Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga

0
81

Cara mengatur keuangan yang dilakukan setiap orang pastinya berbeda, termasuk pada pasangan menikah dengan mereka yang masih single. Hal ini dipengaruhi oleh prioritas, tanggung jawab serta kebutuhan yang tidak sama.

Bagi mereka yang telah berumah tangga, tentu akan menemui tantangan tersendiri, karena harus memiliki kerja sama yang baik dengan macam kebutuhan yang kian beragam. Agar keuangan rumah tangga Anda sehat, jangan lupa terapkan tips pengelolaan keuangan rumah tangga di bawah ini.

Cara mengatur keuangan rumah tangga
Cara mengatur keuangan rumah tangga

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga untuk Hidup Tenang

Salah satu tantangan bagi pasangan yang sudah berumah tangga saat mengatur keuangan ialah menyamakan isi kepala kedua belah pihak agar dapat mencapai tujuan yang sama.

Tentu akan semakin sulit jika tidak segera mencapai kata sepakat mengingat kebutuhan yang terus berjalan, misal usia anak yang tidak terasa sudah dewasa sehingga membutuhkan banyak biaya. Gunakan cara mengatur keuangan berikut untuk mencapai pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Terbuka Urusan Keuangan

Hal pertama yang wajib dimiliki ialah keterbukaan soal keuangan, misalkan tentang apa saja utang yang dimiliki, berapakah jumlah pastinya, untuk apa saja penghasilan yang didapat dan hal lain yang terkait keuangan.

Semua harus diketahui kedua belah pihak karena dengan memiliki keterbukaan maka tujuan finansial akan lebih mudah dicapai. Hal ini ibarat sedang melakukan perjalanan dan sudah mengetahui medannya. Tentu akan lebih mudah memprediksi apa yang akan terjadi, apa saja yang perlu dipersiapkan, di titik mana saja boleh berlari kencang atau kapankah waktu berhenti.

Memiliki Tujuan yang Sama

Setelah berumah tangga, Anda tidak bisa melakukan segala sesuatu sesuka hati seperti ketika masih lajang, termasuk soal pengelolaan keuangan.

Selain keterbukaan dengan pasangan, Anda juga perlu memiliki tujuan keuangan yang sama. Ibarat seseorang yang sedang berjalan, tentu akan lama sampai bila dilakukan dengan satu kaki.

Buatlah Budgeting

Cara mengatur keuangan rumah tangga adalah dengan membuat anggaran dari setiap kebutuhan. Hal ini penting karena pengeluaran rumah tangga bersifat kompleks. Mulai dari kebutuhan hidup sehari-hari, biaya sekolah, uang untuk kegiatan sosial, kebutuhan pribadi setiap anggotanya dan banyak lagi.

Dalam membuat budgeting, ada beberapa metode yang dapat Anda lakukan. Misalnya kakeibo, sebuah metode pengaturan keuangan yang banyak dipraktekkan oleh ibu rumah tangga di Jepang.

Metode ini bisa Anda mulai dengan rutin melakukan pencatatan keuangan. Adapun pencatatan dalam kakeibo sebaiknya dilakukan secara manual dengan tulisan tangan. Bukan tanpa tujuan, namun dengan menulis langsung, Anda akan lebih sadar dengan apa yang ditulis.

Selanjutnya, bagi langsung pendapatan yang diterima ke dalam amplop sesuai dengan tujuan keuangan masing-masing. Misal uang untuk membayar kos, belanja harian, membayar iuran listrik dan banyak lagi.

Menempatkan uang secara terpisah sesuai pos kebutuhan akan menghindarkan uang Anda tercampur dengan kebutuhan lain. Selain amplop, Anda juga bisa menyimpannya ke dalam map khusus yang dilengkapi sekat. Atau memanfaatkan fitur dompet digital.

Gunakan Tools yang Bisa Diakses Kedua Belah Pihak

Untuk memudahkan pengelolaan keuangan rumah tangga, Anda bisa menggunakan bantuan tools yang bisa diakses bersama, misalnya menggunakan spreadsheet. Jadi tak ada alasan untuk tidak mengetahui kegiatan finansial meski keduanya sibuk karena bisa langsung di-update lewat spreadsheet.

Miliki Dana Darurat

Dana darurat akan terasa manfaatnya terutama ketika terjadi sesuatu yang tidak terduga yang menyebabkan sebuah rumah tangga kehilangan pendapatan. Dengan memiliki dana darurat, Anda akan terhindar dari keputusan membuat hutang baru.

Adapun jumlah dana darurat akan berbeda antara satu keluarga dengan keluarga lainnya. Hal ini bisa dilihat dari berbagai faktor, seperti gaya hidup, jumlah anak, jumlah tanggungan dan beberapa faktor lainnya.

Dana darurat dihitung berdasarkan jumlah pengeluaran per bulan dalam setiap keluarga. Tentu untuk mengumpulkan uang sejumlah tersebut bersamaan dengan memenuhi kebutuhan lain terlihat sangat berat.

Triknya, jeli saat pengelolaan keuangan rumah tangga dan kumpulkan sedikit demi sedikit bersamaan dengan mengisi pos lainnya secara konsisten setiap bulannya. Jangan lupa cari penghasilan tambahan untuk dapat mengejar target masing-masing pos.

Kebutuhan yang semakin kompleks dari sebuah rumah tangga tentu menuntut setiap anggotanya untuk lebih cermat dan bijak dalam melakukan pengelolaan keuangan rumah tangga untu memiliki gaya hidup sederhana. Jangan lupa terapkan beberapa cara mengatur keuangan di atas agar hidup menjadi tenang.

5/5 - (5 votes)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here