Mau Buka Bisnis UMKM? Lengkapi dengan Aplikasi Kasir iReap

2
86

Memiliki bisnis UMKM dengan sistem yang baik tentu menjadi impian para pengusaha, apalagi saat ini aplikasi kasir seperti iReap sangat dibutuhkan untuk mendukung operasional bisnis UMKM yang Anda jalani. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan agar bisnis UMKM bisa berjalan dengan lancar dengan omset yang tinggi. Tentunya semuanya harus direncanakan dengan berbagai strategi bisnis marketing terbaik yang menurut Anda paling baik.

Ada banyak jenis bisnis UMKM yang bisa Anda bangun dari nol sampai bisa benar-benar sukses dan cash flow lancar serta dengan bantuan aplikasi kasir terbaik sehingga akan sangat teratur terutama dalam pengelolaan dana bisnis UMKM. Selain sistem bisnis dan rencana yang baik, sumber daya manusia yang mumpuni juga akan menjadi pendukung yang bersinergi membentuk sebuah sistem dalam bisnis UMKM yang dijalani.

Bisnis UMKM adalah usaha atau bisnis yang dimiliki dan dijalankan oleh seseorang ataupun badan usaha legal yang terdaftar, serta termasuk dan memenuhi kriteria usaha mikro. Bisnis ini biasanya memiliki modal kecil dan menengah, sebagian besar bisnis UMKM lahir dari sebuah bisnis kecil yang berkembang karena berhasil dalam perputaran uang sebelumnya. Bisnis UMKM bisa berkembang menjadi sebuah bisnis yang besar tergantung pengelolaan dan konsistensi dalam perkembangan dunia perdagangan.

Aplikasi Kasir iReap
Aplikasi Kasir iReap

Beberapa Contoh Kriteria Bisnis UMKM

Bisnis yang memiliki modal kecil dan omset yang belum begitu besar dalam setahun termasuk kategori usaha mikro. Berikut ini ada beberapa contoh kriteria bisnis UMKM yang bisa menjadi referensi dalam dunia usaha mikro. Di antaranya adalah:

Usaha Mikro

Usaha mikro disebut juga usaha yang memiliki keuntungan dari usahanya yang mencapai senilai Rp.300 juta. Dalam hal ini perputaran uang usaha mikro kadang-kadang menjadi satu dengan keuangan pribadi owner-nya sendiri. Sebagai contoh usaha mikro adalah pedagang pasar, pedagang kaki lima, stand makanan, pedagang asongan dan lain sebagainya. Ada beberapa sektor bisnis disini juga yang telah menggunakan aplikasi kasir android sebagai pembantu pencatatan keuangan untuk memudahkan operasional.

Usaha Kecil

Usaha Kecil disebut juga usaha yang memiliki keuntungan dari usahanya yang mencapai senilai Rp.500 juta. Dalam hal pengelolaan, usaha kecil sudah lebih teratur daripada usaha mikro, karena sudah berkembang yang berawal dari usaha mikro yang sudah digeluti sebelumnya. Usaha kecil contohnya adalah restoran,warung makan, bengkel mobil, kedai kopi, toko kelontong sederhana dan lain sebagainya. Perputaran uang di usaha kecil bisa menggunakan aplikasi kasir iReap sebagai pendukung operasional pengelolaan uang.

Usaha Menengah

Usaha Kecil disebut juga usaha yang memiliki keuntungan dari usahanya yang mencapai di atas Rp.500 juta. Pengelolaan uang dalam bisnis menengah sudah terpisah dari uang pribadi maupun uang pemiliknya. Pengelolaan uang masuk dan keluar juga sudah profesional dengan menggunakan aplikasi kasir profesional dan terbaik. Contoh usaha menengah yaitu restoran besar, cafe, toko bangunan, bengkel besar, toko swalayan, toko kelontong, dan lain sebagainya.

Kembangkan Bisnis UMKM dengan Aplikasi Kasir iReap

Dalam segi pengelolaan uang dalam sebuah bisnis, tentunya diperlukan kemudahan dalam pengoperasiannya dan keefektifan dalam laporan keuangan setiap harinya. Belum lagi garda terdepan dalam sebuah bisnis yaitu kasir, harus betul-betul memadai dari segi sistem kasir maupun cash flow keuangan perusahaan. Tersedianya banyak aplikasi kasir gratis belum cukup untuk mendukung operasional sebuah bisnis UMKM.

Saat ini hadir aplikasi kasir POS, mobile POS terbaik yang bisa membantu bisnis yang dijalani menuju kesuksesan dan berkembang ke tahap yang lebih lanjut. Aplikasi iReap hadir di tengah persaingan bisnis dalam menggapai tujuannya masing-masing.

iREAP adalah singkatan dari Integrated Retail Application,yaitu aplikasi yang dibuat dan dikembangkan untuk membantu bisnis Anda dalam mengatur dan menjalankan operasional toko, yang terdiri dari Point Of Sales/ Sistem Kasir dan sistem yang mengelola barang.

Aplikasi POS iReap merupakan solusi bagi bisnis Anda yang belum memiliki sistem atau aplikasi point of sales dalam pelaksanaannya. Aplikasi point of sales ini bisa digunakan untuk berbagai macam bisnis UMKM yang Anda jalani saat ini. Karena Anda bisa memonitor penjualan dalam berjalannya usaha UMKM yang dijalani.

Selain itu Aplikasi iReap juga bisa memantau keuntungan & stok barang yang dijual dari toko atau usaha UMKM yang Anda miliki secara real time. Anda bisa monitor operasional dan perputaran uang di usaha Anda kapan saja dan dari mana saja hanya melalui smartphone yang dimiliki. Tentu aplikasi ini akan sangat membantu sekalipun Anda baru memulai usaha dari mikro, usaha kecil, maupun usaha menengah.

Aplikasi kasir android terbaik untuk toko dan bisnis yang dijalani hanya menggunakan iReap. Anda bisa download aplikasi iReap di Playstore secara gratis. Aplikasi kasir terbaik yang bisa digunakan melalui android maupun PC (Personal Computer) ini bisa menjadi solusi terbaik demi mengatur perputaran uang dan memonitor aktivitas toko maupun stok barang serta elemen bisnis Anda secara real time. Mengembangkan bisnis dengan didukung oleh sistem yang baik merupakan pilihan yang terbaik untuk sebuah bisnis UMKM yang ingin berkembang.

Fitur Terbaik Aplikasi Kasir iReap

Ada beberapa toko dan bisnis UMKM yang sudah menggunakan aplikasi iReap sebagai aplikasi kasirnya dalam pelaksanaan bisnis. Review aplikasi kasir iReap dan testimonialnya sudah tersedia dengan berbagai komentar positif. Jika Anda ingin menggunakan aplikasi kasir for PC maupun Android, maka Anda harus mengetahui beberapa fitur terbaik aplikasi kasir iReap sebagai pendukung kegiatan bisnis. Berikut ini adalah Fitur andalan dari aplikasi kasir POS terbaik iReap yang bisa dijadikan pertimbangan untuk diterapkan di bisnis UMKM yang Anda jalani. Di antaranya adalah:

Analisa Aktivitas Toko yang Akurat

Aplikasi kasir yang dikembangkan oleh PT Sterling Tulus Cemerlang ini memiliki fitur terbaik dalam mengontrol aktivitas toko dalam pelaksanaannya. Pada aplikasi ini disediakan dashboard khusus bagi pengguna dengan memiliki laporan dan analitik dalam pelaksanaan kegiatan bisnis. Anda bisa memantau dan memonitor aktivitas toko di bisnis UMKM yang dijalani kapan saja dan dari mana saja.

Anda bisa mengakses seluruh toko yang dikelola hanya dengan menggunakan dashboard web dari akun iReap yang dimiliki. Di dalam dashboard ini Anda bisa mendapatkan laporan analitik secara lengkap secara mobile. Anda juga bisa mengakses laporan satu toko dengan menggunakan aplikasi mobile iReap ini.

Meningkatkan Kontrol Bisnis dan Toko Secara Online Maupun Offline

Aplikasi kasir toko dipakai untuk mengontrol bisnis dalam kesehariannya, Anda bisa melakukan kontrol dan mengecek pemasukan maupun pengeluaran yang dilakukan oleh kasir secara offline maupun online. Dalam hal ini, Anda sebagai pemiliki bisnis bisa mengontrol seluruh kegiatan toko seperti transaksi, penerimaan barang, penjualan eceran, pengeluaran barang, dan lain sebagainya yang terintregrasi dengan penyimpanan cloud saat menggunakan koneksi internet.

Akan tetapi jika tidak ada koneksi internet, maka seluruh histori dari kegiatan bisnis di atas akan tersimpan secara sementara, dan akan otomatis sinkron dengan cloud ketika mendapatkan koneksi internet. Jadi Anda tidak perlu khawatir transaksi tidak akan tercatat ketika tidak tersambung dengan internet. Selain itu, data penting seperti data toko, user, produk, pelanggan, pemasok / supplier, dan harga akan secara otomatis tersinkronisasi dari dashboard web dan Aplikasi iReap.

Metode Pembayaran yang Lengkap

Transaksi dalam sebuah bisnis di teknologi yang semakin berkembang ini terbagi menjadi dua, yaitu transaksi cash, dan transaksi e-Money. Ada beberapa pelanggan atau konsumen yang menggunakan keduanya dan ada juga yang hanya menggunakan salah satu ketika mereka mengkonsumsi sesuatu.

Dalam hal ini, aplikasi kasir terbaik iReap menjadi solusi bagi Anda yang suka berbelanja dengan menggunakan e-Money. karena metode pembayaran dari aplikasi iReap ini sangat lengkap dan mengugnakan Qris. Selain menggunakan Qris, integrasi dengan beberapa e-Money seperti Dana, Go-pay, OVO, Shopee Pay, Link Aja!. Serta didukung oleh beberapa bank terkenal di Indonesia seperti BCA, BNI, BRI, dan Bank Mandiri.

Manajemen Penyimpanan Data di Cloud

Dengan sistem penyimpanan data berbasis cloud, maka bisnis Anda akan memiliki database yang aman dan terjamin. Dalam sistem cloud ini, bisnis UMKM maupun perusahaan besar bisa menggunakan aplikasi iReap hanya dengan 5 langkah mudah yaitu :

  1. Download iReap POS Pro tau Lite melalui Playstore.
  2. Register bisnis, toko, dan administrator dari smartphone android yang dimiliki yang telah diinstal aplikasi kasir iReap.
  3. Input data master seperti barang dan harga, dengan menggunakan aplikasi Android maupun dari dashboard web.
  4. Mulailah berjualan dengan menggunakan iReap POS Pro Apps sebagai Cash register.
  5. Mulai check laporan aktivitas toko yaitu monitor penjualan, keuntungan, & stok barang secara realtime, kapan saja, dan dimana saja.

Dalam penyimpanan data berbasis cloud, Anda diharuskan mengisi master data lainnya secara lengkap dan detil seperti kategori barang, data supplier, data pelanggan, data master barang, data harga, dan lain sebagainya. Dan untuk otorisasi pengguna yang menggunakan aplikasi kasir ini disediakan beberapa jenis pengguna diantaranya administrator, manager, supervisor, dan kasir.

Menu aplikasi kasir android terbaik
Menu utama aplikasi kasir iReap

Jenis Layanan iReap Pos Pro dan iReap Pos Lite

Untuk memenuhi keinginan para pebisnis UMKM dalam memonitor usahanya, disini iReap menyediakan dua jenis layanan yaitu aplikasi kasir iReap Pro dan aplikasi kasir iReap Lite. Perbedaan dari keduanya tidak jauh beda, karena sama-sama dalam aplikasi yang sama, akan tetapi ada beberapa fitur iReap Pro yang tidak ada dalam iReap Lite. Keuntungan aplikasi kasir iReap yang dimiliki dari kedua layanan ini adalah tanpa biaya instalasi, tanpa kontrak minimum, tanpa batasan master data, tanpa batasan transaksi, dan tanpa iklan.

Berikut ini perbedaan iReap pro dan lite yang harus Anda ketahui, di antaranya adalah:

FITUR IREAP POS PRO IREAP POS LITE
HargaGratis 14 Hari dan berlangganan
IDR 41.667 per bulan
Gratis Tanpa batasan,
master data, transaksi, dan iklan.
Diperuntukan untuk BisnisKecil-MenengahMikro
Kasir / Point of Sales (POS)YaYa
Stok / InventoryYaYa
Harga Pokok Penjualan (HPP)Rata-rata & StandarRata-rata & Standar
Transfer Barang Antar TokoYaTidak
Resep / Produk Set /
Sales Bill Of Material
YaTidak
Piutang & Penerimaan PembayaraniReap InvoiceTidak
Biaya-Biaya TokoYaTidak
Absensi Karyawan YaTidak
Web Dashboard Report
(User Administrator)
YaTidak
TokoMultiple / Bisa beberapa tokoTidak
KasirMultiple UserSingle User
UserAdmin
Manager
Supervisor
Kasir
Single / Pemilik Toko
Penyimpanan DatabaseCloud & Lokal (Dalam Device)Lokal (Dalam Device)
KoneksiOnline & OfflineOffline
Master Data
(item, harga, pemasok, pelanggan)
Auto Distribution ke seluruh tokoManual Import pertoko
Laporan TransaksiDalam Device & WebDalam Device
Export to CSV, EXCEL, PDFYaTidak
Laporan Konsolidasi Banyak Tokohttps://pro.ireappos.comTidak
BahasaInggris
Indonesia
Rusia
Inggris
Indonesia
Rusia
Perancis
Jepang
Perbedaan iReap Pro dan Lite

Memang perbedaan dari versi pro dan lite dari aplikasi iReap ini sangat mencolok. Akan tetapi bila Anda belum memiliki modal untuk berlangganan versi Pro, Anda bisa menggunakan terlebih dahulu versi Lite sebagai aplikasi point of sales yang bisa mendukung bisnis yang dijalani. Kemudian jika memiliki omset yang besar, Anda bisa menyisihkan sebagian rejeki untuk berlangganan iReap versi Pro agar bisnis UMKM yang dimiliki semakin maju dan berkembang.

5 Langkah mudah menggunakan aplikasi iReap

Mengapa Harus Menggunakan Aplikasi iReap untuk Bisnis UMKM Anda

Dari beberapa fitur yang disediakan, maka sudah bisa disimpulkan bahwa untuk memulai bisnis UMKM dan dalam kegiatan bisnis didukung oleh aplikasi kasir terbaik android iReap ini sangat menguntungkan. Fitur yang tersedia baik dalam layanan iReap Pro maupun iReap Lite sangat membantu Anda dalam melaksanakan bisnis.

Beberapa jenis bisnis yang bisa menggunakan aplikasi kasir POS iReap ini sangat beragam seperti warung makan, cafe, restoran, salon, barbershop, bengkel, toko kelontong, ritel kecil, butik, toko sepatu, toko pakaian, klinik kecantikan, spa, jasa, logistik dan lain sebagainya.

Jenis bisnis yang bisa menggunakan Aplikasi Android iReap
Berbagai jenis bisnis yang bisa menggunakan aplikasi kasir iReap

Aplikasi iReap hadir sebagai solusi bagi Anda pemiliki bisnis UMKM untuk memonitor aktivitas bisnis maupun laporan harian yang tersedia pada aplikasi kasir gratis ini. Dengan banyaknya review dan testimonial positif oleh user yang telah memakai aplikasi iReap ini akan semakin meyakinkan Anda dalam menggeluti bisnis dengan serius. Selain itu, aplikasi iReap ini telah mendapatkan penghargaan berupa Great User Experience 2017 Award by Finance Online dan Rising Star 2017 Award by Finance Online.

Tunggu apalagi untuk mengembangkan bisnis UMKM Anda. Yuk, gunakan aplikasi kasir iReap untuk mednukung kegiatan bisnis UMKM yang Anda miliki, mulai memikirkan untuk mengembangkan bisnis dengan sistem yang tepat seperti yang tersedia dalam aplikasi kasir iReap ini.

Semoga artikel bisnis ini bisa bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

FAQ

Apa itu iReap POS?

iREAP adalah singkatan dari Integrated Retail Application,adalah suatu aplikasi yang dirancang dan dikembangkan untuk membantu anda dalam mengatur dan menjalankan operasional toko, yang terdiri dari Point Of Sales/ Sistem Kasir dan sistem yang mengelola barang.

Apakah Aplikasi iReap Gratis?

Untuk iReap POS Lite dapat digunakan gratis seumur hidup sedangkan untuk iReap POS Pro ada Free Trial 14 Hari/device/aplikasi

Berapa biaya berlangganan iReap POS Pro?

Berlangganan iREAP POS PRO adalah berdasarkan perangkat yang digunakan sehingga setiap perangkat akan memiliki masa berlaku berbeda sesuai kebutuhan anda.
Anda dapat memilih biaya berlangganan secara flexible dengan 4 macam periode berlangganan yaitu 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan
12 Bulan= 500.000 IDR
6 Bulan = 299.000 IDR
3 Bulan= 199.000 IDR
1 bulan= 99.000 IDR (hanya dapat dibeli melalui Google Pay, akan ditambahkan PPN dan biaya Provider)

Apa saja fitur aplikasi kasir iReap?

Analisa Aktivitas Toko yang Akurat, Meningkatkan Kontrol Bisnis dan Toko Secara Online Maupun Offline, Metode Pembayaran yang Lengkap, Manajemen Penyimpanan Data di Cloud.

Jenis bisnis UMKM apa saja yang bisa menggunakan Aplikasi Kasir iReap?

Beberapa jenis bisnis yang bisa menggunakan aplikasi kasir POS iReap ini sangat beragam seperti warung makan, cafe, restoran, salon, barbershop, bengkel, toko kelontong, ritel kecil, butik, toko sepatu, toko pakaian, klinik kecantikan, spa, jasa, logistik dan lain sebagainya.

5/5 - (9 votes)

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here