Tips Merawat Mesin Mobil Agar Awet dan Tetap Prima

0
73

Memiliki kendaraaan pribadi contohnya mobil merupakan salah satu impian setiap keluarga, karena dengan memiliki mobil, mereka bisa melakukan aktifitas keseharian tanpa kepanasan maupun kehujanan. Mobil tidak hanya digunakan saja akan tetapi harus tetap dirawat agar performanya tetap maksimal dan perjalanan dengan keluarga tetap aman, dan nyaman.

Merawat meisn mobil merupakan sebuah keharusan jika Anda sudah memiliki kendaraan roda empat ini, secara teknis merawat mobil merupakan hal yang mudah jika kita mengetahui beberapa jenis komponen mobil yang harus dicek dan dirawat setiap harinya. Merawat dan memperbaiki mobil jika ada bagian yang rusak adalah hal yang tidak boleh dilupakan bagi para pemiliki mobil dan pecinta otomotif.

Merawat mobil tidak harus ke tempat service resmi, jika Anda mengerti seluk beluk mesin mobil maka merawat mesin mobil bisa dilakukan dengan mudah secara mandiri. Ada beberapa bagian mesin mobil yang harus dicek berkala agar performa mobil tetap prima meskipun tidak dipakai. Beberapa diantaranya yang harus dicek adalah radiator, busi, oli mesin, suhu mesin, filter udara, ban, wiring, kopling, kampas rem, dan lain sebagainya.

Tips merawat mesin mobil

Tips Merawat Mesin Mobil

Dengan selalu memperhatikan komponen mesin mobil secara berkala maka akan membantu cara kerja mesin mobil bisa berjalan dengan sempurna. Berikut ini kita akan membahas beberapa tips dan cara merawat mesin mobil yang harus diketahui bagi Anda yang sudah memiliki kendaraaan mobil. Di antaranya adalah:

Mengganti Oli Mesin Secara Rutin

Oli mesin merupakan bagian yang paling vital untuk melumasi mesin mobil bagian dalam karena oli mesin berfungsi untuk melumasi, mendinginkan, dan melindungi mesin mobil. Oli mesin harus diganti secara berkala agar mesin mobil selalu awet dan tidak ada bagian part yang rusak atau tergores dikarenakan kurangnya oli mesin.

Selain oli mesin, Anda juga harus rutin mengganti filter oli yang berfungsi sebagai penyaring kotoran yang masuk ke dalam bagian dalam mesin mobil. Filter oli harus diganti rutin setiap 12 bulan atau setiap 15.000 KM agar lebih maksimal. Dengan mengganti oli mesin secara rutin maka mesin mobil dan bagian dalam mesin mobil akan tetap prima.

Mengecek Radiator

Radiator berperan penting dalam sistem pendinginan mesin. Radiator berfungsi untuk mengeluarkan suhu mesin yang panas. Jika tidak ada radiator maka mesin mobil akan selalu panas dan tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya. Radiator harus dibersihkan secara berkala setiap 1 tahun sekali agar kisi-kisi untuk meresapnya cairan coolant akan lebih optimal dan sistem pendinginan mesin akan bekerja secara maksimal.

Yang lebih penting adalah cairan pendingin untuk radiator usahakan menggunakan coolant khusus radiator, sebagian besar mobil tua banyak yang menggunakan air. Dengan menggunakan air maka efek karat akan lebih berpotensi besar dibandingkan dengan coolant. Karena titik didih coolant dan air biasa sangat berbeda.

Mengecek Sistem Pengapian

Selanjutnya cara merawat mesin mobil yang benar adalah dengan selalu mengecek sistem pengapian diantaranya adalah busi, koil, kebal busi, dan delco. Busi merupakan bagian yang paling penting karena merupakan sumber energi yang harus ada. Selalu cek busi secara berkala, jika sudah aus dan kotor maka Anda harus menggantinya dengan yang baru.

Selanjtunya periksalah selalu kabel busi, karena kabel busi ada kemungkinan karet bisa getas karena usia. Jika kabel busi berfungsi secara baik, maka sistem pengapian juga akan berjalan dengan baik.

Selalu Membersihkan Mesin

Mesin mobil yang letaknya berada di dalam kap juga rentan kotor karena sisa pembuangan maupun oli yang menempel. Usahakan meisn mobil selalu bersih karena akan meminimalisir cacatnya sistem kerja mobil karena kotoran yang berlebih. Disarankan untuk mencuci steam mobil setiap 2 bulan sekali agar mesin mobil selalu bersih.

Selain mencucikan mobil, setiap hari Anda sebaiknya membersihkan bagian mesin yang terkena rembesan oli maupun debu yang masuk ke dalam bagian mesin mobil yang lebih dalam. Dengan selalu memperhatyikan kebersihan mesin mobil dijamin mesin mobil akan awet dan tahan lama.

Nah itulah beberapa cara merawat mesin mobil yang direkomendasikan. Untuk tetap bisa menggunakan mobil dalam kondisi prima Anda juga harus mengkonsultasikannya ke bengkel langganan tau bengkel terdekat agar bisa lebih maksimal lagi. Semoga artikel tentang otomotif ini bisa bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya ya.

Rate this post

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here