Wajib Tahu! Ini Kelebihan dan Kekurangan Sewa Apartemen Bulanan

0
41

Saat ini, apartemen merupakan salah satu opsi hunian yang banyak diminati. Selain karena lokasinya yang strategis, apartemen juga dikelilingi oleh fasilitas umum, seperti mall, rumah sakit, perkantoran, hingga universitas. Seperti sewa apartemen Jakarta yang berlokasi di jalan utama dan dekat dengan berbagai fasilitas serta akses transportasi.

Tak hanya fasilitas umum, apartemen juga dilengkapi dengan fasilitas internal yang memadai. Banyak apartemen yang menyediakan fasilitas gym, jogging track, salon, laundry, bahkan mall di dalam kawasan hunian. Hal inilah yang membuat peminat sewa apartemen terus meningkat setiap tahunnya.

Jika Anda tertarik untuk menyewa apartemen, anda perlu mempertimbangkan durasi sewanya. Apakah anda akan menyewa secara harian, bulanan, atau bahkan tahunan? Hal ini tentunya harus anda pikirkan secara matang.

Biasanya, opsi sewa yang paling banyak dipilih penyewa adalah opsi bulanan. Selain harga sewanya yang terjangkau, sewa apartemen bulanan juga dianggap lebih fleksibel dibanding opsi lainnya. Namun, bukan berarti opsi sewa ini tidak memiliki kekurangan. Untuk itu, anda harus mengetahui kelebihan dan kekurangan sewa apartemen bulanan.
Berikut ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan sewa apartemen bulanan.

sewa qpartemen bulanan
Kelebihan dan kekurangan sewa qpartemen bulanan

Kelebihan Sewa Apartemen Bulanan

1. Sangat Fleksibel

Kelebihan sewa apartemen bulanan adalah lebih fleksibel dibandingkan dengan sewa apartemen tahunan. Anda bisa pindah apartemen di akhir bulan jika sudah merasa tidak ingin tinggal di unit tersebut.

Berbeda dengan sistem sewa apartemen tahunan yang masa kontraknya dihitung secara tahunan. Sehingga sewa secara tahunan dianggap kurang fleksibel oleh beberapa penyewa.

Opsi ini sangat cocok untuk Anda yang memang suka berpindah dari satu apartemen ke apartemen lain. Cocok juga untuk Anda yang memang berencana menyewa hanya dalam kurun waktu yang sebentar.

2. Sistem pembayaran tidak memberatkan

Ketika menyewa apartemen secara bulanan, tentunya Anda dapat membayar sewa setiap bulannya. Hal ini tentunya berbeda dengan sewa apartemen tahunan yang harus membayar di awal dalam jumlah banyak.

Maka dari itu, opsi sewa apartemen bulanan sangat cocok untuk Anda yang memang tidak memiliki uang tabungan untuk membayar sewa secara tahunan.

3. Menghindari kerugian

Apakah Anda sering mengalami kondisi yang memaksa untuk pindah tempat tinggal secara mendadak? Seperti misalnya harus pulang kampung mendadak, atau harus berhenti kerja. Jika iya, sistem sewa apartemen dengan durasi bulanan tidak akan merugikan Anda.

Lain halnya jika Anda sewa apartemen secara tahunan, dan harus meninggalkan apartemen tersebut secara mendadak. Anda tentunya akan mengalami kerugian karena apartemen menjadi kosong dan tidak ditempati. Padahal Anda sudah membayar untuk menempatinya secara tahunan.

4. Harga sewa lebih terjangkau dari sewa harian

Harga sewa apartemen bulanan tentunya jauh lebih murah dibandingkan dengan sewa secara harian. Misalnya pada harga sewa apartemen Jakarta Puri Orchard Tipe Studio. Harga sewa apartemen ini secara harian adalah mulai dari Rp 300.000-an/hari. Jika Anda menyewanya secara bulanan, Anda bisa mendapatkannya dengan harga mulai dari Rp 3 jutaan perbulan, atau setara dengan Rp 100.000/hari.

Opsi sewa ini memang cocok jika berencana tinggal dalam kurun waktu yang sedikit lama, seperti 1 bulan, 3 bulan, bahkan 6 bulan. Cocok juga untuk Anda yang ingin merasakan nuansa staycation setiap hari tanpa modal yang besar.

5. Cocok untuk mahasiswa dan para pekerja

Sewa apartemen dalam durasi bulanan merupakan opsi yang cocok untuk para mahasiswa maupun para pekerja. Selain karena opsi pembayarannya yang memudahkan, fleksibilitas sewa secara bulanan juga menjadi keunggulan bagi mahasiswa dan pekerja.

Para mahasiswa misalnya, banyak yang menghabiskan waktu liburan semester dengan kembali ke daerah asal. Liburan semester biasanya memakan waktu 1-2 bulan, sehingga mereka tidak perlu membayar ketika apartemen tidak ditempati.

Begitu juga dengan para pekerja yang sering mengalami mutasi atau pemindahan tempat kerja. Dengan sewa secara bulanan, para pekerja bisa menyelesaikan kontrak sewa dengan mudah tanpa harus menunggu secara tahunan.

Kekurangan Sewa Apartemen Bulanan

1. Harga sewa lebih mahal dari sewa tahunan

Harga sewa secara bulanan tentunya lebih mahal dibandingkan harga sewa apartemen tahunan. Misalnya, harga sewa Apartemen Ayodhya Tipe Studio. Harga sewa pertiga bulannya adalah Rp 7,2 jutaan perbulan, atau setara dengan Rp 2,4 jutaan perbulan.

Jika Anda menyewa secara tahunan, Anda bisa mendapatkan harga sekitar Rp 27 jutaan per tahun, atau setara dengan Rp 2,2 jutaan perbulan. (Anda bisa sekitar Rp 1,8  juta per tahunnya)

Bila Anda berencana menyewa dalam jangka waktu lama, opsi tahunan tentunya menjadi opsi terbaik. Maka dari itu, penting untuk mengetahui kebutuhan sebelum memutuskan untuk menyewa apartemen.

2. Harga sewa berpotensi tidak stabil

Ketika Anda menyewa apartemen secara tahunan, otomatis harga sewanya akan terkunci atau stagnan dalam kurun waktu satu tahun. Kondisi ini tentu berbeda dengan sewa apartemen dengan caraper bulan.

Ketika Anda menyewa secara bulanan, dan berencana untuk melanjutkan kontrak, harga sewa apartemen bisa lebih mahal dibandingkan harga sebelumnya. Maka dari itu, Anda harus siap dengan perubahan harga ketika menyewa apartemen secara bulanan.

3. Cukup menguras waktu dan tenaga

Bagi sebagian orang, berpindah dari satu apartemen ke apartemen lainnya terdengar menyenangkan. Namun hal yang harus Anda ingat, berpindah-pindah apartemen tentunya akan menghabiskan banyak waktu dan tenaga.

Misalnya Anda menyewa apartemen hanya untuk tiga bulan. Ketika masa sewa habis dan apartemen tersebut disewa orang lain, Anda harus segera mencari apartemen lain yang belum tentu bisa didapat dalam waktu singkat. Apalagi ada barang-barang pribadi yang harus dipindahkan. Hal ini tentunya menghabiskan waktu dan tenaga Anda.

4. Lebih sulit ditemukan dibanding sewa apartemen tahunan

Opsi sewa apartemen biasanya memang lebih sulit ditemukan daripada sewa apartemen tahunan. Karena banyak dari pemilik apartemen yang ingin menyewakan apartemennya langsung secara tahunan dibandingkan dengan bulanan.

Jika Anda ingin mencari sewa apartemen bulanan secara mudah, salah satu caranya adalah dengan menyewa melalui Jendela360 yang merupakan situs penyewa apartemen yang terpercaya.

__

Setiap opsi sewa apartemen, baik secara bulanan maupun tahunan tentunya memiliki kelebihan dan resiko masing-masing. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengenali kebutuhan sebelum menyewa apartemen.

Demikian ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan sewa apartemen bulanan. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

5/5 - (2 votes)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here