Jenis dan Tipe Mobil yang Ada Di Indonesia

Photo of author

By Aldhi Fajar Maudhi

Bagi para pecinta otomotif sudah seharusnya mengetahui apa saja jenis dan tipe mobil yang ada di pasar Indonesia. Karena seiring berkembangnya dunia teknologi khususnya otomotif, pabrikan mobil sudah menggunakan beberapa teknologi canggih yang sudah diaplikasikan dan dirasakan oleh masyarakat.

Tak hanya pecinta otomotif saja, sebagai orang yang sedang ingin membeli kendaraan mobil tentunya harus mengetahui beberapa jenis dan tipe mobil sekaligus mengerti fitur dan teknologi apa yang sudah disertakan di dalam mobil tersebut. Macam-macam mobil yang ada di pasaran memiliki tipe yang berbeda sesuai dengan fitur dan kelengkapannya yang ada pada mobil tersebut.

Dari berbagai merek mobil terkenal menawarkan fitur canggih yang eksklusif dan hanya dimiliki oleh pabrikan tertentu. Jenis mobil yang umumnya diketahui adalah mobil jenis van, sedan, jeep,mobil penumpang, dan lain sebagainya. Akan tetapi pada istilah otomotif ada istilah khusus untuk menyebut macam macam dan tipe mobil yang ada di pasaran Indonesia.

Dalam kenyataannya banyak variasi dari berbagai merk mobil, hal ini akan sedikit membuat bingung masyarakat yang akan membeli mobil. Kebutuhan konsumen dalam membeli mobil sangat beragam seperti penggunaan kendaraan untuk keluarga, barang, kegunaan, dan operasionalnya dalam keseharian. Nah, untuk memperluas wawasan mengenai otomotif, kita akan membahas jenis dan tipe mobil yang ada di pasaran otomotif Indonesia.

Jenis dan Tipe Mobil di Indonesia
Jenis dan tipe mobil di pasaran otomotif

Jenis Jenis Mobil untuk Berbagai Kebutuhan

Untuk mewujudkan impianmu memiliki mobil, sudah seharusnya kalian mengetahui beberapa jenis dan tipe mobil sesuai dengan kebutuhannya. Berikut ini adalah jenis dan tipe mobil dari berbagai merek yang ada di Indonesia. Di antaranya adalah:

Mobil Jenis Sedan

Mobil sedan merupakan mobil yang paling banyak diminati di Indonesia. Bentuknya yang elegan dan performa nyaman ketika berkendara menjadi salah satu alasan konsumen memiliih mobil ini untuk digunakan sebagai alat mobilitas dalam aktifitas keseharian. Contoh mobil sedan yang banyak di pasaran mobil diantaranya Toyota Camry, Honda Civic, BMW 320i, Chevrolet Kalos, dan lain sebagainya.

Selain itu, mobil ini cocok untuk dibawa ke berbagai acara untuk menampilkan sisi elegan dari pemiliknya itu sendiri. Dengan kata lain, mobil sedan memiliki image yang baik untuk digunakan di acara resmi maupun tidak. Selain itu, mobil sedan juga sering diguankaan untuk mobil balap, karena aerodinamisnya sangat cocok untuk mendapatkan akselerasi yang lebih baik.

Mobil sedan
Mobil sedan

Mobil Jenis SUV (Sport Utility Vehicle)

Mobil satu ini bisa dikatakan tangguh di segala medan karena bisa diguankaan di medan offroad, jalan aspal biasa, dan di pegunungan. Mobil bergaya sport ini tidak melulu memiliki kekuatan yang cepat, akan tetapi memiliki kekuatan dan ketangguhan yang cukup baik. Mobil SUV yang dikelan dengan singkatan Sport Utility Vehicle ini banyak diminati oleh berbagai kalangan.

Interior dan sistem mobil ini sebagian besar sudah menggunakan teknologi yang sudah canggih baik untuk operasional mesin. Mobil SUV ini banyak juga yang menggunakan sistem penggerak doubel gardan. Jenis mobil SUV ini memiliki turunan yang banyak diminati sesuai kelasnya seperti Medium SUV, Mini SUV, Compact SUV, dan Crossover.

Mobil jenis SUV Sport Utility Vehicle
Mobil SUV

Mobil Jenis MPV (Multi Purpose Vehicle)

Mobil jenis ini sering digunakan untuk keluarga karena memiliki interior yang lebih luas dibandingkan dengan tipe mobil lainnya. Mobil MPV biasanya memiliki 6 sampai 7 kursi penumpang. Oleh karena itu sering digunakan oleh keluarga dan lebih mengutamakan kenyamanan dalam berkendara.

Mobil jenis MPV ini tersedia banyak di pasaran dan dalam satu dekade terakhir mobil bertipe MPV ini lebih banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Berbagai variasi fitur dan kecanggihan teknologi sudah diaplikasikan di mobil berjenis MPV ini. Dari segi harga memang mobil tipe MPV ini sedikit lebih ekonomis dibandingkan dengan jenis lainnya. Contoh mobil MPV adalah Toyota Innova, Toyota Avanza, Daihatsu Sigra, Suzuki Ertiga, dan beberapa merek mobil terkenal lainnya.

mobil jenis MPV Multi Purpose Vehicle
mobil jenis MPV Multi Purpose Vehicle

Mobil Jenis Hatchback

Pada dasarnya mobil hatchback adalah mobil yang memiliki jenis yang sama dengan mobil sedan. Akan tetapi bentuk body mobil ini dibuat lebih sporty dan memiliki kesan yang elegan. Mobil hatchback tidak memiliki buntut dan bagai. Sehingga panjang mobil ini lebih pendek dibandingkan mobil sedan pada umumnya.

Mobil hatchback seperti ini banyak dimintai oleh kalangan anak muda dan wanita, sebabnya adalah mobil jenis hatchback ini lebih mudah diberi aksesoris maupun modifikasi ringan. Karena memiliki bentuk body dan bobot yang ringan, mobil jenis hatchback ini memiliki handling yang ringan. Contoh mobil hatchback yang beredar di Indonesia adalah Honda Jazz, Toyota Yaris, Honda Civic Hatchback, dan berbagai jenis mobil hatchback dari merek mobil ternama lainnya.

Mobil Hatchback
Mobil Hatchback

Kesimpulan

Cara pemilihan mobil tentunya harus disesuaikan dengan budget dan kebutuhan. Untuk beberapa jenis dan tipe mobil memang sudah disediakan oleh produsen sesuai dengan kebutuhannya. Selain itu ketersediaan komponen mobil yang banyak di pasaran juga menjadi pertimbangan untuk memilih jenis mobil yang akan digunakan.

Jadi, apakah sudah menentukan pilihan setelah membaca penjelasan mengenai jenis jenis mobil yang ada di Indonesia? Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya ya.

5/5 - (2 votes)

Leave a Comment