5 Manfaat CCTV di Rumah yang Harus Diketahui

0
72

Manfaat CCTV bagi keamanan rumah terbilang cukup penting, karena bisa digunakan sebagai media pengawasan ketika Anda berada diluar rumah. Kehadiran teknologi CCTV (Closed Circuit Television) merupakan sebuah inovasi teknologi yang menhadirkan banyak keuntungan bagi setiap gedung seperti Bank, Mesjid, Kantor, Perumahan, Komplek, Apartemen dan lain sebagainya.

Peranan penting kamera pengintai untuk menjaga setiap bangunan tersebut juga bisa dirasakan oleh pemilik. Karena Anda bisa dari mana saja memantau keadaan sekeliling kamera CCTV. Bahkan saat ini CCTV bisa dikoneksikan dengan internet agar mudah dalam penggunaan.

Tak bisa dipungkiri, ekadaan ekonimi dari sebagian kalangan memaksa untuk melakukan tindak kriminal tanpa memandang siapa sasarannya. Hal ini menjadi sebuah alasan yang sangat penting mengapa Anda harus memasang CCTV di rumah agar bisa mengetahui situasi, dan juga bisa memantau keamanan lingkungan rumah sepanjang hari.

Di kota besar seperti Bandung, Jakarta, Jogja, dan lain sebagainya, penggunaan CCTV tak hanya di bangunan besar dan perkantoran saja, bahkan saat ini setiap rumah memiliki kamera CCTV untuk menjaga keamanan dan situasi sekeliling rumah ketika Anda di dalam rumah maupun di luar rumah.

Manfaat CCTV di rumah
Manfaat CCTV di rumah

Keuntungan CCTV Jika Dipasang Di Rumah

Ada banyak manfaat CCTV yang bisa dirasakan bagi setiap orang. Berikut ini adalah manfaat dari pemasangan CCTV yang bisa dipasang di rumah untuk menjaga keamanan. Di antaranya adalah:

Mencegah Tindak Pencurian

Pencurian semakin meningkat di ktoa besar menjadi sebuah alasan yang sangat rasional di keadaan ekonomi setelah pandemi ini. Banyak orang yang kehilangan pekerjaan dan didesak keadaan sehingga melakukan tindak pencurian. Dengan memasang CCTV di rumah, maka Anda juga bisa sekaligus mengawasi keadaan rumah agar terhindar dari tindak pencurian. Atau bisa juga sebagai bukti jika dibutuhkan untuk mengetahui pelaku pencurian.

Memantau dan Mengetahui Pergerakan Mecurigakan

Ketika rumah dalam keadaan kosong karena ditinggal bekerja maupun ke luar kota, maka Anda bisa dengan leluasa memantau keamanan sekeliling rumah dari mana saja. Dengan kata lain, pemasangan CCTV dengan titik yang tepat akan menjangkau seluruh visual di dalam rumah. Sehingga ketika ada hal yang mencurigakan, Anda bisa langsung melapor kepada ketua RT maupun keamanan kampung dan perumahan.

Mengawasi Pekerja yang Ada di Rumah

Pekerja yang ada di rumah seringkali mendapatkan orang yang tidak jujur ketika ditinggal oleh majikannya. Kehadiran CCTV memberikan keuntungan dan manfaat dalam situasi ini, karena Anda bisa memantau pekerja di rumah / asisten rumah tangga ketika bekerja dalam sehari-harinya. Jika dirasa ada yang janggal, anda bisa memberikan bukti berupa rekaman CCTV dan sekaligus bisa menjadi peringatan bagi para pekerja yang ada di rumah Anda.

Sebagai Bukti Rekaman Kejadian Sebelumnya

Terkadang kejadian aneh yang tidka bisa dinalar oleh Anda seringkali membuat penasaran. Mungkin Anda bisa merasakan lupa ketika menyimpan barang, atau ketika ada barang yang hilang. Dengan menggunakan rekaman CCTV maka Anda tinggal melihat kembali kejadian yang sudah terjadi, jika ada yang aneh, maka rekaman CCTV bisa dijadikan sebagai pembuktian kejadian sebelumnya.

Meningkatkan Keamanan Rumah

Letak kamera CCTV yang seringkali menjadi barang yang kontras akan membuat rumah Anda nyaman dari tindak kejahatan. Atau jika memungkinkan pasanglah CCTV di beberapa tempat yang disinyalir lepas dari pantauan sehari-hari. Dengan demikian, rumah akan selalu aman dari tindak kejahatan maupun kriminal.

Memakai PTZ Camera sebagai CCTV Rumah Anda

Saat ini hadir beberapa macam teknologi CCTV yang ada di pasaran. Semua memiliki manfaat, keuntungan dan kekurangannya masing-masing. Saya merekomendasikan WI-FI SMART PTZ Camera sebagai CCTV yang bisa memonitor keadaan dan situasi di rumah ektika Anda bepergian ke luar kota.

PTZ Camera merupakan CCTV yang memiliki beberapa fitur seperti resolusi full HD 1920×1080 dengan hasil rekaman yang jernih, HD Night Vision yang memungkinkan kamera CCTV mengintai dalam kegelapan dengan hasil yang jernih, Motion Detecting yang akan Memberikan notifikasi pada smartphone bila mendeteksi objek yang bergerak dan kamera dapat diatur sedemikian rupa untuk mengikuti gerakan, Two Way Audio yaitu dengan dilengkapi mikrofon dan speaker untuk komunikasi 2 arah, Multi User Vieweing yang memberikan fitur beberapa user yang bisa mengakses PTZ Camera.

Bagi Anda yang sering bepergian ke luar kota dan ingin mengetahui segala kondisi rumah, maka sangat direkomendasikan untuk menggunakan WI-FI SMART PTZ Camera sebagai alat bantu untuk mengetahui dan merekam situasi keadaan rumah. Dan Anda bisa memonitor keadaan rumah kapan pun dan dimanapun melalui smartphone yang dimiliki.

Rate this post

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here