Kenali Komponen Mesin Mobil yang Harus Diketahui

0
69

Memiliki mobil pribadi sangat bermanfaat untuk mendukung mobilitas dalam aktivitas keseharian kita. Menggunakan mobil tentunya kita harus sedikit mengerti komponen mesin mobil yang ada di dalam mesin mobil. Karena dengan mengetahui komponen yang ada di dalam mobil, maka kita bisa dengan mudah merawat atau bahkan memperbaiki mobil ketika ada permasalahan.

Merawat mesin mobil tidak harus dilakukan di bengkel, karena setiap harinya kita harus memperhatikan beberapa parts di dalam mobil dan memastikan selalu dalam kondisi prima. Dengan begitu kita akan aman dan nyaman selama bepergian dengan menggunakan mobil, baik di dalam kota maupun luar kota. Selain itu, ketika ada permasalahan sedikit atau banyak kita bisa mengetahui letak dan penyebab permasalahan tersebut.

Mungkin bagi yang sangat awam dengan dunia otomotif hanya bisa menggunakan saja tanpa mengetahui seluk beluk dan komponen lengkap dari mesin mobil tersebut. Nah oleh karena itu mari kita bahas satu per satu mengenao komponen mobil yang harus Anda ketahui.

Jenis komponen mesin mobil
Jenis komponen mesin mobil

Jenis Komponen Mesin Mobil

Ada beberapa jenis komponen yang terdapat dalam mobil, dan semua itu memiliki fungsi masing-masing agar mesin dapat berjalan sebagaimana mestinya. Berikut ini adalah jenis komponen mobil dan fungsinya yang harus Anda ketahui agar lebih paham mengenai mesin mobil. Di antaranya adalah:

Kepala Silinder (Cylinder Head)

Kepala silinder (cylinder head) adalah salah satu part penting yang berada pada mesin mobil karena merupakan komponen penghasil energi mekanik dari energi panas yang akan dikeluarkan oleh mesin. Letaknya berada di dalam blok mesin dan merupakan komponen yang vital untuk tersiptanya energi mekanik karena berfungsi sebagai penghasil tenaga panas di ruang pembakaran.

Blok Silinder (Cylinder Block)

Komponen utama yang sangat penting pada mobil selanjutnya adalah blok silinder. Blok silinder merupakan komponen yang berukuran paling besar pada mobil, karena memiliki peran sebagai penopang komponen mobil yang lebih kecil lainnya. Fungsi dari blok silinder adalah sebagai tempat naik turunnya piston yang bergerak pada proses pembakaran yang akan menghasilkan energi panas dan berubah menjadi energi mekanik. Letaknya berada di bawah kepala silinder dan dua blok ini dihubungkan dengan gasket dan juga baut.

Crankshaft

Selanjutnya yang penting lainnya adalah crankshaft. Crankshaft adalah onderdil mobil yang memiliki fungsi untuk menggerakan piston atau lebih sering disebut dengan poros penggerak.poros engkol.Crankshaft sangat berpengaruh terhadap kinerja mesin mobil sehingga komponen ini harus dirawat agar tetap berfungsi dengan baik. Crankshaft terletak di bawah silinder mesin mobil dan terbuat dari bahan baja dan cor yang sangat kuat yang bisa mengumpulkan momen inersia dari pergerakan piston.

Piston

Piston merupakan salah satu komponen mobil yang juga memiliki peranan penting yang memiliki fungsi mengubaj volume isi silinder. Piston berbentuk silinder yang bergerak naik turun atau bolak balik. Secara teknik piston ini memiliki peranan untuk mengubah volume silinder, mengatur buka tutup aliran air dalam proses pembakaran. PIston memiliki ketahanan dalam jangka waktu yang lama karena terbuat dari bahan baja cor yang kuat. Piston harus selalu dicek berkala agar selalu memiliki performa terbaik.

Oil Pan (Karter)

Selanjutnya yang sangat penting dalam menunjang kinerja mobil adalah oil pan (karter)/bak oli/panci oli atau disebut juga yang menyebutnya wadah penampungan oli sementara. Letak oli pan berada di bawah silinder mesin. Oil pan ini wajib dikosongkan ketika sedang mengganti oli, karena oil pan adalah tempat pembuangan oli yang sduah terpakai sebagai pelumas mesin. Fungsi oil pan selanjutnya adalah untuk memastikan bahwa sirkulasi oli mesin berjalan dengan sempurna. Oil pan ini harus dicek juga secara berkala, ketika sudah kotor atau rusak maka harus diganti dengan yang baru.

Kesimpulan

Memiliki mobil dan menggunakannya setiap hari mewajibkan kita untuk mengerti secara umum mengenai isi komponen di dalam mobil. Hal ini akan sangat berguna ketika mobil memiliki masalah baik ringan maupun berat, karena kita akan mengetahui komponen mobil mana yang rusak dan perlu diganti atau tidak.

Pengetahuan mengenai onderdil mobil ini juga sangat berguna bagi orang yang belum begitu familiar dengan mesin mobil. Menggunakan dan merawat mesin mobil adalah hal yang wajib dilakukan oleh pemilik mobil. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya ya.

5/5 - (1 vote)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here