Contoh Usaha Toko Pasti Laris

0
290

Banyak orang memutuskan menjadi wirausahawan dengan membuka usaha toko <sumber link> karena berbagai macam faktor. Tak melulu soal ulang, melakukan kegiatan wirausaha memberi banyak manfaat bagi pelaku usaha karena mereka dapat lebih santai, menjadi bos di bisnis sendiri, memperluas relasi, dan sebagainya. Tentu saja, profit yang menjanjikan merupakan alasan utama. Banyaknya pilihan terkadang membuat bingung dalam memutuskan jenis produk untuk dijual. Berikut ini adalah beberapa contoh bisnis toko yang bisa dicoba. 

Contoh usaha toko
Contoh usaha toko

Jenis Usaha Toko Menjanjikan

Sebelum membuka toko, hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan produk yang akan dijual. Pilih barang yang dibutuhkan banyak orang seperti di bawah ini. 

Usaha Camilan 

Camilan cocok dijual di toko sederhana. Berbeda dengan makanan berat, snacks atau camilan tidak membutuhkan toko yang besar. Bahkan toko berukuran 3×3 meter pun cukup. Ada berbagai macam jenis makanan ringan yang bisa dijual seperti jajan pasar, kue kering, keripik dan lain-lain. 

Jika ingin praktis, pilih keripik atau snack kering kemasan. Selain pengemasannya simpel, produk tersebut awet atau tidak cepat kadaluarsa. Tetapi jika prospek camilan basah lebih bagus, kamu bisa coba jualan jajan pasar. Usaha ini cocok dilakukan di lingkungan sekolah atau kantor dan di tepi jalan raya di mana banyak orang berlalu lalang.  

Bisnis Kosmetik 

Saat ini bisnis kosmetik dan skincare semakin berkembang pesat sehingga peluangnya sangat besar. Mulai dari remaja, wanita dewasa, hingga orang tua, semua ingin terlihat cantik dan menarik. Mereka dandan dan merawat diri tidak hanya untuk special occasion atau momen tertentu saja tetapi setiap hari.  

Karena itu, membuka toko kosmetik pasti laris manis, apalagi jika lokasi toko berada di tempat strategis seperti di kawasan kampus atau perkantoran. Hal penting yang harus diperhatikan adalah kualitas kosmetik. Saat ini banyak beredar kosmetik palsu sehingga kamu harus berhati-hati dalam memilih supplier

Bisnis Fashion 

Sama halnya seperti kosmetik, fashion selalu berkembang dan kebutuhan akan produk fashion seperti baju, tas, dan sepatu selalu meningkat. Target pasarnya pun sangat luas sehingga membuka toko fashion berpeluang besar mendapat keuntungan. 

Usaha Kios Handphone   

Di zaman serba digital seperti sekarang, siapa yang tidak membutuhkan handphone? Berapapun umur dan apapun profesinya, semua orang tak bisa hidup tanpa gadget satu ini. Bahkan, mereka kerap berganti handphone hanya sekedar untuk mengikuti tren. Tentu hal ini membuka peluang besar untuk membuka kios handphone beserta asesorisnya. Untuk menambah keuntungan, kamu bisa menjual pulsa dan paket data. 

Usaha Toko Kelontong Sederhana 

Walaupun tidak mudah, membuka toko kelontong sederhana bisa dijadikan pilihan. Toko kelontong menjual berbagai macam kebutuhan sehari-hari mulai dari sembako hingga perlengkapan mandi. Jika di lingkungan sekitar belum ada toko kelontong, tentu ide ini merupakan ide yang bagus. Paling tidak, target pasarmu adalah tetangga sekitar. 

Tantangan dari bisnis ini adalah banyaknya pesaing. Apalagi banyak orang lebih memilih belanja di supermarket karena lebih nyaman. Agar tidak kalah saing, kamu harus melakukan strategi khusus seperti memperbanyak variasi produk, menyediakan fasilitas antar barang gratis, atau memberikan diskon. 

Dari contoh-contoh di atas, mana jenis usaha toko yang kamu minati? Selain melihat permintaan pasar, tentu ada beberapa faktor lain yang diperhatikan ketika memilih barang untuk dijual. Beberapa pertimbangan lain misalnya kemudahan mencari pemasok dan pengetahuan tentang produk yang dijual. 

Rate this post

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here