Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Berkualitas

0
38

Memiliki blog pribadi adalah salah satu passion yang sudah aku lakukan sejak tahun 2018. Tujuannya adalah untuk mengekspresikan hobi menulis dan bisa memberikan artikel yang berkualitas dan berguna bagi para pembaca.

Saat pertama menulis artikel pada blogku ini, aku tidak memperhatikan elemen penting yang mendukung artikel bisa muncul di halaman pertama mesin pencarian google. Dan menulis pun hanya sekedar menulis yang penting bisa dipahami oleh para pembaca.

Ternyata itu semua salah, karena cara menulis artikel itu membutuhkan strategi yang mengarah ke SEO friendly agar bisa masuk ke kompetisi SERP (Search Engine Result Page) yaitu sebuah informasi yang banyak dicari oleh pengguna internet dengan kata kunci tertentu pada mesin pencarian Google.

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization merupakan sebuah teknik dan optimasi yang dilakukan ketika membuat artikel dan mengikuti kaidah SEO on page. Tujuannya adalah agar artikel yang kita buat bisa diidentifikasi oleh mesin pencari Google dan mendapatkan posisi di SERP.

Nah artikel SEO friendly disini adalah konten atau artikel yang kita buat bisa dipahami oleh menusia maupun robot indexing mesin pencarian Google atau lebih sering disebut dengan istilah robot Google. Oleh karena itu kita memerlukan teknik atau cara membuat artikel yang berkualitas dan artikel SEO friendly.

Lalu seberapa pentingkah artikel yang kita buat harus bersifat SEO Friendly? Dan apa dampak positif dan manfaat jika kita membuat artikel SEO friendly yang berkualitas?

Kebetulan beberapa hari yang lalu saya mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kelas gratis yang diadakan oleh BRT Network. Kelas Blogger BRT Network ini diadakan internal khusus untuk Blogger yang mau dan ingin belajar mengenai artikel yang benar dan konten yang berkualitas.

Cara Menulis Artikel SEO Friendly
Cara Menulis Artikel SEO Friendly

Tips Membuat Artikel SEO Friendly yang Benar untuk Blog

Ketika mengikuti Kelas Blogger di BRT Network yang menjadi narasumber adalah Mbak Monica Anggen yang merupakan seorang penulis buku, artikel, dan SEO Content Strategic yang sudah berpengalaman dan telah membuat beberapa artikel masuk SERP dengan baik.

Dalam kesempatan itu, beliau menjelaskan beberapa elemen penting yang harus dilakukan ketika membuat artikel dengan benar dan mengatur SEO on page dengan benar.

Selain itu BRT Network juga mengadakan Kelas Blogger Growth yang ditujukan untuk blogger agar bisa konsisten menulis artikel. Dan kelas lain yang pernah saya ikuti di BRT Network adalah kelas cara memasang Google Analytic 4 yang sudah harus dipakai oleh semua blog di pertengahan 2023 lalu.

Nah, dalam kelas yang digawangi mbak Monica Anggen ini memberikan beberapa tips dan langkah yang benar untuk menciptakan artikel yang berkualitas dalam segi konten dan SEO. Untuk membuat artikel yang berkualitas tentunya dibutuhkan langkah dan cara yang benar dan menggunakan kaidah SEO yang sesuai dengan algoritma Google.

Berikut ini adalah pengaturan SEO on page yang lengkap mengenai cara dan langkah membuat artikel yang benar sesuai dengan apa yang disampaikan oleh narasumber pada kelas BRT Network. Di antaranya adalah:

Menentukan Kata Kunci Utama dan Turunan

Kata kunci merupakan hal yang paling mendasar ketika akan membuat artikel. Karena melalui kata kunci yang disebar pada artikel akan menambah peluang artikel yang kalian baut untuk bisa bersaing di SERP. Penentuan kata kunci utama dan turunan merupakan salah satu yang harus dilakukan. Menurut Mbak Monica, penentuan kata kunci itu harus memenuhi kaidah sebagai berikut:

  • Menentukan kata kunci utama berdasarkan riset yang memiliki variabel search volume, keyword difficulty, target audience, dan average menthly click.
  • Menentukan kata kunci turunan (keyword variation) dengan menggunakan fitur gratis yang tersedia di mesin pencarian seperti people also ask. Pada people also ask tersebut ada beberapa masalah yang harus dijawab pada artikel yang kalian buat.
  • Mengkombinasikan kata kunci panjang (long tail keyword) dan kata kunci pendek (short tail keyword)
  • Menyebar kata kunci utama seperlunya saja, jangan menyebar secara berlebihan karena akan dianggap sebagai spam. Sesuaikan juga dengan jumlah kata artikel yang dibuat.

Pendistribusian Kata Kunci dan Cara Optimasi yang Lengkap

Sebagian besar ketika para penulis yang belum mengetahui kaidah SEO yang benar yaitu menyebar kata kunci sebanyak-banyak. Padahal hal tersebut merupakan cara yang tidak benar. Jika kalian menyebar kata kunci utama dengan intensitas tinggi maka akan memungkinkan terdeteksi spam oleh robot Google.

Nah, saat dilaksanakan Kelas BRT Network kemarin, narasumber memberi tips dan saran agar kata kunci utama maupun turunan tidak disebar secara masif pada artikel yang dibuat. Sebaiknya penyebaran kata kunci utama dan turunan adalah di beberapa bagian berikut. Di antaranya adalah:

Judul Artikel

Judul artikel sebaiknya mengandung kata kunci, meskipun tidak harus sama persis. Bisa ditambahkan dan disebar juga. Judul artikel tidak boleh melebihi 65 karakter. Standarnya judul artikel berkisar antara 55-60 karakter saja.

Paragraf Pertama

Sebaiknya kata kunci ditempatkan di paragraf pertama, tapi jika tidak memungkinkan bisa ditempatkan di paragraf selanjutnya. Karena bot Google saat ini sudah bisa membaca maksud paragraf pertama asal berhubungan dengan kata kunci yang dimaksud.

Heading dan Sub Heading

Penempatan kata kunci utama dan turunan juga harus diletakkan di heading dan sub-heading. Heading harus ada di dalam sebuah artikel karena heading dan sub heading ini akan mduah dibaca oleh Google. Penyebaran kata kunci di heading dan sub heading sangat efektif untuk artikel yang SEO friendly

URL / Slug

Slug adalah url yang memiliki tanda (-) dan akan dibaca oleh Google ketika pertama kali crawling. Penempatan pada URL ini sangat wajib untuk membidik kata kunci utama. Diusahakan slug tidak sama dengan title/judul usahakan untuk membidik kata kunci utama yang relevan dengan isi artikel.

Alt Text Image

Image yang disertakan pada artikel juga harus mengidentifikasikan kata kunci. Image/gambar mengindentifikasikannya dengan memiliki alt text image. Oleh karena itu bot Google akan mencari image berdasarkan kata kunci yang dibidik.

Meta Description

Meta deskripsi adalah elemen utama yang pertama kali dirayapi oleh bot indexing Google. Meta deskripsi menyertakan resume isi artikel yang akan dipahami oleh mesin pencari Google. Meta deskripsi diisi maksimal 155 karakter dan tidak boleh lebih, Usahakan resume atau isi artkel bisa diproyeksikan pada meta deskripi tersebut. Membuat meta deskripsi yang unik akan menambah nilai plus di mata mesin pencari.

Penyebaran kata kunci yang benar pada artikel SEO Friendly
Penyebaran kata kunci yang benar

Artikel SEO Friendly Memiliki Struktur yang Berhierarki

Jika sebelumnya kalian selalu membuat artikel tanpa sub judul, sebaiknya harus memperbaikinya. Membuat artikel yang berkualitas dan SEO friendly harus memiliki struktur dan memiliki heading seperti H1,H2,H3,dan H4. Tujuannya adalah agar mudah dipahami oleh manusia maupun mesin pencari. Selain itu artikel juga bisa berbentuk listicle agar memudahkan pembaca untuk berlama-lama pada artikel yang kalian buat.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah kalimat per paragraf jangan terlalu panjang. Bisa diaplikasikan memenggal kalimat 2 atau 3 baris saja. Karena pembaca akan merasa bosan ketika kita menulis tanpa garus baru atau paragraf baru.

Selanjutnya artikel yang baik adalah yang memiliki jumlah kata minimal 750 kata. Lebih banyak lebih baik, dan kita juga harus melihat isi dari artikel kompetitor yang membahas topi yang sama dengan topik yang kalian tulis.

Menyertakan Image atau Gambar pada Artikel

Sebuah artikel yang baik pasti akan menyertakan gambar pada artikelnya. Isinya bisa berupa dokumentasi pribadi ataupun infografis yang telah dibuat sebelumnya pada software pengolah desain. Besar ukuran gambar tidak boleh lebih dari 100kb agar meminimalisir loading gambar yang akan memakan waktu yang lama.

Ukuran image/gambar standarnya adalah 1280×720 pixels. Image atau gambar yang baik dan memiliki loading cepat yaitu yang memiliki ekstensi .webp. Membuat gambar yang unik adalah nilai plus yang harus dilakukan agar tidak terdeteksi plagiat atau copyright. Jangn lupa untuk memberikan alt text image agar bot mesin pencari mudah menemukan gambar pada artikel SEO Friendly yang telah dibuat.

Cara membuat artikel yang berkualitas
Tips membuat artikel yang SEO Friendly

Kesimpulan

Membuat artikel yang baik dan berkualitas serta SEO Friendly agar bisa dipahami oleh manusia dan mesin pencari adalah sebuah hal yang harus dilakukan secara tepat oleh setiap blogger. Kelas Blogger Growth BRT mengenai cara membuat artikel SEO Friendly yang diadakan pada minggu kemarin sudah memberikan pencerahan yang luar biasa dalam seni menulis artikel yang baik dan berkualitas.

Langkah-langkah dan cara membuat artikel yang memiliki struktur SEO yang bagus harus sudah diterapkan untuk artikel organik yang ditulis dan dipublikasi di blog pribadi.

Jika kalian ingin Ikut kelas BRT mungkin kesempatan di waktu yang akan datang akan selalu terbuka. Dan yang paling penting adalah menjaga konsistensi diri agar selalu bisa menulis artikel yang baik secara terjadwal. Sehingga blog yang kita miliki akan mudah mendapatkan posisi halaman pertama di mesin pencarian.

Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya ya.

5/5 - (1 vote)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here