaman akan menjadi materi pelatihan sosial yang alami dan sangat berharga. Jangan pelit ilmu jika kalian ingin menuju kesuksesan.
7 Tips menjadi barista profesional
Tips Menjadi Barista Profesional

Menjadi Barista Merdeka Bersama Bencoolen Coffee

Salah satu program pelatihan jadi barista yang diadakan oleh bencoolen coffee menjadi daya tarik tersendiri bagi pemegang kartu prakerja. Mengapa? karena sistem pembayaran kursus barista online disini bisa menggunakan kartu prakerja.

Tapi untuk gelombang yang akan mulai, The Bencoolen Coffee akan menghadirkan program pelatihan 10.000 barista secara gratis. Program Tak hanya program pelatihan saja, namun juga pendampingan hingga skala rumah maupun nasional.

Dan juga memastikan pelatihan dapat terealisasi hingga menjadi bisnis secara mandiri. Penawaran yang sangat menarik bagi kalian yang ingin serius mendalami profesi barista. Program 10.000 barista merdeka dan usaha kopi pemula ini mengajak kalian untuk menjadi pebisnis kopi yang sukses. Bahkan gaji barista yang tinggi akan menjadi daya tarik tersendiri bagi profesi barista ini.

Kursus Barista Merdeka
Pelatihan Barista Merdeka, Sumber: bencoolencoffee.com

Sekilas Tentang The Bencoolen Coffee

The Bencoolen Coffee brand adalah sebuah perusahaan yang didirikan untuk membantu pemerintah dalam menyejahterakan para petani kopi. Bencoolen Coffee membantu mengembangkan dan mengelola kopi dari hulu ke hilir.

Dan pemerintah akan lebih mudah mengontrol hasil perkebunan kopi. The BENCOOLEN Coffee selama ini mengelola kopi yang berkualitas dan jujur dengan tujuan menarik konsumen yang akan membeli kopi ke petani sesuai dengan sistem dan mekanisme yang dikelola oleh The BENCOOLEN Coffee.

Aktifitas Bencoolen Coffee

Berbagai kegiatan positif telah dilakukan, diantaranya adalah aksi 1 juta kopi jujur gratis dengan tajuk Kopi Jujur Lawan Corona dan Kopi Blockchain dengan menjadikan kopi sebagai digital asset yang terdesentralisasai. Selain itu Bencoolen Coffe sangat profesional dalam mengelola stock kopi berkualitas langsung dari para petani kopi di Bengkulu.

Dan juga pengelolaan dan proses kopi sesuai standar menjadikan produk kopi ini sangat bagus dan memberikan jaminan kualitas kopi. Ditambah dengan memiliki pusat pelatihan barista dan dan usaha skala kecil guna menghasilkan bibit unggul peracik kopi terampil, profesional dan siap untuk berwirausaha kopi.

Aktifitas bencoolen yang lainnya adalah paket kemitraan, ini khusus ditujukan kepada pelaku bisnis untuk bekerja sama membuka sebuah outlet warung kopi. Paket pilihan tersedia yaitu Bencoolen Home dan Bencoolen Franschise.

Pelatihan prakerja bencoolen coffee
Bencoolen Coffee

Cara Daftar Pelatihan Barista Merdeka

Lalu bagaimana cara mendaftar pelatihan barista yang diadakan The Bencoolen Coffee ini? Caranya sangat mudah.

  • Kunjungi website https://prakerja.bencoolencoffee.com/registrasi/
  • Setelah itu kalian bisa isi data secara lengkap kemudian submit
  • Kalian telah berhasil mendaftar pelatihan barista di Bencoolen Coffee

Cara Daftar Kursus Barista Melalui Kartu Prakerja

Jika kalian telah dinyatakan lolos tes, maka kalian akan mendapatkan kartu prakerja. isi dari kartu prakerja ini adalah tunjangan untuk mengikuti beberapa pelatihan pengembangan diri yang disediakan di platform digital yang telah bekerja sama dengan pemerintah.

Caranya sangat mudah, berikut cara daftar pelatihan melalui kartu prakerja

  • Kunjungi website www.prakerja.go.id
  • Login dengan menggunakan email dan password kalian yang telah register sebelumnya
  • Setelah masuk dashboard prakerja, kalian pilih mitra pelatihan. Disini tersedia beberapa mitra pelatihan yang tersedia.
  • Cari kolom pencarian, dan ketik Bencooleen Coffee
  • Pilih jadwal yang akan diikuti. Dibagian ini info harga sudah tersedia.
  • Pelatihan barista ini diadakan oleh partner maubelajarapa. Sehingga kalian harus register terlebih dahulu untuk bisa login di https://maubelajarapa.com/
  • Masukan nomor kartu prakerja kalian, dan verifikasi pembayaran menggunakan kartu prakerja.
  • Kalian sudah terdaftar untuk mengikuti pelatihan barista melalui kartu prakerja. Catat jadwal pelatihan dan kalian siap untuk mengikuti pelatihan sesuai jadwal yang tertera.

Syarat Mengikuti Pelatihan Barista Prakerja

Program pelatihan ini terbuka bagi siapa saja yang ingin mengembangkan diri di bidang seni kopi. Program pelatihan ini ditujukan kepada siapa saja,diantaranya adalah:

  • Para kaum millenial pecinta kopi.
  • Pemilik bisnis UMKM .
  • Masyarakat umum yang memiliki ketertarikan terhadap usaha warung kopi kekinian dengan modal yang minim.
  • Peserta kartu prakerja yang telah dirilis oleh pemerintah, pemegang kartu prakerja ini mendapatkan deposit biaya untuk mengikuti peltaihan ini.

Lalu apa saja persyaratan yang wajib untuk mengikuti pelatihan barista ini? Tidak ada syarat yang khusus untuk mengikuti pelatihan ini. Kalian hanya memerlukan :

  • Koneksi internet yang stabil.
  • Gadget bisa berupa laptop,PC, maupun smartphone.
  • Memiliki aplikasi zoom
  • Buku dan alat tulis untuk mencatat hal penting selama pelatihan
Prakerja  kursus barista online
Menjadi Barista dan Wirausaha

Materi Pelatihan Barista Merdeka di Bencoolen Coffe

Apa saja materi yang diberikan di pelatihan barista merdeka ini? bisa dikatakan paket materi super lengkap bisa didapatkan jika kalian mengikuti kursus barista ini. Kurikulum yang dirancang sedemikian rupa agar peserta bisa langsung mengaplikasikan secara mudah.

Para peserta akan dibimbing secara profesional untuk menjadi seorang barista yang bersertifikat dan memiliki keahlian meracik kopi bahkan dari awal pemula sekalipun. Tidak hanya itu, paket pelatihan lainnya juga tersedia untuk membimbing para barista profesional membangun sebuah usaha warung kopi.

Menjadi Barista Pemula

Dalam paket pelatihan ini para peserta akan diajarkan bagaimana cara memahami jenis kopi, memahami karakteristik kopi, teknik dasar pembuatan kopi, mengupas lebih dalam profesi barista. Tidak lupa dalam paket pelatihan ini diberi pemahaman tentang tugas barista.

Usaha Warung Kopi Kekinian dengan Modal Minim

Salah satu paket pelatihan yang bisa dibilang dari materi kursus barista sebelumnya. Meskipun kursus barista ini online, akan tetapi penyampaian materi dan diskusi kan terasa lebih hidup dengan hadirnya para instruktur profesional yang sudah berpengalaman.

Materi pelatihan menjadi pengusaha warung kopi kekinian ini terdiri dari pemahaman berwirausaha, implementasi kewirausahaan kopi, skema wirausaha kedai kopi susu kekinian, tips memlih lokasi usaha warung kopi strategis, dan penerapan wirausaha kopi mandiri.

Outlet Warung Kopi

Tentunya setelah mendapatkan materi peluang usaha membuka warung kopi, kalian bisa mengembangkan sayap ataupun memilih membuka outlet warung kopi yang sekarang banyak diminati oleh para pecinta kopi.

Dengan diberikannya materi pelatihan ini, diharapkan peserta yang telah mengikuti kurus barista dan pelatihan peluang usaha warung kopi bisa lebih cocok dan berhubungan. Materi yang selalu berkaitan kan menjadikan seorang entrepreneur kopi yang kelak akan sukses.

Materi pelatihan ini terdiri dari tips persiapan membuka outlet, peralatan yang harus dipersiapkan, perhitungan modal kerja, racikan kopi rasa cafe dengan harga murah, dan penerapan di lapangan dengan membuka outlet warung kopi.

Pelatihan menjadi barista Bencoolen Coffee

Manfaat Pelatihan Barista di The Bencoolen Coffee

Dengan mengikuti pelatihan menjadi barista ini kalian akan merasakan beberapa manfaat yang bisa didapatkan. Karena pelatihan yang diberikan sangat berbeda dengan tempat kursus barista lainnya. \

Beberapa manfaat yang akan didapat setelah mengikuti pelatihan barista ini adalah:

  • Pengetahuan Tentang Kopi Akan Bertambah
    Materi pelatihan yang tepat sasaran seperti pemahaman karakteristik jenis kopi jujur, menerapkan teknik pembuatan minuman berbahan dasar kopi, dan penjelasan apa saja tugas dari profesi sebagai barista.
  • Menambah Pemahaman Menjadi Barista
    Tentunya menjadi seorang barista tidak hanya menyajikan dan meracik kopi, akan tetapi akan memberikan manfaat pemahaman tentang peralatan kopi yang biasa digunakan oleh seorang barista.
  • Menjadi Seorang Barista Handal dan Profesional
    Dengan mengikuti program pelatihan barista ini kalian diharapkan akan memiliki kemampuan meracik kopi standar barista, dan wawasan tentang rasa dan aroma kopi.
  • Peluang Usaha Warung Kopi Kekinian
    Selain itu, kalian akan mendapatkan pemahaman tentang membuka usaha warung kopi. Hanya dengan modal minim kalian bisa membuka usaha warung kopi dengan biaya terjangkau akan tetapi berkualitas premium.

Pelatihan Barista Merdeka untuk Sebuah Usaha Warung Kopi

Banyak jenis usaha warung kopi yang sudah hadir ditengah kalian. Bahkan generasi milenial merupakan hal yang wajib untuk menikmati kopi atau pun sekedar ngobrol dengan rekan sambil menikmati kopi.

Mimpi untuk membuka usaha warung kopi akan sangat terbuka lebar setelah kalian mengikuti program kursus barista di The Bencoolen Coffee. Ya, saatnya menjadi wirausaha kopi yang profesional di bidangnya.

Hal inilah yang membuat Bencoolen Coffee membuat pelatihan peluang usaha warung kopi ini merupakan pelatihan lanjutan setelah kalian mengikuti kursus barista, karena peluang usaha ini dinilai sangat memiliki prospek yang bagus untuk kedepan.

Peluang Usaha Warung Kopi

Sebagai negara penghasil komoditas kopi keempat terbesar di dunia, Indonesia sudah selayaknya menghasilkan produk kopi yang berkualitas internasional. banyak jenis kopi yang dihasilkan dari beberapa perkebunan kopi yang tersebar di seluruh nusantara.

Oleh karena itu, usaha warung kopi bisa menjadi sebuah peluang usaha yang besar. Dan juga kebiasaan menikmati kopi ini sudah menjadi tradisi turun temurun dari nenek moyang kita. Apalagi Pelatihan barista dan usaha warung kopi sudah bisa dipelajari dari awal.

Seiring berjalannya waktu, para pecinta dan penikmat kopi juga semakin meningkat di kalangan anak muda. Mungkin jaman dulu hanya orang tua yang selalu menikmati kopi. Sekarang semuanya telah berubah, kopi menjadi sebuah pilihan gaya hidup untuk berbagai kalangan umur. Dari yang muda sampai yang tua sangat menyukai kopi.

Dengan berkembangnya teknologi, usaha warung kopi dengan dilengkapi fasilitas wifi menjadi salah satu tempat incaran anak muda untuk sekedar nongkrong atau menikmati kopi. banyak bermunculan co-working space yang dilengkapi coffee shop. Inilah saatnya kita merintis usaha kedai kopi yang bisa dicintai oleh berbagai kalangan.

Jenis Usaha Warung Kopi

Warung kopi tidak selalu berada di kios atau toko. akan tetapi banyak cara yang bisa dijadikan prospek untuk membuka usaha warung kopi. dibawah ini beberapa jenis usaha warung kopi yang bisa dijadikan referensi untuk peluang kalian nantinya.

Kedai Kopi

Kedai kopi biasanya sebuah tempat yang memiliki fasilitas sederhana. Dengan dilengkapi furniture ornamen kayu ataupun sejenisnya menjadikan kedai kopi menjadi sebuah tempat bercengkerama dari segala jenis kalangan untuk sekedar menikmati kopi.

Co-Working Space

Pada awal tahun 2019, konsep co-working space mulai banyak bertebaran di beberapa kota besar. Sebuah tempat dimana para pekerja yang memiliki latar belakang pekerjaan ataupun bisnis yang berbedauntuk bekerja dalam sebuah tempat. Biasanya coworking space dilengkapi dengan coffeshop.

Food Truck

Konsep food truck ini sangat sederhana, dan tidak tetap di suatu tempat. Keuntungan jenis warung kopi ini bisa berpindah-pindah tempat. Usaha kopi dengan konsep food truck ini bisa dijadikan referensi rencana kalian untuk membuka usaha warung kopi. Food truck juga bisa untuk media promosi efektif yang unik.

Coffee Shop Eksklusif

Coffee shop ini sebenarnya sama dengan kedai kopi biasanya, akan tetapi fasilitas yang diberikan untuk para pengunjung biasanya jauh lebih eksklusif. Seperti contoh barista yang berpenampilan menarik, AC, ruang meeting, maupun VVIP room. Kelas ini biasanya untuk target menengah keatas. Jika ada memiliki budget lebih kalian bisa coba untuk merintis coffee shop eksklusif.

Jenis Usaha Warung Kopi
Jenis Usaha Warung Kopi

Kesimpulan

Dengan bertambahnya para penikmat kopi tentunya ini menjadi sebuah jalan bagi kalian yang ingin menjadi barista sekaligus membuka usaha warung kopi sederhana. Pelatihan barista dan usaha warung kopi menjadi sebuah solusi untuk kedepannya.

Beberapa fasilitas penunjang seperti prakerja dan bencoolen coffee harus bisa dimanfaatkan dengan baik dengan tujuan berwirausaha di bidang kopi. Ini akan membuka pikiran kita kedepan tentang memanfaatkan sebuah peluang usaha yang terbuka lebar.

Dengan menjadi seorang barista profesional, tentunya akan menciptakan daya tarik dan kepuasan tersendiri dimata para pecinta kopi. Apalagi dilengkapi dengan membuka usaha warung kopi sederhana secara mandiri.

Di jaman yang semakin berkembang ini, sekecil apapun peluang harus kita manfaatkan dengan baik. Begitupun dengan peluang membuka usaha warung kopi. Tidak ada salahnya kita mencoba untuk berkarya, karena sebuah pengorbanan dan usaha itu akan sejalan dengan apa yang akan kita raih. Mari kita capai impian menjadi barista merdeka bersama Bencoolen Coffee.

FAQ

Bagaimana cara daftar kartu prakerja?

Silakan kunjungi website resmi https://prakerja.go.id. Kemudian registrasi untuk mendapatkan akun prakerja.

Apakah seorang yang masih kuliah bisa mendaftar prakerja?

Tidak. Untuk mendaftar prakerja harus sudah lulus kuliah dan menganggur.

Apakah pelatihan barista Bencoolen ini tersedia di prakerja?

Ya, pelatihan barista The Bencoolen Coffee tersedia di program gelombang prakerja.

Bagaimana cara mengikuti pelatihan barista merdeka di beencoolen coffee?

Cara mengikuti training ini cukup pendaftaran diri anda. Kemudian dan melakukan pembayaran dan anda sudah dapat mengikuti program ini.

Apakah pelatihan prakerja ini gratis?

Ya, pelatihan prakerja ini gratis karena telah disubsidi oleh pemerintah.

Bagaimana jika ingin menjadi barista yang profesional?

Harus niat dan mengikuti pelatihan prakerja di Bencoolen Coffee

Bagaimana sistem belajar dan mengajar di prakerja?

Siswa prakerja akan mengikuti kegiatan belajar mengajar melalui internet.

Siapa yang bisa mengikuti pelatihan barista merdeka?

Semua orang dari berbagai profesi dan pekerjaan kecuali sedang menempuh pendidikan sekolah bisa mengikuti pelatihan barista ini.

Apakah setelah mengikuti kursus ini saya akan langsung bisa menjadi barista?

Bisa, terutama jika niat mengikuti pelatihan ini dengan serius.

Apakah ada syarat khusus untuk mengikuti pelatihan barista ini?

Tidak ada syarat khusus cukup memiliki koneksi internet yang stabil, buku dan alat tulis, dan menginstall zoom di desktop atau laptop.

Apakah saya akan diberi materi pelatihan tentang barista dengan lengkap?

Ya, jika kalian mengikuti pelatihan prakerja, kalian akan mendapatkan materi pelatihan barista dengan lengkap.

Prospek apa saja yang bisa bagus untuk kedepannya?

Menjadi barista, dan membuka usaha warung kopi.

Kapan pelatihan barista ini dimulai?

Setelah memilih jadwal, kalian langsung bisa mengikuti pelatihan barista online.

Bagaimana jika ingin belajar menjadi barista sekaligus belajar berwirausaha warung kopi?

satu cara hanya mengikuti pelatihan barista di The Bencoolen Coffee

Apakah pelatihan barista dan usaha warung kopi bisa berjalan berbarengan?

ya bisa, karena semua tersedia di pelatihan prakerja.

Apakah peserta pelatihan barista ini boleh berasal dari luar kota?

Boleh, kursus barista ini diadakan secara online, semua kota seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Jogja dan lain lain bisa mengikuti kursus barista ini.

Summary
Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi
Article Name
Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi
Description
Pelatihan barista dan usaha warung kopi menjadi hal yang sedang naik daun sekarang ini. Adakah sebuah peluang dibalik itu semua?
Author
Publisher Name
aldhifajar.com
Publisher Logo

8 COMMENTS

  1. Lengkap sekali info nya maa Aldhi.
    Info yang sangat bermanfaat bagi yang ingin mendapat kartu pra kerja dan berniat mengikuti pelatihan barista.
    Makasih infonya mas Aldhi

  2. Oh jadi barista itu seseorang yang membuat atau meracik kopi ya bang. Memang usaha warung kopi atau cafe lagi trend sih, disini juga lumayan banyak yang buka warung kopi.

    Saya lagi nganggur, coba ah daftar kartu prakerja, siapa tahu diterima.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here