9 Peluang Bisnis Tahun 2021 Di Tengah Kondisi Pandemi

0
125
peluang bisnis pandemi

Peluang bisnis di tengah pandemi dapat dimanfaatkan untuk bertahan pada kondisi perekonomian saat ini. Kondisi pandemi yang membuat masyarakat harus terbiasa dengan gaya hidup baru. Hal tersebut membuat terbukanya peluang-peluang usaha baru bermunculan. Kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk memulai bisnis sendiri. Apa saja peluang tersebut? Yuk simak ulasannya berikut ini:

Peluang Bisnis saat Pandemi
Peluang Bisnis saat Pandemi

Makanan Sehat

Masa pandemi membuat masyarakat semakin memperhatikan kesehatannya. Banyak yang akhirnya beralih ke pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat. Kamu bisa menyajikan makanan sehat dengan berbagai varian menu.

Variasi menu yang disajikan bisa dari makanan khas Indonesia, Jepang, Eropa, dan lainnya. Kamu juga bisa membuat paket menu makanan sehat sesuai dengan tujuannya, misal paket makanan sehat untuk diet, makanan sehat untuk anak, makanan sehat bagi yang ini melakukan program pembentukan badan, atau lainnya.

Frozen Food

Saat ini masyarakat lebih sering membawa bekal makanan sendiri karena lebih sehat dan terjamin kebersihannya. Keterbatasan waktu sehingga terkadang tidak sempat menyiapkan masakan terutama untuk menu-menu yang rumit. Kamu bisa memanfaatkan hal ini menjadi sebuah peluang bisnis untuk menyajikan makanan beku rumahan atau frozen food homemade dan makanan siap masak lainnya.

Dengan adanya makanan kemasan siap masak atau makanan beku ini akan mempersingkat proses masak. Biasanya selain dicari oleh ibu rumah tangga, makanan siap masak dan beku ini juga menjadi favorit karyawan dan mahasiswa yang tinggal kos-kosan.

Jastip

Peluang usaha jastip atau jasa titip belanja juga semakin besar di tengah kondisi pandemi ini. Banyak masyarakat yang masih enggan keluar rumah untuk berbelanja di mall atau tempat berbelanja lainnya sehingga memanfaatkan adanya jastip ini.

Kamu bisa menawarakan jasa titip membelanjakan berbagai produk mulai dari pakaian, peralatan rumah tangga, mainan hingga makanan atau makanan khas yang biasanya diburu banyak orang.

Kebutuhan Kesehatan

Masyarakat menjadi lebih memperhatikan kesehatannya, sehingga rajin mengkonsumsi produk kesehatan seperti multivitamin, suplemen, serta penunjang kesehatan lainnya. Hal ini bisa menjadi peluang tersendiri untuk berbagai produk kesehatan. Kamu bisa menjadi reseller produk kesehatan atau bisa menjual alat pelindung diri seperti masker, hand sanitizer dan lainnya.

Pakaian Rumah

Kamu bisa memanfaatkan peluang bisnis  menjual berbagai produk pakaian rumah yang nyaman untuk dewasa dan anak-anak. Hal ini karena orang menghabiskan lebih banyak waktu di dalam rumah saat pandemi, sehingga peminat pakaian rumahan yang nyaman semakin meningkat.

Meskipun di rumah saja tetapi banyak yang ingin tampil fashionable dan tetap nyaman. Kamu bisa memproduksi sendiri pakaian rumah yang sedang tren di masyarakat. Selain memproduksi sendiri, kamu bisa membeli pakaian secara grosir dan menjualnya kembali atau bisa juga menjadi reseller produk pakaian dari para produsen dengan sistem pre order.

Catering

Peluang usaha makanan sehat seperti catering juga semakin diminati masyarakat terutama di kota-kota besar. Banyak orang mengandalkan catering untuk makanan sehari-hari karena lebih hemat dan sehat dibandingkan jika membeli makanan di restoran. Meskipun telah banyak usaha catering namun kamu tetap bisa membuka usaha catering baru dengan menonjolkan makanan khas dari usaha cateringmu.

Hobi

Selama di rumah saja banyak orang jadi memiliki hobi baru mulai dari berkebun, memelihara hewan, menjahit serta kegiatan hobi lainnya. Kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk memulai bisnis yang berhubungan dengan hobi-hobi yang tren saat ini.

Dekorasi Rumah

Memiliki banyak waktu di rumah sehingga orang jadi rajin bersih-bersih rumah dan senang mempercantiknya. Hal ini membuat peminat peralatan rumah tangga dan berbagai pernak-pernik dekorasi rumah meningkat.

Peluang usaha ini sangat menarik untuk dimanfaatkan. Kamu bisa menjual kembali barang-barang dekorasi rumah dari berbagai produsen. Apabila kamu memiliki keahlian kerajinan tangan, kamu juga bisa membuat sendiri produkmu dengan ciri khas tertentu yang menarik pembeli.

Peluang Bisnis Laundry

Jika kamu tinggal di daerah perkotaan khususnya di daerah perkantoran atau kampus, maka usaha laundry bisa menjadi peluang yang baik. Biasanya masyarakat perkotaan memiliki kesibukan tinggi sehingga tidak sempat mencuci pakaian sendiri.

Saat pandemi ini kamu dapat memberikan jasa laundry dengan menjamin keamanan dan kebersihan hasil cucian para pelanggan. Kamu bisa menambahkan bahan pencuci anti bakteri atau sebagainya agar pelanggan semakin tertarik.

Itulah berbagai peluang bisnis di tahun 2021 yang bisa kamu manfaatkan untuk memulai bisnismu sendiri.  Bisnismu bisa semakin dikenal orang dan menjangkau pasar yang luas dengan membuka toko online. Kamu bisa membuat toko online di marketplace dan mempromosikannya di media sosial.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa membuat website toko online sendiri. Dibandingkan dengan marketplace, penggunaan website akan membuat pelanggan lebih fokus kepada produkmu. Adanya website juga akan membuat bisnismu dinilai terpercaya dan profesional oleh calon pembeli. Kini membuat website untuk bisnis online sangat mudah dan praktis dengan menggunakan TokoTalk.

TokoTalk menyediakan layanan pembuatan website toko onlinemu dengan sistem otomatis untuk mengelola penerimaan order hingga notifikasi bagi pelangganmu. Berapa biayanya? Jangan khawatir karena tersedia layanan buat website gratis di TokoTalk.

Referensi: https://www.lalamove.com/indonesia/jakarta/id/blog/ide-peluang-bisnis-menjanjikan-2021

5/5 - (1 vote)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here