Ini Dia Cara Kerja Sistem Mesin Mobil Beserta Penjelasannya

0
60

Di dalam dunia otomotif mesin mobil adalah sebuah komponen yang memiliki peranan vital dalam sebuah kendaraan roda empat atau mobil. Cara kerja mesin mobil terdiri dari beberapa sistem yang berisi komponen kecil yang terangkai secara sempurna untuk menghasilkan energi yang digunakan mobil untuk berjalan dan bergerak.

Komponen yang saling bekerja sama untuk menghasilkan energi ini merupakan bagian mesin mobil yang banyak tersedia suku cadangnya. Oleh karena itu jika mesin mobil bermasalah maka kita bia dengan mudah mengganti bagian komponen yang rusak dengan onderdil yang baru.

Dengan memiliki jadwal service atau maintenance mesin mobil secara berkala maka mobil yang Anda miliki akan selalu prima untuk digunakan setiap hari dalam menunjang aktiftas bekerja maupun lainnya. Nah, jika mesin mobil selalu sehat maka perjalanan Anda akan terasa aman, nyaman, dan menyenangkan.

Lalu apakah kita pernah berfikir mengapa mesin mobil bisa menggerakkan body mobil yang begitu berat dan besar? Semua itu sudah diperhitungkan dengan baik dengan hukum fisika, pada jaman dahulu oleh seorang fisikawan penemu mobil bermesin uap yaitu Nicolas J Cugnot. Semua komponen saling melakukan tugasnya baik dalam sistem pembakaran, sistem transmisi, dan lain sebagainya.

Cara kerja sistem mesin mobil
Cara kerja sistem mesin mobil

Cara Kerja Mesin Mobil

Mesin mobil yang terdiri atas beberapa komponen di dalamnya juga memiliki cara kerja sistem mesin mobil sampai bisa bergerak. Mesin mobil sangat berperan penting terhadap sistem penggerak yang bisa menggerakkan mobil kemanapun yang kita inginkan. Tentunya semua itu sangat berhubungan dengan komponen mesin mobil yang sudah kita bahas pada artikel sebelumnya.

Kendaraan roda empat bisa bergerak karena adanya berbagai sistem atau cara kerja yang saling bekerja sama sehingga mesin mobil bisa menciptakan energi panas yang dibutuhkan. Nah, untuk lebih mengetahui lebih jelas, kita akan membahas apa saja peranan komponen dan cara kerja mesin mobil yang selama ini kita nikmati secara instan.

Cara kerja mesin mobil
Cara kerja mesin

Proses Intake

Seperti yang telah kita ketahui bahwa secara garis besar energi mobil bisa tercipta karena hasil uap dari sistem pembakaran. Dalam proses ini komponen yang paling berperan adalah piston. Piston akan bergerak turun ke bagian silinder, dan bergerak secara konstan dengan bantuan komponen poros engkol. Di saat yang bersamaan valve mesin akan menyemburkan bahan bakar dan udara untuk memasuki silinder , pembakaran ini dibantu pengapian dari koil dan busi.

Proses Kompresi

Setelah proses intake, cara kerja mesin mobil selanjutnya adalah kompresi. Kompresi adalah jumlah tekanan yang terdapat pada silinser mesin. Dalam tahapan ini katup mesin akan menutup kemudian piston akan mendorong campuran bahan bakar dan udara. Pergerakan piston yang semakin cepat akan lebih memksimalkan pembakaran yang lebih besar. Maka jika pergerakan piston semakin cepat maka kompresi akan semakin tinggi.

Pelepasan Tenaga / Energi

Setelah kompresi terjadi maka proses selanjutnya adalah pelepasan energi hasil dari pembakaran bahan bakar dan udara dan percikan api yang diciptakan oleh koil. Gas panas yang dihasilkan ini kemudian akan menggerakan poros engkol yang sudah didesain untuk selalu bergerak secara kontinyu.

Proses Pembuangan Gas (Exhaust)

Yang terakhir yaitu proses pembuangan sisa pembakaran ke udara bebas yang dihasilkan oleh mesin. Poros engkol yang terus berputar pada bagian katupnya akan terbuka, sehingga gas hasil pembakaran bisa dikeluarkan melalui pipa knalpot yang biasanya terdapat di bagian belakang mobil.

Kesimpulan

Mesin mobil memiliki komponen mesin yang saling bekerja sama dalam proses mesin berjalan. Cara kerja mesin di atas adalah yang umum terjadi pada meisn mobil bahkan di semua mesin menggunakan prinsip yang sama. Semoga artikel tentang mesin mobil ini bisa memberikan manfaat. Sampai jumpa di artikel berikutnya ya.

5/5 - (1 vote)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here