Media Promosi Online menjadi sebuah hal baru dalam dunia marketing. Perkembangan ekonomi dan teknologi yang cepat membuat bisnis UKM (Usaha Kecil dan menegah) harus mengaplikasikan kreatifitas dan inovasi dalam merencanakan strategi pemasaran melalui media promosi online. Sebuah UKM tentunya harus melek teknologi karena memang perubahan jaman ini mengharuskan UKM terjun ke ranah melek digital.

Tapi bagaimana jika pelaku bisnis UKM belum begitu familiar dengan dunia teknologi? Semua memang harus dilakukan secara bertahap. Jangan terlalu khawatir jika kalian belum begitu mengetahui cara tepat pemasaran UKM. Ada beberapa media promosi yang bisa dilakukan oleh para pelaku UKM. Sepertinya lebih menarik jika kita bahas satu per satu.

Pemasaran dengan Media Promosi Online
Strategi Pemasaran dengan Media Promosi Online

Pengembangan Bisnis UKM melalui Pemanfaatan Teknologi

Bisnis UKM menjadi salah satu sektor bisnis yang sedang naik daun, ini merupakan kabar baik untuk perekonomian di Indonesia. Sektor usaha kecil yang mulai menggeliat mempengaruhi sektor usaha lain untuk lebih kreatif dalam menyediakan produk dan layanannya. Dengan adanya keadaan new normal diharapkan bisnis UKM akan semakin produktif saat pandemi ini.

Tak terkecuali di bidang teknologi, mungkin yang sering kita tahu bahwa bisnis UKM hanya bisa berkembang di sektor lokal saja. Jangan salah, dengan pemanfaatan teknologi mereka bisa berkembang dan mulai membangun branding bahkan dari nol sekalipun.

Bukan berarti UKM tidak pernah mencicipi pemasaran digital yang mungkin bagi sebagian dari mereka mengandalkan branding lokal untuk menarik para calon konsumen agar tertarik terhadap produk mereka.

Menurut data dari Badan Pusat Statistik, tercatat sebanyak kurang lebih 60 juta unit usaha mikro kecil yang berada di Indonesia. hanya sekitar 8% saja yang sudah menggunakan platform online untuk memasarkan usahanya. Padahal UKM ini memiliki kontribusi sekitar 61,4% terhadap PDB (produk Domestik Bruto).

Dari fakta di lapangan bukan tidak mungkin jika mereka melakukan strategi pemasaran online maka akan industri UKM akan lebih cepat berkembang. Bayangkan saja jika mereka terhubung melalui media promosi online, begitu mudahnya transaksi antara penjual dan pembeli dimanapun mereka berada.

Strategi Pemasaran untuk Bisnis UKM

Perlunya sosialisasi dan pemahaman yang mudah dicerna oleh para pelaku UKM selalu menjadi perhatian penting pemerintah dalam upaya mendukung kegiatan bisnis UKM di Indonesia. Oleh karena itu para pelaku bisnis UKM dituntut memiliki kreatifitas dan inovasi untuk bisa bersaing di dunia teknologi ini.

Perlunya strategi cara pemasaran yang tepat untuk sebuah usaha menjadi kebutuhan yang paling utama untuk saat ini. Mengapa? karena sebuah usaha tidak akan berkembang lebih cepat tanpa dibarengi dengan promosi. Baik melalui media promosi online dan offline.

Jenis Media Promosi untuk Pemasaran Bisnis UKM

Ada banyak cara untuk mengenalkan produk kalian kepada calon konsumen. Mungkin cara konvensional selalu menjadi pilihan mereka karena lebih simple. Tetapi akan lebih baik jika UKM dipasarkan melalui media promosi yang tepat bukan?

Untuk memasarkan produk tentunya dibutuhkan riset terlebih dahulu tentang target market yang akan kita bidik. Setelah itu kita bisa menentukan, melalui media yang seperti apa UKM itu bisa berkembang dengan cepat dan tertuju.

Promosi online dan offline
Promosi online dan offline

Sesuai kebutuhannya, ada 2 jenis media promosi yang bisa kita pilih untuk memasarkan produk kepada calon konsumen. Diantaranya adalah:

Pemasaran dengan Media Promosi Online

Pemasaran promosi online atau lebih sering disebut online marketing adalah suatu kegiatan promosi dengan tujuan mengenalkan dan menawarkan sebuah produk atau jasa secara online menggunakan internet dan teknologi digital kepada calon konsumen.

Sepertinya istilah ini sudah sering terdengar di jaman teknologi yang semakin maju ini. Hampir setiap orang memiliki perangkat digital untuk menunjang keseharian. Inilah sebuah peluang untuk pemasaran online, dimana setiap orang memiliki kecenderungan mencari sesuai menggunakan perangkat digital yang mereka miliki.

Bagi setiap orang yang melek teknologi, menggunakan gadget merupakan hal bisa dikatakan sudah menjadi kecanduan di kehidupan sehari-hari. Tapi memang jaman sudah bergeser, teknologi akan diproyeksikan untuk memudahkan segala urusan manusia.

Jadi, pemasaran online ini adalah salah satu cara untuk bisa lebih fokus mengenalkan produk UKM kepada audience yang tertarget. Selain mudah, media online ini memiliki jaringan yang sangat luas untuk diterlusuri lebih dalam.

Pemasaran dengan Media Promosi Offline

Pemasaran promosi offline atau biasa disebut media promosi luar ruang adalah suatu kegiatan promosi dengan tujuan mengenalkan dan menawarkan sebuah produk secara offline. Cara promosi offline ini sudah lama dilakukan oleh para pelaku bisnis sebelum mengenal internet.

Pergeseran jaman dan berkembangnya teknologi membuat strategi pemasaran offline ini sedikit ditinggalkan oleh para pelaku bisnis. Tapi jangan salah, promosi secara offline juga terbukti efektif untuk menarik perhatian calon konsumen langsung dihadapan mereka.

Media promosi luar ruang ini lebih cocok digunakan saat mengadakan acara event di sebuah tempat dengan massa yang banyak, ataupun di spot khusus di tengah keramaian seperti papan nama baliho yang berada di median jalan raya.

Promosi offline versi sederhana seperti brosur, spanduk, banner, backdrop dan lainnya masih sering digunakan sampai saat ini oleh para pelaku usaha baik perusahaan besar maupun UKM.

Persiapan Promosi secara Online untuk UKM

Setelah membaca penjelasan diatas, setidaknya ada sedikit gambaran perbedaan pemasaran secara online dan offline. Nah cara promosi mana yang cocok untuk mengembangkan bisnis UKM di masyarakat?

Dengan melihat peluang yang sedikit terbuka melalui media online, seharusnya ini bisa menjadi titik pijak awal bagi kalian para pengusaha UKM untuk melebarkan sayap dengan berpromosi melakukan pemasaran secara online.

Mengapa? karena pemasaran secara online dalam pelaksanaannya lebih mudah dan lebih simple. Sesuai dengan kemajuan teknologi yang memanjakan manusia untuk menggunakan perangkat digital sebagai penunjang aktifitas sehari-hari.

Kalian mempunyai bisnis UKM yang sedang dirintis? inilah waktu yang tepat untuk memahami media promosi online paling efektif yang dapat dilakukan untuk meningkatkan penjualan produk maupun jasa kepada calon konsumen secara tertarget.

Media Online untuk Melakukan Promosi Bisnis

Teknologi dan internet menjadi sebuah kebutuhan yang tak bisa lepas dari aktifitas sehari-hari. Hampir setiap orang memiliki gadget untuk menunjang keseharian. Semua bisa dilakukan dari gadget pribadi, baik aplikasi perkantoran, aplikasi chat, sampai media sosial yang bisa dikatakan menjadi pelengkap serunya keseharian kalian.

Lantas apakah media online bisa dipakai untuk melakukan branding? Jawabannya tentu sangat bisa, karena pemasaran melalui media online ini dinilai lebih efektif dan efisien karena tidak butuh modal yang banyak dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan promosi yang akan dilakukan.

Berbagai jenis promosi secara online
Jenis promosi secara online

Data dan Fakta Media Online

Data Statista di lapangan menunjukan bahwa pengguna internet di Indonesia pada tahun 2018 mencapai kurang lebih 95 juta pengguna. Dengan pertumbuhan sekitar kurang lebih 13% per tahun dari tahun sebelumnya. Diperkirakan pada tahun selanjutnya pertumbuhan akan berada di angka rata-rata 10% per tahun.

Dari data tersebut, kegiatan yang paling banyak digunakan adalah media sosial dan aplikasi obrolan. Tercatat sekitar 45% netizen menggunakan facebook. Jadi, apa artinya? bahwa media sosial adalah media yang paling tepat untuk mempromosikan bisnis UKM untuk saat ini.

Kita harus pandai memanfaatkan peluang yang tercipta seiring perkembangan teknologi yang cepat ini. Apa modal kita? kita memiliki modal pertemanan di media sosial dan lainnya sebagai sasaran market kita kedepannya. Hal ini akan menjadi sebuah terobosan baru di dunia internet marketing.

Pengertian Media Promosi melalui Online

Masih penasaran dengan kekuatan media promosi secara online? Perlu diketahui terlebih dahulu, Media Promosi secara Online adalah kegiatan pemasaran sebuah produk dengan menggunakan media online/yang berhubungan dengan internet.

Secara logika dengan data dan fakta pengguna internet di Indonesia saja merupakan target yang potensial untuk melambungkan bisnis UKM kalian. Ini merupakan sebuah terobosan baru untuk para pelaku bisnis untuk melek digital di tahun 2020 ini.

Pentingnya Melakukan Promosi Pemasaran Online

Cara yang paling efektif promosi di jaman teknologi berkembang ini adalah dengan menggunakan fasilitas secara online. Mengapa hal ini sangat penting? karena dengan menggunakan media online kita bisa mengoptimalkan penjualan tidak hanya di batas regional saja, akan tetapi secara nasional.

Peningkatan jumlah pengguna internet dan media sosial khususnya, membuat teknik pemasaran online ini mudah dilakukan. Tak hanya itu, semakin meningkatkan jumlah pencarian dari perangkat mobile, tentunya ini akan mengkonversi leads (pengunjung online) menjadi sebuah sales (penjualan).

Selain itu kebiasaan masyarakat di Indonesia adalah memanfaatkan jaringan internet untuk segala keperluannya,sehingga segala sesuatu yang biasa dilakukan secara offline kini beralih menjadi online.

Manfaat Media Promosi secara Online

Sebetulnya apa sih manfaaat dari pemasaran dengan media online? Banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan media online sebagai pilihan strategi pemasaran. Diantarannya adalah:

  • Waktu buka toko yang fleksibel
    Dalam dunia bisnis, toko offline yang terbatas di jam buka adalah salah satu hambatan terbesar. Saat ini akses internet terus berjalan 24 jam penuh, oleh karena itu jika kalian menggunakan media online, maka jam buka toko akan lebih fleksible menyesuaikan waktu.
  • Jangkauan pemirsa yang sangat luas
    Pengguna internet di Indonesia yang sudah mencapai angka kurang lebih 150 juta orang adalah modal utama untuk menargetkan produk. Dengan menggunakan media online, secara langsung membuka toko online yang tidak harus memiliki toko secara fisik, tentunya ini yang sangat diharapkan oleh setiap pebisnis.
  • Komunikasi yang mudah dengan calon konsumen
    Media internet bersifat global, dengan kata lain calon konsumen bebas melakukan komunikasi dengan seller. Karena komunikasi adalah cikal bakal sebuah sales. Dengan kata lain, komunikasi 2 arah secara privat dirasakan akan lebih nyaman untuk menjaga chemistry dengan calon konsumen.
  • Hemat biaya promosi
    Jika dibandingkan dengan membuka toko secara fisik, keberadaan toko online jauh lebih menghemat biaya operasional. Eksekusi iklan dan promosi di media online akan mengurangi beban biaya promosi konvensional. Memang media online ada yang berbayar dan tidak, selama ada yang gratis seperti media sosial, kita bisa mencobanya terlebih dahulu.
  • Hasil konversi penjualan mudah direkap
    Ini sedikit agak berbeda dengan promosi online secara gratis. Di media online ada yang namanya iklan berbayar seperti Google Ads dan Facebook Ads, produk ini bisa kalian coba jika memiliki budget promosi lebih. Keuntungannya adalah kita bisa membaca data leads dan terekap secara otomatis dari hasil report analitycs google maupun dari platform ads facebook.
  • Lebih mudah untuk menentukan target market
    Promosi secara langsung kepada calon konsumen yang sedang mencari produk yang kalian sediakan menjadi sebuah tujuan utama dalam promosi menggunakan media online, hal ini biasa disebut konsumen yang tertarget. Penentuan kategori dan sub kategori secara rapi akan menjadi kunci utama calon konsumen menemukan produk kalian.
Beberapa manfaat online
Manfaat media promosi online

Tips Menggunakan Media Promosi secara Online dan Contohnya

Penggunaan media untuk promosi secara online tentunya memerlukan beberapa platform sebagai media pemasaran. Tidak harus semua platform wajib kita gunakan, kecuali jika kalian sudah expert dalam hal management. Banyak wadah yang berbayar maupun tidak untuk kita gunakan sebagai wadah mempromosikan produk kita.

Tidak semua harus kalian gunakan untuk melakukan marketing / promosi secara online. Pilih jenis tertentu yang menurut kalian sangat dikuasai. Tentunya hal ini agar kalian tidak ribet di kemudian hari karena harus belajar dari awal lagi.

Tips Menggunakan Media Pemasaran Online yang Tepat

Untuk mulai melakukan pemasaran secara online, tentunya kita harus mengetahui Tips menggunakan media pemasaran online yang tepat demi kelancaran bisnis kita.

Berikut ada beberapa tips singkat bagaimana cara pemasaran online yang tepat bagi para pelaku bisnis terutama untuk para bisnis UKM.

  • Tentukan Target Pasar Pemasaran Online
    Menentukan target pasar adalah hal yang paling penting demi suksesnya kegiatan promosi bagi para pelaku usaha UKM, karena dengan menentukan target pasar, kegiatan pemasaran online akan efisien dilakukan.
  • Kenali Produk Kalian Terlebih Dahulu
    Keunggulan produk memang sebuah hal yang sering terabaikan oleh para pelaku bisnis, justru sebenarnya jika kita menonjolkan keunggulan produk, maka konsumen akan semakin percaya dengan kualitas produk yang akan kita jual.
  • Kolaborasikan Materi Visual Pemasaran
    Penggunaan desain grafis yang menarik perhatian juga bisa menjadi pilihan strategi pemasaran melalui visual, karena di dalam dunia online yang dibutuhkan adalah keselarasan banner desain dan materi produk yang akan dipasarkan.
  • Perhatikan Gerak Kompetitor saat Berpromosi
    Kompetitor kadang bisa menjadi hambatan kita dalam mempromosikan produk yang kita jual secara online. Keberadaan kompetitor memang meingkatkan persaingan bisnis produk tertentu, ada baiknya kalian riset terlebih dahulu apa keunggulan kompetitor dibanding kita. Kita bisa lakukan sistem ATM yaitu amati, tiru dan modifikasi materi produk yang akan kita pasarkan.

Contoh Pemasaran Online Melalui Berbagai Media Promosi

Berikut ada beberapa contoh media promosi secara online yang dapat kalian pilih sebagai senjata utama dalam proses marketing dan promosi produk kalian secara online, diantaranya adalah:

Pemasaran Online Melalui Marketplace / e-commerce

Salah satu jalan yang banyak dipilih oleh para seller, karena dinilai mudah dalam pengaplikasiannya dan memang jual beli online sedang nge-trend untuk saat ini. Penjualan melalui marketplace/e-commerce terbukti sudah membantu para bisnis UKM dalam proses pemasaran yang lebih mudah. Media promosi online dalam bentuk marketplace adalah salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk melakukan promosi online.

Pemasaran Online Melalui Media Sosial

Pemilihan promosi online berupa media sosial selalu menjadi jalan termudah bagi para seller yang sering berinteraksi di media sosial. Seperti contohnya promosi instagram, promosi facebook, promosi twitter sampai status whatsapp yang selalu kita lihat sehari-hari. Pasti ada kan teman kita yang menjual produknya secara online melalui media tersebut? Promosi menggunakan media sosial masih menjadi pilihan paling mudah untuk para seller UKM.

Pemasaran Online Melalui Email Marketing

Untuk bisnis UKM yang sudah tersistem, ada baiknya kita melakukan remarketing target dengan menggunakan email. Mengapa email bisa dijadikan media promosi? Email sudah umum digunakan oleh beberapa perusahaan, sehingga penggunaan promosi melalui email dibutuhkan untuk menargetkan kalangan tertentu. Kita bisa melakukan promo diskon dan di blast melalui email dengan email potensi yang sudah masuk database kita.

Pemasaran Online Melalui Iklan Berbayar

Terobosan baru di dunia internet dalam bidang marketing sangat berkembang dengan cepat. Kita diberi akses gratis baik web maupun aplikasi dari beberapa perusahaan internet seperti google ads dan facebook ads. Saat ini mereka menyediakan tools untuk melakukan promosi secara online dengan iklan berbayar. Kalian bisa mencobanya jika memiliki budget lebih khusus untuk promosi.

Pemasaran Online Melalui Website

Bagian ini lebih menarik, peranan website toko dan penjualan online ini sangat berhubungan. Dengan makin meningkatkan hasil pencarian google di mobile, maka peran website pun menjadi pilihan utama untuk melakukan pemasaran secara online. Optimasi website agar tampil di page 1 hasil pencarian atau lebih sering dikenal Search Engine Optimization harus dilakukan untuk mengoptimalkan pencarian web kalian dengan kata kunci tertentu yang berhubungan dengan produk kalian.

Pemasaran Online Melalui Youtube

Di dunia visual keberadaan video menjadi salah satu faktor yang menarik perhatian. Apalagi dengan kualitas video yang bagus dan bisa memberikan kesan yang berbeda bagi setiap penontonnya. Ini adalah sebuah peluang bagi kalian yang memiliki bisnis dan usaha UKM untuk menggunakan media Youtube sebagai sarana pemasaran online. Buatlah video yang menarik tentang usaha UKM anda sehingga para calon konsumen akan mendapatkan sebuah keunggulan yang lain dari pada yang lain.

Pemasaran Online Melalui Whatsapp

Siapa yang tidak memiliki whatsapp, 2020 semua orang sepertinya sudah menggunakan aplikasi smarphone ini untuk berkomunikasi di aktifitas sehari-hari. Baik masalah pekerjaan maupun komunikasi yang bisa mempererat silaturahmi. Apakah bisa sebuah bisnis UKM menggunakan media whatsapp sebagai sarana untuk promosi? jawabannya bisa, kalian bisa menggunakan whatsapp bussiness yang memiliki fitur bisnis yang lebih lengkap seperti katalog, quick reply, dan lain sebagainya.

Peran Blogger dan Influencer dalam Membantu UKM melakukan Pemasaran Online

Bagaimana jika kalian belum begitu memahami beberapa platform seperti yang telah dijelaskan diatas? salah satu cara promosi online yang paling efektif dan efisien adalah melalui pihak ketiga yaitu blogger dan influencer.

Melalui para blogger dan influencer diharapkan bisa memaksimalkan branding dan promosi beberapa bisnis UKM secara tertarget. Hal ini erat kaitannya dengan strategi pemasaran tentang experience seseorang.

Mereka akan mengenalkan produk bisnis UKM dari sudut pandang pemakai, bisa dikatakan mereka akan memberikan review maupun testimonial yang ditujukan kepada para follower mereka, dengan tujuan membangun kepercayaan kepada calon konsumen.

Promosi Melalui Blogger

Bagi para blogger, artikel memang hal yang sehari-hari dikerjakan oleh mereka. Cara promosi online melalui Blogger biasanya dengan post artikel yang berisi produk yang akan dipromosikan di blog yang mereka miliki.

Biasanya para blogger akan diberi ketentuan khusus dalam artikel yang akan di publish atau juga bisa dengan cara Content Placement yaitu artikel yang sudah disediakan oleh perusahaan yang ingin melakukan promosi produk. Cara lain bisa juga dengan mengirimkan sebuah produk yang akan di-review. DI hasil final, mereka akan menyisipkan backlink jika dibutuhkan untuk pendukung optimasi SEO untuk website produk tersebut.

Promosi melalui blogger, dinilai lebih efektif untuk menciptakan brand yang lebih dikenal oleh calon konsumen, harga yang ditentukan untuk bekerjasama dengan blogger adalah melalui patokan statistik web yang mereka miliki. Bisa menggunakan Alexa rank, Domain authority, Domain Rating, dan lain sebagainya.

Promosi Melalui Influencer

Secara garis besar, jika menggunakan jasa para influencer berarti kalian akan menggunakan jasa seseorang yang telah memiliki reputasi yang baik dimata para follower-nya.

Kebanyakan para influencer menggunakan media sosialnya untuk mempromosikan produk. Bisa melalui feed, story, maupun video. Platform yang mereka miliki juga biasanya sangat lengkap, mulai dari media sosial sampai blog sekalipun. Harga promosi di setiap influencer memang berbeda-beda, biasanya patokannya adalah nilai Engagement Rate sebuah akun yang dimiliki oleh influencer tersebut.

Peran Blogger dan Influencer untuk bisnis UKM
Blogger dan Influencer untuk bisnis UKM

Kesimpulan

Dengan kemajuan teknologi internet media promosi secara online bisa dikatakan pilihan yang paling fleksibel bagi mengembangkan brand awareness bisnis UKM.

Penentuan media promosi online adalah keputusan terbaik strategi pemasaran untuk saat ini. Dengan manfaat promosi online yang sangat banyak, pastinya akan menjadikan bisnis UKM akan lebih dikenal masyarakat luas. Sehingga bisnis UKM akan lebih maju dibandingkan sebelumnya. Sehingga pemilihan media promosi online terbaik memerlukan tahapan yang sangat panjang untuk sebuah keberhasilan pemasaran online kalian.

Bisnis UKM akan lebih berkembang dengan pemilihan tepat strategi pemasarannya, salah satunya dengan memilih media sosial, blogger atau influencer sebagai media untuk memasarkan produk mereka kepada calon konsumen.

Semoga bisnis UKM di Indonesia semakin terus berkembang seiring meningkatkan penggunaan internet dan media promosi secara online. Bukan hal yang tidak mungkin bahwa seluruh bisnis UKM di indonesia akan memilih cara pemasaran online untuk strategi pemasaran mereka.

46 COMMENTS

  1. ternyata walaupun serba online dan terlihat mudah, ada juga serangkaian strategi agar tepat sasaran ya. apalagi kalau banyak saingannya, nggak cuma ngandelin hanya satu aja

    • tertrget dan tepat sasaran, ini goalnya yang paling utama kak,
      dan memang semua harus udah go online sih, secara semua org udh punya smartphone

  2. UMKM Indonesia sekarang udah sedikit melek teknologi internet sehingga sudah banyak produk-produk mereka dipasarkan melalui media promosi online. Tapi buat UMKM di kampung dengan akses internet dan teknologi serta pengetahuan digital yang terbatas, kadang-kadang optimasinya belum terlalu bagus.

    • perlunys sosialisasi untuk semua bisnis UKM ini solusinya. PR pemerintah sih sebenernya. karena mau gak mau kita semua yang berkecimpung di bisnis ukm harus melek teknologi

    • iya kak, sudah terbukti, apalagi peran influencer dan blogger sekarang sanga membantu dalam promosi secara online

    • Jangkauan yang luas akan lebih bebas kita mengeksplorenya, cari audience yang memang benar-benar membutuhkan produk yang akan dipromosikan. Dunia internet memang luas hehe

  3. kalo ngeliatin tren sekarang, promosi paling efektif lewat selebgram. Rasanya engagement nya tinggi kali.

    Misal aku perhatiin akunnya fitrop, karena punya baby, banyaj yg endorse produk2 bayi. eh, jadi laris deh

    • selebgram salah satu jalan untuk mengenalkan produk UKM ke seluruh Indonesia. lebih efektif dan lebih tertarget memang πŸ˜€

  4. Menurutku salah satu poin yang harus dimengerti seller juga kalau meng-hire influencer adalah tujuannya meningkatkan brad awareness, tidak langsung closing penjualan πŸ™‚

    • iya tujunnya memang meningkatkan brand dahulu agar lebih dikenal masyarakat, setelah itu kita tonjolkan keunggulan produk kita dibanding yang lain πŸ˜€

  5. pebisnis muda kaya suami saya kayaknya harus makin melek media online supaya bisa menambah kuantitas penjualan. Tapi, karena masih sangat baru dan ngga begitu paham internet marketing, suami memulai dari yang paling sederhana dan familiar yaitu instagram dan WhatsApp. itu pun pelan tapi pasti.
    Semoga ke depan makin optimal.

    • Amin, semoga kedepannya bisa juga berkecimpung di dunia promosi online mbak. Memang harus sedikit demi sedikit. kita harus mengejar kemajuan teknologi yang begitu berkembang dengan cepat

    • Lebih luas jangkauan dan lebih tertarget, apalagi untuk ukm yang biasanya hanya menjalankan promosi lokal / konvensional. diharapkan akan mendapat perhatian yang lebih jika dionlinekan

  6. Soal promosi ini memang jadi senjata untuk meningkatkan penjualan ya, Mas. Apalagi zaman now banyak media yang bisa digunakan secara online, jadi harus dimanfaatkan secara maksimal.

    • Zaman now malah lebih lengkap medianya, apapun bisa dijadikan sebagai sarana promosi online. dan hasilnya juga akan seperti yang kita harapkan. semoga πŸ˜€

    • yup bisa dicoba untuk bisnisnya mas πŸ˜€
      mari kita jelajahi dunia online untuk pemasaran produk πŸ˜€

  7. zaman sekarang mah promosi via online wajib bgt, bahkan toko-toko offline pun harus ikut bermain di online juga, dan kita para blogger juga siap membantu promosi hehe..

    -traveler paruh waktu

    • offline dan online harus seimbang, memang ada kelebihan dan kekurangannya πŸ˜€
      baik online maupun offline

  8. Sekarang dibutuhkan juga influencer dan blogger sbg media promosi, karena butuh second opinion yang bisa menyampaikan hasil atau manfaat yg didapat dari produk

    • Peran penting blogger dan influencer memang mempengaruhi juga impression. Secara tidak langsung beberapa folllower mereka akan ikut percaya dan lebih memahami produk yang kita promosikan

  9. Enaknya melakukan media promosi online bisa dilakukan di mana aja ya gak terikat tempat. Sekarang sudah banyak ukm yang menggunakan jasa influencer juga ya, terbukti bisa sekaligus mempromosikan produknya

    • iya karena media promosi online itu luas banget, dan kita bisa milih melalui platform apa untuk mempromosikan usaha. πŸ˜€

    • bidegting promosi online bisa diatur lebih tepatnya, jadi kita bisa menghitung mana yang terkonversi dan mana yang tidak, selain itu brand akan lebih dikenal oleh calon konsumen yang tertarget πŸ˜€

    • Impression lebih meyakinkan ya mas klo pemasaran melalui media online, lebih ngena ke calon konsumen hehe

  10. Promosi melalui blogger ini salah satu yang unik juga yaa kalau dipikir-pikir, karena review/ulasannya panjang dan lengkap. Banyak calon pelanggan yang suka baca review dulu sebelum beli. Termasuk aku hahahaha πŸ™‚

    • Iya betul,, review melalui blogger itu biasanya sangat totalitas, membangun brand melalui blogger adalah salah satu media promosi yang paling efektif untuk bisnis ukm

    • Yap betul, apalagi dunia online sangat luas, penggunanya juga hampir semua menggunakan internet. ini peluang bagi usaha UKM untuk go Nasional gak hanya lokal

  11. Blogger masa kini sudah memiliki posisi tawar yang bagus di dunia daring. Beberapa brand tak ragu untuk menggelontorkan dananya untuk promosi melalui blog-blog yang dianggap interaktif. Saya kebetulan pernah juga beberapa kali ditawari kerjasama daring via blog.

    Dan benar sih, ada kriteria tertentu yang harus dipenuhi oleh seorang blogger untuk mendapat job promosi. Soal fee, itu tergantung projek yang dikerjakan.

    • Iya mas, karena memand media promosi online itu terbukti efektif untuk brand awareness maupun untuk tingkat kepercayaan konsumen terhadap produk kita πŸ˜€
      Fee memang ebrbeda-beda tapi harus totalitas dalam menulis sebuah artikel untuk klien πŸ˜€

  12. Teman saya kalo promosi online sukanya lewat Facebook ads, soalnya mau buat toko online sendiri selain tidak tahu caranya juga harga sewa hosting dan domain lumayan mahal.

    • Hayuk bikin semua UKM Go Online lek,, karena ini potensi.
      Aku jane pengen bisnis, tapi mung wacana haha

  13. Setuju bahwa blogger jadi salah satu media promosi online krn promosi melalui blogger bisa dibilang powerful. Tapi ya harus dilerhatikan juga mas soal artikel blogger yg harus masuk SERP biar produk UKM nya juga dikenal. Nah, cara kerja gini UKM juga harus tau kan..

    • Dia rtikel berikutnya bakal dibahas hehehe,,
      Media promosi online emang salah satu senjata mujarab buat targeting yang mudah.
      Yuk ah majukan bisnis UKM di Indonesia

    • Aminnn,, Pelaku UKM di Indonesia harus udah GO online nih, Insya Allah prospek klo pemasaran udah dionlinekan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here