Pentingnya Pelatihan Prakerja untuk Pengembangan Diri dan Siap Bekerja

2
101

Pelatihan prakerja saat ini adalah salah satu program yang harus diikuti oleh para pencari kerja sebelum terjun di dunia pekerjaan yang sebenarnya. Mungkin kalian adalah salah satu yang sudah mendaftar program prakerja yang diselenggarkan oleh pemerintah. Tujuan mengikuti pelatihan prakerja adalah untuk membekali keterampilan maupun kemampuan diri bagi pencari kerja agar mudah mendapatkan pekerjaan di kemudian hari.

Seperti pengalamanku kemarin mengikuti pelatihan prakerja di Aplikasi Siap Kerja QuBisa, tentu pengelaman dan review itu akan kujelaskan dalama rtikel ini agar bisa menjadi pandangan sesuaid engan minat yang kalian miliki.

Saat ini mencari pekerjaan tidaklah mudah, karena rata-rata perusahaan mencari sumber daya manusia yang mumpuni dan telah menguasai keterampilan di berbagai bidang. Tak hanya untuk bekerja, melatih pengembangan diri juga bisa memberikan manfaat yang baik bagi kalian kedepannya.

Dengan mengikuti pelatihan prakerja online, diharapkan bakat dan kemampuan yang seharusnya dipoles akan menjadi soft skill yang berguna bagi perusahaan tempat bekerja kelak. Pelatihan prakerja bisa dikuti secara online yang juga diselenggarkan oleh beberapa platform pembelajaran online.

Dengan mengikuti program prakerja dari pemerintah, tentu kita harus mendaftar prakerja sebelum mendapatkan kartu prakerja. Ada beberapa langkah dan cara mendaftar prakerja yang bisa dilakukan yaitu dengan mengunjungi website official resmi prakerja dari pemerintah.

Sebelum mendaftar pelatihan prakerja, tentu ada beberapa syarat salah satunya adalah syarat kartu prakerja yang harus dipenuhi untuk bisa mengikuti pelatihan prakerja yang nantinya mengikuti pelatihan yang diselengggarakan secara online learning, belajar online, e-learning.

Pelatihan prakerja
Pentingnya pelatihan prakerja untuk pengembangan diri

Sekilas Tentang Pelatihan Prakerja Online

Kalian pasti sudah sering mendengar program prakerja dari pemerintah. Program pelatihan prakerja gratis ini merupakan bantuan biaya, insentif prakerja, serta pembinaan yang dikhususkan untuk para pencari kerja, buruh, dan para pekerja yang berhenti akibat pandemi ini untuk meningkatkan kompetensi dan pengembangan diri. Tak hanya para pekerja, program prakerja ini juga berlaku bagi para pengusaha mikro dan kecil.

Pengembangan diri memang sangat penting untuk meningkatkan kemampuan yang berpotensi pada diri sendiri. Semua itu bisa diasah asalkan memiliki keinginan untuk menjadi lebih baik. Karena soft skill yang nantinya akan dimiliki bisa berguna saat bekerja di sebuah perusahaan ataupun untuk mengembangkan usaha sendiri.

Dalam program prakerja ini, pemerintah menggandeng perusahaan swasta sebagai penyelenggara atau lembaga pelatihan prakerja. Dengan begitu para calon peserta akan mudah mengakses dan memilih online learning, belajar online, e-learning yang tersedia di pilihan lembaga pelatihan. Banyak juga tersedia pilihan pelatihan sesuai bidang yang diinginkan.

Akan tetapi sebelumnya para calon peserta harus mendapatkan kartu prakerja terlebih dahulu sebagai syarat utama mengikuti pelatihan online yang diselenggarakan oleh lembaga pelatihan prakerja. Dalam hal ini calon peserta akan diberikan insentif prakerja berbentuk biaya yang bisa cair untuk digunakan mengikuti program pelatihan yang sudah ditentukan.

Dan yang berhak mendapatkan pencairan insentif prakerja ini adalah pemegang Kartu Prakerja yang sah yang telah menyelesaikan pelatihan pertama. Insentif prakerja sendiri ada 2 jenis yaitu insentif biaya mencari kerja yang akan diberikan ketika sudah menyelasaikan pelatihan prakerja yang pertama. Kemudian insentif survey pengisian evaluasi yang akan didapatkan setelah menulis rating dan review saat pelatihan pertama. Kalian bisa langsung cek insentif prakerja ini di dashboard prakerja.

Pelatihan Prakerja Online
Sekilas tentang pelatihan prakerja

Kartu Prakerja Sebagai Syarat Mengikuti Pelatihan Prakerja

Saat ini telah dibuka lagi gelombang prakerja yang rutin diselenggarakan oleh pemerintah. Program prakerja ini akan melalui tahapan seleksi bagi setiap calon peserta pelatihan. Tentu ada berbagai syarat yang harus dipenuhi jika kalian ingin mendaftar pelatihan prakerja secara online ini.

Bagaimana cara daftar prakerja dan mendapatkan insentif kartu prakerja dengan mudah? Adapun syarat setiap individu yang berminat mengikuti pelatihan ini harus memiliki kartu prakerja. Syarat kartu prakerja sangat simpel untuk dimiliki, yaitu , berkewarganegaraan Indonesia, berusia 18 tahun, tidak sedang kuliah maupun sekolah, bukan pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, ASN, prajurit TNI, anggota Polri, kepala desa dan perangkat desa dan direksi/komisaris/dewan pengawas pada BUMN atau BUMD.

Manfaat Kartu Prakerja

Jika dirasa syarat kartu prakerja di atas sudah terpenuhi, maka kalian sudah berhak untuk mendaftar kartu prakerja dan merasakan manfaat kartu prakerja.

Beberapa manfaat kartu prakerja bisa didapatkan selama mengikuti pelatihan prakerja ini, seperti mendapatkan materi pembelajaran yang mudah dipelajari, kelas konsultasi yang bisa langsung dikomunikasikan dengan tutor, practical assigment untuk memperdalam pemahaman teori, sertifikat yang bisa didapatkan setelah selesai mengikuti pelatihan, tes dan evaluasi sebagai acuan untuk menilai pemahaman teori, dan juga semuanya ini didampingi oleh instruktur yang profesional.

Semua manfaat itu bisa dirasakan ketika kalian mengikuti program kelas prakerja online salah satunya melalui aplikasi siap kerja QuBisa yang merupakan platofrm e-learning di Indonesia dan kelas belajar online terbaik yang pernah saya rasakan.

manfaat kartu prakerja
Manfaat kartu prakerja

Cara Mengikuti Kelas Pelatihan Prakerja

Lalu bagaimana cara mengikuti pelatihan prakerja online yang diselenggarakan oleh lembaga pelatihan prakerja ini? Berikut ini ada tahapan yang harus dilalui para calon peserta sampai berhasil mendapatkan kartu prakerja dan agar bisa merasakan manfaat kartu prakerja kelak. Di antaranya adalah:

Pendaftaran Kelas Prakerja

Kalian bisa langsung mengunjungi website prakerja resmi di prakerja.go.id untuk bisa mengetahui cara mendaftar prakerja dan cara mendapatkan kartu prakerja yang bisa digunakan untuk mengikuti pelatihan secara online dan gratis. Setelah itu kalian bisa langsung registrasi melalui dashboard prakerja yang tersedia. Buat akun dengan data diri Anda dengan benar dan lengkap dan tunggu verifikasi pendaftaran yang dikirimkan via email.

Proses Seleksi Mengikuti Kelas Prakerja

Setelah berhasil mendaftar dan mendapatkan kartu prakerja, kalian wajib mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar sebagai proses pre test. Jangan lupa untuk memilih gelombang prakerja yang telah dibuka. Setelah itu kalian tinggal menunggu pengumuman hasil tes yang telah diikuti, Proses seleksi ini diselenggarakan agar bisa menilai kemampuan diri sendiri sebelum mengikuti kelas pelatihan prakerja ini.

Memilih Kelas Pelatihan Prakerja

Setelah itu, kalian bisa memilih berbagai macam lembaga pelatihan yang sudah bekerja sama dengan pemerintah untuk menyelenggarakan belajar online untuk meningkatkan kemampuan diri dan pengembangan diri yang bisa berguna saat nanti bekerja di perusahaan besar maupun dalam pengembangan bisnis mikro yang dirintis.

Dalam hal ini QuBisa sebagai platform e-learning di Indonesia menyediakan pilihan kelas prakerja yang bisa kalian ikuti. Pilih pelatihan di Aplikasi Siap Kerja QuBisa yang bisa di download dan install ke smartphone kalian yaitu Aplikasi QuBisa untuk iOS atau Aplikasi QuBisa untuk Android. Atau bisa juga melalui website official www.qubisa.com. Kalian akan menemukan kelas Prakerja QuBisa yang tersedia di Pintaria. Jika sudah menemukan kelas yang diminati kemudian tinggal klik beli sekarang.

Mengikuti Kelas Prakerja Online di Platform e-Learning QuBisa

Setelah itu, kalian bisa kembali ke aplikasi Siap Kerja QuBisa di smartphone yang sudah terinstal, dan tukarkan kode voucher dan masukan kode voucher yang sudah Anda dapatkan untuk bisa mengikuti kelas yang sudah disediakan oleh platform e-learning QuBisa ini. Ikuti kelas dengan serius dan dengan niat untuk menambah wawasan serta mengembangkan potensi diri untuk menambah soft skill dan bisa berguna ketika saat bekerja maupun mengembangkan bisnis yang dijalani.

Beri Ulasan dan Rating Kelas Online Prakerja yang Diikuti

Setelah selesai mengikuti kelas online prakerja yang sesuai dengan potensi diri, kalian wajib memberikan rating dan ulasan sebagai evaluasi untuk penyelenggara kelas prakerja online. Hal ini juga wajib dilakukan sebagai syarat untuk mendapatkan insentif prakerja yaitu insentif survey pengisian evaluasi.

Tips Memilih Kelas Pelatihan Prakerja yang Cocok

Jika sudah mendaftar dan mengetahui cara daftar prakerja serta mengajukan kartu prakerja, inilah saatnya kalian untuk memilih kelas pelatihan prakerja yang cocok untuk pengembangan diri. Tentu ada beberapa pertimbangan yang harus dilalui sebelum memilih kelas pelatihan prakerja online ini. Berikut ini adalah tips memilih kelas pelatihan prakerja secara online yang bisa dilakukan, di antaranya adalah:

Sesuaikan dengan Minat yang Dimiliki

Berbagai macam pilihan kelas pelatihan prakerja terkadang membuat bingung ketika kita sudah mendapatkan kartu prakerja. Sebaiknya kalian memilih yang bisa sesuai dengan minat yang dimiliki. Sebagai contoh jika kalian memiliki minat terhadap dunia web desain maupun desain grafis, kalian sebaiknya mengikuti program kelas membuat website yang tersedia di platform pembelajaran online.

Memilih Platform Belajar Online Terbaik

Platform belajar online yang digandeng oleh pemerintah pasti yang terbaik. Saat ini ada beberapa rekomendasi tempat belajar online prakerja yang memudahkan siswa dan guru dalam sistem pembelajarannya. Platform pembelajaran online yang terbaik menurutku adalah QuBisa, karena saya juga pernah mengikuti kelas public speaking gratis yang diselenggearkan oleh QuBisa. Dari pengalaman mengikuti kelas public speaking, saya bisa mengetahui teknik public speaking yang baik.

Kenali Potensi Diri yang Bisa Dikembangkan

Proses pengembangan diri memang sebuah proses yang harus dilalui untuk bisa menjadi lebih baik. Sebagai contoh adalah pengembangan diri untuk bisa mengetahui teknik public speaking dan teori kepemimpinan. Hal ini akan sangat berguna disaat nanti sudah diterima bekerja di sebuah perusahaan maupun dalam kegiatan sehari-hari bersosialisasi dengan masyarakat.

Selain itu mengasah kemampuan diri bisa menjadi pondasi saat ingin melakukan personal branding maupun branding bisnis. Dengan mengenali potensi yang ada pada diri sendiri, maka kalian bisa memiliki kesempatan untuk mengasahnya dan bukan tidak mungkin potensi itu akan menjadi senjata utama disaat terjun langsung di dunia pekerjaan yang sesungguhnya.

Rekomendasi Kelas Prakerja untuk Pengembangan Diri

Jika kalian bingung ketika memilih kelas prakerja, berikut ini beberapa rekomendasi kelas prakerja yang bisa diikuti dan pastinya akan sangat berguna untuk pengembangan diri, apalagi jika kalian masih dalam tahap mencari kerja. Diantaranya adalah:

Membuat Website dengan Menggunakan WordPress

Kebutuhan website untuk menjalankan bisnis maupun mengasah kemampuan diri di bidang web desain adalah hal yang sangat penting untuk menunjang teknologi internet yang semakin berkembang. Saat ini penggunaan internet menjadi salah satu hal yang sudah biasa dilakukan dalam keseharian baik untuk bekerja maupun bisnis.

Dengan mengikuti kelas membuat website dengan menggunakan wordpress kaliann akan dilatih untuk mengetahui seluk beluk CMS wordpress yang sering digunakan sebagai framework sebuah website. Disini kalian akan diajarkan mengenai hosting, domain, SSL, instalasi wordpress, page builder, blog dan lain sebagainya. Kelas membuat website ini bisa kalian temukan di Aplikasi Siap Kerja QuBisa dengan label kategori prakerja.

Meningkatkan Kemampuan Kepemimpinan untuk Supervisor

Supervisor di sebuah kantor harus memiliki kemampuan teori kepemimpinan yang baik. Teori kepemimpinan sangat dibutuhkan oleh supervisor untuk menentukan sebuah keputusan yang bijak dan tidak merugikan perusahaan. Tak hanya di perusahaan saja, dalam berbisnis juga dibutuhkan sikap kepemimpinan yang baik untuk menangani berbagai macam masalah bisnis yang seringkali datang.

Dengan mengikuti pelatihan kemampuan kepemimpinan untuk supervisor, diharapkan kalian bisa mengetahui alur penyebab permasalahan dalam sebuah sistem. Tak hanya itu, kalian juga akan diajarkan bagaimana cara mencari solusi terbaik yang bijak dan dapat diterima oleh berbagai pihak terkait. Kelas online meningkatkan kemampuan kepemimpinan ini tersedia di Aplikasi Siap Kerja QuBisa sebagai aplikasi dan platform belajar online prakerja resmi.

Aplikasi Online learning, belajar online, e-learning
Aplikasi Online learning, belajar online, e-learning.

Kesimpulan

Setelah mengetahui tentang pelatihan prakerja yang telah dijelaskan di atas, maka bisa disimpulkan bahwa proses pengembangan diri itu perlu melalui beberapa tahap, salah satu caranya adalah dengan mengikuti program kartu prakerja yang diselenggarakan oleh pemerintah.

Ada tips yang harus dilakukan agar kalian berhasil dalam mengikuti pelatihan kartu prakerja ini dengan berbagai cara mengikuti pelatihan prakerja . Semua langkah yang harus dilakukan ini adalah sebagai upaya untuk mengenali potensi diri yang bisa dikembangkan dan bisa berguna ketika diterima bekerja di perusahaan besar. Dengan beberapa rekomendasi kelas prakerja yang bisa diikuti, maka diharapkan potensi diri akan berkembang dan menciptakan kemmapuan baru yang sangat berguna.

Selain itu manfaat kartu prakerja juga bisa dimaksimalkan dalam proses pelatihan, diantaranya adalah bisa mendapatkan materi pembelajaran yang terbatas, karena tidak semua orang bisa mendapatkan akses pelatihan online ini. Dan juga pemahaman teori bisa diaplikasikan ke berbagai bidang bisnis. Yuk, mari ikuti program pelatihan prakerja ini, dan kalian bisa merasakan manfaatnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

5/5 - (18 votes)

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here