Bisnis UMKM Go Digital dengan Ecommerce Platform Plugo

0
134

Bisnis online saat ini menjadi jalur yang banyak dipilih untuk memasarkan dan menjual produk dan jasa. Tak terkecuali Bisnis UMKM pun saat ini sudah merambah marketplace dan website salah satunya adalah untuk memperluas pasar mereka hingga mencapai seluruh pelosok Indonesia maupun mancanegara. Dengan menggunakan ecommerce platform terbaik seperti Plugo, maka semua channel dari online bisa dikelola hanya dengan satu dashboard.

Banyak cara yang bisa dilakukan oleh bisnis UMKM untuk mendigitalkan produk dan jasanya. Dengan menjual produknya di marketplace maupun website toko online yang berpengaruh terhadap luasnya market pasar di online. Bisnis UMKM yang rata-rata masih menggunakan cara konvensional harus segera berpindah ke jalur online dengan menggunakan ecommerce platform sebagai sebuah solusi terbaik.

Tapi mungkin bagi sebagian orang pelaku bisnis UMKM masih sulit untuk memahami teknologi digital yang semakin berkembang setiap harinya. Banyak istilah digital yang mungkin belum begitu dipahami sehingga berakhir dengan keputusan menjual produknya dengan cara konvensional. Meskipun peluang sangat terbuka lebar untuk meningkatkan omset ketika bisnis UMKM melebarkan sayap ke dunia online.

Saat ini banyak cara yang bisa dilakukan dengan hadirnya pihak ketiga seperti Plugo di mana menyediakan layanan ecommerce platform untuk menyediakan dashboard yang mengkombinasikan antara marketplace dan website toko online. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan menggunakan Plugo dalam rangka mendigitalkan bisnis UMKM yang Anda miliki.

Ecommerce Platform Terbaik
Ecommerce Platform untuk Bisnis UMKM

Mengapa Harus Menggunakan Ecommerce Platform dalam Bisnis Online?

Setelah mengetahui sekilas tentang mendigitalkan bisnis UMKM yang dimiliki dengan menggunakan ecommerce platform, sebaiknya kita harus tahu keuntungan apa saja jika kita sudah menggunakan omnichannel ecommerce untuk mengelola semua sistem baik transaksi maupun lead dari channel online yang berminat terhadap produk kita. Di antaranya adalah:

Pasar Lebih Luas

Bisnis online adalah bisnis yang kita pasarkan melalui online. Seperti yang kita ketahui bahwa bisnis online menggunakan jaringan internet yang menghubungkan dunia. Sehingga bukan tidak mungkin produk kita bisa dikenal dan bahkan dibeli oleh setiap orang yang berada di berbagai belahan penjuru dunia.

Dengan menggunakan ecommerce platform Anda bisa menjangkau seluruh market tanpa batasan geografis. Selain itu saat ini semua orang sudah menggunakan smartphone untuk beraktifitas sehari-hari termasuk belanja online. Oleh karena itu peluang akan semakin besar jika kita menggunakan ecommerce platform untuk binis UMKM yang kita jalani secara online.

Berjualan Lebih Efektif dan Efisien

Jika kita menggunakan sistem konvensional dalam menjual produk maka kita akan lebih membutuhkan effort untuk bisa memperkenalkan kepad masyarakat. Menjual produk yang kita tawarkan harus menemui orang tersebut. Selain itu kita juga harus melakukan branding untuk memperkenalkan lokasi toko offline agar mudah dijangkau oleh calon konsumen.

Berbeda dengan bisnis online, cukup membuat website dengan smartphone maka sekarang anda bisa memiliki etalase yang bisa diakses oleh seluruh pengguna internet di seluruh dunia. Oleh sebab itu bisnis online akan memberikan kesan berjualan yang lebih efektif dan efisien.

Hemat dalam Segi Biaya Operasional

Dalam memperkenalkan produk kita secara offline kita membutuhkan waktu dan biaya dalam proses marketing dan promosi. Setelah memiliki toko online dalam bentuk marketplace maupun website, kita bisa melakukan marketing hanya dengan menggunakan satu dashboard seperti di Plugo.

Salah satu kelebihan yang harus dirasakan bagi setiap bisnis UMKM yang sedang merintis bisnisnya dari nol. Dengan begitu biaya promosi akan lebih hemat karena hanya dengan menggunakan website dan marketplace secara gratis Anda bisa berjualan online dan memiliki peluang untuk menjangkau pasar di seluruh area.

Proses Branding Lebih Mudah

Menyampaikan informasi kepada calon pelanggan merupakan hal yang wajib dilakukan bagi setiap pelaku bisnis. Produk dan jasa memang harus diperkenalkan kepada calon konsumen dengan melakukan branding. Nah jika kita menggunakan platform ecommerce kita akan lebih mudah melakukan branding. Selain itu kita bisa memanfaatkan media sosial sebagai media promosi online yang bisa menambah engagement bagi produk dan jasa yang dijual.

Berbagai Jenis Pilihan Metode Pembayaran

Berbeda dengan bisnis konvensional yang menggunakan uang cash dan kartu debit ketika ingin melakukan transaksi. Dalam bisnis online seperti website dan marketplace akan tersedia berbagai pilihan metode pembayaran seperti kartu kredit, e-wallet, transfer bank, maupun virtual account bank tertentu.

Berbagai pilihan metode pembayaran ini akan membuat waktu menjadi lebih efisien, karena proses transaksi yang begitu cepat dan validasi transaksi yang biasanya sudah otomatis dan disediakan oleh marketplace maupun website.

Catatan Keuangan Lebih Teratur

Di teknologi yang semakin canggih ini digitalisasi data merupakan sebuah hal yang sudah biasa. karena data digital akan tersimpan secara baik jika dibandingkan dengan data konvensional yang biasanya masih membutuhkan nota dan kertas. Pada toko online yang sudah memiliki aplikasi transaksi tertentu akan otomatis mencatat transaksi perharinya.

Dilengkapi dengan fitur laporan keuangan yang terdapat pada marketplace dan website toko online ini akan semakin mudah mengelola arus kas baik dalam durasi singkat maupun panjang.

Mempermudah Proses Remarketing

Memaksimalkan pelanggan yang sudah pernah bertanya mengenai produk yang dijual baik melalui website, marketplace, maupun media sosial merupakan hal yang wajib dilakukan bagi semua internet marketer. Dengan menggunakan platform ecommerce terbaik seperti Plugo, maka Anda akan mendapatkan data pelanggan yang terekan secara otomatis dan bisa Anda prospek ulang.

Database data pelanggan yang sudah terekam juga bisa diolah sedemikian rupa untuk dimaksimalkan. Dengan melakukan remarketing maka pelanggan yang menyukai produk Anda akan segera membeli kembali maupun mereferensikan produk Anda kepada kerabat maupun sahabat.

Keuntungan menggunakan ecommerce platform
Keuntungan menggunakan ecommerce platform

Mudahnya Menjalankan Bisnis UMKM Secara Digital Menggunakan Plugo

Setelah mengetahui beberapa kelebihan yang bisa didapatkan ketika mengkonversi bisnis UMKM yang konvensional menjadi bisnis online maka keberadaan ecommerce platform akan sangat dibutuhkan. Para seller akan memiliki dashboard yang menggabungkan beberapa channel bisnis online seperti marketplace, website, paid ads, media soaial dan lain sebagainya.

Hadirnya Plugo menjadi salah satu rekomendasi bagi para pebisnis UMKM yang ingin mengonlinekan bisnisnya dengan menggunakan layanan yang disediakan oleh Plugo seperti pembuatan toko online, halaman khusus yang menggabungkan berbagai link, menjalankan berbagai paid ads dari beberapa platform, fitur omnichannel ecommerce yang memungkinkan untuk memusatkan semua saluran channel dari berbagai jenis marketplace yang ada di Indonesia.

Layanan Omnichannel Ecommerce Plugo

Sejauh dari pengalaman menggunakan Plugo, saya merekomendasikan bagi para pebisnis UMKM pemula untuk menjual produk dan jasa dari berbagai channel. Jangan takut untuk pengelolaannya karena fitur dan layanan dari Plugo akan membantu para pebisnis UMKM untuk mengelola berbagai kebutuhan bisnis online seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Yuk segera gunakan Plugo untuk bisnis online yang ingin meningkatkan omset harian.

Semoga artikel mengenai platform ecommerce terbaik menggunakan Plugo bisa bermanfaat bagi Anda yang memiliki bisnis UMKM. Sudah saatnya di era teknologi dan internet berkembang ini memiliki bisnis onlne yang memiliki pemasukan dan o,set yang berlipat. Selamat mencoba. Sampai jumpa di artikel berikutnya ya mengenai bisnis maupun lainnya,

5/5 - (7 votes)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here