Hal-hal yang Bisa Membuat CCTV di Rumah Cepat Rusak

0
38

Kamera pengawas atau CCTV menjadi suatu kebutuhan pada masa sekarang ini. Dampaknya distributor CCTV meraup keuntungan yang cukup besar. Hal ini tidak terlepas dari maraknya tindak kriminal seperti pencurian menjadi salah satu faktor pemasangan kamera pengawas. 

Langkah ini merupakan salah satu bentuk proteksi agar penghuni rumah merasa aman. Bentuknya yang fleksibel dan praktis, membuat camera CCTV wifi dapat terpasang dengan mudah. Seperti halaman depan, bagian belakang, dan bagian dalam rumah menjadi sasaran utama pemasangan. 

Pemasangan biasanya dikemas menjadi satu paket dengan pembelian CCTV yaitu oleh distributor CCTV, namun untuk perawatan ringan dapat dikerjakan secara mandiri. Selanjutnya, pengguna tinggal melakukan beberapa cara melakukan perawatan CCTV.

penyebab CCTV rusak
Penyebab CCTV di rumah cepat rusak

Beberapa Tips Bermanfaat Menjaga Agar CCTV Tetap Awet

Daripada harus membeli baru lebih baik Anda melakukan perawatan rutin CCTV. Dengan begitu, pengguna bisa menggunakan uang untuk kebutuhan yang lebih mendesak. Berikut langkah-langkah untuk melakukan perawatan CCTV:

Disiplin dalam Menjaga Kebersihan

CCTV akan bekerja secara maksimal bergantung dari kebersihan komponennya. seperti lensa kamera, DVR, harddisk, monitor, dan koneksi internet. Jangan biarkan badan CCTV hingga komponen berselimut debu atau kotoran karena hal ini akan membuat kinerja menjadi lemah.

Oleh karena itu, para pengguna kamera pemantau ini harus selalu melakukan perawatan. Setidaknya bersihkan seminggu atau sebulan sekali. Perawatan rutin membuat setiap komponen menjadi lebih awet.

Memperhatikan Pengaturan Rekaman

Selalu memperhatikan mode pengaturan termasuk dalam bentuk maintenance preventif. Anda perlu memperhatikan beberapa hal seperti, waktu saat melakukan perekaman, masa penyimpanan, kualitas rekaman, hingga area rekaman. 

Selain itu, memperhatikan keakuratan mulai dari jam dan tanggal , pengontrol telemetri, serta keakuratan indikator. Tidak lupa untuk rutin mengontrol kondisi DVR dari kamera pengawas.

Back up Semua Rekaman

Melakukan pencadangan hasil rekaman dapat mengantisipasi kepenuhan memori internal CCTV. Anda dapat menyortir rekaman yang sekiranya sudah tidak diperlukan dengan menghapusnya. Jika ingin tetap menyimpannya, bisa dengan memindahkan data ke memori yang lebih besar lagi atau pada laptop.

Beberapa Hal yang Perlu Dihindari dan Menjadi Penyebab CCTV Rusak

Penyebab CCTV rusak di rumah
Penyebab CCTV rusak

Setiap peralatan elektronik memiliki batas masa penggunaan atau bisa disebut lifetime. Terkadang kerusakan alat elektronik dapat teratasi dengan melakukan penggantian komponen. Namun jika kerusakannya parah, dengan sangat berat hati Anda harus membeli baru ke distributor CCTV. Beberapa kemungkinan penyebab kerusakan dari CCTV:

Sumber Catu Daya

Catu daya merupakan jantung dari perangkat elektronik seperti CCTV. Jika CCTV mati total atau tidak bisa hidup, langkah pertama yang Anda lakukan adalah mengecek adaptor CCTV. Pengecekannya bisa dengan multimeter, alat ini berguna untuk mengetahui adanya tegangan yang masuk pada CCTV atau tidak. Dengan begitu, masalah kerusakan bisa terdeteksi.

Peletakkan DVR yang Salah

Penyebab rusaknya CCTV adalah ausnya DVR. Fungsi DVR sendiri adalah untuk menyimpan video hasil dari rekaman kamera pengawas. Letakkan DVR pada area yang luas dan teduh.

Jika Anda menempatkannya di luar ruangan, seringlah membersihkan dan lakukan kontrol rutin. DVR yang rusak bisa dengan membawa kerusakan ini kepada distributor CCTV. Jika kerusakan masih minim dan bisa teratasi, Anda bisa melakukan servis secara mandiri.

Perhatikan Penempatan Kabel

Kabel menjadi penghubung antara sumber tegangan dengan beban. Tidak jarang kabel aus karena dimakan hewan pengerat atau termakan usia. Jika menggunakan camera CCTV wifi, kerusakan kabel dapat diminimalisir. 

Sering Anda temui kondisi kabel dalam kondisi baik, tetapi ketika terpasang tidak berfungsi. Solusinya bisa dengan mengukur hambatan pada kabel dengan multimeter untuk mengetahui adanya tembaga yang putus pada tengah kabel. 

Secanggih apapun alat elektronik seperti camera CCTV wifi, tetaplah melakukan pengontrolan untuk mengetahui sampai mana alat ini dapat bekerja. Selain memperlambat lifetime alat, juga sebagai bentuk penghematan dalam sistem keuangan. Dirasa kerusakanya cukup parah dan masih dalam masa garansi, Anda bisa menghubungi distributor CCTV.

Sempurnakan Tingkat Keamanan Menggunakan Hikvision AcuSense

Banyak orang mengira jika pemilihan paket CCTV tidak begitu penting. Faktanya, kini banyak bermunculan tindak kejahatan maupun penipuan bahkan sulit untuk menentukan pelakunya. 

Namun dengan kinerja cerdas teknologi ini, Anda tidak harus khawatir lagi. Paket CCTV terbaik yang bisa Anda manfaat adalah dari produk Hikvision. Lantas apa alasan pengguna memiliki produk ini? Berikut ulasan lengkapnya:

Lebih Akurat

Berbanding jauh dengan sistem teknologi berbasis konvensional, AcuSense memiliki sensor yang lebih unggul. Oleh karena itu, kinerja perangkat ini mampu memperlihatkan rekaman kamera yang lebih akurat.

Lebih Efisien

Teknologi cerdas dari AcuSense mampu membuat label pada timeline video. Menggunakan sistem pelacakan otomatis, produk satu ini mampu melacak dengan lebih inovatif. Selain itu, pengguna juga tidak akan kesulitan dalam mencari rekaman video sesuai target.

Mudah Digunakan

Pemasangan yang cepat dan mudah menjadi keunggulan lain dari produk ini. Sistem canggih AcuSense dapat dipasang secara cepat dan sempurna. Begitu juga mengenai sistem konfigurasi yang tepat dengan berbagai perangkat. 

Terbukti Lebih Cepat

Keunggulan berikutnya adalah sistem mampu bekerja dengan cepat. Dilengkapi dengan built in sound serta alarm serta lampu sorot. Kamera pemantau AcuSense menawarkan sirine internal yang lebih baik. Camera CCTV wifi ini akan memperingatkan para pelanggar untuk segera meninggalkan area jika terlihat hal mencurigakan.

Itu dia beberapa keunggulan CCTV dari Hikvision, pastikan CCTV di rumah Anda senantiasa aman dan dalam performa terbaik dengan melakukan tips-tips di atas.

5/5 - (1 vote)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here