Punya Mobil Bekas? Jangan Salah Pilih Proteksi Kendaraan, Pilihan Tepat Asuransi TLO!

0
34

Memiliki kendaraan memang sangat membantu mobilitas sehari-hari, baik untuk bekerja, berlibur atau sekadar berbelanja dan antar jemput anak ke sekolah.

Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan saat memiliki kendaraan adalah asuransinya, jangan sampai Anda melewatkan yang satu ini karena ada banyak sekali risiko yang bisa terjadi saat Anda berkendara.

Asuransi kendaraan terbaik untuk mobil bekas adalah asuransi Total Loss Only (TLO). Lebih tahu asuransi TLO untuk asuransi mobil bekas, Anda bisa mengetahui penjelasan selengkapnya dalam paparan berikut.

Asuransi TLO

Jenis Asuransi Kendaraan

Sebagai pemilik kendaraan, Anda perlu memahami jenis asuransi apa yang akan diambil, karena setiap jenis asuransi memiliki perbedaan pada layanan dan cakupan proteksinya.

Terdapat dua jenis asuransi kendaraan terutama untuk mobil yang tersedia untuk Anda, yakni asuransi TLO (Total Loss Only) dan asuransi All Risk.

Asuransi TLO akan menanggung biaya perbaikan saat mobil hilang atau rusak dengan total kerusakan di atas 75%, sedangkan asuransi All Risk akan menanggung biaya perbaikan mobil yang mengalami kerusakan baik kecil ataupun besar.

Dengan begitu, asuransi TLO ini memiliki cakupan proteksi yang lebih sedikit dibandingkan dengan cakupan proteksi dari asuransi All Risk, dan kerusakan yang terjadi pada mobil Anda belum tentu bisa diklaim menggunakan asuransi TLO.

Contohnya, saat mobil Anda menabrak trotoar dan terjadi kerusakan pada bemper mobil, maka Anda tidak bisa melakukan klaim menggunakan asuransi TLO karena mobil Anda hanya mengalami kerusakan kecil saja, Anda hanya bisa melakukan klaim asuransi jika mobil terdaftar dalam asuransi All Risk.

Berbeda jika mobil Anda yang sedang diparkir di mal ternyata hilang, maka Anda bisa mengajukan klaim asuransi TLO karena kerugian yang Anda alami lebih dari 75%.

Meskipun Anda tidak bisa mengajukan klaim pada setiap kerusakan yang dialami mobil, tetap saja asuransi TLO ini lebih dianjurkan untuk diambil terutama untuk Anda yang berniat menghemat pengeluaran, mengapa demikian?

Asuransi Total Loss Only

Seperti namanya, Total Loss atau kehilangan sepenuhnya, memang hanya pada kasus-kasus tertentu saja klaim asuransi bisa diajukan.

Namun, jenis asuransi yang satu ini memiliki premi yang lebih murah jika dibandingkan dengan asuransi All Risk, tentu akan sangat membantu Anda menghemat pengeluaran bukan?

Selain itu, asuransi TLO juga sangat disarankan untuk memberikan jaminan perlindungan pada kendaraan yang memiliki usia lebih tua seperti contohnya mobil bekas, usia maksimal kendaraan yang bisa ditanggung hingga 15 tahun.

Sedangkan untuk asuransi All Risk lebih cocok untuk kendaraan baru karena usia maksimal mobil yang bisa ditanggung hanya 7-10 tahun. Jadi jika Anda sedang mencari asuransi mobil bekas, lebih baik pilih asuransi TLO saja.

Lalu bagaimana dengan pembayaran premi dari asuransi TLO ini? Penentuan harga premi asuransi Total Loss Only berbeda-beda tergantung pada jenis kendaraan dan wilayahnya. Kendaraan mobil (nonbus dan nontruk) terbagi menjadi 5 kategori, dan untuk wilayahnya terbagi menjadi  3 wilayah.

Wilayah 1 meliputi Sumatera dan kepulauan yang ada di sekitarnya, wilayah 2 meliputi DKI Jakarta, Jawa Barat, serta Banten. Untuk wilayah 3 meliputi wilayah-wilayah yang tidak termasuk dalam wilayah 1 dan wilayah 2.

Klaim asuransi TLO sendiri bisa dilakukan dengan mudah, asalkan Anda sudah menyiapkan semua keperluan yang dibutuhkan sebagai syarat klaim asuransi.

Beberapa tahap yang perlu ditempuh, di antaranya:

1. Lapor klaim

Anda harus segera membuat laporan terkait kerugian yang dialami setidaknya dalam waktu 3 hari sejak terjadi kejadian yang membuat mobil Anda mengalami kerusakan.

Laporan tersebut bisa dilakukan melalui call center maupun melalui aplikasi online yang disediakan oleh perusahaan asuransi.

2. Menyiapkan dokumen

Siapkan juga dokumen-dokumen asuransi mobil, form klaim yang sudah diisi, foto-foto mobil sesaat setelah kejadian, sehingga memperlihatkan kerugian yang perlu Anda tanggung. Kirim dokumen-dokumen tersebut via surel.

3. Cek bengkel rekanan

Pada aplikasi asuransi online terdapat daftar bengkel rekanan, Anda bisa mendatangi bengkel tersebut.

4. Melengkapi formulir klaim

Anda juga perlu mengisi formulir yang disediakan oleh bengkel, dan lengkapi persyaratan yang diminta.

5. Menunggu konfirmasi

Tunggu konfirmasi yang diberikan oleh perusahaan asuransi, setelah itu mobil Anda akan langsung diperbaiki.

Setiap jenis asuransi kendaraan tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya, pada akhirnya Andalah yang lebih tahu mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda sendiri, jadi pikirkan baik-baik jenis asuransi mana yang akan diambil dan tetap berhati-hati saat berkendara.

Rate this post

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here