Ketika akan membeli pendingin ruangan atau AC, ada banyak pertimbangan yang bisa Anda gunakan. Seperti salah satunya adalah dengan mengetahui tips memilih AC dengan PK yang tepat. PK perlu diperhatikan agar nantinya akan mendapatkan fungsi yang maksimal dan efisien. Selain itu PK tersebut juga akan mempengaruhi harga dan kehematan listrik yang digunakan. Oleh karena itulah penting untuk Anda memilih AC dengan PK yang tepat.

Pemilihan AC yang baik tentunya dapat memberikan rasa sejuk yang maksimal untuk ruangan yang berada di rumah. Dengan memiliki suasana yang sejuk, anggota keluarga akan lebih betah di dalam rumah dan mengurangi bepergian keluar rumah saat kondisi pandemi seperti ini.

Tips Memilih AC
Tips Memilih AC

Menentukan AC dengan PK yang Tepat

Untuk mendapatkan AC dengan PK yang tepat, Anda bisa menggunakan perbandingan ruangan dengan kebutuhan PK produk AC yang akan dipilih. Adapun untuk tipsnya bisa menggunakan BTU atau British Thermal Unit yang akan dapat menggambarkan kemampuan AC untuk dapat mendinginkan ruangan dalam waktu satu jam. Sedangkan untuk ruangan menggunakan rumus Panjang x lebar x tinggi ruangan dalam meter x 500. Hasil yang akan didapatkan adalah seperti berikut ini:

  • AC ½ PK cocok untuk 5000 BTU/h.
  • AC ¾ PK cocok untuk 7000 BTU/h/
  • AC 1 PK cocok untuk 9000 BTU/h.
  • AC 1 ½ PK cocok untuk 12 ribu BTU/h.
  • AC 2 ½ PK cocok untuk 18 ribu BTU/h.

Selain tips menentukan PK yang tepat tersebut, beberapa pertimbangan lain yang bisa digunakan adalah:

  1. Anda bisa menentukan jenis yang tepat, seperti AC central untuk rumah atau AC split.
  2. Selanjutnya bisa memilihnya dari tipe AC yang menyediakan pilihan standar, low watt, dan inverter.
  3. Memperhatikan jumlah orang di dalam ruangan.
  4. Memilih AC dengan fitur hemat listrik.
  5. Memilih merek dan harga produk AC yang akan dibeli.

Memilih Jenis dan Tipe AC yang Digunakan

Dua jenis AC yang beredar di pasaran adalah AC standar dan AC inverter. AC dengan watt rendah biasanya tergolong AC standar. Sementara itu, penemu AC adalah AC yang bekerja sangat keras saat pertama kali dibuka, tetapi menurunkan kinerjanya saat suhu ruangan rendah. Jika daya AC digunakan lebih dari 6 jam sehari, daya AC inverter adalah pilihan yang paling sesuai.

Memilih AC dengan Fitur Special

Setiap merk AC biasanya memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki oleh AC lainnya. Untuk itu, pilih AC yang hanya memiliki fungsi yang dibutuhkan agar bisa menghemat biaya. Pasalnya, jika tidak terlalu digunakan, percuma saja membeli AC yang mahal dengan banyak fitur. Pilih yang sesuai dengan kondisi rumah Anda. Dengan begitu penggunaan listrik juga akan semakin hemat dan otomatis menghemat biaya operasional pula.

Advertisements

Pilih AC dengan Desain Sederhana

Selain jenis dan fungsi yang disediakan, jangan lupa juga untuk memperhatikan desain AC. Jika Anda tidak terlalu memikirkan bentuknya, silakan pilih AC yang sederhana. Pasalnya, AC akan lebih mudah dibersihkan. Semakin rumit desain AC, semakin sulit untuk dibersihkan. Dengan memilih yang memiliki desain sederhana maka perawatan akan semakin mudah untuk kedepannya.

Ketika akan memilih AC, Anda juga penting untuk menyesuaikan dengan kebutuhan. Seperti untuk AC rumah bisa memilih AC low watt sehingga akan bisa hemat listrik. Salah satu merek terbaik yang dapat dibeli untuk mendapatkan AC yang hemat energi di rumah adalah AC dari Daikin Indonesia. Tempat ini menawarkan beberapa pilihan jenis mulai dari single split, multi split, dan juga air purifier yang menawarkan keunggulan efisiensi energi dan ramah lingkungan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here